Batasi Konsumsi Gula, Garam dan Lemak Dengan Rumus G4G1L5

Bulan November adalah bulannya Kesehatan Nasional dan Diabetes Sedunia. Makanya di bulan ini, pemerintah dan banyak pihak mengkampanyekan tentang pentingnya hidup sehat dan juga pembatasan Gula, Garam dan Lemak (GGL).

Mengapa Gula, Garam dan Lemak dibatasi?

Yang perlu diperhatikan pertama kali adalah, konsumsi Gula, Garam dan Lemak (GGL) bukan dilarang atau tidak boleh sama sekali. Tapi perlu dibatasi supaya tidak berlebih.

Pembatasan ini disebabkan fakta bahwa banyak Penyakit Tidak Menular (PTM) yang muncul karena banyak masyarakat yang konsumsi Gula, Garam dan Lemak lebih banyak dari standar yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga menyebabkan obesitas, kegemukan, hipertensi, tekanan darah tinggi, jantung dan bahkan kanker.

Semua penyakit tersebut adalah penyakit yang bisa dicegah sejak dini apabila kesadaran masyarakat makin tinggi terhadap gaya hidup dan pola makan yang sehat.

Berapa batas konsumsi Gula, Garam dan Lemak yang wajar?

Menurut World Health Organization (WHO), tubuh hanya membutuhkan gula kurang dari 10% dari total asupan energi atau setara dengan 50 gram gula per hari (jika kebutuhan energi harian Anda 2000 kalori/hari). Berdasarkan Kementerian Kesehatan RI, anjuran konsumsi gula per hari menurut kelompok umur adalah:

  • Umur 1-3 tahun: 2-5 sendok teh
  • Umur 4-6 tahun: 2,5-6 sendok teh
  • Umur 7-12 tahun: 4-8 sendok teh
  • Lebih dari 13 tahun dan dewasa: 5-9 sendok teh
  • Lansia: 4-8 sendok teh.

Lebih detailnya, anjuran batas konsumsi GGL yang disarankan Kementerian Kesehatan RI yaitu memperhatikan batas konsumsi gula per orang /hari adalah 50 gram atau setara dengan 4 sendok makan, batas konsumsi garam per orang/hari adalah 2.000 miligram natrium/sodium atau 5 gram garam atau 1 sendok teh, dan batas konsumsi lemak per orang/hari adalah 67 gram atau 5 sendok makan minyak.

Batasi Konsumsi Gula, Garam, dan Lemak dengan Rumus 'G4G1L5'

Supaya lebih mudah diingat, jumlah batasan konsumsi ini dinamakan dengan G4G1L5 agar mudah diingat oleh banyak orang. G4G1L5 ini diperuntukkan untuk dewasa guna mencegah risiko Penyakit Degeneratif..

Loading...

Efek jangka panjang konsumsi gula, garam, dan lemak berlebih.

Apabila anda konsumsi asupan Gula, Garam dan Lemak yang berlebih setiap hari, efeknya akan terasa ketika umur anda bertambah lanjut usia. Karena gaya hidup yang tidak sehat ini akan menyebabkan penyakit ‘kelas berat’ yang bermunculan, seperti diabetestekanan darah tinggipenyakit jantung, kanker.

Seperti yang telah Anda ketahui, asupan gula yang berlebihan dalam waktu lama dapat menyebabkan seseorang mengalami kenaikan berat badan atau kegemukan

Hal ini meningkatkan risikonya untuk mengalami diabetes. Diabetes yang tidak terkontrol kemudian dapat menyebabkan penyakit jantung dan penyakit ginjal.

Jika Anda kelebihan asupan garam, ini dapat meningkatkan risiko Anda mengalami tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan juga stroke. Begitu juga dengan kelebihan asupan lemak yang dapat menyebabkan penumpukan lemak dalam tubuh, yang kemudian dapat menyebabkan terbentuknya plak pada pembuluh darah. 

Sehingga, hal ini mengakibatkan pembuluh darah menyempit, dan pada akhirnya dapat menyebabkan penyakit jantung.

Bagaimana caranya bisa tetap makan gurih, minum manis dan santap sedap tapi tubuh tetap sehat bahkan berat badan tetap ideal?

Mungkin itu yang terlintas di pikiran anda saat ini, apabila konsumsi Gula, Garam, dan Lemak dibatasi, bagaimana saya bisa hidup enak?

Jawabannya adalah gaya hidup sehat dan seimbang ala IT’s Buah yang di rangkum dalam program bernama Healthy Habit Challenge

Progam ini ekslusif untuk customer dan pelanggan IT’s Buah dengan bimbingan NutriCoach bersertifikat selama 60 hari untuk dapatkan kebiasaan dan gaya hidup yang bertahan untuk seterusnya.

Tapi, buat anda yang masih penasaran dengan cara yang bisa langsung anda terapkan dalam keseharian, anda masih bisa mengikuti IG Live Session berikut ini.

IG Live Session: Kenali GGL, Si Gerbang Penyakit Degeneratif

IG Live kenali GGL

Anda bisa memberikan pertanyaan langsung kepada nara sumber dan tentang semua hal yang berkaitan dengan gaya hidup sehat dan menyenangkan meskipun terkana pembatasan konsumsi Gula, Garam dan Lemak.

Terlebih lagi, Anda bisa mendapatkan rekaman materi IG Live Session ini bila mendaftarkan diri di form di bawah ini:

Loading...

Ikuti dan dapatkan 1 Paket Cold Pressed Juice GRATIS dari IT's Buah untuk pertanyaan terbaik yang terpilih oleh nara sumber.

Business Insider Ltd.
21st Street, New York City
United States of America
(000) 222 555 6688

© 2018 The Landing Factory

Subscribe to our newsletter and get insider news from business world!