Aku, Buah Lokal, dan Cara Sehat Memajukan Indonesia

Beri tahu teman-teman Anda

Aku, kamu, setiap dari kita. Dengan mulai untuk cinta buah lokal kita bisa bersama memajukan Indonesia.

Masih banyak yang menganggap kalau untuk menjadi “Pahlawan Negara” di masa kini hanya dapat dilakukan dengan menjadi juara dalam suatu ajang kompetisi besar baik dalam maupun luar negeri.

Tak salah memang….

Hanya saja definisi itu terlalu sempit…

Karena faktanya di abad 21 ini ada banyak sekali cara yang dapat kita lakukan untuk menjadi seorang pahlawan yang nyata bagi Indonesia. Bahkan tanpa harus mengikuti kompetisi terlebih dahulu.

Salah satu cara yang paling sederhana adalah dengan Rajin Mengonsumsi Buah Lokal.

eh..?

Saya tidak bercanda, ini Serius! 

Hanya dengan rajin mengkonsumsi buah lokal kita telah berpartisipasi secara aktif dalam membantu memajukan Indonesia.

Sepertinya Sobat masih tak percaya.

Oke.. kalau begitu mari kita saya berikan penjelasannya:

Baca Juga : 5 Buah Lokal Kaya Manfaat yang Hanya Bisa Dijumpai di Indonesia

Sedikit Fakta Tentang Indonesia dan Masyarakatnya

Orang bilang tanah kita tanah surga

Tongkat kayu dan batu jadi tanaman

Indonesia memang adalah Surganya dunia…

berdamai-dengan-maag-gerd

Lihat saja, sejauh mata memandang, dari Sabang sampai Merauke hanya ada jutaan keindahan saja yang tampak. Semua modal yang dibutuhkan untuk menjadi raja dunia mulai dari kekayaan bumi, keindahan alam, ragam budaya hingga sumberdaya manusia semua dimiliki oleh negeri ini. Tidak salah kalau kemudian orang-orang dari luar yang beranggapan kalau Tuhan pasti tengah berbahagia ketika menciptakan nusantara.

Apa yang diceritakan dalam potongan lirik lagu “Kolam Susu” milik Koes Plus memang benar adanya, Indonesia benar-benar subur. Berada tepat di garis khatulistiwa, Indonesia diberkahi dengan limpahan sinar matahari  dan suhu ideal antara dua musim yang memudahkan segala jenis tanaman dapat tumbuh subur. Memiliki setidaknya 11 persen dari 27 persen zona tropis yang ada di dunia membuat negeri ini dikenal sebagai salah satu negara agraris terbesar di dunia.

Akan tetapi pencapaian itu tidak di apresiasi dengan baik…

Percaya atau tidak, walaupun memiliki hasil tani yang melimpah terutama dalam produksi buah, tingkat konsumsi buah penduduk Indonesia justru masih sangat rendah (di bawah standar WHO). Keprihatinan itu makin bertambah tatkala melihat fakta kalau masyarakat kita lebih memilih mengonsumsi hasil tani impor dibanding produk lokal karena di anggap dianggap memiliki kualitas yang lebih baik.

Ini adalah informasi yang membuat miris….

Bagaimana tidak? Indonesia saat ini dikenal sebagai salah satu dari 20 Negara terbesar penghasil buah di dunia, namun di satu sisi juga diketahui menjadi salah satu dari 5 negara terbesar pengimpor buah di dunia. 

Astaga……

-[]-

Terlepas dari alasan yang disebutkan tadi, menurut saya memilih produk impor berdasarkan kualitasnya saat ini bukanlah satu-satunya yang menjadi alasan utamanya. Teknologi dan penggunaan internet juga sedikit banyak telah banyak mempengaruhi pola konsumsi masyarakat (terutama generasi millenial).  

Mari jujur, apakah Sobat pernah berpikir seperti ini saat berhadapan dengan buah produksi lokal?

Menganggapnya tidak menarik, karena bentuk dan ukurannya sering tidak seragam, ada yang besar, kecil, lonjong hingga tak rata di beberapa bagian, padahal itu adalah jenis buah yang sama.

Menganggapnya tak keren, karena buah lokal tersebut jarang di santap oleh sosok-sosok terkenal yang muncul di televisi maupun internet.

Menganggap kualitasnya rendah karena lebih banyak di produksi melalui metode tradisional, berbeda dengan buah impor yang menggunakan teknologi modern.

Semoga tidak ya, Aaamiin Aamiin.

Nah karena sebagian besar generasi muda aktif dalam dunia maya sangat penting bagi kita untuk terus menyebarkan kebaikan buah lokal lewat Sosial media.

Baca Juga : Buah Lokal Vs Buah Impor. Mana yang lebih Unggul?

The Power of Buah Lokal

Sebagai negara tropis Indonesia memang punya buah lokal khas tersendiri seperti Manggis, Salak Rambutan, belimbing, Duku, Sawo dan lainnya.

Namun dalam artikel ini definisi tentang buah lokal kita perluas lagi, sehingga buah lokal yang dimaksud dapat juga berarti berbagai jenis buah yang di budidayakan sendiri dalam negeri. 

Lewat artikel ini saya ingin membagikan informasi mengenai berbagai kelebihan buah lokal daripada buah impor, agar Sobat makin bangga dan Cinta Buah Lokal.

#1.  Lebih Segar, Lebih Sehat dan berkualitas

Jika hari ini Sobat masih percaya kalau kualitas buah lokal kalah dari produk impor maka saran saya “Cepat lupakan itu semua!”

Fakta menunjukkan kalau buah lokal lebih unggul dari buah impor dari segi kesehatan.

Alasannya? Tentu saja karena buah lokal tidak memerlukan proses produksi yang panjang sehingga hanya sedikit bahkan tidak memerlukan bahan pengawet. Proses distribusi yang singkat juga membuat buah lokal lebih segar.

Di tanam dan di budidayakan dalam negeri membuat proses produksi buah lokal lebih efisien dan lebih cepat. Sangat berbeda dengan buah impor yang memerlukan penanganan khusus seperti pemberian bahan kimia tertentu untuk pengawetan agar tetap segar sampai ditangan konsumen.

#2. Punya ciri khas

Rasa dan gizi dari buah lokal sebenarnya tak kalah dengan buah-buahan impor, hanya saja bentuknya yang tidak seragam seringkali mengurangi nilai buah tersebut di mata kita. Tapi tahukah Sobat kalau di luar negeri, buah-buahan lokal dari negara-negara di Asia, salah satunya Indonesia, justru dianggap sebagai buah yang eksotis dan mahal.

#3. Cocok dengan Masyarakat Indonesia

Segala sesuatu yang tercipta di dunia ini pasti ada tujuan dan manfaatnya. Begitupula dengan buah lokal yang hadir di tanah Nusantara. Adanya variasi buah yang tumbuh di dua macam musim yang berbeda (hujan dan kemarau) seperti buah duku, rambutan dan mangga tentu bukan tanpa alasan. Setiap buah lokal pasti punya manfaat yang baik untuk tubuh masyarakat Indonesia. Jadi mari kita mulai Cinta Buah Lokal.

Baca Juga : Buah Lokal Lebih Unggul Dari Buah Impor, Benarkah?

Cara Sehat Memajukan Indonesia

Setelah mengetahui berbagai kehebatan buah Lokal sekarang Sobat tentu semakin paham dong kenapa kita disarankan untuk rajin mengkonsumsinya, iya kan?!

Nah… Pertanyaannya sekarang adalah

“Apa hubungannya Buah lokal dengan menjadi pahlawan masa kini?”

dan

“Bagaimana caranya Mengkonsumsi Buah lokal membantu memajukan Indonesia?”

Jawabannya ada pada “Petani Lokal.”

Tahukah Sobat kalau petani di Indonesia itu perannya sangat vital?

Tidak hanya berlaku untu saat ini, bahkan semenjak era perjuangan hingga kemerdekaan pun petani telah menjadi tulang punggung di Nusantara. Bahkan Bung Karno Presiden pertama kita sampai menyebut kalau kepanjangan Petani itu sebenarnya adalah Penjaga Tatanan Negara Indonesia.

Lihat Sobat, Sehebat itulah peran keberadaan petani bagi negeri ini.

Tapi itu dulu, saat ini berprofesi menjadi tidak lagi menjadi primadona.

Kenapa? Karena daripada untung Petani lokal lebih sering merugi. Mirisnya melalui Live Instagram yang rutin dilakukan itsbuah #DukungPetaniLokal beberapa waktu lalu diketahui 

yang menjadi penyebab kerugian itu bukan karena kesulitan proses budidaya atau tidak adanya permintaan, melainkan dari hal-hal di luar teknis dan sistem yang belum di standarisasi.

Ini jelas sangat berbahaya, karena jika ini terus dibiarkan merugi lama-kelamaan profesi petani bisa ditinggalkan oleh generasi berikutnya karena tak lagi menjanjikan.

Lalu … akankah julukan negara agraris itu akan hilang?

Tidak Boleh! Kita punya tanggung jawab besar untuk menjaga jadi diri Indonesia .

Mari Dukung Petani Lokal untuk Kemajuan Indonesia

 dengan membiasakan diri mengkonsumsi produk lokal serta berbelanja langsung ke lapak milik petani. 

Terlihat sederhana memang, tapi percayalah cara itu benar-benar terbukti membuat kita menjadi pahlawan nyata yang membantu memajukan Indonesia. 

Oh iya, jika Sobat tak memiliki waktu mengunjungi langsung lapak petani untuk membeli buah lokal maka ada satu metode menarik yang dapat di coba. Tenang saja, Sobat tetap dapat memberikan dukungan langsung kepada Petani Lokal juga.

Caranya adalah dengan mengonsumsi minuman sehat dari IT’s Buah.

Sekedar informasi saja kalau semua produk  minuman sehat IT’s Buah itu menggunakan 100% buah-buahan yang diperoleh dari petani lokal langsung, sehingga tanpa pengawet. Hebatnya lagi dengan menggunakan teknologi modern IT’s Buah  berhasil mengkombinasikan buah-buahan dan sayuran menjadi minuman yang menyehatkan tubuh. Cold-pressed juice, begitu namanya.

Untuk Sobat yang mengalami sulit BAB, susah menurunkan berat badan, atau merasa gampang lelah, lunglai, dan lesu, dapat mengkonsumsi cold-pressed juice sebagai solusinya.

Setelah membaca sampai sini sekarang Sobat tentu sudah mendapatkan jawaban dari 2 pertanyaan sebelumnya. iya kan?! 

Untuk itu yuk mulai sekarang mari kita biasakan mengkonsumsi buah-buahan produksi lokal agar dapat  kamu membantu petani lokal untuk lebih sejahtera sekaligus mendorong kemajuan Indonesia.

“Petani kuat, Desa kuat, Indonesia kuat”

Baca Juga : 3 Alasan Mengapa Perlu #DukungPetaniLokal


Beri tahu teman-teman Anda