7 Diet Yang Populer & Trend Di Tahun 2021

Hai Sahabat Sehat,

Untuk anda yang sudah mengikuti artikel dari IT’s Buah, mungkin sudah tahu kalau kami di IT’s Buah selalu berusaha untuk memberikan informasi terbaik dari dunia nutrisi, fitness dan kesehatan yang mendukung program anda untuk dapatkan berat badan ideal dengan cara yang sehat dan menyenangkan.

Di tahun 2020 ini saja, kita sudah beberapa kali mengadakan webinar dan juga IG Live Session setiap minggu selama hampir 30 minggu!

Banyak sekali pertanyaan, diskusi dan konsultasi yang telah IT’s Buah terima dari anda yang peduli dengan kesehatan diri dan keluarga, tentunya hal itu membuat kami makin semangat untuk memberikan yang lebih baik lagi. Terimakasih atas dukungannya ya…

Nah, salah satu pertanyaan yang sering masuk adalah tentang jenis diet atau pola makan apa yang sebaiknya dilakukan, terutama setelah melakukan detoksifikasi.

Memang memilih diet itu seperti memilih baju ya, tergantung karakter yang mau memakai, dan juga tergantung tujuan atau dimana mau dipakai.

Ada jenis diet yang memang tujuannya adalah turun berat badan dengan cepat, supaya baju seragam nikahan adik ipar kembali muat, akhirnya apapun dilakukan karena yang penting kurus walaupun caranya kurang sehat.

Ada jenis diet yang tujuannya memang untuk menjaga kesehatan, tidak penting jadi kurus, yang utama berat badan tetap berada di range angka ideal dan tidak terlalu naik drastis kalau lagi kondangan atau keluar kota.

Untuk memudahkan anda memilih jenis diet yang cocok untuk di jalani, tim IT’s Buah sudah mencari beberapa alternatif diet yang bakal populer selama tahun 2021 nanti, tentunya ini menurut diskusi tim internal kami.

Diet yang mengutamakan konsumsi makanan yang berasal tumbuhan dan sangat menghindari semua olahan hewani (termasuk daging, ikan, susu, telur, dan madu) ini mulai banyak yang mengikutinya di Indonesia.

Diet yang awalnya bermula dari komunitas pecinta hewan dan lingkungan ini dinilai sangat efektif dalam menjaga kesehatan, meskipun banyak yang merasa kalau ‘pantangan’ diet ini terlalu berat.

Buat anda yang ingin mempelajari tentang diet ini, kami menyarankan untuk mulai dengan menonton film dokumenter berjudul ‘The Game Changer’ di Netflix dan film dokumenter karya anak bangsa yang berjudul “Diam dan Dengarkan” yang ditayangkan secara gratis di Youtube.

2. Intermittent Fasting

Menurut kami, jenis diet yang sudah lama terkenal dan diadopsi oleh Deddy Corbuzier menjadi OCD Diet ini akan tetap populer di tahun 2021. Karena masyarakat Indonesia sudah terbiasa melakukan puasa, maka banyak yang melaksanakan diet IF ini menjadi kebiasaan sehari-hari.

Konsep diet IF ini mudah dipahami, anda tinggal menentukan kapan waktunya anda bisa makan dalam sehari, yang disebut jam makan (eating window).

buy-1-get-1-free

Misalnya, setiap hari anda tentukan jam makan antara jam 1 siang sampai jam 7 malam, berarti selama 6 jam anda boleh makan apapun (asal tidak berlebihan) tanpa pantangan.

Diluar jam makan, yang disebut jam puasa, jenis makanan yang boleh dikonsumsi sangat terbatas, hanya air putih, kopi dan teh tanpa gula.

Selain menyehatkan, diet IF ini cukup efektif dalam menurunkan berat badan dan kadar gula darah, oleh karena itu, apabila anda memiliki masalah dengan diabetes, disarankan untuk rajin mengecek kadar gula darah secara rutin ketika menjalani diet ini, supaya tidak mengalami hipoglikemi (gula darah rendah).

3. Diet Galveston

Yang baru terdengar di jagad maya saat ini adalah Diet Galveston. Yaitu diet yang spesifik di desain untuk wanita yang sudah berumur 45 tahun ke atas atau yang sudah mulai mengalami menopouse.

Diet ini dibuat oleh mary Claire Haver, seorang obgyn, yang mencari metode diet yang cocok diterapkan oleh wanita usia paruh baya.

Diet Galveston dirancang untuk menuruntkan berat badan dengan melawan peradangan dengan menghindari makanan yang mengandung gluten dan gula. Menu diet ini terdiri dari konsumsi protein tanpa lemak dan mengurangi asupan karbohidrat.

4. Diet Keto

Sudah jadi pengetahuan umum kalau Diet Keto adalah salah satu metode diet yang banyak dijalani karena menjanjikan penurunan berat badan dengan cepat. Tetapi Diet Keto, seperti halnya Diet Vegan, acapkali dikategorikan sebagai ‘diet ekstrim’ karena saling bertolak belakang secara blak-blakan.

Kalau di Diet Vegan, kita dianjurkan lebih banyak konsumsi serat nabati, di Diet Keto kita dianjurkan untuk mengurangi semua sumber karbohidrat dari luar tubuh, termasuk dari tumbuhan. Sangat ekstrim bukan?

Untuk pelakunya, Diet Keto memang memberikan hasil yang relatif cepat, meskipun dalam jangka panjang dan kondisi tertentu, banyak nutrisionist dan dietitian yang tidak menyarankannya.

Meskipun begitu, untuk anda yang suka berkesperimen, Diet Keto bisa menjadi bahan pertimbangan untuk dicoba, tentu saja dengan melakukan konsultasi kepada ahlinya terlebih dulu, dan bila memungkinkan konsultasi dengan dokter yang anda percaya.

5. Diet Detoks

Seperti namanya, diet detoks adalah pola makan yang bertujuan untuk membersihkan tubuh dari racun (toxin) atau zat berbahaya yang masuk ke tubuh karena pola makan kita yang ‘sembarangan’ selama ini. Diet detoks sendiri tidak perlu anda lakukan apabila anda sudah mempunyai pola makan yang sehat, menghindari junk food, dan sedikit konsumsi makanan yang mengandung asam tinggi.

Namun, bila anda hidup di kota dengan jutaan godaan menu makanan yang ingin dicoba, melakukan diet detoks dalam kurun waktu tertentu dapat membantu anda untuk kembali membersihkan tubuh dan saluran pencernaan supaya kembali bekerja secara optimal.

Metode diet detoks dilakukan dengan cara berpuasa lalu diikuti dengan konsumsi buah-buahan, sayuran, jus, atau air. Terkadang diet ini juga melibatkan herbal, teh, suplemen, dan cuci usus.

Selain untuk membuang racun, diet detoks bertujuan untuk mempertahankan pola makan yang sehat. Karena itu, hindari penggunaan obat pencahar yang membuat Anda berkeringat dan buang air terus-menerus dengan tujuan detoksifikasi. Diet detoks diklaim dapat membantu menangani obesitas, masalah pencernaan, penyakit autoimun, dan alergi.

Berikut ini penjelasan tentang detoksifikasi dari pakarnya, Andang W. Gunawan, penulis buku Diet Detoks dan pencetus pola hidup Food Combining di Indonesia.

6. Diet 5:2

Salah satu turunan dari Intermittent Fasting adalah Diet 5:2, atau yang di kalangan muslim dikenal sebagai Puasa Senin-Kamis.

Diet 5:2 ini sedikit berbeda dengan IF karena tidak dilakukan setiap hari, dan bukan dilakukan dengan membatasi jendela makan, tapi dengan membatasi asupan kalori.

Selama 5 hari, anda diperbolehkan makan sesuai dengan jumlah kalori yang dibutuhkan. Dan dalam dua hari sisanya, anda akan melakukan pembatasan kalori (Calorie Restriction) untuk ‘menyeimbangkan’ total asupan kalori selama seminggu.

Tergantung dengan tujuan anda, apakah turun berat badan (weight loss) atau menjaga berat badan (maintenance), jumlah asupan kalori harian anda akan dihitung oleh nutrisionis sehingga anda punya patokan yang jelas untuk diikuti dan jalani setiap hari.

7. Diet HHC

Jangan kaget apabila anda belum pernah mendengar tentang Diet HHC ini, karena Diet HHC (Healthy Habit Challenge) adalah diet khusus yang IT’s Buah buat para Elite Member dan pelanggan IT’s Buah. Jadi mungkin penyebarannya belumlah masif.

Diet HHC ini dibuat karena banyaknya permintaan dari pelanggan IT’s Buah yang fokusnya adalah menjaga berat badan di angka ideal setelah melakukan detoksifikasi.

Diet HHC dirancang oleh NutriCoach (Nutrisionist Spesial IT’s Buah) dengan menggabungkan beberapa metode diet dan program membentuk kebiasaan (habit) hidup sehat selama 60 hari.

Peserta Diet HHC yang berhasil menjalani program ini diharapkan akan memiliki mindset yang benar tentang diet, dan punya kebiasaan hidup sehat yang bertahan selamanya. Bila tertarik, anda bisa mencari tahu tentang Diet HHC disini.

Itulah dia jenis-jenis diet yang menurut kami akan jadi trend di tahun 2021. Anda bisa memilih untuk lakukan diet apapun yang anda suka dan cocok dengan gaya hidup anda. Yang pasti, anda perlu melakukannya dengan konsisten tanpa kehilangan antusias dan semangat dalam menjalaninya.

IG Live Session: Wujudkan Body Goals Kamu Dengan Diet Kece 2021

POSTER EVENT (3)

Hari kamis ini, IT’s Buah kembali mengadakan IG Live Session spesial untuk anda yang lagi mencari jenis diet apa yang sebaiknya anda lakukan.

Anda bisa memberikan pertanyaan langsung kepada nara sumber dan tentang semua hal yang berkaitan dengan diet, pola makan, nutrisi dan gizi.

Terlebih lagi, Anda bisa mendapatkan rekaman materi IG Live Session ini bila mendaftarkan diri di form di bawah ini:

Loading...

Ikuti dan dapatkan 1 Paket Cold Pressed Juice GRATIS dari IT's Buah untuk pertanyaan terbaik yang terpilih oleh nara sumber.

Business Insider Ltd.
21st Street, New York City
United States of America
(000) 222 555 6688

© 2018 The Landing Factory

Subscribe to our newsletter and get insider news from business world!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *