5 Buah Lokal yang Hanya Bisa Dijumpai di Indonesia Ini Juga Kaya Manfaat Lho

Beri tahu teman-teman Anda

Berada di garis khatulistiwa dan negara tropis membuat Indonesia dianugerahi keanekaragaman hayati, termasuk memiliki beragam jenis buah lokal yang kaya gizi. Apa sajakah buah lokal tersebut? Berikut beberapa di antaranya yang layak Anda coba.

Matoa

Pernahkah Anda mendengar nama buah lokal matoa? Buah ini menjadi salah satu buah khas provinsi di ujung timur Indonesia, Papua. Dalam setahun, buah matoa hanya berbuah satu kali, tepatnya pada bulan Juli sampai dengan bulan Oktober.

Berbicara soal rasanya, buah matoa sebenarnya hampir mirip dengan buah kelengkeng atau rambutan. Warnanya merah dengan sedikit keunguan dan hijau, sedangkan bentuknya lonjong mirip seperti buah sawo.

Kesemek

Buah lokal kedua adalah kesemek. Meski bukan berasal dari Indonesia, buah kesemek sepertinya sudah melekat bagi masyarakat kita. Sebenarnya, buah ini berasal dari Jepang dan Tiongkok. Kini, buah kesemek sudah mulai sulit ditemukan di pasar-pasar tradisional. Rasa kesemek ini sangat lezat saat matang, namun memiliki rasa yang sepat saat mentah.

Buah kesemek memiliki warna oranye khas. Tak hanya itu saja, buah kesemek pun juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi. Bahkan kesemek juga mampu mencegah penyakit kanker. Adanya vitamin A yang tinggi mampu melindungi kesehatan mata.

Manggis Putih

Mungkin Anda mengenal manggis hanya memiliki warna ungu saja. Namun, tahukah Anda jika manggis merupakan buah lokal yang juga memiliki warna putih. Ya, seperti namanya, manggis putih banyak terdapat di beberapa daerah di Indonesia. Misalnya saja di kawasan Lingsor, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

Jika dibandingkan dengan manggis pada umumnya, harga manggis putih memang cenderung lebih mahal. Rasa buah ini cenderung manis dan memiliki tekstur renyah pada daging buahnya, warna daging buahnya juga putih sesuai namanya. Sementara, kadar air buah manggis putih termasuk yang cukup sedikit.

Loading...

Kecapi

Selanjutnya ada kecapi, buah lokal ini pada dasarnya memiliki bentuk yang mirip dengan buah manggis. Namun, perbedaannya hanya pada warnanya saja. Buah kecapi memiliki bentuk bulat yang pipih dengan diameter sekitar 5-6 cm, bewarna kuning keemasan, dan memiliki tekstur dengan bulu-bulu halus.

Kecapi memiliki rasa yang unik, yakni cukup manis dan sedikit asam. Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari buah kecapi ini. Salah satunya adalah mengatasi masalah sakit perut. Selain itu mampu mengobati demam, kram perut dan penyakit lainnya.

Delima

Buah delima merupakan buah lokal yang sempat sangat populer. Bahkan, dulu saat Raja Salman berkunjung ke Indonesia, ia meminta buah delima untuk masakannya. Saat ini, buah ini terbilang cukup langka, namun Anda masih dapat menjumpainya di daerah-daerah tertentu dan pasar tradisional.

Buah delima memiliki cita rasa yang khas, yakni rasa asam. Buah ini juga memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh, di antaranya adalah meningkatkan sistem pencernaan dan membantu melancarkannya. Anda bisa mengonsumsi buah delima langsung untuk mendapatkan khasiatnya.

Lobi-lobi

Buah lokal terakhir yang bisa Anda coba dan kaya manfaat adalah lobi-lobi. Buah ini sebenarnya termasuk salah satu yang paling mudah ditanam karena ia bisa tumbuh pada jenis tanah apapun. Rasanya cukup unik karena adanya paduan rasa yang cenderung asam dan sedikit manis jika dikonsumsi.

Di Indonesia, lobi-lobi biasanya kerap dijadikan sebagai salah satu buah pelengkap untuk rujak. Selain itu, lobi-lobi juga bisa diolah menjadi bahan manisan, asinan, atau selai. Kemudian, mengenai kandungan nutrisinya, lobi-lobi mengandung vitamin maupun mineral untuk menjaga kesehatan dan mengatasi diare hingga kencing darah.

​Bagaimana, sudahkah Anda mengkonsumsi buah loka tersebut?

Uniknya lagi, buah lokal terbaik di Indonesia diproduksi oleh para petani lokal di berbagai daerah. Maka dari itulah rasanya pun tak kalah bahkan jauh lebih baik dari buah impor. Kemudian, jika Anda membeli buah lokal setidaknya juga turut serta dalam memberdayakan petani di tanah air. Untuk mendapatkan produk dengan buah lokal terbaik Anda bisa mendapatkannya di itsbuah.



Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *