6 Tips Ramadhan Sehat Ala IT’s Buah

Beri tahu teman-teman Anda

Sahabat Sehat bingung mau merealisasikan Ramadhan sehat seperti apa? Kami punya jalan keluarnya. Yuk simak penjelasannya dibawah ini!

6-Tips-Ramadhan-Sehat-ala-itsbuah

Halo Sahabat Sehat!

Ramadhan adalah waktu refleksi diri dan pemurnian diri, baik lahir maupun batin. Oleh karena itu, untuk mewujudkannya, Sahabat Sehat perlu tau bagaimana pola makan yang seimbang agar kesehatan tubuh terus meningkat hingga diakhir Ramadhan. 

Mengonsumsi makan diwaktu buka dan sahur dengan pola makan yang seimbang akan membantu tubuh kembali mengisi simpanan energi.

Ramadhan adalah kesempatan untuk menumbuhkan kebiasaan makan yang baik. Kami akan berikan beberapa tips untuk membantu Sahabat Sehat menemukan cara yang lebih baik untuk memaksimalkan puasa Ramadhan tahun ini!

#1 Minum sebelum makan

Keadaan cuaca dan durasi lamanya puasa membuat kebanyakan orang mengalami dehidrasi ringan. Dehidrasi ringan ini bisa menyebabkan sakit kepala, kelelahan, dan kesulitan berkontraksi.

Saat berbuka puasa, tubuh bisa terehidrasi dan mendapatkan energi dari makanan dan minuman yang dikonsumsi. Saat berbuka puasa usahakan minum cukup cairan. Cairan bisa didapat dari konsumsi air mineral, atau konsumsi buah-buahan.

Buah-buahan mengandung banyak air dan rasa yang manis untuk bisa menambah energi tubuh setelah seharian berpuasa. Konsumsi cairan seperti dari air, cold-pressed juice bisa mencegah tubuh mengalami dehidrasi dan memberi tubuh cairan esensial yang dibutuhkan.

Air tetap menjadi sumber hidrasi terbaik. Minumlah 1-2 gelas air sebelum makan atau konsumsi 1 botol cold pressed juice. Hindari minum selama makan untuk menghindari penundaan proses pencernaan didalam tubuh.

Waspadai minuman yang mengandung banyak gula dan kalori. Selain itu, hindari makanan dengan kandungan garam terlalu tinggi saat sahur karena akan memicu rasa haus lebih cepat. 

Baca Juga : 7 Tips Pengaturan Makan Selama Ramadhan

#2 Pilih karbohidrat yang baik

Menu berbuka puasa disarankan mengandung sumber karbohidrat, karena karbohidrat adalah zat gizi yang menjadi sumber energi utama bagi tubuh. Utamakan pilih karbohidrat kompleks seperti nasi merah, pasta, kentang, atau gandum.

Karbohidrat kompleks menyediakan sumber energi yang stabil juga untuk tubuh, dan juga mengandung serat yang baik untuk kesehatan. Selain itu, karbohidrat kompleks juga bisa didapat dengan mengonsumsi 1 botol cold pressed juice saat berbuka puasa. 1 botol cold-pressed juice bisa membantu untuk mengurangi terjadinya sembelit saat puasa dan dapat menjaga keseimbangan metabolisme tubuh.

#3 Pilih protein tanpa lemak

Untuk berbuka puasa pilihlah sumber protein yang mengandung lemak jenuh sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali. Protein berkualitas tinggi yang mudah dicerna dan mengandung asam amino esensial baik dikonsumsi selama menjalankan puasa karena hal ini baik untuk menjaga kesehatan fungsi organ tubuh.

Tubuh menggunakan protein untuk membangun dan mempertahankan massa otot. Daging, susu, youghurt, telur, keju, ikan, dan unggas semuanya merupakan sumber protein berkualitas tinggi. Pilih protein tanpa lemak jenuh, seperti konsumsi ayam dengan kulit, jeroan, daging sapi berlemak, dan susu tinggi lemak.

buy1get1

#4 Hindari Cemilan

Cemilan adalah sebuah pilihan. Jika Sahabat Sehat sudah kenyang dengan mengonsumsi makanan lengkap saat berbuka, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan cemilan yang tinggi garam dan gula. Namun, jika masih merasakan lapar setelah melakukan ibadah tarawih, Sahabat Sehat bisa mengonsumsi segelas susu, beberapa potong buah, dan mengonsumsi cukup cairan sebelum tidur. Hindari konsumsi kue-kue manis sebelum tidur yaaa!

Baca Juga : 4 Manfaat Buah di Bulan Puasa Ramadhan

#5 Bersahabatlah dengan sayur

Sayuran merupakan bahan makanan yang kaya akan vitamin, mineral, dan serat, serta menyumbang hanya sedikit kalori dalam porsi makan Sahabat Sehat. Konsumsi sayuran yang cukup bisa membuat Sahabat Sehat menjadi lebih lama kenyang dan menghindari diri dari konsumsi berlebihan makanan manis dan berlemak diwaktu berbuka puasa.

Usahan mengonsumsi 2 porsi sayuran setiap kali makan. Satu porsi sama dengan ½ cangkir sayuran yg dimasak atau dijus, atau setara juga dengan 1 cangkir sayuran mentah berdaun. Untuk memudahkan Sahabat Sehat dalam mengonsumsi sayur, bisa memilih untuk konsumsi 1 botol cold-pressed juice setelah makan sahur, dan 1 botol lagi sesaat setelah buka puasa sebelum makan utama.

#6 Jangan jadi rakus

Saat berbuka puasa, umumnya banyak orang menjadi rakus saat melihat ada makanan dihadapannya. Ini adalah hal yang salah. Jangan terburu-buru untuk menghabiskan makanan. Setelah seharian kurang lebih 12 jam tidak makan dan tidak minum, disarankan saat berbuka puasa mengonsumsi makanan secara bertahap.

Mengonsumsi makanan berlebihan dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan masalah lambung lainnya. Mulai dengan mengonsumsi 1-2 gelas air, dilanjutkan dengan 1 botol cold-pressed juice kemudian dilanjutkan dengan makan utama. Jangan lupa untuk kontrol porsi makan, karena ini akan menjadi masalah utama dari kenaikan berat badan yang signifikan saat puasa. Sebagai aturan praktis, jangan melebihi jumlah yang biasa anda konsumsi saat makan siang sebelum puasa.

Nah, Sahabat Sehat itu dia beberapa tips yang bisa dilakukan agar tetap sehat selama menjalankan ibadah puasa nanti. Oiya menjelang dan menyambut bulan ramadhan tahun ini, apa saja persiapan yang sudah Sahabat Sehat persiapkan, jangan lupa untuk ikuti Instagram IT’s Buah ya, karena untuk menyambut bulan ramadhan ini akan ada banyak info tips dan acara bermanfaat yang akan itsbuah adakan, jangan sampai ketinggalan ya!

Baca Juga : Maksimalkan Puasa Dengan Cold Pressed Juice


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *