Bau Mulut Saat Puasa ? Inilah 7 Cara Menghindarinya

Bau Mulut Saat Puasa ? Inilah 7 Cara Menghindarinya

Beri tahu teman-teman Anda

Selama menjalankan ibadah puasa, masalah bau mulut seringkali mengakibatkan ketidaknyamanan pada diri sendiri bahkan orang-orang yang ada disekitar kita, bahkan masalah bau mulut ini membuat minder. Memang menjadi suatu kewajaran apabila saat itu kondisi kita sedang menjalankan puasa, namun tentu saja sebisa mungkin anda tidak ingin mengalaminya dan ingin menghindarinya bukan ?

Fakta yang perlu anda ketahui bahwa saat berpuasa, produksi air liur dalam mulut dan dalam saluran pencernaan berkurang sehingga menjadi lebih kering. Akibatnya timbul halitosis atau bau mulut.

Selain itu bau mulut juga dapat disebabkan penyakit sistemis seperti liver, lambung, saluran pernapasan serta ginjal akut. Sedangkan penyakit gigi dan mulut penyebab napas tak segar di antaranya gigi berlubang, radang gusi, gingivitis karena karang gigi, dan periodontitis.

Sebenarnya bau mulut saat menjalankan puasa tak perlu menjadi hal yang mengkhawatirkan. Simak beberapa tips sederhana mencegah bau mulut selama puasa berikut: 

 

Perbanyak konsumsi asupan pengusir bau mulut

Buah-buahan pengusir bau mulut seperti apel, bengkuang dan wortel, selain itu minuman seperti Teh hijau dan yoghurt yang dimana teh hijau mengandung bahan aktif catechin yang dapat menghilangkan plak, menurunkan kadar gula, dan membunuh bakteri penyebab bau mulut juga dapat kita konsumsi dengan meminumnya sebanyak 2-5 cangkir teh hijau sehari sedangkan yoghurt dapat membantu terpeliharanya saluran pencernaan dan dapat mencegah bau mulut.

Jagalah kesehatan gigi dan mulut

Dengan menggosok gigi dan lidah secara benar seperti bersihkan sela-sela gigi dengan sikat gigi dan jangan lupa untuk membersihkan lidah

 

Periksa kesehatan Gigi

Jauh-hauh hari sebelum bulan puasa tiba ada baiknya periksa kesehatan gigi di dokter gigi. Memang sebaiknya melakukan pemeriksaan terhadap kesehatan gigi sebanyak 1 kali dalam 6 bulan, bahkan jika tersedia waktu dan biaya, lakukanlah spa gigi sebanyak 2 kali dalam sebulan untuk menjaga kesehatan gigi

Menghindari rokok dan minuman beralkohol

Merokok dapat berefek memperburuk status kebersihan mulut yang memicu terjadinya gingivitis dan periodontitis sedangkan allkohol mengurangi produksi air liur yang akan memperparah bau mulut. Jika anda perokok aktif dan ingin puasa anda lancar tanpa bau mulut sebaiknya dihindari, Untuk minuman beralkohol memang wajib dihindari apabila anda seorang muslim apalagi sedang menjalankan ibadah di bulan suci Ramadhan.

Mengkonsumsi keju

Mengkonsumsi keju yang rendah karbohidrat serta tinggi kalsium dan mengandung fosfat juga dapat meningkatkan produksi air liur, mengurangi pertumbuhan karang gigi dan memperkuat email gigi

 

Cukupkan konsumsi air putih

Menjaga asupan cairan saat puasa sangat efektif untuk menghindari bau mulut apabila kita mengkonsumsi air putih dengan cukup yakni, 8-10 gelas perhari dimana 2-4 gelas diminum saat sahur dan 6 gelas saat berbuka.

Baca juga : 7 Cara mengatasi bibir kering saat puasa

Berkumur dengan cairan kumur

Menggunakan cairan kumur juga efektif untuk menjaga mulut tetap segar dan sebaiknya cairan tersebut yang tidak mengandung alkohol di atas 25 persen karena dapat memicu risiko kanker rongga mulut.

 


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat