5 Resep Jus Detoks untuk Anda yang Sibuk dan Ingin Diet

5 Resep Jus Detoks untuk Anda yang Sibuk dan Ingin Diet

Beri tahu teman-teman Anda

Diantara banyak resep jus detoks yang ingin Anda coba, Anda harus pandai memilih resep mana yang memberi Anda hasil yang diharapkan. Resep jus detoks yang diperuntukkan untuk diet bagi orang dewasa tentunya berbeda dengan resep jus yang diperuntukkan untuk konsumsi sehari-hari. Kenali perbedaan komposisi dan pilih resep jus yang memang diperuntukkan untuk diet detoks.

Resep Jus Detoks untuk yang Sibuk & Ingin Diet
Resep Jus Detoks untuk yang Sibuk & Ingin Diet

Mengubah pola hidup yang sudah mengakar selama bertahun-tahun dan menjadi kebiasan memang memerlukan usaha ekstra. Detoksifikasi atau detoks ditempatkan sebagai penolong dan bantuan bagi Anda yang ingin bertransisi ke gaya hidup sehat.

Berbagai alasan mendasari perubahan gaya hidup, seperti kondisi kesehatan dan ingin meningkatkan penampilan.

Diet adalah hal pertama yang akan muncul di benak Anda ketika berbicara soal penampilan. Di jaman serba cepat dan persaingan tinggi, tidak hanya penampilan yang dituntut untuk prima. Tenaga, pikiran, fokus, dan konsentrasi dituntut untuk turut memberikan performa maksimal.

Nah, salah satu resep untuk meningkatkan penampilan agar lebih prima dan tetap memiliki performa fisik dan mental terbaik, adalah dengan menjalani diet jus detoks.

Memang, ada begitu banyak resep jus detoks yang disarankan oleh publik. Nah di sini, IT’s Buah telah merangkum resep jus detoks yang terkenal ampuh untuk detoksifikasi, atau membersihkan tubuh.

Artikel Terkait:
Begini Aturan Detox Sehari Yang Benar
Turun Berat Badan Hingga 5kg dengan Detoks? Ini Kata Ahli Nutrisi
5 Minuman Detox, Pilihan Artis Hollywood Sampai Buatan Asli Indonesia!

Loading...

Perbedaan Resep Jus Biasa dan Resep Jus Detoks

Banyak yang menyangka bahwa detoksifikasi termasuk dalam program diet. Pengertian diet adalah pilihan makan atau preferensi makanan seseorang.

Sering kali Anda mendengar bahwa untuk diet, Anda harus banyak mengonsumsi buah dan sayur. Lalu, Anda mulai sering mengonsumsi jus buah-buahan yang dijajakan di tepi jalan, berharap bahwa pilihan makanan Anda akan berdampak baik pada kesehatan.

Kenyataannya, pengolahan buah dan sayur yang salah malah akan menghilangkan manfaat nutrisi, vitamin, dan mineral buah sayur yang sangat membantu fungsi organ tubuh.

Jus yang dijajakan pada umumnya mengandung tambahan gula dan krimer yang juga mengandung gula. Kelebihan gula adalah sumber penyakit berat dan obesitas. Keduanya dapat memberi dampak yang luar biasa buruk bagi kesehatan Anda dalam jangka panjang.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda mengikuti metode detoksifikasi dengan beralih ke jus detoks dengan mengikuti resep yang bisa Anda coba di bawah.

Tapi sebelumnya, Anda perlu memahami efek samping jus detoks. Ketika Anda mengonsumsi jus detoks seperti resep di bawah ini, mungkin sekali tubuh Anda akan menampilkan gejala-gejala detoksifikasi.

Setelah gejala tersebut berlalu, Anda mulai bisa melihat dan merasakan perubahan di tubuh Anda.

Lalu, bagaiman dengan diet?


Diet, atau bagi sebagian besar orang berarti menurunkan berat badan, adalah bonus yang akan Anda peroleh setelah selesai mengonsumsi jus detoks sesuai dengan resep dan jangka waktu yang disarankan.

Penurunan berat badan yang Anda alami adalah pengurangan racun dan residu toksin yang selama ini mengendap di tubuh Anda.

Residu tersebut bisa datang melalui makanan, minuman, bahan-bahan kimia, dan udara yang Anda hirup apabila penuh polutan. Kecil kemungkinannya tubuh terhindar dari toksin; mengingat medium pembawanya ada di sekitar Anda.

Walaupun tubuh sudah memiliki organ dalam yang siap membersihkan racun. Tetapi, Anda bisa membantu kerja organ dalam tersebut melalui detoksifikasi. Sebelum berbicara tentang diet atau memperbaiki penampilan, Anda harus memahami metode yang Anda lakukan untuk memperoleh tujuan tersebut.

Oleh karena itu, penting untuk memahami apa yang keluar dari tubuh Anda, apakah bermanfaat untuk diet jangka panjang, atau sekedar penurunan berat badan sementara saja?

Setelah berkurangnya zat negatif dalam tubuh, maka fungsi organ dalam Anda akan meningkat. Ini berakibat pada meningkatnya metabolisme dan penurunan berat badan dalam jangka panjang. Selain itu, kulit wajah Anda akan mengalami perbaikan. Secara fisik dan mental, Anda akan merasakan perubahan kualitas.

Inilah perbedaan antara resep jus biasa dan resep jus detoks yang memang disesuaikan untuk detoks.

Nah, supaya Anda bisa mendapat manfaat kesehatan jangka panjang dengan jus detoks, ini dia resep yang bisa Anda coba di rumah. Selain lebih sehat dan higienis, Anda bisa menghemat rupiah.

Artikel Terkait:
Detox Tubuh yang Benar dengan Langkah-Langkah Berikut Ini
6 Buah Terbaik untuk Diet dan Cegah Obesitas
Manfaat Detoksifikasi Racun dan Kaitannya dengan Diet

#1 Wortel dan Jahe, Resep Jus Detoks Andalan

Bahan-bahan yang Anda perlukan :

  • 4 – 5 buah wortel
  • ½ inci jahe
  • ½ lemon
  • bubuk kayu manis, opsional

Pertama, Anda perlu membersihkan dan mencuci wortel dan jahe. Setelah itu, masukkan wortel ke dalam juicer, disusul jahe, kemudian lemon. Setelah semua terekstrak dengan sempurna, Anda bisa mencampurnya dengan bubuk kayu manis.

Kelebihan jus ini terletak pada bahannya yang mudah didapat serta biaya yang relatif terjangkau. Jahe memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan dan detoksifikasi. Anda bisa mencampurkan jahe di setiap jus detoks atau resep modifikasi yang Anda inginkan.

Kekurangannya terletak pada persiapan (seperti mengupas, mencuci dan memotong, wortel dan jahe, dsb) yang cukup memakan waktu.

#2 Timun, Jahe, dan Apel, Jus Detoks Sederhana & Segar

Untuk membuat jus ini, Anda memerlukan :

  • 3 buah timun
  • 1- 2 inci jahe, boleh ditukar lemon
  • 2 apel

Masukkan semua bahan ke dalam blender atau juicer, lalu tunggu sampai halus dan siap diminum. Anda juga bisa menukar jahe dengan lemon agar rasanya lebih segar. Tetapi kalau belum sarapan, lebih baik memilih jahe yang punya khasiat menghangatkan perut.

Kelebihan jus ini terletak pada bahan-bahan yang mudah didapat dan rasanya yang manis. Untuk timun, Anda bisa menambah sebanyak yang Anda suka karena timun rendah kalori.

Kekurangannya, jus ini kurang tepat bila dikonsumsi pada malam hari atau menjelang tidur.

#3 Bayam, Lemon, dan Seledri, Jus Asupan Zat Besi

Siapkan bahan-bahan ini untuk membuat jus detoks bayam.

  • 2 cangkir daun bayam, boleh ditukar 4 – 6 kale
  • 6 seledri
  • 2 timun
  • ½ lemon
  • 2 apel ukuran sedang
  • 2 inci jahe
  • ½ daun peterseli

Setelah semua bahan dicuci bersih, masukkan ke dalam blender dan habiskan dalam waktu sehari.

Kelebihan jus ini terletak pada masa konsumsinya yang diperkirakan mencapai 7 hari apabila disimpan dalam kulkas.

Kekurangannya, jus ini kurang cocok diminum sebelum sarapan.

#4 Daun Ketumbar, Labu, dan Daun Mint, Jus Detoks Harian

Bahan yang Anda perlukan untuk membuat jus ini adalah :

  • 1 labu (gourd atau pumpkin)
  • 1 timun
  • segenggam daun ketumbar
  • segenggam daun mint
  • 2 buah malaka
  • 1 inci jahe
  • 1 sendok makan flax seeds (digunakan terakhir)

Jus ini membutuhkan persiapan yang singkat, Anda hanya perlu membersihkan labu  (dkk), lalu kupas kulitnya, kemudian potong bentuk dadu. Selanjutnya, masukkan semua bahan ke dalam juicer atau blender. Sajikan dengan flax seeds sebagai topping.

Kelebihan jus ini adalah memeliki taste yang enak, sehingga Anda bisa menikmati proses detoks setiap hari.

Kekurangan jus ini terletak pada variasi bahan yang menyebabkan biayanya cukup mahal.

#5 Jus Hijau, 1001 Manfaat Luar Dalam

Menurut Yurie Elkaim, resep jus detoks yang satu ini merupakan yang terbaik untuk membersihkan racun. Sebab, jus ini mengandung cleansing agents seperti chlorella, spirulina, bubuk alfalfa, bubuk rumput barley, kayu manis, atau bubuk teh hijau.

Efektivitas beberapa bahan tersebut turut dikonfirmasi Healthline yang menyatakan manfaat chlorella sebagai pengikat logam berat, spirulina sebagai anti kanker dan anti-inflamasi, serta alfalfa sebagai penurun kolesterol dan pendongkrak metabolisme.

Adapun, rumput barley kaya dengan vitamin C yang berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit dan daya tahan tubuh. Bahan ini juga mengandung vitamin K yang cukup esensial untuk tulang.

Sementara, kayu manis dikenal luas sebagai bahan yang kaya antioksidan. Penelitian juga mengungkap bahwa kayu manis bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Untuk menuai manfaat tersebut, Anda disarankan untuk mengonsumsi bubuk kayu manis sebanyak 120 mg per harinya.

Jika semua bahan – bahan tersebut ada di rumah Anda, maka Anda bisa membuat jus untuk mendukung proses detoksifikasi. Berikut beberapa bahan yang Anda perlukan :

  • 500 mL air
  • 1 buah apel
  • 1 sendok makan air perasan lemon
  • 1 sendok makan dari bahan berikut (tidak harus lengkap) : chlorella, spirulina, alfalfa, rumput barley, kayu manis, atau teh hijau. Semua dalam bentuk bubuk.

Cara membuatnya sangat mudah, Anda hanya perlu mencampurkan seluruh bahan tersebut. Lalu, minumlah saat bangun tidur. Atau, minum 30 menit sebelum menyantap sarapan.

Kelebihan jus ini terletak pada kelengkapan bahan. Proses pembuatannya pun cepat, jadi cocok bagi Anda yang ingin praktis.

Kekurangannya, beberapa bahan seperti bubuk chlorella, spirulina, alfalfa, dan rumput barley sulit didapat di Indonesia.

Artikel Terkait:
Inilah Pentingnya Detox Wajah secara Alami
Sehat Dan Langsing Dengan Program Detox 3 Hari
Kombinasi Jus Detoksifikasi yang Enak dan Kaya Manfaat

Agar Resep Jus Detoks Anda Semakin Sehat

Proses pengolahan buah dan sayur memerlukan ketelitian dan perhatian khusus. Jika Anda menghendaki jus detoks yang sehat, maka pastikan Anda mengolah jus tersebut dengan metode cold-pressed.

Dengan metode ini, kandungan vitamin dan mineral di dalam buah sayur tidak rusak karena tidak adanya proses pemanasan. Dalam jangka panjang, tubuh Anda akan lebih sehat dan bugar, tidak mudah sakit.

Kulit Anda akan semakin merona, sehat, dan bersinar.

Cold-pressed juice memiliki kelebihan yang hanya bisa Anda peroleh jika dikonsumsi secara teratur. Oleh karena itu, IT’s Buah menyarankan Anda untuk merutinkan konsumsi buah dan sayur dengan metode cold-pressed.


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Konsultasi ke CS