5 Cara Cold Pressed Juice Mencegah Kanker Kulit

Beri tahu teman-teman Anda

Kanker kulit adalah benjolan atau pertumbuhan yang berlebihan pada jaringan kulit yang mengenai sebagian atau seluruh lapisan kulit. Bagaimana cold-pressed juice dapat mencegah kanker kulit. Simak lebih lanjut dibawah ini yuk!

5-Cara-Cold-Pressed-Juice-Mencegah-Kanker-Kulit

Halo, Sahabat Sehat!

Kanker kulit diklasifikan dalam tiga tipe yaitu, karsinoma sel basal, karsinoma sel skuamosa, dan melanoma maligna. Kanker kulit merupakan salah satu kanker yang paling umum didiagnosa diseluruh dunia, terutama pada populasi berkulit putih, insiden dan kematian terus meningkat selama decade terakhir. 

Penyebab Timbulnya Kanker Kulit 

Penyebab terjadinya kanker kulit salah satunya adalah paparan sinar UV dari matahari. Paparan sinar UV ini menimbulkan banyak kerusakan pada kulit dengan menghasilkan radikal bebas (molekul oksigen kecil yang tidak stabil) yang berbahaya sehingga menyebabkan peradangan dan merusak fungsi sel serta DNA kulit. Kerusakan DNA ini dapat menyebabkan perubahan pada gen yang disebut mutase yang menyebabkan kanker kulit. 

Mencegah Kanker Kulit dengan Cold-Pressed Juice

#1 Kandungan Antioksidan

Beberapa penelitian mengatakan bahwa antioksidan dapat membantu melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan yang dapat menyebabkan kanker kulit. Sebuah studi tahun 2002 di Journal of Investigate Dermatology menemukan bahwa paparan sinar UV dapat masuk dengan mudah kedalam sel kulit tubuh kita jika terjadi penipisa antioksidan didalam tubuh. 

Pernahkah kamu dengar mengenai karotenoid? Karetenoid adalah senyawa antioksidan yang membantu melindungi sel tubuh dari efek berbahaya radikal bebas. Karotenoid berasal dari tanaman yang secara alami memberikan pigmen warna pada berbagai tumbuhan termasuk buah-buahan dan sayuran, yang perlu dikonsumsi oleh kita untuk memasukkan antioksidan alami kedalam tubuh. 

Selain itu, karotenoid juga membantu melindungi kulit dari radiasi sinar UV yang berbahaya. Karotenoid bertindak sebagai antioksidan, melawan radikal bebas penyebab kanker. Cara yang baik untuk bisa mencegah kanker kulit adalah mengonsumsi cukup sayur dan buah yang mana terkandung dalam cold-pressed juice. 

#2 Senyawa Gingerol Menghambat Sel Kanker

Dalam 1 botol cold-pressed juice di itsbuah, beberapa varian memiliki kandungan jahe didalamnya,  yang merupakan sumber utama dari senyawa gingerol.

Para ahli menemukan bahwa jahe mengandung gingerol yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan menyebabkan sel tersebut mati secara terprogram (mengalami apoptosis). Artinya, jahe dapat membantu menghambat metastasis (penyebaran) sel kanker ke organ lain.

#3 Kaya akan Vitamin

Kandungan buah dan sayur dalam cold-pressed juice, memiliki vitamin yang dibutuhkan untuk mencegah terjadinya kanker kulit yaitu;

  • Vitamin C

Vitamin C juga merupakan senyawa yang digunakan sebagai salah satu antioksidan alami yang bermanfaat sebagai penangkal radikal bebas. Sumber vitamin C meliputi jeruk, lemon, jeruk nipis, stroberi, brokoli, rapsberries, paprika

  • Vitamin E 

Vitamin E memiliki banyak khasiat diantaranya adalah sebagai pencegahan kanker kulit yang efektif. Vitamin E adalah antioksidan yang telah terbukti membantu mencegah kerusakan akibat radikal bebas, menyerap energi dari sinar UV, memiliki efek anti-inflamasi yang kuat, dan meningkatkan kemampuan kulit serta pembuluh darah untuk bertindak sebagai pelindung. Vitamin banyak ditemukan pada bayam, alpukat, paprika merah, mangga, kiwi, buat bit.

  • Vitamin D 

Tahukah Sahabat Sehat bahwa vitamin D juga berperan sebagai antioksidan yang dapat membantu tubuh kamu menangkal radikal bebas penyebab kanker kulit. Sumber vitamin D sering sekali terdengar ada di susu dan hasil olahannya, lauk hewani. Namun perlu kalian tahu, bahwa vitamin juga adalah didalam beberapa sayur dan buah salah satunya ada di brokoli dan kiwi.

#4 Mengandung Beta Karoten

Beta karoten dapat meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit. Beta karoten banyak ditemukan di sayur dan buah. Sumber beta karoten meliputi; Bayam, kale, wortel, mangga, apricot, melon. Dan setiap buah maupun sayur yang tinggi akan beta karoten tersebut terdapat dalam cold-pressed juice.

#5 Kandungan Berbagai Senyawa Anti-Kanker

Dalam setiap cold-pressed juice mengandung buah dan sayur yang memiliki kandungan senyawa yang dikenal bermanfaat untuk pencegahan kanker;

  • Likopen

Likopen adalah senyawa yang termasuk kedalam golongan antioksidan. Likopen juga merupakan senyawa yang memberikan warna terang pada buah dan sayuran. Likopen paling banyak ditemukan di tomat. Selain itu sumber likopen lainnya adalah semangka, jambu, pepaya, jeruk bali.

  • Lutein 

Lutein adalah molekul antioksidan dalam makanan yang tergabung dalam senyawa karotenoid. Sebagai antioksidan, lutein membantu menetralkan radikal bebas demi mencegah kerusakan sel dan organ. Lutein dapat ditemukan pada bayam, kale, timun, brokoli. 

  • Flavonoid 

Flavoid termasuk sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas. Flavonoid tidak dapat diproduksi didalam tubuh sehingga butuh asupan dari makanan. Flavoid juga disebut senyawa antikanker. Sumber flavoid adalah jeruk.

Baca Juga : Maksimalkan Puasa Dengan Cold Pressed Juice


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *