Cek 4 Fakta Kenapa Nanas Boleh Untuk Penderita Maag & GERD

Beri tahu teman-teman Anda

Nanas ternyata memiliki alasan dan fakta menarik kenapa baik dikonsumsi oleh penderita Maag & GERD. Simak penjelasan selengkapnya dibawah ini yuk!

Cek-4-Fakta-Kenapa-Nanas-Boleh-untuk-penderita-Maag-GERD

Halo, Sahabat Sehat!

Berbeda dengan buah lainnya, 

Alih – alih membahas berbagai manfaat yang terdapat didalamnya kebanyakan orang lebih sering membicarakan tentang pantangan dan dampak dari mengkonsumsi buah yang punya rasa khas ini.

Nanas… oh nanas…  kenapa kamu berbeda

Sebenarnya bukan tanpa sebab kalau banyak yang ingin tahu mengenai efek mengkonsumsi buah berwarna kuning ini. Pasalnya nanas merupakan jenis makanan yang level asamnya berbeda dari buah yang lain. Skala pH nanas biasanya di antara 3 hingga 4, angka tersebut menunjukkan kalau kandungan asam buah ini sangat tinggi. Itulah yang kemudian membuat sejumlah ahli menyarankan untuk mengurangi konsumsi buah nanas kepada orang-orang tertentu.

Lalu pertanyaannya sekarang, 

“Apakah mereka yang mengidap maag & GERD (asam lambung)  juga perlu menghindari nanas?”

Jawabannya tidak,

Iya benar kamu tidak salah membaca. Nanas ternyata boleh dikonsumsi oleh penderita asam lambung karena dalam nanas banyak terkandung zat yang baik untuk kesehatan.

Kamu mungkin masih belum percaya kalau Penderita Maag & Gerd benar-benar Boleh mengkonsumsi Nanas, iya kan?!. 

Oleh karena itu dengan mengetahui 5 fakta tentang nanas berikut ini saya harap Sobat dapat mengenal lebih dekat dengan salah satu buah tropis yang luar biasa ini:

Fakta 1 : Punya Bentuk dan Rasa yang Khas

Buah lain bila dilihat dari kejauhan kita bisa saja salah menebak antara buah Apel, Pir, atau Jeruk berdasarkan bentuknya. Tapi hal itu tidak akan berlaku untuk nanas. Siapapun pasti akan langsung mengetahui keberadaan nanas sekalipun dari jauh berkat bentuknya yang unik.

Dalam hal rasa pun buah ini juga luar biasa. Adanya perpaduan antara asam dan manis memberikan sensasi menyegarkan di setiap gigitan. Makanya jangan heran kalau buah kuning seringkali diolah menjadi minuman.

Baca Juga : 5 Cara Memperkuat Imun Tubuh, Salah Satunya Gunakan Anti Oksidan

Fakta 2 : Kaya akan Nutrisi

Tak hanya karena rasanya yang enak, nanas menjadi primadona karena berbagai kandungannya yang baik untuk kesehatan. Dirangkum dari ‘Veriwell Fit’ berikut adalah nutrisi dasar yang ditemukan dalam 165 gram potongan nanas segar.

  • Kalori: 82.5
  • Lemak: 0,2g
  • Sodium: 1.7mg
  • Karbohidrat: 22g
  • Serat:.3g
  • Gula: 16,3g
  • Protein: 0,9g
  • Vitamin C: 79mg

Buah nanas juga terdapat vitamin A, vitamin C, vitamin K, fosfor, zink, kalsium. 

Memiliki kandungan tertinggi dalam nanas, vitamin C berfungsi untuk membantu perkembangan tubuh, meningkat imunitas, dan menyerap zat besi. 

Oh iya, Kandungan buah nanas yang banyak terdiri dari serat dan air juga sangat membantu untuk mengatasi sembelit.

Fakta 3 : Solusi Nanas untuk Penderita Maag & GERD

Kalau selama ini kamu selalu mengira nanas itu tidak boleh dikonsumsi untuk penderita Maag dan asam lambung/gastroesophageal reflux disease (GERD) maka fakta ini akan membalikkan itu semua. Nanas ternyata dapat membantu mengatasi gejala awal sakit maag.

