5 Makanan Mood Booster Yang Wajib Kamu Ketahui!

5 Makanan Mood Booster Yang Wajib Kamu Ketahui!

Beri tahu teman-teman Anda

Suasana hati memang tidak selalu baik, kadang naik turun. Nah, buat Anda yang ingin menjaga suasana hati agar tetap bersemangat dan termotivasi, Anda bisa mencoba makanan berikut ini. Ada setidaknya 5 makanan mood booster yang bisa Anda konsumsi secara teratur dengan interval menengah.

makanan mood booster

Saat merasa sedih, Sahabat Sehat mungkin tergoda untuk beralih ke makanan kurang sehat untuk mengangkat semangat. Namun, suguhan kue manis dan berkalori tinggi yang terkenal sebagai mood booster ternyata bukan satu-satunya sumbernya.

Jadi, Sahabat Sehat mungkin bertanya-tanya apakah makanan sehat apa pun dapat meningkatkan mood selain manis-manisan. Baru-baru ini, penelitian tentang hubungan antara gizi dan kesehatan mental mulai bermunculan. Namun, penting untuk dicatat bahwa suasana hati dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti stres, lingkungan, kurang tidur, genetika, gangguan suasana hati, dan kekurangan nutrisi.

Nah, yuk kita bahas 5 Mood booster sehat!

Artikel Terkait:
9 Cara Mudah Memulai Clean Eating
Mengapa Perlu Mulai Diet Clean Eating di Masa Pandemi
5 Buah Terbaik untuk Detoksifikasi Usus Agar Pencernaan Tubuh Lancar

5 Makanan Mood Booster yang Sehat

Sahabat Sehat tahu tidak makanan tertentu telah terbukti meningkatkan kesehatan otak secara keseluruhan dan jenis gangguan mood tertentu. Berikut IT’s Buah rangkum 7 makanan dengan bukti ilmiah terbanyak yang ampuh sebagai mood booster!

#1 Ikan Berlemak Baik

Asam lemak omega-3 adalah sekelompok lemak esensial yang harus Sahabat Sehat peroleh melalui makanan karena tubuh tidak dapat memproduksinya sendiri. Ikan berlemak baik seperti salmon dan tuna albacore kaya akan dua jenis omega 3 dan asam docosahexaenoic (DHA) juga asam eicosapentaenoic (EPA) yang memiliki efek untuk menurunkan depresi ke kadar yang lebih rendah (5Trusted Source, 6Trusted Source, 7Trusted Source).

Loading...

Omega-3 berkontribusi pada cairan membran sel otak dan memainkan peran kunci dalam perkembangan otak dan pensinyalan sel. Sementara penelitian sejenis, satu tinjauan uji klinis menunjukkan bahwa dalam beberapa penelitian, mengonsumsi omega-3 dalam bentuk minyak ikan menurunkan skor depresi.

Meskipun tidak ada dosis tertentu, sebagian besar ahli setuju bahwa kebanyakan orang dewasa harus mendapatkan setidaknya 250-500 mg kombinasi EPA dan DHA per hari. Mengingat bahwa satu porsi salmon 100 gram menyediakan 2.260 mg EPA dan DHA, makan ikan ini beberapa kali per minggu adalah cara yang bagus untuk memasukkan lemak baik ke dalam makanan Sahabat Sehat, oleh karena itu tim kami menyarakan konsumsi ikan tuna setelah detoks karena akan meningkatkan efek baik detoksifikasi.

makanan mood booster

#2 Dark Chocolate

Faktanya dark chocolate lebih efektif meningkatkan mood dibanding coklat manis biasa loh. Dark chocolate kaya akan banyak senyawa peningkat mood. Sedangkan coklat manis yang mengandung gula bisa jadi mood booster karena merupakan sumber bahan bakar yang cepat untuk otak, namun konsumsi coklat manis berlebihan tidaklah baik.

Dark chocolate melepaskan serangkaian senyawa yang membuat perasaan baik, seperti kafein, theobromine, dan Nacylethanolamine, zat yang secara kimiawi mirip dengan cannabinoid yang telah dikaitkan dengan perbaikan suasana hati. Namun, beberapa ahli memperdebatkan apakah cokelat mengandung cukup senyawa ini untuk memicu respons psikologis.

Tetapi terlepas dari itu, Dark chocolate tinggi flavonoid yang meningkatkan kesehatan, yang telah terbukti meningkatkan aliran darah ke otak Sahabat Sehat, mengurangi peradangan, dan meningkatkan kesehatan otak, yang semuanya dapat mendukung pengaturan suasana hati. Terakhir, cokelat memiliki peringkat ‘hedonis’ yang tinggi, yang berarti rasa, tekstur, dan aromanya yang menyenangkan juga dapat meningkatkan suasana hati yang baik.

Karena cokelat susu mengandung bahan tambahan seperti gula dan lemak, yang terbaik adalah memilih dark chocolate yang lebih tinggi flavonoidnya dan lebih rendah gula tambahan. Sahabat Sehat tetap bisa mengonsumsi 1–2 kotak kecil dark chocolate yang mengandung 70% atau lebih padatan kakao asli saat diet tanpa perlu mengkhawatirkan kalorinya. Sesuai saran cemilan sehat setelah detoks dari IT’s Buah.

detoks

Artikel Terkait:
Dietary Adherence: Seberapa Penting Menjaga Hasil Setelah Sukses Diet?
Jadwal Pola Hidup Sehat: 30 Hari Menuju Tubuh Idaman Sehat Anda
9 Tips Menjaga Kesehatan Jantung Sampai Tua

#3 Produk Fermentasi dengan Prebiotik

Makanan fermentasi, yang meliputi kimchi, yogurt, kefir, kombucha, dan sauerkraut, dapat meningkatkan kesehatan usus dan menjaga suasana hati. Proses fermentasi memungkinkan bakteri hidup berkembang dalam makanan yang kemudian dapat mengubah gula menjadi alkohol dan asam. Selama proses ini, probiotik dibuat. Mikroorganisme hidup ini mendukung pertumbuhan bakteri sehat di usus dan dapat meningkatkan kadar serotonin yang meningkatkan mood.

Penting untuk diperhatikan bahwa tidak semua makanan fermentasi merupakan sumber probiotik, seperti untuk bir, beberapa roti, dan anggur, karena proses memasak dan penyaringan. Serotonin adalah neurotransmitter yang memengaruhi banyak aspek perilaku manusia, seperti suasana hati, respons stres, nafsu makan, dan dorongan seksual. Hingga 90% serotonin tubuh diproduksi oleh mikrobioma usus, atau kumpulan bakteri sehat di usus.

Selain itu, mikrobioma usus berperan dalam kesehatan otak. Penelitian mulai menunjukkan hubungan antara bakteri usus yang sehat dan tingkat depresi yang lebih rendah. Namun, lebih banyak penelitian diperlukan untuk memahami bagaimana probiotik dapat mengatur suasana hati. Untuk meningkatkan efektifitas probiotik, Sahabat sehat bisa mengkonsumsinya pada hari ke-2 atau ke-3 setelah detoksifikasi.

yoghurt

#4 Pisang

Ada istilah bahwa ‘Pisang dapat membantu mengembalikan wajah yang cemberut’ hal ini sangat masuk akal. Mengingat bahwa pisang kaya vitamin B6, yang membantu mensintesis neurotransmiter perasaan-baik seperti dopamin dan serotonin. Satu buah pisang besar (136 gram) juga menyediakan 16 gram gula dan 3,5 gram serat.

Saat berpasangkan dengan serat, gula dilepaskan perlahan ke aliran darah, memungkinkan kadar gula darah stabil dan kontrol suasana hati yang lebih baik. Kadar gula darah yang terlalu rendah dapat menyebabkan iritabilitas dan perubahan suasana hati. Oleh karena itu, bila Sahabat Sehat merasa sedikit lapar saat hari detoks maka IT’s Buah akan menyarankan konsumsi buah-buahan.

Buah pisang juga mudah ditemukan dimana-mana. Buah pisang lokal berbintik yang berwarna hijau pada kulitnya, merupakan sumber prebiotik yang sangat baik, sejenis serat yang membantu memberi makan bakteri sehat di usus. Mikrobioma usus yang baik membuktikan tingkat gangguan mood yang lebih rendah.

makanan meningkatkan mood

Artikel Terkait:
3 Komponen Pola Hidup Sehat untuk Bugar Seumur Hidup
Lakukan 9 Hal Unik Ini untuk Pola Hidup Sehat Sepanjang Masa
Tips Sehat Ala Atlet Asian Games yang Perlu Anda Tahu
7 Manfaat Unik Buah dan Sayuran untuk Sehat Luar Dalam

#5 Kacang dan Biji-bijian

Kacang dan biji-bijian mengandung protein nabati yang tinggi, lemak sehat, dan serat. Selain itu, mereka mengandung triptofan, asam amino yang bertanggung jawab untuk memproduksi serotonin yang meningkatkan mood. Kacang almond, kacang mete, kacang tanah, dan kenari, serta biji labu, wijen, dan bunga matahari adalah sumber yang sangat baik. Jadi Sahabat Sehat suka makan onde-onde? Boleh saja ya, karena wijen pun ternyata membantu memperbaiki mood. Namun perlu dibatasi karena merupakan goreng-gorengan.

Selain itu, kacang-kacangan dan biji-bijian adalah komponen besar dari pola makan Mediterania dan plant-based diet, yang dapat mendukung otak yang sehat. Masing-masing diet ini mempromosikan makanan segar dan utuh dan membatasi asupan barang olahan.

Terlebih lagi, ada sebuah studi selama 10 tahun pada 15.980 orang mengaitkan asupan kacang sedang dengan risiko depresi 23% lebih rendah.Terakhir, kacang-kacangan dan biji-bijian tertentu, seperti kacang Brazil, almond, dan kacang pinus, merupakan sumber seng dan selenium yang baik. Kekurangan mineral ini, yang penting untuk fungsi otak, dikaitkan dengan tingkat depresi yang lebih tinggi – meskipun diperlukan lebih banyak penelitian.

kacang-kacangan

Bagaimana? Ternyata bukan hanya kue dan minuman manis saja yang bisa meningkatkan mood. IT’s Buah pun ternyata bisa membantu menjaga suasan hati tetap stabil loh. Wah, kok bisa ya? Penasaran?

Jangan lupa ikuti Instagram Live Session dalam rangka menyambut kemerdekaan bersama dokter spesialis gizi klinik, dr. Yohan samudra, Sp.GK dengan judul “Buah-buahan anti BAD MOOD’ pukul 16.00 WIB Kamis, 13 Agustus 2020. Jangan sampai ketinggalan ya!

Artikel Terkait:
6 Buah Terbaik untuk Diet dan Cegah Obesitas
Jahe Ternyata Bisa Membantu Weight Loss, lho!
Beyond Diet: Pengaruhnya bagi Weight Loss

Klik Gambar untuk daftar IG Live

 

Referensi
  • Strasser B, Gostner JM, Fuchs D. Mood, food, and cognition: role of tryptophan and serotonin. Curr Opin Clin Nutr Metab Care. 2016;19(1):55-61. doi:10.1097/MCO.0000000000000237
  • Clayton PT. B6-responsive disorders: a model of vitamin dependency. J Inherit Metab Dis. 2006;29(2-3):317-326. doi:10.1007/s10545-005-0243-2
  • Yano JM, Yu K, Donaldson GP, et al. Indigenous bacteria from the gut microbiota regulate host serotonin biosynthesis [published correction appears in Cell. 2015 Sep 24;163:258]. Cell. 2015;161(2):264-276. doi:10.1016/j.cell.2015.02.047
  • Rezac S, Kok CR, Heermann M, Hutkins R. Fermented Foods as a Dietary Source of Live Organisms. Front Microbiol. 2018;9:1785. Published 2018 Aug 24. doi:10.3389/fmicb.2018.01785
  • Scholey A, Owen L. Effects of chocolate on cognitive function and mood: a systematic review. Nutr Rev. 2013;71(10):665-681. doi:10.1111/nure.12065
  • Singh M. Mood, food, and obesity. Front Psychol. 2014;5:925. Published 2014 Sep 1. doi:10.3389/fpsyg.2014.00925

Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Konsultasi ke CS