Obat Maag untuk Ibu Hamil: 4 Alternatif Alami & Sehat

Obat Maag untuk Ibu Hamil: 4 Alternatif Alami & Sehat

Beri tahu teman-teman Anda

Bolehkah konsumsi obat maag untuk ibu hamil? Kondisi tubuh seorang ibu yang tengah mengandung sangat sensitif terhadap obat-obatan termasuk obat maag. Berikut ini adalah solusi alami dan lebih aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil selain obat maag di pasaran.

Obat Maag untuk Ibu Hamil yang Lebih Alami dan Sehat
Setidaknya ada 4 alternatif alami obat maag untuk ibu hamil yang bisa Anda coba

Saat hamil, pernahkah Anda merasakan nyeri di bagian ulu hati?

Bisa jadi itu adalah pertanda maag.

Memang tubuh mengalami banyak perubahan saat hamil, mulai dari perubahan bentuk badan, hormon, hingga perubahan fisiologis pada sistem organ tertentu.

Mungkin saja, Anda merasa mual dan sakit perut dikarenakan pengaruh hal tersebut.

Tetapi tidak semuanya disebabkan oleh proses kehamilan.

Ada gejala0gejala yang mengindikasikan suatu penyakit atau masalah kesehatan tertentu. Contohnya, rasa mual yang durasinya cukup singkat menandakan adanya masalah pada sistem pencernaan (maag).

Loading...

Sementara, rasa mual yang lebih lama cenderung dipengaruhi oleh perubahan hormonal saja, alias efek kehamilan.

Biasanya setelah mengkonsumsi obat maag untuk ibu hamil, rasa mual akan segera hilang. Setidaknya, itulah yang akan terjadi jika Anda benar-benar mengalami maag.

Sementara, jika Anda tidak mengalami maag, maka rasa mual akan tetap terasa meskipun sudah minum obat maag. Hal yang demikian disebut morning sickness; suatu kondisi dimana ibu hamil mengalami mual tanpa penyebab yang jelas.

Biasanya morning sickness dirasakan pada trimester kedua kehamilan.  Tetapi ada juga yang merasakannya di luar periode tersebut.

Meskipun demikian, morning sickness tidak selalu muncul pada waktu pagi hari. Gejala ini bisa muncul kapan saja.

Adapun, perbedaannya dengan maag ialah bahwa morning sickness tidak disebabkan oleh pola makan yang serampangan. Juga, tidak dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil, tetapi lebih kepada aroma tertentu yang memicu ibu hamil untuk muntah.

Menariknya, morning sickness juga bisa disebabkan oleh banyak hal lainnya, bahkan kadang sering terjadi tanpa penyebab yang jelas.

Artikel Terkait:
5 Obat Maag untuk Ibu Menyusui dari Bahan Alami
6 Makanan Pereda Maag dan Gerd
Pola Diet Untuk Penderita Sakit Maag Kronis


Mengatasi Maag secara Alami Bagi Ibu Hamil

Resiko maag saat hamil lebih besar jika Anda sebelumnya sudah memiliki riwayat tukak lambung.  Tetapi Anda tidak perlu panik, karena maag bisa ditangani dengan cepat.

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi resiko penyakit maag.

#1 Ubah Pola Makan

Makanlah lebih awal dengan pola sedikit namun sering. Maksudnya, makanlah dengan porsi kecil namun frekuensinya tinggi.

Pola makan seperti itu terbukti mampu mengurangi kemungkinan timbulnya maag. Hal itu dikarenakan perut tidak dibiarkan dalam kondisi kosong karena terus diisi oleh makanan dalam jumlah sedikit.

Alhasil, bakteri tidak memiliki kesempatan untuk memicu infeksi pada saluran pencernaan.

Dengan demikian, tidak masalah makan sebanyak 5 kali sehari asal Anda tetap memperhatikan porsi berikut kadar nutrisinya.

Jangan pula mengonsumsi kafein sebelum makan karena dapat meningkatkan produksi asam lambung yang dapat memperparah maag.

#2 Hindari Makan Pedas

Sementara ini, hindari makanan pedas untuk menjaga asam lambung tidak naik. Memang cabai bukan satu-satunya penyebab maag.

Tetapi, cabai bisa memperparah penyakit lambung jika sistem pencernaan Anda tidak mampu mentoleransi dampaknya.

Bagi Anda yang sambat nafsu makannya berkurang jika tidak mengonsumsi cabai, maka bisa mengurangi asupan si merah ini secara bertahap.

Lebih baik jika Anda mengonsumsi buah dan sayur, seperti bayam, pisang, kale dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk daging, salmon lebih disarankan. Salmon mengandung omega-3 yang cukup tinggi. Kandungan nutrisi lainnya yang terdapat dalam daging ikan salmon juga bermanfaat untuk tumbuh kembang janin di dalam kandungan.

Bonusnya, salmon bisa menjadi obat maag untuk ibu hamil. Jadi, tak perlu ragu menyantap olahan salmon saat sedang maag.

#3  Konsumsi Makanan atau Minuman Probiotik

Yoghurt dikabarkan mampu mengurangi jumlah bakteri Helicobacter pylori yang menyebabkan asam lambung naik.

Penelitian yang dirilis melalui American Journal of Clinical Nutrition mengungkap bahwa yoghurt bisa menjadi pendamping obat maag untuk ibu hamil.

Seseorang yang mengonsumsi obat maag untuk ibu hamil dibarengi dengan intake yoghurt yang tepat, ternyata menunjukkan performa kesembuhan 4 kali lebih cepat dan efektif ketimbang dari yang tidak mengonsumsi yoghurt sama sekali.

Yoghurt juga diketahui mampu menetralisir asam lambung saat kondisinya tidak seimbang.  Tetapi waktu konsumsinya tidak boleh sembarangan.

Ibu hamil sebaiknya mengkonsumsi yoghurt pada waktu sesudah makan. Adapun jumlah yang disarankan ialah sekitar 125 gram saja dan tidak diberi perasa tambahan.

Makanan dan minuman probiotik lainnya yang bisa dikonsumsi ialah tahu, tempe, teh dan kombucha.

Ingat, dahului dengan asupan padat energi sebelum mengonsumsi makanan dan minuman probiotik tersebut.

#4 Minum Cold-pressed Juice

Cold-pressed juice bukan obat maag untuk ibu hamil. Tetapi, cold pressed juice bisa membantu menekan resiko penyakit maag.

Mengapa ?

Karena cold pressed juice terbuat dari buah atau sayuran segar. Biasanya, minuman ini terbuat dari kombinasi buah serta sayuran yang mempromosikan manfaat tertentu. Ada yang mendukung penurunan berat badan, detoks, dan mencukupi kebutuhan serat.

Menurut KAL Care, beberapa jus yang baik untuk penderita maag ialah yang mengandung  alpukat, jambu biji, pepaya, berries, apel, dan persik. Cold-pressed juice yang terbuat dari kombinasi sayuran juga bisa dipilih sebagai camilan saat maag.

Artikel Terkait:
Resep Ampuh Atasi PCOS: Diet plus Detoks
Berhasil Punya Momongan Setelah 5 Tahun Berjuang Melawan PCOS!
7 Cara Mengatasi Sembelit Pada Anak

Boleh Tidak Minum Obat Maag Untuk Ibu Hamil?

Sebelumnya, Anda harus memilah obat maag sebelum diberikan untuk ibu hamil. Tidak semua obat maag aman bagi perkembangan janin dan kondisi ibu yang tengah mengandung.

Hasil studi mengungkapkan bahwa obat maag bisa meningkatkan risiko asma bagi si janin.

Tetapi menurut BabyCenter, tak mengapa jika ibu hamil mengonsumsi obat maag yang mengandung magnesium oksida dan magnesium hidroksida.

Kendati demikian, ibu hamil tetap disarankan untuk menghindari kandungan aluminium pada obat maag.

Jika tidak memungkinkan, maka harus terdapat kandungan magnesium di dalam obat tersebut. Tujuannya agar resiko sembelit yang mungkin disebabkan oleh aluminium dapat diminimalisir melalui magnesium.

Konsultasi Solusi Obat Maag Alami untuk Ibu Hamil?

Demi kesehatan janin, beberapa ibu hamil sama sekali tidak bersedia mengonsumsi obat pasaran maupun obat generik. Jika Anda tertarik dengan solusi maag alami, Anda bisa mencoba cold-pressed juice.

Ingin konsultasi apakah cold-pressed juice bisa membantu mengatasi penyakit maag Anda? Temukan jawabannya dengan berkonsultasi secara gratis bersama Ahli Gizi.

Artikel Terkait:
5 Resep Jus Detoks untuk Anda yang Sibuk dan Ingin Diet
Detoksifikasi: Pahami Ini Sebelum Anda Mulai
Simak! Ini 5 Ciri Racun Keluar dari Tubuh

 

Konsultasi Detoks

 

 

 

 


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Konsultasi ke CS