5 Obat Maag untuk Ibu Menyusui dari Bahan Alami

5 Obat Maag untuk Ibu Menyusui dari Bahan Alami

Beri tahu teman-teman Anda

Diantara berbagai varian obat maag untuk ibu menyusui, Anda bisa mencoba beberapa yang menggunakan bahan alami dan minim efek samping. Berikut ini adalah 5 bahan alami yang baik digunakan sebagai obat maag bagi ibu yang tengah menyusui.

5 Obat Maag untuk Ibu Menyusui dari Bahan Alami
Menggunaan obat maag dari bahan-bahan alami lebih alman dikonsumsi untuk Ibu Menyusui

Menjadi ibu menyusui tidaklah mudah. Ada banyak hal yang mesti dihadapi, mulai dari nyeri mastitis, tekanan fisik, hingga resiko kelelahan.

Tak jarang, ibu menyusui sering melewatkan waktu makan karena terlalu sibuk mengurusi baby.

Kalau makan saja jarang, bagaimana ibu bisa beraktivitas sehari-hari? Salah-salah, ibu malah mengalami maag (gangguan pada dinding lambung) akibat pola makan tidak teratur. Jangan sampai ya!

Artikel Terkait:
6 Makanan Pereda Maag dan Gerd
Pola Diet Untuk Penderita Sakit Maag Kronis
7 Cara Mengatasi Sembelit Pada Anak

Ibu Tetap Menyusui Walaupun Maag

Pada dasarnya, gangguan pencernaan tidak memiliki kontraindikasi absolut terhadap menyusui. Sehingga, ibu tetap dapat memberikan ASI walaupun sedang maag.

Tetapi, bukan berarti maag mesti dibiarkan begitu saja. Sebab, ibu akan kehabisan tenaga kalau terus melakukan breastfeeding saat tubuh tidak fit.

Loading...

Terpikir untuk berhenti menyusui?

Berhenti menyusui bukanlah solusi untuk problem tersebut.

Menyetop suplai ASI kepada bayi justru akan memperburuk keadaan karena bukan hanya mempengaruhi sang ibu, tetapi juga bayinya.

Oleh karena itu, lanjut saja memberi ASI pada baby, sementara Anda mengobati tukak lambung dengan obat yang disarankan oleh dokter.

Adapun kalau memilih obat alami, maka sederet rekomendasi berikut bisa dijadikan pilihan.

Obat Maag Untuk Ibu Menyusui Dari Bahan Alami

Berikut ini adalah lima bahan organik alami yang bisa digunakan sebagai obat maag untuk Ibu Menyusui. Diharapkan dengan menggunakan obat herbal alami, Ibu segera kembali sehat tanpa meninggalkan efek samping yang diakibatkan dari bahan-bahan kimia.

Ini dia bahan alami terbaik untuk mengatasi maag pada ibu menyusui:

#1 Daun Mint

Daun mint dikenal memiliki sensasi menthol yang menyegarkan. Bahan aktif didalamnya juga bekerja efektif, terutama dalam mengurangi gas yang dapat memperparah maag.

Seperti yang dipublikasikan oleh Everyday Health, bahan herbal ini telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk meringankan masuk angin.

Tetapi, daun mint seringkali memicu efek tak menguntungkan bagi kesehatan. Misal, pada orang yang menderita GERD atau refluks gastroesofagus.

Sebagian besar penderita GERD justru akan mengalami sensasi heartburn setelah minum ramuan hasil rebusan daun mint. Oleh karena itu, cara penyajian daun mint sebagai obat maag untuk ibu menyusui mesti diperhatikan dengan benar.

Sebaiknya, konsumsi permen karet yang mengandung ekstrak mint. Permen yang elastis ini membutuhkan waktu cukup lama untuk dikunyah. Karena tidak langsung ditelan, maka bahan aktifnya dapat diserap secara perlahan. Dengan demikian, efek heartburnnya dapat diminimalisir.

#2 Teh Chamomile

Teh chamomile diketahui dapat menjadi obat maag untuk ibu menyusui. Karena, teh herbal ini mampu meningkatkan ketebalan lendir yang terdapat di kerongkongan. Selain itu, teh ini memiliki manfaat meredakan gejala iritasi lambung.

Sama dengan daun mint, teh chamomile harus dikonsumsi dengan penuh kehati-hatian. Sebab, bahan herbal ini mengandung antikoagulan yang dapat memicu pendarahan, terutama manakala dikonsumsi bersama pengencer darah. Jadi, bijaklah dalam mengonsumsi obat ini.

#3 Kunyit

Kunyit bisa digunakan untuk meredakan maag. Sebab, bahan ini memiliki senyawa yang berperan aktif dalam menurunkan asam lambung.

Menurut studi yang dilakukan pada tahun 2007, penyakit asam lambung bisa diakibatkan oleh peradangan dan stress oksidatif. Dan, kunyit termasuk salah satu bahan yang mampu menangani hal itu karena mengandung senyawa anti inflamasi dan antioksidan.

Takaran yang disarankan untuk obat maag untuk ibu hamil ialah sekitar ½ sendok teh bubuk kunyit atau sekitar 500 mg. Supaya manfaatnya maksimal, Anda bisa menambahkan sedikit lada hitam ke dalamnya.

‘Dosis’ kunyit ini benar-benar harus diperhatikan. Pasalnya, kelebihan kunyit akan berdampak kurang baik bagi kesehatan. Misal, konsumsi 1,5 sendok teh bubuk kunyit, maka akan memicu resiko diare, alergi dan muntah.

#4 Jahe

Teh jahe bukan hanya menghangatkan badan, tetapi juga bermanfaat bagi ibu menyusui yang menderita maag.

Dilansir dari Health Line, jahe mengandung senyawa fenolat yang dipercaya dapat membantu meredakan iritasi yang terjadi di dalam lambung. Senyawa ini juga membantu menahan refluks atau asam lambung yang naik sampai ke kerongkongan.

Cara menjadikan jahe sebagai obat maag untuk ibu menyusui adalah dengan mengudapnya mentah-mentah atau minum air rebusannya. Tetapi jumlah jahe yang dikonsumsi tidak boleh melebihi 4 gram.

#5 Akar Manis

Akar manis membantu mengurangi sakit perut akibat maag. Bahan ini mengandung senyawa anti ulkus yang diketahui mampu melawan Helicobacter pylori secara efektif.

Konsumsi akar manis juga bermanfaat untuk melindungi dinding lambung. Karena, akar manis memiliki cytropective yang bekerja memproduksi mukus, yakni lendir pelindung untuk selaput lendir dalam perut.

Sajikan teh asam manis untuk mengurangi nyeri maag. Tetapi jangan terlalu sering mengonsumsinya karena dapat menimbulkan efek kurang menyehatkan.

Artikel Terkait:
Resep Ampuh Atasi PCOS: Diet plus Detoks
Berhasil Punya Momongan Setelah 5 Tahun Berjuang Melawan PCOS!

Dukung Dengan Cold-Pressed Juice

Saat ibu menyusui mengalami maag sebaiknya pola makan diatur sesuai dengan anjuran dokter.

Hindari mengonsumsi makanan dalam porsi besar, karena itu merupakan kesalahan utama para penderita maag.

Ada cara mudah menerapkan pola makan yang baik, yakni dengan memasukkan cold-pressed juice dalam menu harian Anda.

Cold-pressed juicemampu berperan sebagai camilan untuk memperkecil resiko asam lambung naik. Selain itu, minuman ini terasa mengenyangkan, jadi bisa menambah energi.

Cold-pressed juice juga bisa digunakan sebagai produk konsumsi rendah kalori yang mendukung program diet pilihan Anda.

Tenang, Anda tidak kekurangan nutrisi penting. Sebab, cold-pressed juice mengandung gizi yang cukup karena tidak melibatkan proses pemanasan.

Cold-pressed juice sendiri terbuat dari kombinasi buah dan atau sayuran. Jadi, minuman ini  menyediakan nutrisi yang berlimpah. Laiknya sup segar, minuman ini memiliki tekstur yang lembut, menjadikannya cocok dipilih sebagai ‘camilan’ ibu menyusui.

Artikel Terkait:
5 Resep Jus Detoks untuk Anda yang Sibuk dan Ingin Diet
Detoksifikasi: Pahami Ini Sebelum Anda Mulai
Simak! Ini 5 Ciri Racun Keluar dari Tubuh

Konsultasi Detoks


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Konsultasi ke CS