6 Tips Ubah Kebiasaan Agar Bebas Dari GERD

Beri tahu teman-teman Anda

Untuk terbebas dari gejala GERD ini kita perlu mengubah kebiasaan – kebiasaan lama menjadi kebiasaan baru yang lebih sehat. Berikut ini beberapa tips untuk ubah kebiasaan agar bebas dari GERD. Simak info selengkapnya dibawah ini yuk!

6-Tips-Ubah-Kebiasaan-Agar-Bebas-dari-GERD

Halo, Sahabat Sehat!

Gerd (gastroesophageal reflux disease) merupakan salah satu gangguan pencernaan yang menimbulkan rasa sakit tak tertahankan di sekitar perut atas atau ulu hati. Menurut jurnal obesitas merupakan salah satu faktor utama yang menyebabkan gejala gerd muncul. 

Faktanya gerd seringkali dihubungkan dengan pola makan yang tidak sehat seperti konsumsi makanan berlebihan, makanan terlalu pedas, makanan terlalu asam serta konsumsi alkohol. Dari penyebab gerd tersebut kita perlu memperhatikan lagi kebiasaan – kebiasaan buruk agar terhindar dari kekambuhan gerd.

Pada artikel kali ini kita akan membahas tips untuk mengubah kebiasaan agar terbebas dari gerd. 

Baca Juga : Kamu Punya Maag? Wajib Perhatikan Hal Ini!

#1. Memilih Makanan Sehat

Makanan merupakan faktor yang perlu diperhatikan untuk menghindari kambuhnya gerd. Oleh karena itu kita perlu memilih makanan yang baik serta yang tidak baik agar tidak memicu naiknya asam lambung ke kerongkongan. 

Adapun makanan yang perlu dihindari untuk mencegah kambuhnya gerd, antara lain: 

  • Makanan berlemak
  • Makanan Pedas
  • Mint
  • Makanan asam
  • Coklat
  • Olahan susu
  • Garam
  • Bawang
  • Alkohol dan soda
  • Kafein

Sementara itu untuk mengatasi kambuhnya gerd kita juga dapat mengkonsumsi makanan yang baik bagi lambung. Contoh dari makanan yang baik bagi penderita gerd seperti:

  • Makanan tinggi serat

Makanan dengan tinggi serat dapat membuat kita menjadi merasa kenyang lebih lama. Contoh dari makanan berserat tinggi seperti oatmeal, kentang, wortel, asparagus.

  • Makanan mengandung alkali tinggi

Makanan yang mengandung alkali atau basa dapat menurunkan pH dari lambung kita. Contoh makanan mengandung alkali seperti pisang, melon, kacang-kacangan.

  • Makanan tinggi kandungan air

Ini dapat mencegah terjadinya reflux asam serta mengurangi rasa mulas saat gerd. Contoh makanan yang mengandung air yang tinggi seperti semangka, mentimun, teh herbal.

Baca Juga : Buah Untuk Sakit Maag : 5 Pilihan Terbaik

#2. Menjaga Berat Badan

Gerd sangat dipengaruhi oleh pola makan yang tidak baik. Bila hal ini terus dijadikan kebiasaan dapat mengakibatkan obesitas. Bagi penderita obesitas resiko terkena gerd lebih besar dibandingkan orang dengan berat badan normal.

Maka dari itu agar terbebas dari gerd kita perlu memperhatikan berat badan. Adapun tips untuk menjaga berat badan yaitu:

  • Makan dalam porsi kecil

Makan dengan porsi kecil dalam intensitas sering lebih dianjurkan daripada makan langsung dalam porsi yang besar. Hal ini dikarenakan makanan dalam porsi besar dapat memberikan tekanan pada otot bawah kerongkongan sehingga memicu refluks asam terjadi.

  • Mengatur makanan dengan gizi seimbang

Yang perlu diperhatikan pada saat mengatur makanan yaitu jumlah porsi karbohidrat agar tidak berlebih. Dalam porsi makanan yang baik harus mengandung protein, karbohidrat, lemak, mineral dan vitamin yang berimbang.

  • Melakukan aktivitas fisik

Aktivitas fisik yang ringan diperlukan untuk memecahkan lemak  didalam tubuh. Sehingga racun didalam tubuh dapat terbuang melalui keringat.

  • Rajin minum air putih

Konsumsi air putih sebanyak 2 liter dalam 1 hari sangat membantu untuk menurunkan berat badan. Dengan konsumsi air putih kita dapat merasa lebih kenyang dan mengurangi keinginan untuk makanan berlebihan.

  • Rajin mengkonsumsi sayur dan buah

Ini sangat penting dilakukan karena sayur dan buah mengandung mineral dan vitamin yang baik bagi tubuh. Terdapat cara mudah untuk mengkonsumsi sayur dan buah dengan cold pressed juice ataupun pengolahan cara lain.

Pada jurnal disebutkan bahwa penurunan berat badan yang terkontrol / dengan melakukan diet menunjukan dapat memperbaiki gejala gerd secara signifikan.

Baca Juga : Berdamai dengan Maag & GERD jadi mungkin dengan Detox

#3. Memperbaiki Posisi Setelah Makan

Setelah makan seringkali kita merasa mengantuk dan mengambil posisi tidur setelah makan. Hal tersebut sangat tidak baik bagi penderita gerd karena dapat memicu reflux asam lambung.

Hal ini dikarenakan tidur setelah makan mengakibatkan asam lambung dan sisa-sisa makanan dapat naik ke dada dan kerongkongan. Oleh karena itu The cleveland menganjurkan makan 3 – 4 jam sebelum tidur.

Posisi yang baik setelah makan ialah dengan duduk sehingga memungkinkan gravitasi untuk membantu makanan dan cairan lambung dari kerongkongan mengalir kembali ke perut Anda.

#4. Berhenti Merokok

Sebagaimana kita ketahui bahwa rokok mengandung berbagai bahan kimia yang tidak baik bagi tubuh. Rokok juga dapat memicu gejala gerd. 

Hal tersebut disebabkan rokok mengandung nikotin yang dapat melemahkan otot katup kerongkongan bawah yang memicu naiknya asam lambung ke kerongkongan. Penelitian yang dilakukan kepada 20 orang laki – laki didapatkan hasil endoskopi setelah merokok terjadi peningkatan refluks asam lambung. Maka dari itu untuk terbebas dari gerd kita perlu menghindari merokok tersebut.

#5. Memperbaiki Posisi Tidur

Kebiasaan selanjutnya yang perlu kita lakukan agar terbebas dari gejala gerd dengan memperbaiki posisi tidur. Sebaiknya posisi tidur  bagi penderita gerd dengan meninggikan kepala tempat tidur sebesar 4 hingga 6 inchi.

Posisi tidur ini dapat ditinggikan dengan cara menempatkan balok kayu di kepala tidur. Balok ini juga dapat dimasukkan di antara kasur dan pegas kotak untuk mengangkat tubuh bagian atas.

Dengan posisi tersebut tubuh bagian atas dapat terangkat sehingga sisa makanan dan asam lambung tidak kembali ke kerongkongan. Berdasarkan penelitian membuktikan dengan meninggikan kepala tempat tidur dapat mempercepat penurunan asam di kerongkongan.

#6. Menghindari Tekanan Pada Perut

Tekanan pada perut dapat mengakibatkan cairan lambung terdorong ke kerongkongan yang menyebabkan terjadinya refluks asam lambung. Tekanan perut dapat disebabkan oleh berbagai macam penyebab seperti makan terlalu banyak, pakaian terlalu ketat, kegiatan membungkuk dan lain sebagainya

Dari penyebab diatas maka dari itu kita perlu memperhatikan kegiatan kita untuk menghindari tekanan pada perut agar gejala gerd tidak terjadi. Salah satu cara untuk mengurangi tekanan pada perut dengan menggunakan pakaian yang longgar.

Kesimpulan

Gerd (gastroesophageal reflux disease) atau yang disebut juga reflux asam ini paling utama disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat. Untuk terbebas dari gejala gerd ini kita perlu mengubah kebiasaan – kebiasaan lama menjadi kebiasaan baru yang lebih sehat.

Terdapat 6 tips untuk mengubah kebiasaan agar terbebas dari gerd yaitu menghindari makanan pemicu gerd, mengontrol berat badan, menghindari kebiasaan tidur setelah makan, mengubah posisi tidur, berhenti merokok dan mengurangi tekanan pada perut.

Adapun kebiasaan mudah yang juga dapat kita lakukan dengan melakukan detoks. Detox dapat membantu kita agar terhindar dari kambuhnya gejala gerd. Salah satu diet mudah yang kita dapat lakukan yaitu Detox Peace With Maag & Gerd dari IT’s Buah. Paket detoks ini terdiri dari cold-pressed juice yang telah diformulasi kandungannya agar baik dikonsumsi bagi penderita gerd dan maag. Dengan detoks dapat mempercepat penyembuhan luka pada lambung. 

Baca Juga : Tips Berdamai dengan Maag & GERD ala IT’s Buah


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *