3 Cara menghindari pusing saat puasa

3 Cara menghindari pusing saat puasa

Beri tahu teman-teman Anda

Pusing atau sakit kepala seringkali timbul ketika kita melaksanakan ibadah puasa saat bulan Ramadhan. Bisa jadi hal itu terjadi tubuh merasa ‘kaget’ karena adanya perubahan kebiasaan pada saat sehari-hari ketika bulan-bulan biasa berubah pada saat bulan ramadhan.

Berikut cara menghindari dan mengatasi Pusing saat berpuasa.

 

Kurangi merokok dan minum-minuman mengandung kafein

 

Pusing saat puasa bisa diakibatkan karena kebiasaan merokok dan mengkonsumsi minuman mengandung kafein seperti kopi yang dimana kebiasaan tersebut menjadikan tubuh terbiasa menggunakan stimulant dan efek sugestif yang menyebabkan tubuh jadi merasa tidak enak apabila tidak melakukan kebiasaan tersebut.

Mengatur pola tidur saat bulan puasa

 

Pola tidur bagi kita yang menjalankan puasa saat bulan ramadhan biasanya berubah karena ada jam makan sahur yang mengharuskan kita tetap terjaga dipagi buta sebelum waktu imsak untuk kita bisa menyantap makanan sebagai sarapan, sedangkan dipagi harinya kita harus beraktivitas seperti hari-hari biasanya. 

Jika kita kurang tidur biasanya saat siang hari kita akan merasakan kantuk yang luar biasa dan mau tidak mau harus menahan rasa kantuk tersebut karena masih ada aktivitas yang wajin dikerjakan seperti pekerjaan yang harus selesai, dsb. Saat menahan rasa kantuk itulah sakit kepala atau pusing bisa sangat potensial dirasakan.

Sebaiknya atur kembali pola tidur selama bulan puasa sebanyak 7 jam perhari, misalnya kita bisa tidur setelah selesai shalat tarawih.

Baca juga : 5 Makanan Yang Dianjurkan Saat Sahur

Saat sahur dan berbuka konsumsi makanan yang kaya serat dan kaya gizi secukupnya

 

Seringkali yang menyebabkan kepala pusing saat bulan Ramadhan adalah kurangnya pasokan gula dari makanan, sedangkan aktivitas sehari-hari seringkali menuntut kita untuk mengeluarkan tenaga dan pikiran yang bisa maksimal apabila asupan makanan yang kita konsumsi pada saat sahur mencukupi. Mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran secukuonya pada saat berbuka dan sahur sangat direkomendasikan agar kebutuhan serat dan gizi untuk asupan tubuh terpenuhi serta menghindari pusing karena kandungan gula alami pada buah-buahan yang cukup untuk digunakan beraktivitas sehari-hari.

Baca juga : 4 Cara Mengatasi Gula Darah Rendah Saat Puasa


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat