5 Tips Hidup Sehat Setelah Lebaran

Beri tahu teman-teman Anda

Lebaran merupakan momen yang banyak ditunggu setelah berpuasa 1 bulan lamanya, namun setelah lebaran banyak orang yang mengeluh mengenai berat badan mereka. Maka dari itu penting bagi kita mengetahui bagaiamana kita bisa tetap menjaga tubuh kita bahkan setelah lebaran. Simak lebih lanjut dibawah ini yuk!

5-tips-hidup-sehat-setelah-lebaran

Halo Sahabat Sehat!

Hari Raya Idul Fitri merupakan hari raya keagaman yang dilaksanakan oleh umat muslim diseluruh dunia. Pada hari Raya ini sebagian besar masyarakat Indonesia berkumpul dengan keluarga dan makan bersama. Akan banyak sekali hidangan yang tersaji pada saat lebaran mulai dari ketupat sayur, opor ayam, rendang serta aneka kue kering lainnya.

Tetapi setelah lebaran banyak orang yang mengeluh mengenai berat badan mereka. Hal tersebut terjadi dikarenakan kebiasaan makan yang tidak baik pada saat lebaran. Menurut penelitian pada saat bulan puasa, terdapat kecenderungan mengkonsumsi makanan tinggi lemak dan dan tinggi protein meskipun frekuensi makan dan jumlah asupan makanan menurun dan kebiasaan makan ini akan dipertahankan sampai sesudah Idul fitri. Bila hal ini terus berlanjut bukan tidak mungkin lebaran akan menjadi ajang untuk lebar-an.

Mengontrol porsi dan jenis makanan merupakan salah satu kunci penting dalam menjaga berat badan tetap stabil pada saat lebaran. Maka dari itu sebelumnya kita harus tau jumlah kalori yang kita makan dan hal yang perlu kita hindari serta cara untuk mengatasi agar berat badan tidak bertambah saat berlebaran.

Baca Juga : 6 Tips Ramadhan Sehat Ala IT’s Buah

Hal yang bisa dihindari

#1 Mengonsumsi makanan yang mengandung minyak berlebih

Pada saat lebaran sangat banyak hidangan yang mengandung santan mulai dari rendang, opor ayam dan ketupat sayur. Bila konsumsi makanan tersebut secara berlebihan akan mengakibatkan berat badan naik. Ini dikarenakan makanan tersebut mengandung lemak dan kalori yang cukup tinggi.

#2 Mengonsumsi makanan manis

Kue kering, bolu, sirup serta makanan manis lainnya merupakan hal wajib disaat lebaran. Bila berlebihan mengkonsumsi makanan manis dapat menambah berat badan. Beberapa penelitian menunjukan bahwa tingginya konsumsi minuman manis meningkatkan kegemukan dan resiko penyakit metabolik.

#3 Tidur larut malam 

Walaupun dalam kondisi new normal tapi silahturahmi masih dapat berlangsung. Selama berbincang – bincang dengan keluarga hingga lupa waktu akan membuat waktu tidur anda terganggu. Hal ini dapat menyebabkan berat badan naik dikarenakan terjadi kenaikan hormone ghrelin yang dapat memicu nafsu makan.

#4 Malas bergerak

Banyak orang yang memilih bersantai saat hari lebaran sehingga terjadi penumpukan kalori karna tidak ada kalori yang dibakar. Hal ini akan membuat lemak menumpuk dan berat badan maningkat. WHO telah menyarankan bahwa untuk dapat mencegah penyakit tidak menular, masyarakat dapat melakukan aktivitas fisik minimal 150 menit/minggu.

Baca Juga : Pulihkan Energi Setelah Puasa Dengan Tropical Lust

Tips Rayakan Lebaran Tanpa Lebar-an

  • Mengontrol kalori makanan 

Rata – rata kalori yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya untuk wanita 1.600 – 2400 kalori dan pria 2.000 – 3.000 kalori. Penting bagi sobat untuk memperhitungkan jumlah kalori makanan yang akan dikonsumsi. Bila mengonsumsi makanan dengan kalori yang berlebihan akan menyebabkan penumpukan lemak didalam tubuh.

  • Menggunakan piring kecil untuk mengatur porsi makan 

Penggunaan piring kecil ini sangat membantu sobat untuk menakar porsi makan. Cara ini akan efektif untuk mengurangi porsi makan sobat. Tapi jangan sampai makan dengan piring kecil malah jadi nambah porsi terus ya sobat.

  • Berhenti makan saat kenyang

Ini sangat penting untuk diterapkan terutama saat lebaran. Banyak orang yang tidak menghiraukan rasa kenyang pada saat lebaran yang dapat mengakibatkan porsi makan tidak terkontrol. Maka dari itu lakukan lah aktivitas lain untuk mengalihkan perhatian sobat agar tidak merasa ingin makan lagi seperti berbincang dengan keluarga maupun menonton tv.

  • Tidur yang cukup

Dengan tidur yang cukup kita dapat terhindar dari rasa lapar serta kalap mata. Jam tidur yang cukup akan membantu proses metabolisme didalam tubuh, sehingga kalori pada makanan akan lebih cepat di salurkan pada organ tubuh.

berdamai-dengan-maag-gerd

  • Melakukan detoksifikasi tubuh 

Detoksifikasi merupakan proses pembuangan racun dari dalam tubuh. pada saat lebaran akan banyak makanan tidak sehat yang mengandung santan, garam, gula dan lain sebagainya. Ini akan menumpuk didalam hati bila tidak dikeluarkan dari tubuh. Maka dari itu kita perlu melakukan detoksifikasi baik saat lebaran maupun pada hari biasa. Cara untuk detoksifikasi tubuh;

#1 Berolahraga

Olahraga merupakan salah satu aktivitas fisik yang dapat meningkatkan sirkulasi dan membuang racun didalam tubuh. Racun tubuh dan hasil metabolism akan dikeluarkan dalam bentuk keringat. Sehingga tidak terdapat kalori yang berlebih karna sudah terbuang bersama keringat.

 #2 Konsumsi air putih cukup

Air berfungsi dalam menjaga kinerja organ agar tetap normal. Kadar cairan yang cukup dapat membawa sisa – sisa metabolisme menuju ginjal untuk dibuang dalam bentuk urine. Pastikan sobat mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas per hari. Para pakar kesehatan menganjurkan agar minum air setiap 90 menit sampai 2 jam.

 #3 Mengkonsumsi buah dan sayur

Dengan mengkonsumsi buah dan sayur dalam bentuk jus maupun dalam bentuk utuh dapat membantu mengeluarkan racun didalam tubuh. Menurut linda page, jus sayur dan buah mengandung antioksidan yang dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh. kandungan air yang tinggi pada sayur dan buah juga dapat membantu mempercepat proses pembuangan sisa metabolisme.

Ada lagi cara mudah untuk detoksifikasi tubuh yaitu denganprogram Detox Everfit di itsbuah.  Paket ini terdiri akan membantu Aanda menjaga tubuh kembali fit setelah lebaran, karena dilengkapi persiapan sebelum detoks dan layanan konsultais gratis dengan NutriCoach.

Cold Pressed Juice dari IT’s Buah disajikan dalam bentuk botol ukuran 350ml dan tersedia dalam berbagai varian, diantaranya adalah Daily Detox, Very Veggie, Green Mint Punch, Tropical Lust dan Diet Your Body yang bisa disesuaikan dengan berbagai kebutuhan.

Yuk, Sahabat Sehat mulai melakukan detoksifikasi dengan Detox Everfit. Dengan melakukan detox ini kita dapat terhindar dari bahaya makan berlebihan saat lebaran. 

Baca Juga : Maksimalkan Puasa Dengan Cold Pressed Juice


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *