5 Cara Bentengi Imunitas Tubuh Dari Dalam

Beri tahu teman-teman Anda

Bila imunitas kuat maka kita akan terhindar dari serangan virus dan bakteri yang menyebabkan penyakit. Berikut ini ada tips 5 cara untuk Anda bentengi tubuh dari dalam. Simak selengkapnya dibawah ini yuk!

5-cara-bentengi-imun-tubuh-dari-dalam.

Halo Sahabat Sehat !

Disaat ini kasus covid -19 terus bertambah angka terjangkitnya. Menurut data covid-19 hingga bulan juni 2021 tercatat sebanyak 2.053.995 orang telah terjangkit virus covid-19. Sedangkan kasus kematian mencapai 55.949 jiwa. 

Hal ini merupakan kondisi yang perlu kita sadari bersama. Bila kondisi seperti ini terus menerus terjadi bukan tidak mungkin angka kematian serta angka terjangkit covid akan semakin bertambah tinggi. Oleh karena itu anjuran hidup sehat untuk meningkatkan imunitas terus digaungkan. 

Artikel kali ini akan membahas mengenai cara membentengi tubuh untuk melawan covid-19.

Baca Juga : Kamu Punya Maag? Wajib Perhatikan Hal Ini!

Kenapa Penting Menjaga Imunitas?

Imunitas atau sistem kekebalan tubuh merupakan sistem fisiologis yang berfungsi untuk melindungi diri dari ancaman internal atau eksternal, seperti infeksi, racun, atau berbagai penyebab penyakit. Bila imunitas kuat maka kita akan terhindar dari serangan virus dan bakteri yang menyebabkan penyakit.

Hampir semua infeksi virus menyebabkan menyebabkan kerusakan jaringan atau malfungsi.  Oleh sebab itu tubuh yang terserang bakteri atau virus maka sistem imun didalam tubuh akan bekerja menghasilkan sel darah putih dan bahan kimia serta protein lain yang dapat menghancurkan bakteri ataupun virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh. 

Adapun tugas utama sistem kekebalan tubuh ialah:

  • Untuk melawan kuman penyebab penyakit (patogen) seperti bakteri, virus, parasit atau jamur, dan mengeluarkannya dari tubuh.
  • Untuk mengenali dan menetralisir zat berbahaya dari lingkungan.
  • Untuk melawan perubahan penyebab penyakit dalam tubuh, seperti sel kanker.

Menurut penelitian didapatkan bahwa kekebalan tubuh bekerja secara terkoordinasi dalam menghadapi ancaman dari lingkungan. Respon imun dapat menahan kanker untuk sementara waktu.

Penyebab Imunitas Turun

Terdapat banyak gangguan yang dapat melemahkan sistem kekebalan dan menyebabkan seseorang menjadi immunocompromised. Gangguan ini dapat berkisar dari ringan hingga berat seperti:

  • HIV
  • jenis kanker tertentu
  • malnutrisi
  • hepatitis virus
  • beberapa perawatan medis

Adapun penyebab menurunnya sistem imun yaitu:

  • Tidak makan dengan sehat
  • Tidak banyak bergerak
  • Tidak cukup tidur
  • Berada di bawah stres kronis
  • Merokok
  • Mengonsumsi alkohol
  • Kurang mengonsumsi air putih

Dari semua faktor diatas dapat berkontribusi pada sistem kekebalan yang lemah. Ketika sistem kekebalan tubuh Anda melemah, bakteri, virus, atau racun dapat membanjiri tubuh.

Bakteri dan virus, termasuk virus yang menyebabkan infeksi COVID-19, dapat berdampak buruk pada seseorang dengan sistem kekebalan yang terganggu. Infeksi yang sering dialami oleh orang dengan sistem kekebalan yang lemah meliputi:

  • radang paru-paru
  • meningitis
  • bronkitis
  • infeksi kulit
  • Infeksi ini dapat kambuh dengan frekuensi tinggi.

Baca Juga : Buah Untuk Sakit Maag : 5 Pilihan Terbaik

Cara Memperkuat Sistem Imunitas

Penting sekali bagi kita untuk memperkuat sistem imun agar terhindar dari paparan penyakit. Maka dari itu berikut beberapa cara untuk memperkuat sistem imun:

#1 Makan makanan sehat

Di masa pandemi saat ini sangat penting memperhatikan nutrisi yang masuk kedalam tubuh. Salah satu cara untuk memenuhi nutrisi tubuh tersebut dengan mengonsumsi buah dan sayuran.

Dengan mengonsumsi buah dan sayuran yang mengandung vitamin dan mineral kaya antioksidan dapat memberikan perlindungan untuk melawan virus dan bakteri patogen. Disamping itu kandungan buah dan sayuran juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Menurut penelitian dengan mengonsumsi buah, sayuran dan rempah yang mengandung antioksidan dapat mengurangi peradangan di dalam tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas. 

Penelitian lain juga menunjukan bahwa konsumsi sayur dan buah dapat membuat mikrobioma usus sehat dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Ini disebabkan sayur dan buah yang mengandung serat sebagai nutrisi bagi mikrobioma usus. Dalam hal ini bila mikrobioma usus sehat akan mencegah patogen berbahaya yang masuk ke dalam saluran pencernaan.

Selain itu buah dan sayuran yang mengandung vitamin C dapat mengurangi durasi flu disebabkan oleh reaksi tubuh dalam melawan bakteri dan virus yang menyerang tubuh.

Rutin mengonsumsi buah dan sayuran memang penting bagi tubuh, namun ini juga harus diikuti dengan pola makan sehat seperti mengurangi konsumsi gula berlebih, lemak tinggi dan protein berlebih agar sistem imun tetap terjaga dengan baik.

Boozter Fighter

#2 Olahraga teratur

Melakukan aktivitas ringan setiap harinya sangat dianjurkan agar tubuh dapat mengeluarkan racun melalui keringat. Selain itu dengan melakukan olahraga ringan juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Berdasarkan penelitian bahwa melakukan olahraga rutin dapat mengurangi peradangan dan membantu sel – sel kekebalan beregenerasi. Studi ini juga menunjukan bahwa melakukan satu sesi olahraga dapat meningkatkan efektivitas vaksin bagi penderita gangguan sistem imun.

Selanjutnya olahraga juga dihubungkan dengan pelepasan hormon endorfin yang dapat meningkatkan relaksasi dan memberi energi positif. Hal tersebut dapat membantu kenyamanan tidur sehingga kekebalan tubuh meningkat.

#3 Menjaga kebersihan

Di masa pandemi seperti saat ini menjaga kebersihan termasuk hal wajib yang perlu dipatuhi agar terhindar dari covid-19. Dalam menjaga kebersihan tubuh terdapat beberapa cara yaitu dengan mencuci tangan dengan sabun, mengganti baju setelah berada diluar dan lainnya.

Penelitian menyatakan bahwa  menjaga kebersihan tangan adalah salah satu cara terbaik yang kita miliki untuk mengurangi penyebaran penyakit menular yang berbahaya. Dengan menjaga kebersihan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tubuh tetap sehat dan kuat.

#4 Tidur cukup

Tidur merupakan aktivitas yang berfungsi untuk mengistirahatkan organ – organ tubuh agar dapat bekerja secara optimal. 

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada 64 orang dewasa sehat didapatkan bahwa orang yang tidur kurang dari 6 jam rentan terkena flu dibandingkan orang yang tidur 6 jam atau lebih setiap malamnya. 

Hal tersebut sangat berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh. Dengan istirahat yang cukup dapat memperkuat kekebalan tubuh. Selain itu tidur tidur lebih banyak saat sakit dapat memungkinkan sistem kekebalan tubuh melawan penyakit dengan lebih baik.

Menurut jurnal bahwa orang dewasa perlu durasi tidur minimal 7 jam sementara remaja dan anak – anak memerlukan durasi tidur minimal 8 – 10 jam sehari. Selain durasi kenyamanan tidur juga sangat penting diperhatikan agar kualitas tidur terjaga dan akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

#5 Melepas stress

Pengelolaan stres yang baik dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ketika tubuh berada pada tekanan maka tubuh akan rentan terkena flu. Itu karena aliran hormon stres yang stabil, seperti kortisol dan adrenalin, melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Menurut penelitian stres jangka panjang dapat meningkatkan peradangan dan ketidakseimbangan fungsi sel kekebalan tubuh. Penelitian lain menunjukan bahwa stres pada anak – anak dapat menekan respon kekebalan tubuh.

Selain itu untuk menurunkan tingkat stres kita dapat melakukan beberapa kegiatan seperti meditasi, yoga, olahraga, dan praktik lainnya agar sistem kekebalan Anda berfungsi dengan baik.

Kesimpulan

Di masa pandemi yang masih berlangsung ini selain mengikuti protokol kesehatan kita juga perlu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang baik sangat penting agar kita terhindar dari penularan covid – 19 dan penyakit lainnya.

Beberapa cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh yaitu dengan mengonsumsi buah dan sayur, berolahraga, tidur yang cukup, menjaga kebersihan dan mengelola stres dengan baik.

Untuk lebih mudahnya menjaga sistem kekebalan tubuh it’s buah hadir dengan paket boozter fighter. Paket ini terdiri atas cold pressed juice yang mengandung buah – buah lokal segar tanpa tambahan air dan gula. Pembuatan jus dengan teknik cold pressed juice dapat mempertahankan nilai gizi dari buah dan sayuran karena pengolahannya tanpa adanya pemanasan sehingga lebih sehat dan bernutrisi.

Baca Juga : Cara Mengobati Maag Kronis : 7 Metode Alami & Aman


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *