Begini Aturan Detox Sehari Yang Benar

Begini Aturan Detox Sehari Yang Benar

Beri tahu teman-teman Anda

Menjalani proses detox selama sehari memiliki aturan berbeda dengan detox yang dijalankan lebih lama. Sebelum mulai, ada tanda-tanda yang tubuh yang harus Anda perhatikan. Kenali tanda-tanda tersebut dan ikuti aturan detox sehari yang tepat agar Anda semakin sehat, plus bonus kulit yang bersinar.

Seperti Apa Detox Sehari yang Tepat dan Aman
Seperti Apa Detox Sehari yang Tepat dan Aman

Beraktivitas di tengah kualitas udara rendah dapat memicu berbagai penyakit. Pasalnya, udara di daerah tersebut mengandung polutan yang berbahaya bagi tubuh. Salah satunya adalah karsinogen yang memicu sesak napas.

Senyawa karsinogenik bersifat mengendap, sama seperti toksin lainnya. Meskipun tubuh memiliki sistem detox alami, ada saatnya tubuh kelelahan untuk mengatasi semua toksin yang mengendap.

Ibarat kata, membersihkan lantai dengan sapu yang kotor.

Untuk membersihkan tubuh dari senyawa toksin apalagi yang mengendap, Anda memerlukan usaha ekstra. Apalagi jika selama ini, Anda kurang memperhatikan makanan yang Anda konsumsi.

Makanan cepat saji dan junk food memang lebih menggoda buah dan sayur, apalagi jika Anda selalu di tengah kesibukan. Kesibukan inilah yang kadang membuat sebagian orang tidak bisa meluangkan waktu untuk fokus menjalankan program detox.

Kabar baiknya, detox pun bisa Anda lakukan dalam sehari. Meskipun optimalnya detox dilakukan selama 3 hari berturut-turut dan terus berulang setiap satu bulan, tidak ada salahnya Anda mempersingkat proses detox menjadi satu hari saja.

Loading...

Tentunya, ada aturan yang harus diikuti selama satu hari tersebut.

Hasil detox selama sehari tentu berbeda dengan detox tiga hari. Tetapi lebih baik sedikit daripada tidak sama sekali. Anda bisa mengulang detox ini di hari-hari tertentu di mana Anda hanya punya satu hari luang.

Detox sebaiknya dilakukan sedini mungkin setelah Anda mengalami tanda-tanda bahwa Anda memerlukan detox.

Artikel Terkait:
Turun Berat Badan Hingga 5kg dengan Detoks? Ini Kata Ahli Nutrisi
Simak! Ini 5 Ciri Detox Keluar dari Tubuh
Penyakit, atau Gejala Detoksifikasi Tubuh?

Tanda-tanda Anda Perlu Detox

– Merasa mual ketika memakan makanan tertentu.
– Banyak mengonsumsi obat, sehingga tubuh perlu dibersihkan dari residu bahan kimia.
– Merasa tubuh gampang capek atau kurang berenergi.
– Obesitas.
– Cepat muncul keriput.
– Sakit kepala.
– Bau mulut atau bau badan.
– Alergi terhadap makanan tertentu sehingga mengganggu saluran cerna.
– Sudah buang air besar.
– Mudah merasa lelah meskipun sudah istirahat cukup.

Memang, membersihkan zat toksin dan karsinogen memerlukan waktu cukup lama, tidak cukup sehari. Tetapi paling tidak, menjalani program detox meskipun hanya sehari dapat membantu mengurangi konsentrasi racun-racun lainnya.

Apalagi jika Anda bisa mengulang detox ini di hari-hari lainnya.

Ingin coba?


Detoks Teh Herbal dan Jus dalam Sehari

Banyak orang memberi kesaksian bahwa minuman detox bisa mendorong Anda mencoba detox untuk satu hari pertama. Tetapi untuk detox yang dikhususkan sehari saja, Anda disarankan untuk mengonsumsi teh herbal. Minuman ini diyakini memiliki manfaat untuk detoksifikasi tubuh. Dengan syarat, teh herbal harus diracik dengan cara yang benar dan tepat.

Sederet manfaat teh herbal di antaranya ialah mengurangi gangguan pencernaan, menurunkan bobot tubuh, dan mengeluarkan racun berbahaya.

Teh herbal juga mengandung antioksidan dan mineral yang dapat menyegarkan tubuh serta pikiran. Lebih bagus lagi apabila teh tersebut dibuat dari 100 persen bahan alami. Anda bukan hanya mendapat serat asli, tetapi berpotensi memperoleh khasiat lain.

Seperti yang diketahui, teh herbal mengandung bahan – bahan fungsional, seperti adas dan serai. Karenanya, teh ini cukup efektif melakukan pembakaran lemak dan mendongkrak metabolisme.

Vitamin alami yang terkandung di dalam teh herbal juga diketahui sangat bermanfaat bagi kekebalan tubuh. Teh ini melindungi diri dari stress serta penyakit berat maupun kronis. Teh herbal yang dimaksud tidak harus berupa teh hijau, tetapi termasuk teh jahe, akar manis, elderberry dan lain sebagainya.

Setelah teh herbal, Anda bisa mengonsumsi jus detoksifikasi. Jus detox menawarkan khasiat yang tak kalah banyak. Salah satunya mencegah penuaan dini, namun yang lebih penting ialah minuman ini bisa membantu menguras racun.

Tak hanya itu, jus detoks; terutama cold-pressed juice; terbilang efektif menjaga kesehatan pencernaan. Minuman ini mudah diserap tubuh dan minim kalori. Tak masalah mengonsumsinya dalam jumlah banyak asal masih moderat. Menariknya, jus detoks juga menawarkan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh; meski Anda tetap memerlukan asupan karbohidrat dan protein dari makanan lain.

Pada umumnya, Anda akan diminta untuk meliburkan diri dari makan lemak dan karbohidrat. Anda hanya boleh mengonsumsi jus detoks dan teh herbal selama seharian penuh. Tetapi detoks seperti itu cukup ekstrim dan tidak jarang dibantah para pakar manfaat kesehatannya bagi tubuh.

Karena itu, Anda bisa menerapkan pola makan seperti rekomendasi di bawah agar detoksifikasi berjalan dengan baik; tanpa menyetop asupan lain ke dalam tubuh.

Artikel Terkait:
7 Cara Detox Tubuh Agar Cepat Berhasil
Inspirasi Menu Detox Seminggu Yang Mudah Dicoba
Kombinasi Jus Detoksifikasi yang Enak dan Kaya Manfaat

Cuma Punya Satu Hari untuk Detox? Ini Cara yang Tepat

Detox selama sehari adalah solusi Anda untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh jika Anda adalah pribadi yang aktif dan memiliki banyak kegiatan terutama di luar ruangan. Paparan zat polutan yang lama-lama mengendap dalam tubuh harus segera dikeluarkan dengan metode detox yang tepat.

Untuk menjalankan detox dalam satu hari, Anda bisa mengikuti panduan berikut ini.

#1 Air Lemon Di Pagi Hari

Cobalah menyambut pagi dengan minum air lemon. Kandungan pektin di dalam air lemon dipercaya baik untuk kesehatan pencernaan. Karena itu, minuman ini dijuluki sebagai bahan detox fenomenal. Melansir BBC, air lemon juga membantu mengenyangkan perut sehingga Anda hanya makan sedikit saat sarapan.

#2 Sarapan Yang Disarankan

Untuk alasan tertentu, Anda boleh skip karbohidrat untuk sarapan. Bukan karena bahan ini mengandung racun, tetapi karena ada bahan lain yang dianggap lebih baik untuk detox, yakni olahan telur dan ikan salmon. Kedua makanan ini kaya dengan kandungan protein dan  omega3, serta cukup untuk memberi energi sampai waktu makan siang.

Setelah menyelesaikan sarapan, Anda bisa mengonsumsi jus detox untuk mengoptimalkan pembersihan tubuh.

#4 Makan 3 Kali : Sangat Disarankan

Sebaiknya, Anda tidak melupakan waktu makan normal, yakni 3 kali sehari. Ya, meskipun sedang detoks sehari,  Anda tetap disarankan untuk makan secara teratur. Ada beberapa menu yang disarankan, di antaranya olahan sayuran, daging ayam, ikan, kacang-kacangan, sup, kelapa dan buah apukat. Kalau ingin lebih praktis, siapkan saja telur rebus !

#5 Jangan Kebablasan Membatasi Gula

Dikutip dari BBC, Fiona Hunter seorang pakar nutrisi pernah berbicara, bahwa membatasi pola makan melalui diet ketat (seperti menghindari makanan bertepung dan olahan susu) tidak mengeliminasi toksin yang ada di dalam tubuh – lain halnya jika Anda punya alergi terhadap produk-produk tersebut.

Tidak mengonsumsi gula sama sekali juga tidak baik. Anda sebaiknya tetap mengasup gula, namun dalam jumlah wajar.

Sedangkan untuk pemanis buatan, lebih baik dihindari saja. Hal itu dikarenakan pemanis buatan tidak mengandung kalori yang bermanfaat bagi tubuh, pun tidak membantu diet Anda.

Sumber gula terbaik yang bisa Anda konsumsi selama masa detox sehari adalah buah-buahan manis semangka, apel, ceri, jeruk, anggur, pisang, dan jambu biji.

#6 Fokuslah Pada Pembatasan Processed Foods

Dalam sehari, usahakan Anda tidak mengonsumsi makanan olahan maupun makanan cepat saji.

Lebih baik tingkatkan konsumsi  sayur dan buah-buahan segar. Perbanyak pula minum air putih. Cara ini cukup efektif menguras racun dalam waktu singkat.

Mengutip BBC, kunci keberhasilan detoks sehari terdapat pada moderasi, variasi dan keseimbangan pola makan yang Anda jalani.

#7 Kurangi Olahraga Berat

Olahraga adalah bagian penting dari pola hidup sehat. Namun ketika menjalani detox selama satu hari, Anda harus membatasi intensitasnya.

Pentingnya mengurangi intensitas olahraga berat disampaikan oleh SHAPE. Detox menjadi kurang efektif apabila tubuh dipaksa ‘bekerja keras’ seharian.

Bukan berarti Anda tidak boleh berolahraga dalam sehari itu, namun pertimbangkanlah untuk melakukan olahraga ringan saja. Salah satu olahraga yang disarankan adalah jalan kaki atau yoga selama 3 menit.

Artikel Terkait:
Manfaat Detoksifikasi Racun dan Kaitannya dengan Diet
Semudah Ini Lho Cara Detoksifikasi Tubuh, Termasuk Tidur

Kesimpulan

Kesibukan memang menjadi alasan utama penurunan kualitas kesehatan. Tetapi bukan Anda. Banyak orang yang masih membutuhkan Anda dan memiliki hidup sehat yang panjang dan berkualitas hanya bisa dimulai dari Anda sendiri.

Perubahan gaya hidup memang tidak mudah, apalagi jika Anda sudah terbiasa melakukannya seumur hidup. Panduan program detox sehari ini bisa menjadi titik balik kualitas hidup dan kesehatan Anda. Asalkan konsisten, detox mampu memberikan keuntungan jangka panjang bagi fungsi organ tubuh yang berimbas langsung pada kesehatan Anda.

 

 

 

 

 


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Konsultasi ke CS