9 Tips Menjaga Kesehatan Jantung Sampai Tua

9 Tips Menjaga Kesehatan Jantung Sampai Tua

Beri tahu teman-teman Anda

Jantung merupakan organ penting dalam tubuh manusia. Jantung bertugas untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Dari sisi medis, seorang manusia tidak mungkin hidup tanpa adanya jantung.

Pentingnya jantung membuat kita harus berhati-hati dalam menjaganya. Lakukan perawatan yang tepat untuk jantung yang sehat. Mulailah dari menjaga asupan, berolahraga hingga manajemen stres yang baik.

Tips menjaga kesehatan jantung

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menunjang kesehatan jantung. Anda bisa menjalani pola hidup sehat melalui olahraga serta memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung antara lain adalah sebagai berikut:

  • Konsumsi kacang-kacangan

Konsumsi sehat menjadi salah satu kunci utama dalam menyehatkan jantung. Anda bisa memulainya dengan memperbanyak konsumsi biji-bijian atau kacang-kacangan. Produk alam ini bagus untuk jantung dan menghindarkan organ tersebut dari ragam gangguan yang mungkin datang.

Salah satu kacang-kacangan yang mudah didapat di Indonesia adalah kacang tanah. Kacang tanah banyak dikonsumsi dengan cara direbus hingga digoreng. Selain dijadikan camilan, kacang tanah juga bisa dijadikan sebagai campuran dalam masakan.

Kacang tanah memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh terutama organ jantung. Hal ini tidak lepas dari banyaknya kandungan sehat didalamnya. Kandungan sehat kacang tanah antara lain adalah seperti fosfor, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin K, kalsium, kolin dan lain sebagainya.

Kacang tanah juga mengandung asam oleat yang mampu menurunkan resiko terjadinya gangguan kardiovaskuler. Gangguan ini menjadi salah satu penyebab dari munculnya penyakit jantung koroner.

Selain vitamin dan asam oleat, kacang tanah mengandung mineral yang berperan dalam menjaga kesehatan otot, gigi, tulang, mencegah pembekuan darah, meningkatkan kekebalan tubuh dan lain-lain.

Mineral dalam kacang tanah juga menghindarkan seseorang dari resiko terkena serangan jantung bahkan kanker.

Kacang tanah juga mengandung banyak jenis vitamin yang bagus bagi kesehatan. Vitamin dalam kacang tanah memiliki banyak manfaat seperti mengatur nafsu makan, merawat kulit hingga menjaga pencernaan.

Selain murah, kacang tanah juga mudah ditemukan di pasar modern hingga tradisional. Kacang tanah juga tahan cukup lama saat disimpan.

  • Olahraga

Olahraga merupakan kunci sehat dalam kehidupan. Olahraga mampu mempersehat jantung asal dilakukan secara rutin. Beberapa olahraga yang direkomendasikan untuk mempersehat jantung antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Bersepeda

Bukan hanya sekedar menuntaskan hobi, bersepeda ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Bersepeda juga merupakan salah satu cara menyenangkan agar tubuh lebih aktif bergerak.

Selain bagus untuk jantung, bersepeda juga baik untuk menjaga kesehatan paru-paru serta pembuluh darah. Olahraga yang satu ini bisa dilakukan oleh semua orang tanpa pandang usia.

2. Berenang

Selain bersepeda, berenang menjadi salah satu olahraga favorit lainnya. Olahraga ini cocok dijadikan sebagai pelepas stres hingga mempersehat jantung.

Berenang mampu melancarkan sirkulasi darah, menjaga tekanan darah, menurunkan detak jantung, membantu pernapasan dan lain sebagainya.

3. Berlari

Berlari merupakan olahraga menyenangkan yang digemari oleh banyak orang. Berlari mampu meningkatkan ketahanan tubuh berikut dengan mempersehat jantung. Olahraga ini mampu mengurangi lemak yang ada di pembuluh darah dan sekitaran jantung.

4. Aerobic

Aerobic merupakan olahraga yang bagus untuk kesehatan jantung. Lakukan secara teratur untuk mendapatkan otot jantung yang lebih kuat. Aerobic juga mampu meningkatkan kesehatan jantung dengan cara melindunginya dari berbagai penyakit.

Menjaga kesehatan jantung merupakan keharusan terutama bagi anda yang ingin hidup sehat dan berumur panjang.

Bagi anda yang sibuk, anda tidak perlu meluangkan banyak waktu untuk melakukan olahraga. Cukup luangkan waktu selama 10 menit saja. Asal dilakukan secara teratur, jantung akan lebih sehat dan terbebas dari banyak gangguan kesehatan.

 

  • Menjauhi rokok

Rokok merupakan sumber masalah bagi kesehatan. Rokok mengandung sejumlah zat berbahaya didalamnya. Bahan kimia dalam rokok juga menjadi salah satu alasan datangnya penyakit jantung.

Asap rokok mengandung karbon monosikda yang menggantikan beberapa oksigen dalam darah.  Hal ini memicu terjadinya peningkatan detak jantung dengan memaksa jantung bekerja secara lebih keras.

Selain menurunkan kesehatan jantung, rokok juga memiliki segudang dampak buruk lainnya bagi kesehatan seperti:

  • Meningkatkan resiko terkena stroke
  • Mengganggu aliran darah
  • Menyebabkan tekanan darah tinggi
  • Meningkatkan resiko gangguan paru-paru
  • Penyebab diabetes
  • Meningkatkan resiko kebutaan
  • Kerusakan tulang dan gigi
  • Radang sendi
  • Penyebab bayi lahir cacat
  • Meningkatkan terkena banyak jenis kanker (kanker darah, kanker liver, kanker pankreas, kanker bronkus, kanker payudara, kanker lidah, kanker usus, kanker kandung kemih, kanker serviks, kanker ovarium, kanker perut, kanker trachea, kanker bronkus dan lain sebagainya)

Bagi anda yang sayang terhadap jantung serta ingin terhindar dari banyak penyakit diatas, bisa berhenti merokok mulai dari sekarang. Untuk perokok aktif, kesulitan berhenti merokok tentu menjadi halangan. Namun dengan niat yang kuat, segala sesuatu tentu bisa dilakukan.

Menghentikan kebiasaan merokok bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti mulai menghindari pemicunya. Selama proses berhenti, anda mungkin merasakan rasa ingin memasukkan sesuatu ke dalam mulut. Hal ini dapat terjadi karena kebiasaan merokok yang telah tertanam didalam diri.

Mengatasi keinginan di atas, anda bisa mengganti rokok dengan meletakkan permen karet bebas gula atau dengan mengonsumsi makanan ringan yang sehat.

  • Cukupi tidur anda

Tidur merupakan salah satu cara bagi tubuh untuk beristirahat. Tidur memiliki banyak manfaat bagi kesehatan bahkan untuk jantung. Bagi mereka yang telah dewasa, kebutuhan akan tidur mencapai 7 hingga 9 jam per harinya.

Kebutuhan tidur sebaiknya dicukupi untuk menghindarkan tubuh dari ragam gangguan kesehatan.Pertanda bahwa anda telah cukup tidur adalah anda bisa bangun dalam kondisi yang segar. Sebaliknya, tidur yang kurang membuat anda lesu serta membutuhkan perjuangan untuk beranjak dari tempat tidur.

Selain bagus untuk jantung, tidur juga memiliki beragam manfaat lain bagi kesehatan seperti yang berikut ini:

  • Bagus untuk pertumbuhan badan
  • Agar bisa tetap aktif sepanjang hari
  • Menjaga berat badan agar lebih seimbang
  • Terhindar dari kecelakaan atau cedera akibat kurang konsentrasi
  • Meningkatkan suasana hati
  • Meningkatkan sistem ketahanan tubuh
  • Mempertajam ingatan dan lain sebagainya.

Mencukupi tidur untuk menjaga kesehatan jantung bisa dilakukan dengan tidur sesuai anjuran. Bagi orang dewasa tidur yang baik adalah 7 hingga 9 jam per hari.

Untuk remaja berusia 14 sampai 17 tahun sebaiknya tidur  8 hingga 10 jam per hari. Sesuaikan kebutuhan tidur harian sesuai dengan usia anda.

  • Pertahankan berat badan yang sehat

Kelebihan berat badan merupakan hal yang ingin dihindari setiap orang. Sayangnya kegemaran akan makanan hingga pola hidup yang tidak sehat menyebabkan berapa orang mengalami oversize. Akibatnya, kepercayaan diri menurun hingga beresiko terkena bermacam jenis penyakit.

Kelebihan berat badan merupakan salah satu pemicu datangnya gangguan penyakit jantung. Ukuran tubuh yang besar memerlukan darah yang lebih banyak. Akibatnya, jantung akan memompa darah lebih banyak dibandingkan sebelumnya.

Peningkatan aliran darah dalam tubuh merupakan pemicu datangnya penyakit jantung. Meski tekanan darah tidak bertambah, namun jantung menderita akibat beban kerja yang meningkat.

Ketika ruang jantung membesar, kemampuan meremas akan berkurang. Kelamaan, jantung tidak dapat mengeluarkan darah pada tiap detaknya. Saat darah menggenang di jantung, penderita beresiko mengalami gagal jantung kongestif.

Membangun Kebiasaan Pola Hidup Sehat #mulaidaridetoks
Baca Selengkapnya…

Bagi anda yang memiliki bentuk tubuh over size bisa mulai menurunkan berat badan agar lebih seimbang dan sehat.Diet sehat bisa dilakukan dengan banyak cara seperti yang berikut ini:

  1. Diet rendah lemak

Diet rendah lemak merupakan diet yang disarankan bagi penderita obesitas. Penderita dilarang mengonsumsi makanan manis yang beresiko menaikan berat badan kembali. Lebih amannya, pelaku diet bisa mengganti gula rendah lemak sebagai campuran bahan konsumsi anda.

2. Diet dengan makanan kukus

Makanan yang direbus atau dikukus lebih sehat dibandingkan yang dimasak dengan cara lain. Berbeda dengan digoreng atau dibakar, direbus membuat makanan masih memiliki nutrisi yang lengkap.

3. Diet rendah kalori

Bagi penderita obesitas yang ingin menurunkan berat badan, bisa melakukan diet rendah kalori. Diet satu ini merupakan jenis diet yang aman untuk dilakukan.

Diet rendah kalori bisa dilakukan dengan cara mengganti makanan berkalori tinggi dengan makanan rendah lemak dan tinggi serat.

Makanan tinggi serat bisa ditemukan dalam buah dan sayuran.Buah dan sayur membuat perut terasa lebih kenyang sehingga mengurangi nafsu makan. Buah dan sayur juga baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

4. Diet karbohidrat

Diet karbohidrat dapat dilakukan dengan membatasi konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Beberapa jenis makanan tersebut antara lain adalah mie, nasi putih, macaroni, talas, bihun, lontong dan lain-lain.

Karbohidrat merupakan asupan penting bagi tubuh. Namun jika berlebihan efek buruklah yang datang. Kelebihan karbohidrat akan diubah menjadi gula sehingga menyebabkan obesitas semakin parah.

Bagi anda yang mengalami obesitas hingga beresiko membahayakan jantung, bisa melakukan ragam diet sehat untuk mengurangi berat badan berlebih.

  • Periksa kesehatan secara rutin

Pemeriksaan kesehatan sebaiknya dilakukan secara rutin. Tekanan darah yang tinggi serta kolesterol tinggi beresiko meningkatkan kerusakan jantung hingga gangguan pada pembuluh darah. Sayangnya, anda mungkin tidak menyadari kondisi tersebut tes tanpa dilakukannya cek medis.

Pemeriksaan kesehatan memungkinkan anda mengetahui gangguan kesehatan sejak dini. Dokter akan memberi saran serta melakukan tindakan yang tepat bagi para pasiennya. Beberapa manfaat cek kesehatan secara rutin antara lain adalah sebagai berikut:

  • Mencegah berkembangnya penyakit hingga terjadinya komplikasi
  • Mengetahui penyakit dari gejala yang tidak tampak seperti diabetes melitus, penyakit darah, kelainan lemak, penyakit ginjal, penyakit hati, penyakit paru-paru dan lain-lain.
  • Menghemat biaya pengobatan jika penyakit diketahui sedini mungkin

Menjadikan cek kesehatan bagian dari gaya hidup merupakan hal yang dianjurkan. Anda pasti ingin hidup sehat sampai tua bukan? Anda bisa memulai cek kesehatan rutin mulai dari sekarang.

 

  • Konsumsi makanan yang baik

Mengonsumsi makanan yang baik merupakan salah satu kiat menjaga kesehatan jantung. Diet kaya sayuran serta buah-buahan bagus untuk menjaga jantung agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Hindari mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung gula serta garam. Batasi pula konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh seperti daging merah, susu berlemak penuh, minyak sawit dan kelapa.

Selain lemak jenuh, anda juga harus membatasi konsumsi lemak trans. Lemak trans bisa ditemukan pada banyak jenis makanan seperti gorengan, margarin, kerupuk, kue kering serta makanan ringan dalam kemasan.

Meski demikian, anda tidak perlu memotong semua jenis lemak karena lemak dari tumbuhan seperti alpukat, kacang-kacangan serta zaitun bagus untuk kesehatan. Lemak dari nabati juga bagus dalam menurunkan kolesterol.

Untuk mempersehat jantung, ada beberapa makanan yang bisa dikonsumsi seperti yang berikut ini:

  • Salmon
  • Tuna
  • Minyak zaitun
  • Almond
  • Kenari
  • Edamame
  • Tahu
  • Jeruk
  • Ubi jalar
  • Oatmeal
  • Barley
  • Yogurt rendah lemak
  • Flaxseed
  • Blueberry
  • Ceri

Untuk menghindari gangguan jantung, ada beberapa makanan yang sebaiknya dibatasi seperti yang berikut ini:

  • Daging awetan
  • Gorengan
  • Burger cepat saji
  • Sereal bergula
  • Roti dan kue kerin
  • Piza meat lovers
  • Margarin
  • Soda diet

Menjaga kesehatan jantung merupakan hal penting untuk dilakukan. Perhatikan apa yang anda konsumsi. Jangan sampai makanan yang digemari justru berbahaya bagi organ penting yang satu ini.

  • Kelola stres dengan baik

Selain makanan yang tidak sehat, stres juga dapat memicu datangnya penyakit jantung. Tekanan hidup yang tinggi menjadi salah satu pemicu datangnya stres.

Stres terlebih dalam jangka waktu yang lama dapat berakibat fatal hingga memperburuk kesehatan. Stres juga berpotensi meningkatkan terjadinya serangan jantung.

Stres yang dibiarkan berlarut-larut dapat meningkatkan denyut jantung serta pelepasan kolesterol dan trigliserida pada aliran darah. Stres juga mempengaruhi tekanan darah hingga berakibat pada hipertensi dan berakhir pada stroke atau serangan jantung.

Bagi anda yang ingin menghindari gangguan jantung akibat stres, bisa memulai langkah pengelolaan stres yang tepat. Beberapa langkah yang bisa dilakukan dalam menghilangkan stres antara lain adalah sebagai berikut:

  • Mengurangi tingkat beban pekerjaan
  • Mengurangi kebiasaan merokok
  • Lakukan hobi yang menyenangkan
  • Terhubung dengan orang yang disayangi dan lain-lain.

Baca juga: Gaya Hidup Masa Kini yang Wajib Anda Coba

Stres tidak hanya berpotensi meningkatkan terjadinya serangan jantung, namun juga memicu datangnya masalah lain seperti:

  • Sakit kepala, migrain hingga rasa kesemutan di satu atau semua sisi kepala
  • Flu akibat imun yang menurun
  • Sindrom kelelahan yang kronis
  • Gangguan kesuburan
  • Gangguan tidur dan istirahat akibat insomnia serta pikiran yang berlarut-larut
  • Obesitas akibat peningkatan nafsu makan karena stres
  • Diabetes akibat pola makan yang buruk dipicu oleh stres
  • Gangguan pencernaan
  • Penyakit alzheimer dan lan-lain

Stres beresiko mendatangkan banyak gangguan buruk bagi kesehatan. Melakukan manajemen stres yang tepat menjadi hal yang layak dilakukan. Stres akibat beban pekerjaan bisa diobati dengan mengurangi beban pekerjaan hingga cuti.

Lakukan hal-hal yang digemari selama masa cuti berlangsung. Manfaatkan cuti sebaik mungkin dengan melakukan hobi hingga mengunjungi wisata yang disuka. Selain keluarga, anda juga bisa mengajak teman untuk memperseru kunjungan wisata yang dilakukan.

  • Konsumsi air putih

Air putih merupakan minuman yang menyehatkan. Teratur meminum air putih bagus untuk kesehatan jantung. Air putih dipercaya mampu mengencerkan darah  sehingga mencegah terjadinya pengumpalan darah.

Mereka yang gemar mengkonsumsi air putih memiliki banyak keuntungan. Karena selain menurunkan resiko jantung mereka juga terhindar dari dehidrasi hingga gangguan pencernaan.

Air putih juga baik dalam mengeluarkan toksin di dalam tubuh. Air putih mampu menghilangkan toksin serta zat beresiko lain melalui keringat serta sistem buang air kecil.

Serangan jantung merupakan penyakit mematikan. Hindari ragam kebiasan yang mampu meningkatkan datangnya penyakit jantung untuk hidup yang lebih sehat sampai tua nanti.


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat