7 Manfaat Pola Hidup Sehat Ini Bakal Ngikut Sampai Tua

7 Manfaat Pola Hidup Sehat Ini Bakal Ngikut Sampai Tua

Beri tahu teman-teman Anda

Setidaknya, ada 7 manfaat pola hidup sehat yang bisa Anda bawa hingga tua jika Anda mulai penerapannya hari ini. Menjadikan gaya hidup sehat sebagai kebiasaan mampu mendorong performa tubuh hingga memperpanjang usia harapan hidup. Simak manfaat penerapan pola hidup sehat bagi Anda hari ini dan esok.

Manfaat Gaya Hidup Sehat untuk Hari Ini dan Esok
Penerapan pola hidup sehat memiliki 7 manfaat yang langsung bisa Anda rasakan mulai hari ini dan terus berlanjut hingga usia senja

Banyak cara bisa dicoba untuk mendongkrak kesehatan, salah satunya menerapkan gaya hidup sehat. Ajakan ini memang sudah menggema sejak puluhan tahun lalu, tetapi penerapannya baru disepakati sekarang.

Memang, bukan hal yang mudah bersilih dari gaya hidup biasa ke gaya hidup sehat atau healthy lifestyle. Pasalnya, gaya hidup sehat belum membudaya dalam kehidupan sebagian besar masyarakat Indonesia.

Padahal, keuntungan yang ditawarkan banyak. Praktiknya pun cukup mudah. Contoh, dengan mengikuti pola makan gizi seimbang saja, berarti Anda sudah menjalani hidup sehat. Simple, bukan?

Tetapi anggapan bahwa gaya hidup sehat itu menyiksa masih menggenangi pikiran sebagian orang. Hal itu menyebabkan keraguan di hati, sehingga mereka enggan untuk mengadopsi pola tersebut.

Mindset seperti itu sebaiknya diformat saja. Pertimbangkan bagaimana pentingnya kesehatan bagi Anda dan keluarga. Nantinya, Anda akan tahu bahwa kesehatan merupakan aspek berharga dalam kehidupan.

Tak perlu mengubah gaya hidup Anda secara total. Cukup lakukan modifikasi atau mulai dari implementasi yang paling mudah saja. Lalu, lakukan secara kontinu, maka Anda akan memperoleh manfaat ini sampai masa tua.

Loading...

Artikel Terkait:
Gaya Hidup Sehat: Panduan untuk Pekerja di Masa COVID
6 Buah Terbaik untuk Diet dan Cegah Obesitas
Jahe Ternyata Bisa Membantu Weight Loss, lho!

7 Manfaat Pola Hidup Sehat Yang Berkelanjutan Sampai Tua

Manfaat pola hidup sehat cukup banyak dan bersifat long-term. Berikut kami rangkum 7 manfaat pola hidup sehat yang bisa Anda peroleh di masa mendatang. Apa saja? Mari disimak!

#1. Mengurangi Resiko Kanker

Sebagai bagian dari kebiasaan, pola hidup sehat menawarkan manfaat positif bagi tubuh Anda. Salah satunya meminimalisasi kemungkinan kanker.

Hasil studi menunjukkan bahwa gaya hidup yang melibatkan konsumsi buah dan sayuran akan mengurangi resiko kanker pada saluran pencernaan bagian atas. Di samping itu, pola hidup ini dapat menurunkan kemungkinan munculnya kanker kolorektal dan masalah hati.

Manfaat pola hidup sehat juga meningkat apabila Anda mengonsumsi cold-pressed juice setiap hari. Minuman fungsional ini membantu mencukupi kebutuhan nutrisi harian yang tidak tersedia dalam menu diet Anda.

Selain itu, cold-pressed juice sangat cocok bagi orang dengan rutinitas padat, seperti ibu rumah tangga, karyawan, pengusaha, guru, remote-worker, dkk, yang sulit meluangkan waktu untuk menyiapkan menu sehat.

#2. Mencegah Kegemukan

Food combining yang sesuai dengan anjuran hidup sehat akan membantu Anda untuk mencapai berat badan ideal. Meski pola hidup sehat tidak sama dengan diet, namun konsep ini lebih direkomendasikan karena menyehatkan bagi tubuh.

Dalam konsep hidup sehat juga tidak mengenal rutinitas sedentary atau kegiatan pergerakan tubuh yang minim. Malah, Anda dituntut untuk melakukan olahraga secara rutin. Dengan demikian, Anda bisa menurunkan berat badan lebih cepat.

World Health Organization menyarankan setiap individu untuk beraktivitas fisik paling tidak 150 menit dalam sepekan. Apabila disederhanakan, maka durasinya sekitar 22 menit per hari.

Artikel Terkait:
9 Cara Mudah Memulai Clean Eating
Mengapa Perlu Mulai Diet Clean Eating di Masa Pandemi
5 Makanan Mood Booster yang Wajib Anda Tahu

#3. Meningkatkan Kecerdasan Intelektual

Kebiasaan hidup sehat dapat meningkatkan kecerdasan majemuk (multiple intelligence). Itu karena Anda dituntut untuk sering mengkonsumsi bahan pangan bergizi seimbang.

Kebiasaan olahraga dalam hidup sehat juga bagian dari trik untuk menyeimbangkan fungsi antara otak kiri dan otak kanan. Jadi, pola hidup sehat dapat mendukung kemampuan intelektual sekaligus kreativitas.

#4. Menyehatkan Mental

Tak hanya merangsang kecerdasan otak, pola hidup sehat juga mempercepat perbaikan kondisi psikis. Bahkan, termasuk di dalam manfaat gaya hidup sehat ialah meningkatkan kemampuan Anda dalam menghadapi stress.

Banyak penelitian menemukan bahwa kesehatan mental berkorelasi positif terhadap kebugaran fisik dan kebahagiaan sosial-sehingga apabila salah satunya low, maka dua aspek lainnya akan menunjukkan performa yang tidak maksimal, juga.

Bagusnya, gaya hidup sehat menjaga pikiran Anda tetap aktif sehingga hormon-hormon pemicu stress pun dapat ditekan. Hasilnya, Anda merasa lebih bahagia dan bisa beristirahat dengan nyaman di malam hari.

Manfaat pola hidup sehat juga lebih besar jika dilengkapi dengan olahraga intensif. Namun, bukan masalah besar jika Anda tidak bisa melakukannya. Beraktifitas ringan di luar ruangan; seperti jalan-jalan ke hutan; dapat dipilih sebagai solusinya.

Aktivitas sederhana lainnya dalam hidup sehat yang juga berdampak baik bagi kesehatan mental adalah bersepeda, berkebun, dan membersihkan rumah.

#5. Menambah Rasa Bahagia

Ketika Anda menerapkan gaya hidup sehat, stress akan tereduksi secara alamiah. Itu dikarenakan gaya hidup yang Anda jalani banyak melibatkan pola makan gizi seimbang dan intensitas olahraga teratur. Sehingga, resiko untuk menderita gangguan kecemasan maupun depresi akan berkurang.

Gaya hidup sehat juga mendorong Anda untuk berpikir optimis  guna menjaga kesehatan mental. Jika dibiasakan, hal ini benar-benar memberi dampak yang positif bagi kondisi psikis.

Perlu diketahui, saat mengalami stress terdapat 3 ‘agen’ yang ‘beraksi’. Agen tersebut ialah hormon kortisol, adrenalin, dan epinephrine. Hormon-hormon tersebut dapat memicu efek destruktif jika tidak dikendalikan dengan baik.

Untuk mencegah efek buruknya, Anda bisa menerapkan pola hidup sehat. Kebiasaan ini dapat menurunkan konsentrasi hormon kortisol, adrenalin, dan epinephrine, sehingga Anda merasa lebih bahagia. Efek destruktif pun dapat diminimalisasi dengan baik, tanpa bersandar pada obat-obatan.

#6.  Meningkatkan Kepercayaan Diri

Jika Anda bermasalah dengan self-love dan kerap merasa minder, sebaiknya tinjau kembali kebiasaan hidup Anda. Mungkin, kini waktunya menuju gaya hidup sehat.

Pola hidup sehat dapat membantu menaikkan rasa kepercayaan diri seseorang. Elizabeth Santosa, seorang psikolog remaja telah mengkonfirmasi informasi itu. Ia mengatakan bahwa gaya hidup sehat memiliki pengaruh positif terhadap penampilan seseorang.

Itulah sebabnya, seseorang yang menjalani gaya hidup sehat cenderung memiliki level percaya diri yang baik. Pola makan teratur ditengarai merupakan salah satu aspek yang mempengaruhi hal tersebut.

Dengan tercukupinya kebutuhan nutrisi, seseorang akan merasa bugar dan bersemangat. Alhasil, ia pun tampil lebih percaya diri.

Artikel Terkait:
3 Komponen Pola Hidup Sehat untuk Bugar Seumur Hidup
Lakukan 9 Hal Unik Ini untuk Pola Hidup Sehat Sepanjang Masa
Tips Sehat Ala Atlet Asian Games yang Perlu Anda Tahu

#7. Melawan Penyakit

Manfaat pola hidup sehat lainnya diasosiasikan dengan peningkatan imunitas tubuh. Penelitian mengungkap bahwa hidup sehat membantu menguatkan daya tahan. Hasilnya, Anda menjadi tidak rentan terhadap penyakit.

Namun untuk memperoleh manfaat itu, komitmen diri dalam menjalani hidup sehat harus terjaga. Faktor penunjang eksternal pun juga krusial. Itu berarti dukungan lingkungan tidak boleh dikesampingkan. Sebab, langkah-langkah kecil yang Anda buat akan berdampak lebih efektif, apabila dilakukan secara konsisten serta didukung oleh lingkungan yang baik.

Artikel Terkait:
Dietary Adherence: Seberapa Penting Menjaga Hasil Setelah Sukses Diet?
Jadwal Pola Hidup Sehat: 30 Hari Menuju Tubuh Idaman Sehat Anda
Beyond Diet: Pengaruhnya bagi Weight Loss

 

Konsultasi Detoks


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Konsultasi ke CS