5 Benda Alternatif Pengganti Plastik Yang Sehatkan Bumi

Beri tahu teman-teman Anda

Mengganti penggunaan plastik ke benda alternatif yang ramah lingkungan merupakan pilihan yang bijak untuk dilakukan di masa sekarang. Simak 5 benda yang dapat kamu pilih untuk bantu sehatkan bumi.

5-benda-alternatif-pengganti-plastik-untuk-sehatkan-bumi
Penggunaan Plastik yang kita gunakan perlu kita kurangi demi keselamatan bumi

Masalah Sampah Plastik telah lama menjadi sorotan publik. Berdasarkan hasil penelitian diperkirakan Indonesia menghasilkan 64 juta ton sampah setiap tahunnya. Namun pada tahun 2019 angka ini meningkat, Indonesia diperkirakan telah menghasilkan 66-67 juta ton sampah pada tahun tersebut. Hal ini bisa berarti dua hal; kesadaran masyarakat yang masih kurang akan pentingnya mengurangi penggunaan sampah plastik atau terbatasnya alternatif pengganti plastik yang membuat masyarakat tak memiliki pilihan selain menggunakan plastik.

Kenapa Plastik membawa masalah?

Coba sekarang kamu melihat ke sekeliling, apakah hal yang sulit untuk menemukan benda sekali pakai yang terbuat dari plastik?. Sepertinya tidak, karena hampir sebagian besar benda yang kita gunakan tidak terlepas kaitannya dengan plastik. Mengapa demikian?

Padahal plastik yang selalu kamu lihat setiap hari itu, adalah benda yang sangat sulit terurai secara alami oleh bumi. Kantong plastik yang paling sering kita gunakan membutuhkan waktu 10-1000 tahun untuk dapat terurai, sedangkan untuk botol plastik membutuhkan waktu sekitar 450 tahun sebelum akhirnya benar-benar terurai.

Coba saja bayangkan jika dalam 1 hari saja kamu menggunakan 3 kantong dan 1 botol plastik, setelah 1 tahun sudah ada 1460 sampah plastik yang kamu hasilkan, dan setiap orang dalam rumahmu juga melakukan hal yang sama, begitu pun tetanggamu dan teman-temanmu. Sudah ada berapa banyak sampah yang dihasilkan?

Oke, mungkin sekarang kamu belum begitu bisa merasakan dampaknya, karena sampah-sampah yang kamu hasilkan itu tidak kamu taruh di rumahmu. Namun coba bayangkan jika semua orang di seluruh dunia melakukan hal yang sama seperti yang kamu lakukan, kemudian tidak ada cukup ruang sehingga sampah-sampah tersebut terpaksa harus kamu simpan didalam rumahmu, pasti akan cukup mengganggu bukan? Kamu harus menunggu 10-1000 tahun tanpa menggunakan plastik sampai sampah-sampah tersebut terurai. Mungkin hal ini memang terdengar tidak masuk akal, dan melebih-lebihkan, namun memang seperti itulah realita menyedihkan yang ada.

Alternatif pengganti plastik

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa plastik memiliki kegunaan dan memberikan kemudahan bagi setiap orang, namun juga tanpa sadar menjadi sebuah ketergantungan yang dapat membahayakan. Para Ilmuwan dan aktivis lingkungan telah menciptakan dan melakukan banyak inovasi untuk mendorong masyarakat beralih dari penggunaan plastik ke benda yang lebih ramah lingkungan. Dalam artikel kali ini, IT’s Buah telah mengumpulkan 5 benda diantara berbagai inovasi tersebut yang memiliki dampak nyata untuk menyehatkan Bumi dan ambil adil yang cukup besar dalam menurunkan jumlah penggunaan plastik di Indonesia.

#1 Cassava bag

Data FAO menunjukkan bahwa Indonesia merupakan negara penghasil singkong terbesar ke-4 di dunia. Faktanya di tahun 2017 Indonesia telah menghasilkan sedikitnya 19.046.000 ton singkong. Melihat bahan baku yang begitu melimpah tersebut tak heran bahwa peluang untuk membuat kantong yang biodegradable sangatlah besar.

Cassava bag terlihat sangat mirip dengan kantong plastik, namun teksturnya lebih lemas dan lembut. Cassava bag ini terbuat dari resin alami yang terdiri dari 98% pati tapioka, 1% minyak nabati, dan 1 % biopolimer alami yang dapat terurai dan dikonsumsi oleh mikroorganisme dalam tanah.

Cassava bag dapat menjadi alternatif pengganti kantong sampah yang ramah lingkungan. Karena biodegradable bag atau cassava bag ini akan terurai di TPA hanya dalam waktu 10 minggu atau 2 setengah bulan saja.

5-benda-alternatif-pengganti-plastik-yang-sehatkan-bumi

#2 Tote Bag

Untuk kaum muda pasti sudah tidak asing dengan benda yang satu ini, kan? Yup betul sekali Tote bag atau Tas kanvas ini selain memiliki fungsi sebagai penunjang outfit atau penampilan, ternyata juga memiliki kegunaan lain yang mendukung gerakan #ramahlingkungan loh. Ketika berbelanja kamu bisa menggunakan tas Tote Bag mu untuk menggantikan fungsi kantong plastik. Selain dapat tampil trendy ketika berbelanja di supermarket atau hypermart kamu juga secara tidak langsung telah membantu dalam menekan penggunaan kantong plastik.

Menggunakan Tote bag sebagai pegganti kantong plastik merupakan ide yang bagus, karena selain ramah lingkungan Tas Kanvas/Tote Bag ini lebih hemat karena dapat dicuci dan dipakai berulang-ulang.

5-benda-alternatif-pengganti-plastik-untuk-sehatkan-bumi

#3 Botol Kaca atau Stainless steel

Meskipun sudah banyak botol air plastik yang bisa didaur ulang, namun tetap terdapat kandungan PVC atau polikarbonat yang menyebabkan kanker. Sedangkan didalam botol kaca dan Stainless steel tidak terdapat kandungan tersebut. Selain itu botol kaca dan Stainless steel akan menjaga air didalamnya terhindar dari kontaminasi jamur yang biasa ada pada botol plastik.

Botol kaca dan Stainless steel sebagai pengganti botol plastik merupakan pilihan terbaik, karena disamping memiliki dampak lingkungan yang lebih sehat, botol kaca dan stainless steel juga akan menghemat uang kamu karena dapat digunakan berulang-ulang dibanding kamu harus selalu membeli botol air mineral yang baru terus-menerus.

5-benda-alternatif-pengganti-plastik-untuk-sehatkan-bumi

#4 Kotak Makan Reusable

Saat ini penyaranan penggunaan kotak makan yang reusable semakin gencar di gaungkan. Pasalnya sadar atau tidak penggunaan kantong plastik, styrofoam, dan benda sekali pakai lain yang tidak ramah lingkungan ini paling sering digunakan ketika kita membeli makanan, bahkan terkadang fungsi kantong plastik tersebut hanyalah sebagai bungkus untuk sesuatu yang sudah terbungkus, contohnya ketika kita membeli bubur ayam dalam styrofoam kemudian dibungkus lagi dengan kantong plastik.

Nah, maka dari itu tidak aneh kalau kotak makan menjadi alternatif pengganti benda-benda tak ramah lingkugan tersebut. Disamping lebih aman, karena tidak akan mengeluarkan zat berbahaya ketika terkena panas seperti styrofoam atau plastik, kotak makan reusable ini juga lebih hemat karena dapat kita gunakan berkali-kali.

5-benda-alternatif-pengganti-plastik-untuk-sehatkan-bumi

#5 Bamboo Straw & Cutlery

Sedotan dan sendok garpu bambu atau Bamboo straw & cutlery merupakan inovasi alternatif pengganti plastik yang saat ini sedang banyak diminati berbagai kalangan. Bambu merupakan alternatif pengganti plastik yang bersifat lebih reusable atau dapat dipakai berkali-kali. Aroma bambu alami yang kamu rasakan ini juga bisa menambah sensasi saat minum atau makan.

Indonesia sendiri merupakan negara ketiga terbesar penghasil bambu di dunia, memiliki potensi yang amat besar membuat banyak organisasi enviromental di Indonesia memanfaatkan sumber daya tersebut untuk membuat berbagai benda alternatif pengganti plastik. Salah satu diantaranya adalah Evo & Co. dengan visi yang dimilikinya yaitu : A World Without Plastic Pollution mereka menciptakan berbagai inovasi benda alternatif pengganti plastik.

Nah, IG Live minggu ini Kamis, 10 Desember 2020 IT’s Buah akan membahas seputar produk #ramahlingkungan bersama founder dari Evo & Co. David Christian. Untuk Sahabat Sehat yang ingin mendaftar dan mengajukan pertanyaan bisa mengklik banner dibawah dan dapatkan kesempatan untuk menangkan mini booster untuk pertanyaan terbaik. Jangan sampai ketinggalan ya Sahabat Sehat!

Sehatkan bumi dengan produk #ramahlingkungan


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *