Tips Sehat Alami: Jalani 5 Ini agar Tetap Menawan & Prima

Tips Sehat Alami: Jalani 5 Ini agar Tetap Menawan & Prima

Beri tahu teman-teman Anda

Diantara banyaknya tips sehat alami yang mungkin sudah Anda ketahui, ada setidaknya 5 metode utama yang bisa Anda jalani untuk melangsingkan tubuh sekaligus memiliki energi ekstra. Berikut ini adalah tips meraih tubuh sehat secara alami untuk kesehatan jangka panjang.

Tips-Sehat-Alami-dengan-Sayur-dan-Buah
Konsumsi buah dan sayur dalam jumlah moderat mampu meningkatkan sistem imun dan kesehatan tubuh

Terkadang, kesibukan mengurus keluarga dan menyelesaikan urusan kantor membuat program diet Anda berantakan. Akhirnya obat diet dipilih sebagai solusi cepat untuk mengecilkan lingkar pinggang. Jangan salah, cara ini dapat membahayakan kesehatan Anda, lho.

Meski terkesan sederhana, penggunaan obat pelangsing dapat berdampak negatif bagi tubuh. Memang, iming-iming  kerja cepat membuat Anda tergoda untuk mencobanya. Namun, side effect yang ditimbulkan tak main-main, bahkan cenderung merusak kesehatan.

Salah satu obat pelangsing, pil 2,4-Dinitrophenol (DNP) misalnya, terbukti memiliki bahan kimia yang berbahaya. Bahan beracun tersebut serupa dengan bahan pembuat pestisida dan bahan peledak.

Di negara tertentu, penggunaan obat diet berbahaya seperti DNP dan sejenisnya sudah dilarang karena menimbulkan efek merugikan bagi tubuh.

Pakar juga tidak menyarankan Anda memanfaatkan obat pelangsing apapun dalam jangka waktu yang lama. Tidak dianjurkan juga untuk mengkonsumsi obat tersebut dalam dosis melebihi batas wajar.

Daripada Anda membahayakan diri, lebih baik menerapkan gaya hidup sehat alami. Pola ini jauh lebih baik dan efektif. Selain itu, hasilnya relatif cepat dan menyehatkan bagi tubuh.

Loading...

Berikut kami bagikan 5 tips sehat alami yang bisa Anda terapkan sehari-hari.

Artikel Terkait:
Gaya Hidup Sehat: Panduan untuk Pekerja di Masa COVID
6 Buah Terbaik untuk Diet dan Cegah Obesitas
7 Manfaat Pola Hidup Sehat Ini Bakal Ngikut Sampai Tua
Jahe Ternyata Bisa Membantu Weight Loss, lho!

5 Tips Sehat Alami Untuk Menurunkan Berat Badan

Lima tips ini, mungkin sudah Anda praktekkan sehari-hari. Tetapi karena belum menyadari manfaatnya, boleh jadi hal-hal berikut cuma Anda lakukan saat sempat saja. Padahal, ada pentingnya menjadikan prosedur yang baik ini sebagai habit. Sebab, manfaat yang Anda terima bisa berlipat.

Inilah beberapa tipsnya.

#1 Tips Sehat Alami: Banyak Konsumsi Makanan Organik

Tips yang pertama adalah kembali ke alam. Maksudnya, perbanyak makan bahan pangan organik. Cara ini bukan hanya menyehatkan, namun bisa membantu merampingkan tubuh.

Bahan pangan organik merupakan produk yang diproses tanpa menggunakan bahan-bahan kimia, seperti pestisida kimia, pupuk sintetis, antibiotik, rekayasa genetika, dan lain-lain.

Mengkonsumsi bahan pangan ini akan mempercepat proses metabolisme tubuh. Bila dipadukan dengan olahraga teratur, maka proses pembakaran lemak akan menjadi optimal. Tubuh pun menjadi lebih cepat langsing.

Walaupun harga pangan organik biasanya lebih mahal sekitar 20 – 30 persen dari makanan non-organik. Namun, manfaat yang ditawarkannya sebanding dengan harga yang harus dibayar.


#2 Tips Sehat Alami: Rutin Melakukan Yoga

Tips kedua adalah melakukan yoga. Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana yoga bisa membuat Anda lebih kurus mengingat aktivitas ini tak mengandalkan banyak gerakan. Eits, jangan salah. Yoga juga memiliki cukup ragam.

Salah satu variasi yoga ternyata bisa mendukung program diet. Namanya vinyasa. Variasi ini termasuk pada  kategori hot yoga. Dalam vinyasa, Anda difokuskan pada latihan nafas dan rangkaian pose untuk melangsingkan badan.

Gerakan vinyasa mengacu pada pose-pose spesifik. Meski agak sulit, tetapi gerakan tersebut bisa dipelajari. Seperti jenis yoga yang lainnya, vinyasa pun bertitik berat pada fleksibilitas atau kelenturan badan. Jadi, Anda perlu sering berlatih untuk “fasih” memperagakannya.

Adapun hot yoga sendiri terdiri atas 26 gerakan yang diketahui dapat membakar hingga 750 kalori per sesi latihan.

Bedanya dengan yoga reguler ialah pemilihan tempat atau lokasi. Hot yoga biasanya bertempat di studio yang panas. Idealnya, ruangan tersebut memiliki suhu sekitar 42-46 derajat Celcius. Panas itulah yang nantinya bakal mendukung proses pembakaran kalori lebih banyak. Adapun, durasi latihannya sekitar 1,5 jam.

#3 Tips Sehat Alami: Minum Cold-pressed Juice

Manfaat cold pressed juice tidak hanya untuk detoks racun saja, namun juga untuk melangsingkan badan.

Minuman fungsional ini biasanya terbuat dari sayuran atau buah organik mentah yang diproses tanpa tambahan air. Rata-rata, jus tersaji dalam kemasan praktis sehingga mudah dibawa kemana-mana.

Bahan pembuat jus biasanya divariasikan; antara buah dan sayur tertentu; untuk menghasilkan manfaat yang spesifik. Misal, jus kombinasi sawi-nanas-timun-jeruk untuk melancarkan detoksifikasi dan menurunkan berat badan.

Kelebihan jus ini terletak pada kandungan nutrisinya yang sesuai dengan kebutuhan gaya hidup sehat. Jus ini memiliki vitamin dan mineral yang lebih terjaga ketimbang jus hasil blender. Sebab, minuman ini diolah melalui cold-pressed juice yang sistem kerjanya tidak banyak mengandalkan panas (heat).

Selain itu, tekstur minuman ini cukup lembut sehingga mudah dicerna. Namun, pilihlah cold pressed juice yang memakai pengawet alami, bukan buatan. Hal ini bertujuan untuk meminimalisasi efek buruk yang mungkin ditimbulkan pengawet buatan.

Artikel Terkait:
9 Cara Mudah Memulai Clean Eating
Mengapa Perlu Mulai Diet Clean Eating di Masa Pandemi
5 Makanan Mood Booster yang Wajib Anda Tahu

#4 Tips Sehat Alami: Hindari Stress

Tips berikutnya ialah menghindari stress. Tidak selamanya stress menyebabkan berat badan turun. Kadangkala, stress malah menyebabkan jarum timbangan bergerak ke kanan.

Untuk mengurangi stress, Anda bisa jalan kaki selama 20-30 menit di alam terbuka. Cara ini dapat membantu mengurangi kadar kortisol (hormon pemicu stress) sampai 10 persen.

Namun, jika kesibukan membuat Anda tidak sempat untuk melakukannya, maka duduk selama 10 menit di dekat pepohonan atau taman juga dapat memberikan efek yang sama.

#5 Tips Sehat Alami: Jauhi diet ketat

Bila selama ini Anda menjalani diet ketat, sebaiknya evaluasi lagi atau hentikan program tersebut mulai dari sekarang. Cara itu tidak sehat, juga tidak tepat untuk melangsingkan tubuh.

Agar tercapai berat badan ideal secara sehat dan alami, Anda bisa mengadopsi panduan isi piringku di Kemkes. Cara ini menawarkan manfaat lebih baik daripada diet karena sifatnya yang menyehatkan. Mari dicoba!

Artikel Terkait:
3 Komponen Pola Hidup Sehat untuk Bugar Seumur Hidup
Lakukan 9 Hal Unik Ini untuk Pola Hidup Sehat Sepanjang Masa
Tips Sehat Ala Atlet Asian Games yang Perlu Anda Tahu

Konsultasi Detoks

 


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Konsultasi ke CS