Nanas segar mengandung banyak sekali zat yang dibutuhkan oleh tubuh, salah satunya adalah enzim bromelain yang memiliki sifat gastroprotektif atau melindungi kesehatan sistem pencernaan, termasuk lambung. Enzim bromelain memiliki sifat antiperadangan yang berfungsi untuk meredakan pembengkakan akibat peradangan, mulai dari masalah sistem pencernaan, pemulikah luka operasi, hingga cedera fisik.

Dalam kasus gejala perut kembung (ditandai dengan perut terasa begitu penuh dan kencang) biasanya disebabkan oleh konsumsi makanan pedas, terlalu asam, makanan berlemak membuat penderita merasakan sakit pada perut. Disinilah peran Enzim bromelain yang berasal dari nanas, bromelain ini berfungsi untuk menstimulasi kerja enzim pencernaan agar lebih cepat dalam mencerna makanan sekaligus mengurangi produksi gas berlebih dalam perut.

Tak hanya itu, Bromelain juga dapat mendukung pemulihan jaringan yang terluka pada dinding lambung akibat iritasi maag. Penelitian “Pienapple Research Station” dari Kerala Agricultural University menyebutkan Bromelain memberikan efek terapeutik dalam mengatasi pencernaan. Dalam artikel tersebut para peneliti bahkan menyarankan agar memasukkan nanas dalam menu harian yang dikonsumsi untuk melindungi kesehatan pencernaan.

Inilah manfaat Nanas untuk Penderita Maag & GERD yang sebagian orang masih belum ketahui. Semoga setelah membaca artikel ini Kamu yang menderita maag dan asam lambung tidak lagi takut mengkonsumsi buah nanas.

Fakta 4 : Dapat dikonsumsi dengan berbagai Cara

Kalau sobat selama ini menikmati buah nanas dengan cara mengkonsumsinya langsung (kupas kulit, di cuci dan langsung dimakan) maka kamu berada dalam level biasa. Hal itu juga berlaku untuk Sobat yang mengkonsumsi nanas dalam bentuk rujak.

Level luar biasa akan didapatkan ketika sobat memakan buah kaya serat ini dengan cara yang berbeda. Salah satunya contohnya adalah dengan mengkonsumsinya bersama lauk dan nasi. Iya jadi kombinasi nanas, lauk (ayam/ikan/dll) serta nasi dalam satu piring.

Berita baiknya untuk yang tidak bisa mencoba level ‘luar biasa’ kamu masih bisa naik ke level ‘jenius’. Ini adalah metode kekinian yang memungkinkan kamu untuk menikmati buah nanas secara maksimal.

Adalah Cold pressed Juice nanas dari itsbuah.com namanya. 

Cold pressed Juice nanas memiliki kandungan enzim, vitamin, dan mineral utuh. Dengan menggunakan teknologi terkini Nanas diproses menjadi jus  menggunakan tekanan hidrolik. Inilah yang membedakannya dengan juice nanas biasa yang menggunakan blender. Metode Cold Pressed membuat kualitas nutrisi dari buah dan sayur tetap terjaga. Dalam proses pembuatannya pun Cold Pressed Juice tidak menggunakan tambahan air, es batu, gula atau pengawet sehingga minuman yang dihasilkan menjadi lebih kaya nutrisi, cocok dengan yang dibutuhkan oleh penderita Maag dan GERD. 

Kesimpulan

Mengkonsumsi buah Nanas untuk Penderita Maag & GERD itu dibolehkan, hanya saja jangan sampai berlebihan. Begitupula dengan Mengobati asam lambung tanpa obat pun sangat mungkin untuk dilakukan, kuncinya adalah dengan mengubah gaya hidup sehari – hari (kurangi konsumsi makanan berlemak, pedas, ngemil sebelum tidur dan berbagai kebiasaan buruk lainnya). 

Terakhir, untuk mendapatkan manfaat utuh dari buah nanas ternyata cukup mudah yaitu dengan mengonsumsi Cold pressed Juice.

Baca Juga : Kenapa Buah dan Sayur dianjurkan Untuk Tingkatkan Imun?


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *