5 Cara Memperkuat Sistem Imun Tubuh, Salah Satunya Gunakan Anti Oksidan!

Photo by Freepik
Photo by Freepik

Virus Corona telah menyebar di 213 negara, menginfeksi lebih dari 47 juta orang, dan membunuh lebih dari 1 juta orang di seluruh dunia.

Terlepas dari kontroversi yang terjadi, dan banyaknya aktivitas masyarakat yang dengan gembira menyambut #NewNormal, kita tidak bisa melupakan fakta bahwa penyakit dan virus, Covid 19 atau bukan, tetap ada dan tidak ada jalan yang lebih baik untuk mencegahnya daripada memperkuat sistem imun tubuh dari dalam.

Penyakit akibat virus memang pada umumnya merupakan ‘self-limiting disease’, yaitu penyakit yang bisa sembuh sendiri dengan mengandalkan kekuatan pertahanan tubuh. Karena itu langkah utama yang bisa dilakukan adalah meningkatkan daya tahan tubuh untuk mencegah tertularnya infeksi virus, dan kalaupun tertular, tubuh akan kuat melawannya.

Cara Memperkuat Sistem Imun Tubuh

Pada dasarnya, tubuh kita itu sangat cerdas karena memiliki sistem daya tahan tubuh terhadarp serangan dari luar seperti bakteri, virus, parasit jamur, debu dan serbuk sari. Namun, ada kalanya faktor genetik dan gaya hidup dapat melemahkan sistem imun tersebut, antara lain usia, makanan, penyakit dan bahkan beberapa jenis obat terentu.

Untuk memperkuat sistem imun dan kekebalan tubuh, berikut ini adalah faktor-faktor yang perlu kita perhatikan.

Photo by rawpixel.com

1. Membuat Lingkungan Yang Mendukung.

Banyak yang tidak tahu bahwa faktor lingkungan ternyata lebih dominan mempengaruhi sistem imun tubuh dibandingkan faktor genetik bawaan lahir.

Beberapa penelitian terbaru menunjukkan bahwa faktor lingkungan berperan sangat penting dalam perkembangan komponen sistem imun, terutama komponen yang bertanggung jawab terhadap pertahan tubuh dalam jangka yang panjang.

Orang kembar yang memiliki komponen tubuh yang seharusnya bekerja identik pun akan memiliki kemampuan pertahanan tubuh yang berbeda bila lokasi tinggalnya berbeda.

Karenanya, penting diperhatikan untuk membuat lingkungan tempat tinggal anda bersih dan memiliki sirkulasi udara maupun cahaya yang baik. Kalau memungkinkan, anda juga bisa pindah sementara ke desa yang lingkungannya lebih bersih daripada perkotaan.

2. Konsumsi Makanan Yang Mengandung Anti-Oksidan Tinggi.

Dengan mengkonsumsi makanan yang kaya anti-oksidan seperti sayur dan buah, anda telah membantu tubuh melawan radikal bebas yang mengganggu kerja sistem imun tubuh. Anda juga bisa mendapatkan anti-oksidan dari minuman ber-pH tinggi atau suplemen lain bila diperlukan.

Perkuat juga benteng pertahanan anda dengan dengan makanan yang bergizi dan mengandung vitamin dan mineral, utamanya adalah Vitamin C, D, E, zinc dan selenium.

Selain itu, perlu diperhatikan juga asupan gizi dan nutrisi yang cukup. Dengan mengatur pola makan yang sehat anda telah memberi amunisi untuk sistem kekebalan tubuh mempertahankan ‘benteng’nya dari penyakit.

3. Gaya Hidup Sehat Untuk Mereka Yang Berusia Lanjut.

Tidak dipungkiri bahwa semakin dewasa usia seseorang, sistem kekebalan tubuhnya makin sempurna. Namun, sistem imun tubuh tersebut juga makin menurun seiring bertambahnya usia.

Karena sistem imun tubuh mengandalkan sel imun berupa darah putih (leukosit) yang jumlah produksinya terbatas di usia lanjut. Oleh karena itu, terkadang ada beberapa orang yang melakukan cangkok stem cell meskipun hal itu masih menjadi metode yang kontroversial.

Cara terbaik yang bisa anda lakukan, adalah dengan mengutamakan gaya hidup sehat dan pola diet yang teratur dari sekarang supaya produksi sel imun tetap terjaga.

buy-1-get-1-free

4. Protokol Ketat Untuk Yang Mempunyai Kondisi Medis dan Penyakit Bawaan.

Mereka yang memliki penyakit degenaratif seperti jantung, diabetes, hipertensi dan penyakit saluran pernapasan lebih rentan diserang virus Covid 19 ini.

Untuk itu, perlu dilakukan protokol yang ketat untuk mereka yang mengidap penyakit kronis tersebut. Dengan lebih banyak beraktifitas di rumah, dan memperkecil interaksi dengan orang luar, akan memperbesar peluang untuk tetap sehat.

5. Hati-Hati Konsumsi Obat-obatan

Terdapat beberapa golongan obat-obatan yang diketahui dapat menurunkan kemampuan sistem imun kita untuk mempertahankan diri, salah satunya golongan kortikosteroid serperti kortison, hidrokortison. Penggunaan obat-obat ini terutama dalam jangka waktu yang lama sangat mungkin menurunkan kekebalan tubuh kita.

Itulah beberapa usaha yang bisa kita lakukan untuk memperkuat sistem imun tubuh. Selain beberapa hal penting tersebut, ingat selalu untuk tetap bahagia dan jaga kondisi pikiran supaya tidak stress, karena lelah secara mental juga bisa berpengaruh terhadap kesehatan tubuh.

Sebagai informasi tambahan, Cold-pressed juice dari IT’s Buah membantu solusi untuk mendapatkan manfaat buah dan sayur segar dengan lebih mudah. Dapatkan sekarang, dan jaga kesehatan keluarga anda dengan lebih murah.

Dapatkan Paket Immune Booster Cold Pressed Juice dari IT's Buah yang dibuat dari buah dan sayuran dari Petani Lokal asli Indonesia!

Business Insider Ltd.
21st Street, New York City
United States of America
(000) 222 555 6688

© 2018 The Landing Factory

Subscribe to our newsletter and get insider news from business world!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *