7 Cara Mengatasi Sembelit Pada Anak (Bayi, Balita, Remaja)

7 Cara Mengatasi Sembelit Pada Anak (Bayi, Balita, Remaja)

Beri tahu teman-teman Anda

Anak-anak rentan terhadap sembelit, sama seperti orang dewasa. Umumnya, orang dewasa bisa mengonsumsi obat-obatan untuk mengatasi sembelit. Namun pada anak-anak, disarankan memilih cara alami untuk mengatasi sembelit.

7 Cara Mengatasi Sembelit Pada Anak ala IT's Buah
Mengatasi sembelit pada anak harus dilakukan dengan cara alami untuk mengurangi ketergantungan obat

Kesehatan anak menjadi perhatian utama orang tua. Jika Anda sepakat, maka jangan biarkan sembelit sampai mengganggu kesehatan si kecil.

Meski terkesan ringan, sembelit dapat menyebabkan gangguan usus hingga fisura anus yang cukup parah. Karenanya, masalah ini tidak boleh sampai diabaikan, biarpun tidak lebih menakutkan dari pandemi.

Sembelit pada anak usia tertentu disebabkan oleh beberapa hal, seperti tidak tercukupinya kebutuhan air, jarang olahraga, dan kurang asupan serat. Sebagai orang tua, Anda bisa mengubah sedikit pola konsumsi anak agar mereka lebih sehat jangka panjang dengan diet secara alami.

Nah, berikut ini adalah 7 pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sembelit yang dialami anak-anak sebelum membawanya ke dokter.

Artikel Terkait:
6 Makanan Pereda Maag dan Gerd
Pola Diet Untuk Penderita Sakit Maag Kronis
7 Cara Mengatasi Sembelit Pada Anak

#1 Cara Mengatasi Sembelit Pada Anak : Menambah Asupan Sayuran

Tahukah Anda, bahwa rata-rata anak akan buang air besar sebanyak satu kali setiap harinya. Jika frekuensi BAB kurang dari itu, maka kemungkinan besar anak mengalami konstipasi.

Loading...

Konstipasi atau sembelit tidak mudah diatasi. Terkadang, perlu waktu beberapa hari untuk mengembalikan siklus BAB anak pada kondisi normal. Berikan sayuran hijau pada anak agar BABnya kembali lancar.

Berdasarkan AKG (Angka Kecukupan Gizi), anak membutuhkan paling tidak 11-30 gram serat setiap hari. Jumlah ini setara dengan (kurang lebih) 500 gram sayur bayam.

#2 Cara Mengatasi Sembelit Pada Anak : Memberikan Makanan dan Minuman Probiotik

Seringkali, sayuran saja tidak cukup, maka Anda perlu memberikan makanan atau minuman yang mengandung probiotik.

Probiotik atau bakteri sehat akan mendukung sistem cerna anak. Jika dikonsumsi dalam jumlah yang benar, maka probiotik dapat membantu mengurai masalah  konstipasi.

Sebaiknya, Anda memilih makanan atau minuman probiotik dalam bentuk tempe, yoghurt, dan keju yang lebih aman bagi anak..

Makanan – makanan tersebut berasal dari bahan organik, jadi relatif lebih cepat diproses tubuh. Selain itu, anak – anak juga menyukai rasanya.

Kurangi probiotik dalam bentuk suplemen, karena suplemen sering mengandung bahan pengawet.

#3 Cara Mengatasi Sembelit Pada Anak : Menyetop Makanan Berpengawet

Terlalu banyak mengonsumsi makanan berpengawet dapat menyebabkan anak mengalami sembelit.

Makanan yang dimaksud ialah seperti mie instan, produk kaleng, sosis, selai, soft drinks, dan lain sebagainya. Mengurangi asupannya akan membantu melancarkan buang air besar.

Beralih ke bahan makanan organik dapat memperbaiki sistem pencernaan anak secara keseluruhan.

#4 Cara Mengatasi Sembelit Pada Anak : Beri Lemak Sehat

Berikan lemak sehat seperti minyak zaitun, mentega, atau minyak kelapa pada anak. Hal ini dapat membantu melubrikasi usus halus kemudian menyembuhkan radang yang bisa menjadi pemicu konstipasi.

Memang, mentega dan kawan-kawannya sering dianggap “lemak jahat”. Padahal, kalau diolah dan disajikan dengan cara yang benar, bahan-bahan tersebut malah dapat melancarkan BAB.

Ada juga alternatif lain seperti biji bunga matahari (kuaci), kacang tanah, buah jarak, dan kenari yang menawarkan manfaat serupa.

Berbeda dari orang dewasa, anak cenderung membutuhkan lemak untuk keperluan tumbuh kembang dan kesehatan cerna. Oleh karena itu, pilihan lemak sehat bagi anak bisa berbeda dengan yang disarankan kepada orang dewasa.

Usahakan, porsi lemak tidak melebihi porsi nasi. Jika sampai melebihi, bukan saja akan menjadikan nutrisi harian tidak seimbang, namun juga tubuh anak akan kesulitan menerimanya.

#5 Cara Mengatasi Sembelit Pada Anak : Perbanyak Makan Buah – Buahan

Buah – buahan dinilai memiliki rasa yang enak. Beberapa anak bahkan memiliki buah favoritnya masing – masing. Karena itu, Anda bisa memanfaatkan buah untuk mengobati masalah sembelit pada anak.

Beberapa buah yang diketahui memiliki serat yang tinggi ialah pepaya, alpukat, jambu, mangga, dan pisang. Namun hati – hatilah dalam memilih pisang. Pasalnya, ada beberapa jenis pisang yang malah memicu konstipasi.

Sajikan buah dalam bentuk potongan kecil agar mudah dicerna oleh anak. Anda juga bisa membeli cold-pressed juice. yang bisa membantu melancarkan sembelit pada anak maupun orang dewasa,

#6 Cara Mengatasi Sembelit Pada Anak : Teh Jahe

Teh jahe memiliki khasiat seperti pencahar yang melancarkan BAB.  Teh jahe juga dikenal sebagai ramuan penghangat, sehingga membuat suhu tubuh meningkat.

Hal tersebut dapat membantu mendorong kinerja pencernaan yang lambat saat konstipasi

Cara membuat teh jahe cukup mudah, Anda hanya perlu merebus jahe selama beberapa menit (banyaknya jahe dan air dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda). Tetapi, jahe harus digeprek terlebih dahulu agar mudah terekstraksi saat direbus.

Lalu, berikanlah minuman tersebut pada anak setiap habis makan. Anak harus minum teh jahe tersebut sebanyak 1 – 2 kali setiap hari sampai ia bisa BAB normal. Kalau masih sulit, lanjutkan ke langkah berikutnya.

#7 Cara Mengatasi Sembelit Pada Anak : Gunakan Enema

Langkah yang terakhir ini biasanya dilakukan setelah cara – cara di atas kurang manjur. Metode enema dilakukan dengan cara memasukkan cairan pencahar ke dalam kolon melalui anus.

Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan bahan yang mudah dijumpai di sekitar seperti kopi untuk membersihkan usus. Caranya, siapkan kantong dan cairan enema. Lalu, campurkan kopi ke dalamnya. Tambah air hangat untuk mempermudah proses pembersihan.

Saat memasukkan tabung enema ke dalam anus, Anda mesti berhati-hati. Jangan sampai alat tersebut melukai anus anak. Tak perlu memaksakan cara ini jika Anda merasa resikonya sangat tinggi.

Sebenarnya cara ini aman bagi anak, selama dilakukan dengan cara yang benar. Tetapi sebagian orang tua takut untuk menerapkannya lantaran belum terbiasa menggunakan alat enema.

Kunci Hidup Sehat Anak

Dengan kedua orang tua yang sibuk bekerja, anak-anak rentan mengalami sembelit karena kurangnya perhatian atas asupan makanan. Agar masalah pencernaan tidak menjadi masalah serius, Anda disarankan untuk mengubah pola makan anak Anda.

Perbanyak konsumsi buah dan sayur bisa memperbaiki pencernaan anak dan meningkatkan imunitas tubuh sehingga anak tidak mudah jatuh sakit.

Konsumsi buah dan sayur yang disarankan adalah dengan metode cold-pressed juice agar anak lebih mudah mengonsumsi dua bahan tersebut tanpa merasa eneg.

Artikel Terkait:
5 Obat Maag untuk Ibu Menyusui dari Bahan Alami
Pola Diet Untuk Penderita Sakit Maag Kronis
4 Obat Maag untuk Ibu Hamil yang Alami & Sehat

Pencegahan Sembelit Pada Amat dengan Cara Alami

Pencegahan adalah obat terbaik. Sebelum putra-putri kesayangan Anda mengalami sembelit tidak nyaman, cegah sembelit dengan mengonsumsi banyak buah dan sayur.

Cold-pressed juice membantu melancarkan pencernaan, mencegah sembelit, dan meningkatkan imunitas agar tidak mudah flu, pilek, batuk, demam, dan penyakit lainnya yang rentan dialami anak-anak.

Konsultasikan pada ahli gizi untuk sekarang juga, gratis!

Konsultasi Detoks

 

 


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Konsultasi ke CS