Anjuran Pola Makan Yang Benar Setelah Detoks

Beri tahu teman-teman Anda

Setelah detoks selesai bukan berarti kita bisa bebas mengonsumsi apa saja. Setelah selesai melakukan detoks, kita tetap perlu mengatur pola makan agar detoks kita kemarin tidak sia-sia. Simak selengkapnya dibawah ini yuk!

Anjuran-Pola-Makan-yang-benar-setelah-detoks

Halo, Sahabat Sehat!

Dalam kehidupan sehari-hari, tubuh kita menghirup, mencerna, dan menyerap banyak racun, dan tidak mudah bagi tubuh kita untuk mengeluarkannya. Detoksifikasi bisa dijadikan cara untuk mengatasinya. Detoks melibatkan banyak organ tubuh, seperti ginjal, paru-paru, kulit, dan saluran pencernaan, dan hati. Hati berperan penting dalam hal ini. 

Banyak orang mengatakan, setelah melakukan detoks merasa bahwa tubuhnya lebih sehat oleh sebab itu wajib sekali untuk mempertahakannya. Detoks membuat kita tidak mengonsumsi makanan diluar dari buah dan sayur, sehingga selama prosesnya saluran pencernaan hanya mencerna zat gizi yang dihasil dari buah dan sayur. Setelah detoks, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah kembali mencukupi kebutuhan gizi harian kita.

#1 Konsumsi Cairan Yang Cukup

Minum air dapat membantu mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh. Selain itu, air juga berfungsi untuk membantu tubuh kamu mengeluarkan racun melalui urin. Agar fungsi ginjal bisa tetap terjaga baik, kita juga disarankan untuk mengonsumsi cairan 8 gelas sehari atau setara dengan 2 liter air per hari.

Air juga bisa dikatakan sebagai alat bantu untuk kamu yang sedang melakukan detoks. Jika kamu ingin menambah buah didalam minuman kamu juga boleh lho, jadi seperti infused water. Buah yang disarankan untuk itu adalah lemon. Infused water with lemon cocok dikonsumsi pada pagi hari.

#2 Konsumsi Buah dan Sayur yang Cukup

Setelah detoks selesai, bukan berarti konsumsi buah dan sayur kamu juga ikut berhenti ya Sahabat Sehat! konsumsi buah dan sayur harus terus dilanjutkan. Porsi untuk konsumsi buah dan sayur dapat mengikuti anjuran yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan.

Buah dan sayur membantu kamu untuk mencukupi kebutuhan vitamin, mineral, antioksidan, dan fitonutrien. Buah mengandung gula alami sehingga menghasilkan cita rasa yang segar dan enak. Oleh sebab itu, untuk memudahkan kamu mengonsumsi sayur yang cukup bisa dikombinasikan dengan buah agar tercipta cita rasa yang enak. Konsumsi buah dan sayur dengan cara seperti Cold Pressed Juice merupakan pilihan yang baik.

#3 Atur Waktu dan Menu Makan Selingan

Dewasa ini, banyak orang yang mengira bahwa makan snack akan mempercepat kenaikan berat badan. Faktanya, dengan kamu konsumsi makan selingan bisa membantu mengatur pola makan yang baik dan sehat loh. Makanan selingan artinya makanan yang dikonsumsi disela-sela waktu makan utama. Jika kamu konsumsi makanan selingan dengan tepat, kamu bisa terlatih untuk tidak makan secara berlebihan diwaktu makan utama.

Umumnya, makan selingan dibagi menjadi dua waktu yaitu selingan pagi dan selingan sore. Ada beberapa orang yang mengonsumsi selingan malam. Hal tersebut tidak salah, itu boleh dilakukan jika selama siang hingga sore makanan yang kita konsumsi kurang. Adanya selingan malam bisa membantu mencukupi kebutuhan gizi harian. 

Snack yang padat energi dan zat gizi bisa kamu pilih sebagai makanan selingan kamu. Sebagai contoh bisa pilih protein bar sebagai snack. Protein sesungguhnya juga membantu proses detoks kamu. Cadangan protein yang ada didalam tubuh kamu membantu proses detoks untuk berjalan dengan baik. Selain protein bar, kamu bisa jadikan jus buah sebagai makanan selingan kamu. Pilihlah buah dan sayur yang bervariasi sehingga kamu bisa dapatkan zat gizi yang bervariasi juga. 

#4 Hindari Konsumsi Gluten, Gula, Produk Tinggi Lemak

Gluten adalah kandungan yang ada didalam tepung terigu dan olahannya. Gula yang dikonsumsi dalam jumlah berlebihan membuat tubuh kamu berisiko tinggi mengalami obesitas. Produk tinggi lemak harus dihindari, karena akan memberatkan fungsi saluran cerna setelah detoks dan juga bisa kembali massa lemak didalam tubuh kita Sahabat Sehat. Ketika kamu berhasil menjauh dari ketiga produk tersebut, proses detoks kamu bisa dikatakan mencapai kata optimal. 

#5 Pilih dan Olah Makanan Utama dengan Benar

Untuk Sahabat Sehat yang baru selesai melakukan detoks, harus pintar-pintar dalam memilih bahan makanan dan teknik pengolahannya. Bahan makanan yang disarankan utamanya adalah yang mengandung cukup serat seperti serealia, buah, dan sayur. Namun, itu saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi harian kamu. Oleh sebab itu, simak beberapa tips dibawah ini:

  1. Pilih makanan pokok dari golongan serealia yang mengandung karbohidrat kompleks seperti: kentang, ubi, jagung, nasi merah
  2. Untuk memulai mencukupi kebutuhan lemak, bisa konsumsi dari golongan kacang-kacangan seperti kacang polong, kacang merah, kacang tanah, kacang kedelai dan hasil olahannya
  3. Konsumsi protein bisa didapatkan juga dari kacang-kacangan seperti yang digambarkan diatas. Untuk konsumsi protein hewani bisa dilakukan secara bertahap, bisa dimulai dari konsumsi telur rebus
  4. Konsumsi buah dan sayur harus harus cukup sesuai dengan kebutuhan permasing-masing orang. Pilihlah buah dan sayur yang bervariasi, jangan hanya mengonsumsi satu jenis saja

Teknik pengolahan untuk mengolah makanan bisa dimulai dengan teknik steam atau boiling. Hindari penggunaan minyak banyak. Jika Sahabat Sehat ingin makan tumis sayuran, minyak yang digunakan maksimal 1 sdm saja ya. Jika tips itu bisa kamu jalankan diawal setelah selesai detoks, selanjutnya kamu bisa lanjutkan dengan menjalankan metode makan food combining dan menerapkan diet gizi seimbang ya.

Baca Juga : Menu Food Combining, 5 Aturan Yang Wajib Anda Pahami


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *