7 Buah Ini Baik Untuk Detox Apa Saja?

Beri tahu teman-teman Anda

Untuk melakukan detox tubuh, kita bisa mengonsumsi buah-buahan yang mudah ditemui berikut ini. Simak penjelasan lengkapnya dibawah ini yuk!

7-buah-ini-baik-untuk-detoks

Aktivitas sehari-hari memungkinkan tubuh untuk terpapar racun. Adanya polusi, asap rokok, bahan kimia serta makanan yang dikonsumsi  secara tidak langsung dapat menjadi racun bagi tubuh. Dampaknya adalah metabolisme terganggu, penuaan dini, berat badan meningkat, dan menurunkan imunitas tubuh.

Apabila kesehatan tubuh terganggu karena disebabkan racun yang menumpuk dalam tubuh, secara otomatis dapat menghambat aktivitas sehari-hari seperti pekerjaan. Tentunya tidak mau kan segala rencana dan pekerjaan menjadi berantakan?

Guna mengatasi hal tersebut pentingnya detoksifikasi, untuk membuang racun di dalam tubuh. Secara alami tubuh memang dapat mengeluarkan racun dengan sendirinya, kemudian hasilnya dikeluarkan melalui keringat, urine, dan feses. Namun, agar lebih optimal perlunya melakukan upaya detox. Banyak cara untuk detoksifikasi tubuh. Salah satunya mengonsumsi buah-buahan. Kira-kira buah apa saja yang baik untuk detox?

Baca Juga : Kenapa Buah dan Sayur dianjurkan Untuk Tingkatkan Imun?

7 Rekomendasi Buah Untuk Detox

1# Pepaya

Siapa yang tidak tahu dengan buah tropis yang satu ini. Buah yang ternyata memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, satu diantaranya yaitu baik untuk Detox tubuh.

Pepaya dikenal kaya akan vitamin C, A dan E. Ketiganya sangat baik untuk meningkatkan imunitas tubuh. Imun yang prima akan menurunkan resiko tubuh terinfeksi virus dan penyakit. Tak hanya itu, kandungan vitamin A dan C berguna untuk mengurangi kerutan serta memudarkan bintik-bintik hitam, jadi tidak perlu khawatir terjadi penuaan dini.

Tidak hanya vitamin saja, pepaya ternyata memiliki enzim yang membantu detoksifikasi tubuh. Enzimnya biasa disebut sebagai enzim papain. Enzim ini dengan ajaibnya memiliki kemampuan untuk memecah protein dan sangat aktif dalam menghancurkan bahan sisa atau buangan yang menjadi racun bagi tubuh.

Kandungan serat yang dimiliki oleh pepaya berguna untuk melancarkan sistem pencernaan.  Serat dapat meningkatkan gerakan peristaltik usus besar, mengangkat zat sisa serta membersihkan jamur pada saluran pencernaan. Hal ini membuat proses pembuangan zat-zat sisa metabolisme berlangsung lebih maksimal. Maka dari itu, pepaya dapat memperlancar buang air besar, mencegah wasir dan mengatasi masalah lambung.

#2 Mentimun

Buah yang sangat populer dan dikenal sebagai lalapan di Indonesia, ternyata memiliki kekayaan nutrisi. Meskipun kaya nutrisi, namun kalori yang terdapat pada mentimun sangatlah rendah, sehingga menjadi buah yang tepat bagi orang yang ingin diet.

Kandungan air pada mentimun mendominasi buah ini yakni sekitar 96%. Buah ini dapat menjadi sumber air bagi tubuh manusia yang membutuhkan asupan air. Mengonsumsi timun dapat mencegah terjadinya dehidrasi dan menyegarkan tubuh. Hebatnya lagi kandungan air dalam mentimun dapat melancarkan pencernaan. Kok bisa? 

Dehidrasi merupakan salah satu penyebab terjadinya sembelit. Sebab, dehidrasi dapat mengubah keseimbangan air dalam tubuh dan menyebabkan buang air besar menjadi sulit. Solusinya yakni mengonsumsi mentimun karena kandungan air yang dimiliki dapat membantu pencernaan pada usus dan mencegah terjadinya sembelit. Begitu pula dengan serat yang terkandung pada mentimun dapat meningkatkan frekuensi buang air besar. 

Proses pencernaan tanpa hambatan akan membuat BAB lancar dan teratur. Secara otomatis racun-racun dalam tubuh akan terbuang saat BAB. Oleh karena itu, timun menjadi buah yang  baik dan direkomendasikan untuk detox tubuh.

Baca Juga : Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Saat Isoman

#3 Lemon

Buah berwarna kuning serta terkenal memiliki kandungan vitamin C yang tinggi ini, menjadi pilihan yang tepat untuk Detox tubuh. Selain vitamin C, lemon memiliki senyawa D-limonene yang terkonsentrasi pada kulitnya. 

Senyawa D-limonene memberikan efek  antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas. Senyawa ini juga mengaktifkan enzim pada hati yang berguna untuk mengambil senyawa beracun.

#4 Apel

Buah yang satu ini identik dengan buah yang beracun dalam film Snow White. Tapi pada kenyataannya justru buah ini memiliki manfaat untuk menghilangkan racun dalam tubuh. Kandungan pektin dalam apel sangat berguna untuk Detox. Pektin berfungsi mengeluarkan zat aditif, dan logam pada tubuh.

Pektin sendiri memiliki keunikan. Serat satu ini dapat berubah menjadi gel saat dipanaskan. Ketika pektin masuk ke dalam saluran pencernaan, maka akan berubah menjadi gel yang membantu melembutkan feses sehingga mengurangi sembelit. Selain itu, pektin sangat cocok bagi orang yang ingin memiliki badan ideal, karena serat pektin dapat mengendalikan berat badan serta mencegah terjadinya resiko obesitas.

#5 Nanas

Siapa yang tidak tahu dengan buah yang satu ini? Biasa dijadikan selai dalam kue khas lebaran seperti nastar atau barangkali pernah melihat buah ini dalam sebuah film kartun. Ya, benar buah ini terdapat pada film Spongebob dan menjadi rumah bagi tokoh utamanya.

Nutrisi yang terkandung pada nanas diantaranya Vitamin C, Vitamin A, mangan, folat, magnesium, dan zat besi. Nutrisi ini baik untuk metabolisme, meningkatkan imunitas, serta antioksidan guna menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. 

Nanas juga memiliki sekelompok enzim yang dikenal sebagai enzim Bromelain. Enzim ini berfungsi untuk memecah protein menjadi asam amino dan peptida. Dampak positifnya protein menjadi lebih mudah untuk diserap oleh usus.  Tentunya hal ini baik untuk pencernaan.

#6 Melon

Buah yang tergolong labu-labuan ini memiliki kesegaran yang berasal dari air pada daging buahnya. Hal ini disebabkan tingginya kandungan air yang mencapai 95%. Siapa tahu, ternyata kandungan air dalam melon memberikan efek diuretik yakni efek yang dapat memperlancar buang air kecil. Pastinya sudah tahu bukan buang air kecil menjadi salah satu cara mengeluarkan racun dari tubuh. Dengan demikian, efek diuretik dari melon membantu tubuh untuk detoksifikasi.

#7 Semangka

Buah yang memiliki daging berwarna merah ini, diketahui mengandung banyak air  yang terkandung membantu proses detox tubuh. Nantinya racun akan dikeluarkan dalam bentuk cairan dari tubuh.

Semangka juga dianggap sebagai buah yang memiliki gula dan kalori yang rendah. Dalam 100 gram buah semangka  terdapat 7 gram gula dan 36 kalori. Minimnya gula dan kalori membuat buah yang satu ini cocok bagi orang yang ingin melakukan diet agar tubuh tetap ideal. Nutrisi lain dalam buah semangka diantaranya vitamin, mineral serta antioksidan.

Paket-ITs-Buah-PPKM

Kesimpulan

7 buah ini terbukti baik untuk detoksifikasi tubuh karena memiliki berbagai nutrisi di dalamnya, yang membantu untuk mengeluarkan racun dalam tubuh. Pentingnya konsumsi beberapa buah ini agar imunitas dapat terjaga, proses pencernaan lancar, menangkal radikal bebas, mencegah penuaan dini dan lainnya.

Baca Juga : 5 Cara Bentengi Imunitas Tubuh Dari Dalam


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *