30 Hari Untuk Hidup yang Lebih Sehat: Daftar Kesehatan Harian

30 Hari Untuk Hidup yang Lebih Sehat: Daftar Kesehatan Harian

Beri tahu teman-teman Anda

Banyak dari kita yang menganggap jika kesehatan merupakan hal yang sulit didapatkan. Kesehatan hanya untuk orang-orang tertentu seperti praktisi kebugaran, pelaku yoga hingga para dokter. Hal ini merupakan pemikiran yang salah. Siapapun itu, anda bisa mendapatkan hidup yang sehat jika anda mau.

Tidak perlu mengeluarkan banyak uang ataupun memiliki banyak waktu luang untuk mendapatkan hidup yang sehat. Asal ada kemauan, siapapun kita dan apapun latar belakangnya, hidup sehat bisa kita dapatkan.

Bagi anda yang tertarik menyehatkan tubuh dalam 30 hari. Anda bisa mengikuti langkah hidup sehat yang berikut ini. Langkah yang disajikan bukan hanya mudah namun juga bisa dilakukan oleh semua orang. Tak seorangpun mampu memiliki hidup yang sehat hanya dengan berdoa tanpa adanya usaha yang berarti.

Untuk mewujudkan hidup sehat dan berkualitas anda perlu melakukan hal-hal yang baik pula. Berikut ini tipsnya.

Minggu Pertama: Tips di Bagian Dapur

Tips berikut ini bisa dilakukan untuk menunjang hidup sehat yang kita mau.

  1. Makan Berry saat sarapan

Buah berry merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan manfaat. Buah ini memiliki bentuk bulat dengan ukuran yang kecil. Buah berry baik untuk kesehatan otak, pencernaan hingga mencegah datangnya berbagai jenis penyakit.

Anda bisa mengkonsumsi buah berry dengan cara dimasukkan ke dalam smoothie, oatmeal ataupun biji rami. Buah berry mengandung vitamin C yang baik untuk kesehatan secara keseluruhan.

  1. Sayuran hijau setiap hari

Sayuran hijau merupakan sumber vitamin serta gizi terbaik yang bisa anda dapatkan. Anda bisa mengkonsumsinya setiap hari untuk mendapatkan khasiatnya yang sehat. Ada banyak produk olahan dari sayuran hijau yang bisa anda buat.

Mulai dari mengonsumsi bayam bercampur smoothie, membuat kacang hijau untuk makan malam atau mengolah sayur kale dengan ragam bumbu sederhana. Apapun itu, cukupi kebutuhan anda akan sayuran hijau yang alami dan segar. Sayur hijau mengandung banyak nutrisi yang melindungi kita dari serangan penyakit.

  1. Konsumsi segelas air saat bangun pagi

Selain mengonsumsi sayuran hijau, hal lain yang harus menjadi kebiasaan adalah mengkonsumsi segelas air di kala pagi. Langkah ini merupakan tips sederhana untuk membuat tubuh menjadi lebih segar sekaligus membersihkan tubuh dari racun yang terserap ke dalam tubuh.

Tubuh manusia terdiri dari sebagian besar air sehingga kebutuhan air harus dicukupi. Air putih merupakan air menyehatkan lebih dari jenis cairan yang lain. Air putih memiliki kandungan yang masih asli dan belum diberi campuran berupa pewarna serta perasa.

Selain mengonsumsi air di pagi hari, kebutuhan air putih sepanjang hari juga perlu diperhatikan. Jangan sampai tubuh anda kelelahan dan kurang konsentrasi akibat dehidrasi yang melanda. Banyak air kemasan yang bisa anda bawa selama bekerja atau saat dalam perjalanan.

  1. Konsumsi kopi dan teh

Mempersehat tubuh bisa dilakukan dengan cara mencukupi kebutuhan akan antioksidan. Antioksidan bisa ditemukan dalam banyak asupan seperti halnya teh dan kopi. Namun tidak sembarang teh dan kopi, carilah kopi serta teh yang diproduksi tanpa menggunakan pestisida.

Kopi dan teh baik untuk kesehatan hati, kesehatan mental hingga meningkatkan kesehatan jantung. Saran penyajian adalah dengan tidak menggunakan gula serta susu. Teh telah digunakan sejak lama sebagai penyembuh banyak jenis penyakit sementara kopi mampu meningkatkan efek panjang umur bagi pengonsumsinya.

  1. Masak sendiri makanan anda

Dibandingkan membeli masakan di restoran, memasak sendiri makanan yang hendak dikonsumsi tentu lebih menyehatkan. Ada banyak masakan sehat yang bisa disajikan dengan mudah di rumah seperti sop, salad hingga smoothies.

Dengan memasak sendiri anda bisa mengurangi banyak bumbu serta bahan masakan yang kurang menyehatkan. Masak sendiri tentunya juga lebih hemat.

  1. Kurangi penggunaan garam

Membuat makanan sehat bisa dilakukan dengan mengurangi penggunaan garam. Dibandingkan garam, anda bisa menggunakan bahan perasa lain yang lebih menyehatkan seperti kapulaga serta kayu manis untuk menambah rasa manis dan pedas.

Beberapa bahan alami sebagai penyedap rasa memiliki kandungan yang lebih sehat seperti antioksidan hingga bermanfaat sebagai anti kanker.

  1. Kurangi makanan manis

Dalam menjalankan diet sehat, mengonsumsi makanan manis sebaiknya dihindari. Makanan manis umumnya tidak mengandung nutrisi bahkan cenderung membuat kecanduan.

Jika memang ingin mengonsumsi makanan manis, anda bisa mengkonsumsi beberapa jenis buah-buahan manis seperti jeruk, pisang, apel hingga buah berry. Pemanis alami dari alam seperti buah-buahan tentu lebih menyehatkan.

Minggu kedua: Tips dalam Melakukan Kegiatan

  1. Jalan kaki 20 hingga 30 menit

Kedengaran sulit, namun nyatanya tidak jika dilakukan. Bangun 30 menit lebih awal dari biasanya bisa anda lakukan untuk  bisa melakukan jogging atau jalan-jalan. Dengan udara yang masih segar, jalan-jalan tentu lebih mengasikkan.

Jalan-jalan di pagi hari memberi banyak sekali manfaat bagi tubuh seperti meningkatkan kadar seretonin, meningkatkan fokus hingga menambah energi harian.

  1. Angkat beban 5 menit

Mengangkat beban selama 5 menit merupakan salah satu langkah menuju hidup yang lebih sehat. Ada banyak contoh benda yang bisa dijadikan alat latihan beban seperti dumbell hingga barang rumah tangga yang cukup berat saat diangkat.

Berlatih mengangkat beban bisa dilakukan dimana saja. Anda juga bisa meluangkan waktu anda berangkat ke gym bersama teman. Latihan mengangkat beban memiliki banyak manfaat bagi tubuh seperti melatih lengan, memperkuat tubuh dan lain sebagainya.

  1. Jangan terlalu lama duduk

Terlalu lama duduk merupakan hal yang harus dihindari. Jika anda tengah menonton televisi, pastikan anda tidak duduk selama berjam-jam disana. Saat bekerja pun, ada baiknya anda bangun dan bergerak sesekali.

Duduk terlalu lama dapat berdampak pada meningkatnya kadar insulin, meningkatkan suasana hati yang buruk hingga kesemutan. Demi kesehatan, jangan lupa untuk melakukan gerakan.

  1. Lakukan hal secara aktif

Penting bagi anda untuk selalu aktif melakukan gerakan. Gerakan mampu meningkatkan kesehatan tubuh. Saat bekerjapun, anda bisa melakukan gerakan aktif seperti halnya naik tangga lebih sering.

Banyak orang yang kini terjebak dengan kehidupan instan yang justru membuat mereka malas dalam bergerak. Akibatnya, rasa malas memulai menghinggap dan menjadikan kita lebih malas dalam aktif bergerak.

  1. Peregangan setiap hari

Peregangan merupakan salah satu jenis olahraga ringan namun sering dilupakan. Peregangan memiliki manfaat bagi kesehatan seperti mencegah terjadinya ketegangan otot, meningkatkan aliran limfatik serta aliran darah, melepas ketegangan otot dan lain sebagainya.

Anda bisa melakukan peregangan di pagi hari dengan meluangkan sedikit waktu anda sebelum pergi bekerja. Anda juga bisa melakukan peregangan di malam hari sebelum beranjak tidur. Tidak perlu berlama-lama namun cukup luangkan sedikit waktu saja.

 

  1. Luangkan sedikit waktu untuk pergi keluar

Jalan-jalan keluar di sekitar lingkungan merupakan salah satu aktivitas menyenangkan yang bisa anda lakukan. Anda juga bisa membawa hewan peliharaan saat berjalan-jalan.

Selain membuat otak lebih segar, jalan-jalan di luar juga baik dalam mencegah depresi, mendapatkan sumber vitamin D secara alami dan lain-lain. Jalan-jalan di luar juga bagus untuk kehidupan sosial seseorang.

  1. Lakukan yoga

Meski tidak semua orang menyukai yoga, namun nyatanya jenis olahraga satu ini memiliki manfaat yang cukup besar. Yoga bagus dalam merangsang aliran limfatik, kunci untuk hidup lebih sehat dan lain sebagainya. Bagi anda yang belum familiar dengan gerakan yoga, anda bisa mencari beberapa contohnya dari youtube.

Minggu ke 3: Tips Melatih Pikiran dan Suasana Hati

  1. Konsumsi makanan yang menyehatkan hormon

Banyak dari kita yang kurang peduli dengan asupan makanan untuk kesehatan hormon. Padahal hormon memiliki peran yang penting dalam kehidupan seseorang. Hormon merupakan pengendali dari tindakan, cara berpikir hingga cara kita memperlakukan orang lain.

Memperhatikan apa yang dikonsumsi merupakan salah satu langkah sehat bagi kita dalam mempersehat hormon. Jangan sampai anda mengonsumsi jenis makanan yang dapat mengganggu fungsi hormonal hingga menyebabkan gangguan mood, munculnya depresi hingga gangguan kecemasan.

  1. Lakukan hal yang anda sukai

Ingin memiliki hidup yang sehat dan menyenangkan, anda bisa melakukan banyak hal yang anda sukai. Hal menyenangkan bisa dilakukan dengan banyak cara seperti memasak sarapan favorit, mengikuti acara tertentu, melakukan hobi dan lain-lain.

Melakukan hal yang disukai membuat kadar seretonin dalam tubuh meningkat. Dengan demikian, seseorang bisa memiliki sistem hormon yang lebih baik.

  1.  Konsumsi makanan yang kaya magnesium

Magnesium merupakan makanan anti stres. Anda bisa memulainya dengan menambahkan asupan sehat nabati ke dalam konsumsi harian anda. Beberapa sumber magnesium bisa ditemukan dalam sayuran hijau, kakao, pisang, alpukat, ubi jalar, kacang dan lain-lain.

  1. Konsumsi lemak baik

Lemak yang sehat merupakan asupan baik bagi tubuh anda. Lemak sehat berperan dalam meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi kolesterol dan lain-lain. Lemak jenis ini juga tidak memiliki efek samping yang buruk bagi kesehatan.

Beberapa sumber lemak baik bisa didapatkan dari alpukat, walnut, biji rami, kacang mete, kepala mentah, zaitun, biji labu, biji chia, pecan hingga biji wijen.

  1. Sering berbicara dengan diri sendiri

Mulailah berbicara dengan diri sendiri mengenai banyak hal. Namun hindari pembicaraan yang negatif. Berbicara pada diri sendiri memiliki banyak manfaat terutama untuk membuat suasana hati menjadi lebih baik hingga menjaga kesehatan mental.

  1. Konsumsi vitamin B

Vitamin B memiliki peran dalam mengurangi stres di otak, meningkatkan konsentrasi, meningkatkan energi dan lain sebagainya. Banyak vitamin B yang harus dicukupi bagi tubuh mulai dari vitamin B12, B3, B5, B6 hingga B7.

Sumber terbaik untuk mendapatkan vitamin B antara lain adalah biji-bijian, sayuran hijau, brokoli, alpukat, kacang-kacangan, kelapa, labu, kacang polong dan lain-lain. Konsumsi ragam makanan tersebut untuk meningkatkan kesehatan otak anda.

  1. Konsumsi sumber nabati

Mengonsumsi makanan nabati baik untuk kesehatan serta meningkatkan mood seseorang. Makanan nabati mampu mengurangi kecemasan, mengurangi depresi bahkan meningkatkan kejernihan mental.

 

 

Minggu ke 4: Tips Untuk Gaya Hidup

  1. Tingkatkan hubungan sosial

Manusia diciptakan sebagai makhluk sosial. Seberapapun penyendirinya anda, anda tetap membutuhkan orang lain untuk bisa bertahan hidup. Melakukan hubungan sosial memiliki banyak manfaat seperti menghilangkan stres, meningkatkan usia panjang hingga meningkatkan suasana hati.

Meningkatkan hubungan sosial bisa dilakukan dimana saja dan dengan siapa saja. Anda bisa mengobrol dengan orang yang baru anda temui di pusat kebugaran, menghabiskan waktu dengan teman, bercengkrama dengan keluarga dan lain sebagainya.

  1. Tidur yang berkualitas

Tidur memiliki peran yang penting dalam kehidupan. Tidur memicu tubuh untuk melakukan langkah detoksifikasi. Tidur juga mampu meningkatkan kebugaran di pagi hari, tidur juga sebagai penyembuhan diri. Kebutuhan untuk tidur haruslah dicukupi terlebih bagi anda yang ingin aktif sepanjang hari.

Bahaya kurang tidur merupakan hal yang harus diwaspadai. Kurang tidur menyebabkan depresi, naiknya berat badan, stres dan lain-lain. Kebutuhan tidur bermacam-macam tergantung pada usia. Ada yang butuh tidur 8 jam, 9 jam hingga 10 jam.

  1. Menjadi pribadi yang lebih sederhana

Membiasakan diri hidup secara sederhana dapat membuat anda lebih sehat tanpa membutuhkan begitu banyak barang. Alhasil penghematan juga bisa dilakukan.

Anda bisa memulainya dengan mengurangi baju dalam almari pakaian, mengurangi jumlah produk yang digunakan, menyiapkan makanan secara lebih sederhana dan lain sebagainya.

  1. Lakukan hal yang baru setiap bulan

Jadwal harian membuat kita melakukan hal-hal yang sama setiap harinya. Hal ini cukup disayangkan, mengingat ada banyak hal menarik yang bisa anda coba. Mencoba aktivitas baru tidak perlu sesering mungkin namun bisa dilakukan setiap bulan sekali.

Banyak hal baru yang menarik untuk dilakukan seperti mencoba olahraga baru, memasak masakan baru, bekerja dengan atmosfer kantor yang berbeda dan lain sebagainya. Membuka hal baru dapat membuat diri anda lebih baik dan pastinya menyenangkan.

Ingin Hidup Sehat Sepanjang Masa? Lakukan 9 Hal Unik Ini

  1. Berlaku baik pada orang lain

Melakukan hal baik bukan hanya menguntungkan bagi orang lain namun juga memberi keuntungan bagi diri sendiri. Membantu orang lain tanpa imbalan bisa dilakukan dengan banyak hal seperti mengirim kartu ucapan, memasak untuk orang lain, mengirim bunga, mentraktir teman makan siang dan lain sebagainya.

Melakukan hal baik memiliki banyak manfaat terutama untuk kesehatan jangka panjang. Menolong orang juga membuat diri kita lebih puas atas hal yang telah kita lakukan. Anda juga tidak tahu seberapa berharganya bantuan anda terhadap orang lain yang tengah membutuhkan.

  1. Bawa energi yang positif

Apapun yang tengah kita lakukan pada hidup, membawa energi positif merupakan hal bagus yang dapat dilakukan. Bahkan ketika anda berada di tempat kerja atau manapun yang membuat anda takut dan merasa tidak nyaman, membawa energi positif harus selalu dilakukan.

Mereka dengan energi yang positif mampu memberi dampak yang baik bagi orang di sekelilingnya. Kebaikan yang lebih besar bisa saja terjadi ketika semua orang membawa energi positif yang sama.

  1. Miliki waktu yang tenang setiap pagi

Waktu yang tenang bisa anda dapatkan ketika melakukan olahraga di pagi hari. Waktu yang tenang juga bisa anda dapatkan dengan menghabiskan waktu menuju tempat sepi dan menenangkan. Manfaat dari kegiatan ini adalah untuk mengurangi hormon stres kortisol dalam tubuh yang memuncak di pagi hari.

Memiliki waktu yang tenang di pagi hari juga memiliki manfaat lain yaitu menyempatkan diri untuk berpikir sebelum memulai kesibukan. Anda juga bisa memikirkan banyak hal yang anda inginkan.

Tidak perlu berlama-lama, menenangkan diri di pagi hari bisa dilakukan hanya dalam 10 menit saja sembari minum kopi dan lain sebagainya.

Tertarik memiliki hidup yang sehat hanya dalam waktu 30 hari, anda bisa melakukan ragam tips di atas.

Baca juga :

9 Tips Menjaga Kesehatan Jantung Sampai Tua
Gaya Hidup Masa Kini yang Wajib Anda Coba
3 Komponen Utama Hidup Sehat Untuk Bugar Seumur Hidup

 


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat