Mengapa Perlu Mulai Diet Clean Eating Di Masa Pandemi

diet eating clean saat pandemi

Pertama kali mendengar istilah Diet Clean Eating, saya sempat bingung, apakah maksudnya kita harus ‘menyapu-bersih, semua makanan di meja makan? Tentu saja saya salah. Diet Clean Eating bukan tentang menghabiskan makanan, tetapi memilih bahan makanan yang lebih bersih, lebih segar, lebih natural dan mendekati bentuk asalnya.

Apa itu Diet Clean Eating?

Clean eating merupakan pola makan yang meyarankan kita mengkonsumsi makanan yang masih mendekati bentuk atau kondisi aslinya, atau wholefood. Kita disarankan meminimalisir atau memangkas sama sekali bahan makanan olahan pabrik yang mengandung perasa; pewarna serta pengawet, makanan dalam kemasan, dan juga yang mengandung pestisida. Makanan yang digunakan dalam diet clean eating harus masih dalam bentuk aslinya, segar yang diambil langsung dari petani lokal, tanpa pestisida dan ramah lingkungan.

Meskipun tidak melarang konsumsi daging merah serta produk hewani lainnya, clean eating lebih menekankan pada sayuran dan buah segar serta makanan mengandung karbohidrat kompleks. Clean eating disarankan para praktisi gaya hidup sehat untuk diikuti karena memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh. Bisa dibilang, clean eating diet adalah cara alami untuk sehat.

Mengapa Perlu Clean Eating?

Mungkin Anda termasuk orang yang sudah terbiasa konsumsi makanan olahan sejak kecil, entah itu mi instant, jajanan, minuman botolan atau bahkan kopi sachetan. Di masa sekarang pun mungkin Anda terbiasa konsumsi makanan yang sudah mengalami pengolahan berkali-kali, dari daging menjadi sosis, dari buah menjadi manisan, dari susu menjadi keju, dari sayuran menjadi gorengan.

Di setiap proses pengolahan makanan tersebut, nutrisi makanan mengalami penurunan. Semakin banyak olahan, semakin banyak gizi dan protein yang terbuang. Sehingga membuat makanan olahan tersebut kalorinya tinggi, tapi nutrisinya tidak ada lagi. (baca: Kalori Kosong)

Kebiasaan konsumsi makanan olahan inilah yang membuat aktivitas makan menjadi tidak menyehatkan. Apalagi bila tidak dibarengi kebiasaan hidup sehat lainnya seperti olahraga teratur, tidur yang cukup, manajemen stress dan lainnya.

Sebenarnya, ada 3 alasan mengapa seharusnya kita menerapkan Diet Clean Eating mulai dari sekarang:

Loading...

Pertama – Indonesia adalah Surganya Buah dan Sayuran.

Indonesia adalah surganya pelaku diet clean eating karena semua bahan makanan segar bisa kita peroleh dengan mudah di pasar. Sayur dan buah lokal tersedia melimpah ruah. Kita hidup di khatulistiwa dua musim yang memungkinkan kita untuk panen sepanjang tahun.

Bahkan dari dulu nenek kakek kita sudah terbiasa hidup dengan mengkonsumsi buah dan sayuran. Mungkin Anda pernah ingat mendengar cerita mereka dulu yang hanya makan daging setahun sekali. Dan makanan paling enak yang mereka makan adalah tempe, yang lagi lagi adalah makanan berprotein tinggi hasil fermentasi dari kedelai, yang saat ini menjadi trend di kalangan vegan, vegetarian dan plant-based-dieters di dunia barat karena menjadi pengganti daging.

Jadi, kita sebenarnya lebih mudah untuk mulai diet clean eating karena secara geografis kita sudah ‘tercipta’ untuk itu.

Kedua – Meningkatkan Imun Tubuh untuk Melawan Virus.

Tidak ada waktu yang lebih tepat untuk mulai melatih kebiasaan hidup sehat selain saat pandemi seperti sekarang ini. Selama ratusan tahun, manusia telah jauh meninggalkan konsep makan untuk hidup sehat lalu memproduksi dan mengolah makanan sedemikian rupa agar rasanya lebih enak dengan biaya lebih murah. Dan mengabaikan kesehatan dalam prosesnya.

Saat pandemi ini, kita disadarkan untuk melakukan sesuatu agar daya tahan tubuh kita tidak rapuh, tidak hanya terhadap virus Covid-19, namun juga terhadap penyakit-tidak-menular yang diakibatkan pola makan yang kacau seperti diabetes, hipertensi, jantung, gagal ginjal dan lainnya. Semakin hari, semakin sering kita mendengar orang yang meninggal mendadak di usia muda karena mengidap penyakit yang seharusnya lebih banyak menyerang orang lanjut usia tersebut.

Melakukan Diet Clean Eating bisa menjadi awal yang baik untuk membangun kebiasaan hidup sehat ini. Anda juga bisa bergabung dengan Healthy Habit Challenge yang kami adakan bila ingin lebih semangat menjalaninya bersama-sama dengan kawan.

Ketiga – Menghemat Pengeluaran di Saat Resesi.

Meskipun masih ada perdebatan mengenai Indonesia sedang menuju resesi atau tidak, kita tetap butuh makan untuk bertahan hidup, Dan saat ini, investasi yang paling berharga yang bisa anda lakukan adalah kesehatan, untuk anda dan keluarga.

Salah satu caranya adalah mulai mengurangi belanja bahan makanan yang diolah seperti minuman berkarbonasi, makanan kemasan (snack), eskrim, cokelat, permen, roti dan kue, sereal, energy bar, energy drinks, ekstrak daging, frozen food, saus instan, bumbu penyedap, susu formula, susu pertumbuhan dan produk bayi, produk ‘kesehatan’ atau produk ‘pelangsing’, makanan siap saji, dan lainnya.

Mulai masak sendiri di rumah, menggunakan bahan makanan yang segar dan diolah sendiri, dan berusaha menerapkan diet Clean Eating semaksimal mungkin bisa menjadi solusi yang lebih terjangkau untuk bertahan hidup sembari memperkuat daya tahan tubuh dan kesehatan kita supaya tidak mudah takluk oleh penyakit.

Dengan menjadi sehat dan tidak sakit, anda akan menghemat banyak pengeluaran di masa depan.

Masih Ragu Memulai Diet Clean Eating?

Apabila anda tertarik untuk mencoba diet ini, namun masih terkendala dengan beberapa hal, atau mungkin masih memiliki pertanyaan yang membuat anda ragu untuk memulainya. IT’s Buah akan mengadakan IG Live Session bersama Inge Tumiwa-Bachrens, penulis buku “Eating Clean” , yang akan berbagi cerita mengenai program makan sehat yang telah dijalaninya sejak tahun 2011 itu.

Berikut adalah rekaman wawancara ibu Inge besama salah satu stasiun TV yang membahas tentang Clean Eating:

IG Live Session: Berkenalan Dengan Pola Makan Eating Clean bersama Inge Tumiwa-Backhrens.

live - eating clean

Anda bisa memberikan pertanyaan langsung kepada ibu Inge dan menuntaskan keraguan Anda mengenai Diet Eating Clean ini dengan tuntas. Terlebih lagi, Anda bisa mendapatkan rekaman materi IG Live Session ini bila mendaftarkan diri di form di bawah ini:

Loading...

Ikuti dan dapatkan 1 Paket Cold Pressed Juice GRATIS dari IT's Buah untuk pertanyaan terbaik yang terpilih oleh nara sumber.

Business Insider Ltd.
21st Street, New York City
United States of America
(000) 222 555 6688

© 2018 The Landing Factory

Subscribe to our newsletter and get insider news from business world!

WhatsApp Konsultasi ke CS