#BerbagiSehat : Sehat Itu Untuk Semua

Beri tahu teman-teman Anda

Berbagi Sehat merupakan hal yang ingin dicapai oleh semua orang. Namun terdapat kesenjangan kesehatan di Indonesia, terutama karena faktor latar belakang ekonomi. Gerakan Berbagi Sehat mampu membantu mengatasi kesenjangan ini. Bagaimana caranya, simak lebih lengkap dibawah ini yuk!

BerbagiSehat-Sehat-Itu-Untuk-Semua

Halo, Sahabat Sehat!

Kesehatan merupakan kondisi sejahtera dari badan, jiwa dan sosial yang memungkinkan setiap orang menjadi lebih produktif. Memperoleh pelayanan dan fasilitas kesehatan yang layak adalah hak setiap warga negara Indonesia yang tertulis dalam UUD 1945. Namun, saat ini Indonesia masih menghadapi berbagai tantangan di bidang kesehatan. 

Baca Juga : Sehatkan Generasi Penerus Bangsa Dengan #BerbagiSehat

Kondisi Kesehatan Penduduk Indonesia 

Indonesia saat ini sedang menghadapi pandemi Covid-19. Pandemi yang mulai mewabah sejak Maret 2020 ini, sudah mengambil banyak sekali nyawa masyarakat dan tenaga kesehatan. Antara Maret 2020 hingga Februari 2021 saja tercatat ada kasus 36.325 kematian dari 1,34 juta kasus positif Covid-19. 

Selain pandemi Covid, Direktur Pencegahan Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan, Cut Putri Ariane menyebutkan Penyakit Tidak Menular (PTM) merupakan penyakit dengan penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Penyakit jantung koroner adalah penyebab kematian tertinggi, diikuti kanker, Diabetes melitus dengan komplikasi, tuberkulosis, dan Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK).

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan menunjukkan bahwa saat ini perkembangan PTM di Indonesia semakin mengkhawatirkan. PTM kini mulai mengancam kelompok usia produktif. Cut menjelaskan perkembangan dan pergeseran pola penyakit PTM di Indonesia disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat.

Baca Juga : Kolaborasi RHI dan IT’s Buah Bantu Kesehatan Anak Melalui Minuman Berbasis Hortikultura Lokal

Hubungan Kesehatan dengan Konsumsi Buah dan Sayur

Setiap hari tubuh membutuhkan asupan vitamin, mineral dan serat dari buah dan sayur untuk dapat berfungsi dengan baik. Jika Anda tidak rutin mengonsumsi buah dan sayur, jangan heran bila Anda mudah merasa lelah dan sering terserang penyakit. 

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan konsumsi sayuran dan buah untuk hidup sehat sejumlah 400 gram per orang per hari, yang terdiri dari 250 gram sayur dan 150 gram buah.

Kementerian Kesehatan melalui Pedoman Gizi Seimbang yang terdapat dalam Permenkes No.41 Tahun 2014 menganjurkan untuk mengonsumsi sebanyak 3-4 porsi sayur dan 2-3 porsi buah setiap hari atau setengah bagian berisi buah dan sayur pada setiap kali makan. Seseorang dikatakan cukup konsumsi sayur dan buah apabila mengonsumsi kombinasi sayur dan buah minimal 5 porsi per hari.

Data Riskesdas 2018 menunjukkan bahwa tingkat konsumsi buah dan sayur di Indonesia masih sangat rendah. Sebanyak 95.5% penduduk dikategorikan sebagai orang yang kurang asupan sayur dan buah. Di sisi lain, Indonesia memiliki hasil panen buah dan sayur lebih dari 22 juta ton/tahun.

Jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia, maka seharusnya penduduk Indonesia dapat memenuhi kebutuhan buah dan sayur per hari. Dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa Indonesia sebenarnya tidak kekurangan buah, namun kekurangan tingkat kesadaran akan pentingnya mengkonsumsi buah dan sayur yang cukup setiap hari.

Baca Juga : Kisah Inspiratif Valencia Mieke Randa Founder RHI

Aksi Nyata Untuk Tingkatkan Kesehatan di Indonesia

Untuk mengatasi berbagai tantangan di bidang kesehatan, diperlukan tindakan dan kerja sama dari berbagai pihak, termasuk dari masyarakat. Berbagi Sehat adalah salah satu misi IT’s Buah yang juga dapat Anda lakukan untuk menciptakan masyarakat dan lingkungan yang lebih sehat. Berikut adalah beberapa gerakan nyata yang dapat anda lakukan untuk menjaga kesehatan bersama: 

#1. Menjalankan pola hidup sehat dari individu dan keluarga

Pola hidup sehat bisa mulai kita lakukan dari unit paling kecil yaitu, kita pribadi dan keluarga. Kegiatan pola hidup sehat bersama keluarga dapat dilakukan dengan berolahraga secara rutin, banyak melakukan aktivitas outdoor (berkebun, berjalan-jalan di taman, piknik), dan mengonsumsi makanan bergizi. Bila rutin menjalankan kegiatan tersebut, Sahabat Sehat dapat mengajarkan putra putri Sahabat Sehat untuk terbiasa hidup sehat sejak kecil sekaligus menjaga keluarga agar tidak mudah terserang penyakit.

#2. Menjaga kebersihan tempat tinggal

Menjaga kebersihan lingkungan, terutama lingkungan tempat tinggal adalah hal yang sangat penting untuk kesehatan. Pemukiman kumuh dapat meningkatkan resiko terserang penyakit respirasi, salah satunya tuberkulosis,  penyakit penyebab kematian tertinggi di Indonesia. 

#3. Menjalankan Program Hidup Sehat di IT’s Buah

Konsumsi buah dan sayur sangat berhubungan dengan kesehatan. Sahabat Sehat dapat mengonsumsi buah dan sayur dalam berbagai bentuk sesuai dengan selera Anda. Cold-press juice dari IT’s Buah adalah salah satu pilihan untuk mulai hidup sehat dengan cara yang lebih menyenangkan. Dengan membeli produk IT’s Buah, Anda tidak hanya mendapatkan manfaat kesehatan, Anda juga ikut mewujudkan misi #BerbagiSehat IT’s Buah untuk membantu orang-orang lain yang membutuhkan.

Gerakan #BerbagiSehat untuk Indonesia

Untuk mengatasi kesenjangan kesehatan di Indonesia, diperlukan tindakan dan kerja sama dari berbagai pihak. Sebagai sebuah gerakan yang mempunyai visi #SehatBerdampak, IT’s Buah ikut berperan aktif dalam peningkatan kesehatan masyarakat. Selain menjual produk yang bermanfaat untuk kesehatan, IT’s buah juga ikut membantu memberikan edukasi dan informasi seputar gaya hidup sehat. Peran aktif IT’s Buah juga diwujudkan melalui salah satu misi IT’s Buah, yaitu Berbagi Sehat.

IT’s Buah sadar bahwa kesehatan adalah harta paling berharga. Namun kenyataanya, kondisi keuangan kerap menjadi salah satu penghalang untuk memperoleh kesehatan. Karena kondisi tersebut terciptalah gerakan Berbagi Sehat.

Dimana IT’s Buah menyumbangkan sebagian dari hasil penjualan untuk yang membutuhkan, khususnya anak-anak. IT’s Buah telah bekerja sama dengan beberapa Yayasan untuk menyalurkan bantuan IT’s Buah bertekad untuk terus membantu lebih banyak orang yang membutuhkan. Bersama Sahabat Sehat kami dapat melakukannya!

Baca Juga : Gerakan #BerbagiSehat di Yayasan Bangun Kecerdasan Bangsa


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *