5 Minuman Detox, Pilihan Artis Hollywood Sampai Buatan Asli Indonesia!

5 Minuman Detox, Pilihan Artis Hollywood Sampai Buatan Asli Indonesia!

Beri tahu teman-teman Anda

Minuman detox banyak digemari karena terbukti memiliki manfaat bagi kesehatan. Beberapa orang memiliki resep minuman yang menjadi andalan mereka untuk menjalani program detox. Sekarang, saatnya Anda mencoba resep minuman detox yang menjadi inspirasi banyak orang untuk menjalani hidup sehat.

5 Minuman Detox Pilihan Artis Holywood Sampai Buatan Asli Indonesia
5 Minuman Detox Pilihan Artis Holywood Sampai Buatan Asli Indonesia

Kreasi unik nan menarik tidak hanya mewabah dunia fashion, dunia kesehatan pun mengalami hal serupa. Ada tren minuman detox yang tak mau ketinggalan. Dahulu, minuman detox hanya terbuat dari teh hijau. Namun kini lebih banyak pilihan untuk mendukung gaya hidup sehat Anda dengan detoksifikasi.

Salah satu contoh yang sederhana, tetapi bermanfaat signifikan ialah air putih. Air putih sudah lama dikenal sebagai minuman detox. Bagusnya, minuman ini aman dikonsumsi setiap hari.

Komponen ini mengandung mineral. Lebih dari itu, air putih baik bagi organ dalam karena mempromosikan kesehatan ginjal dan sistem pencernaan.

Penelitian yang dilakukan oleh University of Sheffield di Inggris juga menunjukkan bahwa, minum air putih dapat mengurangi resiko kanker payudara sampai (kurang lebih) 79  persen. – bagi perempuan.

Tak perlu ‘gegabah’ untuk mengonsumsi air putih dalam jumlah banyak. Enam gelas saja sudah cukup untuk membantu menghidrasi tubuh sekaligus mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Apakah hanya air putih saja ? Barangkali tidak.

Loading...

Ada beberapa minuman lain yang bermanfaat untuk detoks. Berikut akan dibahas 5 minuman yang multi – benefit.

5 Minuman Detoks Dengan Manfaat Ekstra

Berikut lima minuman yang menawarkan manfaat lebih. Bukan hanya untuk cleansing, minuman ini juga cocok untuk menurunkan berat badan. Bahkan, ada juga yang bisa membantu mengurangi masalah kulit (seperti kusam, jerawat, dan lain sebagainya).

Apa sajakah minuman tersebut ? Simak daftarnya di bawah !

#1 Jus Detoksifikasi

Jus detoksifikasi lazim dipilih sebagai alat detoks. Bukan hanya karena mudah didapat, namun juga karena minuman ini kaya manfaat.

Biasanya, jus detoks terbuat dari buah – buahan atau sayuran tertentu yang sarat air serta memiliki kandungan nutrisi lengkap.

Mengapa ? Sebab, detoks ‘mengharuskan’ Anda berpuasa selama beberapa hari untuk mengistirahatkan sistem pencernaan. Selama itu, Anda akan ‘kekurangan’ asupan kalori. Oleh karenanya, jus detox yang Anda konsumsi haruslah diperhitungkan secara matang – kadar nutrisinya.

Meracik jus detox sendiri pun mudah. Cukup siapkan buah atau sayur, lalu masukkan ke dalam blender. Kemudian, minum secara teratur. Ingat, jangan menambahkan gula ke dalamnya.

Beberapa buah dan sayur yang direkomendasikan untuk detoks di antaranya ialah wortel, seledri, bayam, bit, belimbing, strawberry, atau anggur.


Bagi Anda yang tak mau repot, membeli jus detox merupakan pilihan terbaik. Sebisa mungkin, variasikan flavour-nya agar Anda tidak merasa rasa bosan karena mengonsumsi jus yang sama setiap hari.

#2 Air Lemon

Minuman detox yang satu ini dipilih Beyoncé saat menjalani program diet bernama Master Cleanse. Dilansir dari People, Beyoncé melakukan hal tersebut untuk mengubah tampilannya dalam sebuah film.

Walau Beyoncé menggunakannya untuk menurunkan berat badan, sebenarnya diet air lemon bertujuan untuk membuang racun. Hanya, imbasnya memang tubuh menjadi lebih ramping lantaran terjadi defisit kalori.

Air lemon yang Anda konsumsi sebaiknya mengandung 2 sendok makan air perasan lemon, 1/10 sendok teh cayenne pepper atau cabai merah, 2 sendok makan sirup maple, dan 300 ml air matang. Racikan tersebut, seperti yang dilansir melalui Klik Dokter, merupakan komponen penting dalam program Master Cleanse.

Tak kalah penting, Anda sebaiknya juga mengonsumsi air garam setiap pagi. Atau, tambahkan jahe ke dalam air lemon Anda agar efeknya maksimal.

#3 Air Apel dan Kayu Manis

Kalau yang satu ini adalah minuman detox andalan Megan Fox.  Dikabarkan, bintang Transformer itu menggandrungi diet cuka apel karena menyuguhkan hasil yang cepat. Tetapi beberapa ahli memandang metode ini kurang sehat. Bagaimanakah faktanya ?

Menurut ahli gizi, cuka apel terbukti memperlambat penyerapan pati. Sehingga, bagi sebagian orang, terutama pradiabetes, manfaatnya akan sangat terasa dan efektif untuk menurunkan berat badan. Namun beberapa ahli juga menyebutkan bahwa cuka apel tidak memberikan manfaat apa – apa terhadap penurunan berat badan.

Lalu mana yang benar ?

Menilik hasil studi yang lain, nampaknya detoksifikasi lebih efektif jika menggunakan apel segar – bukannya cuka apel. Anda juga bisa memanfaatkan air apel segar untuk mengeliminasi racun di dalam tubuh.

Caranya mudah, Anda hanya perlu mencampurkan air apel dengan kayu manis. Lalu, diamkan selama 60 menit dan minumlah setiap hari. Selama melakukan detoks ini, tahan diri untuk mengonsumsi makanan berlemak.

Kayu manis sangat bagus ditambahkan ke dalam minuman detoks karena memiliki sejumlah manfaat seperti menurunkan nafsu makan, mengatur tingkat gula darah, dan mempercepat metabolisme. Jadi, tak perlu ragu mencampurkannya dalam menu apapun  !

#4 Minuman Ekstrak Ikan Nila

Terakhir, Indonesia punya nih. Terbuat dari ekstrak ikan nila, minuman detox yang satu ini dikembangkan oleh mahasiswa FPIK Universitas Brawijaya. Bukan main manfaatnya, sang peracik menjanjikan ramuan ini bisa mengurangi racun timbal yang terdapat di dalam tubuh.

Sayang, minuman ini belum diproduksi secara massal sehingga sulit mendapatkannya di pasaran. Padahal melihat manfaatnya yang mengesankan, minuman ini cocok bagi Anda yang sedang menjalani terapi kelasi (chelation), yakni terapi untuk membuang racun logam berat dari dalam tubuh

 #5 Jamu

Jamu atau dikenal juga sebagai turmeric tea, sudah lama dikonsumsi oleh orang Indonesia. Minuman detox ini berisi rempah – rempah alami yang dapat membantu mengeliminasi racun dan menjaga kesehatan tubuh. Jamu kunyit asam misalnya, terbukti meningkatkan imunitas (daya tahan tubuh) sehingga Anda tidak mudah terserang penyakit.

Sudah menentukan mau coba minuman detox yang mana ?


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Konsultasi ke CS