Berdamai Dengan Maag & GERD Jadi Mungkin Dengan Detox

Beri tahu teman-teman Anda

Bagi pejuang Maag & GERD pola makan merupakan hal paling penting yang perlu diperhatikan. berikut ini 7 makanan yang disarankan untuk Anda pejuang Maag & GERD. Simak lebih lanjut dibawah ini yuk!

Berdamai dengan Maag & GERD jadi mungkin dengan Detox

Halo, Sahabat Sehat!

Pasca lebaran ini bila kita tidak memperhatikan pola makan yang baik, dapat memicu kambuhnya beberapa penyakit salah satunya maag/gerd loh. Tahukah Sahabat Sehat bahwa maag dan gerd itu berbeda?

Maag atau yang dalam bahasa medis dikenal sebagai gastritis merupakan peradangan, iritasi, atau erosi yang terjadi pada bagian lapisan lambung. Kondisi ini dapat terjadi tiba-tiba (akut) atau kronis.

Sedangkan GERD adalah penyakit saluran cerna bagian atas yang terjadi karena asam lambung dengan derajat keasaman yang tinggi naik ke kerongkongan. Gejala GERD dan sakit maag hampir serupa, yaitu menyebabkan nyeri pada ulu hati, mual dan muntah.

Baca Juga : Kamu Punya Maag? Wajib Perhatikan Hal Ini!

Faktor Penyebab Kambuhnya Maag & GERD

Adapun faktor yang menyebabkan maag/gerd kambuh setelah lebaran yaitu :

#1 Konsumsi makanan berlemak dan protein berlebihan

Saat lebaran sajian yang terbuat dari produk hewani seperti rendang, opor ayam, dendeng adalah hal wajib. Bila konsumsinya berlebihan bagi penderita maag/gastritis ini dapat memicu kekambuhan penyakit. Hal ini dikarenakan pola makan tinggi protein dapat memicu tingginya sekresi asam lambung. 

Menurut penelitian responden penelitian yang memiliki riwayat konsumsi protein hewani sebanyak 2 jenis atau lebih untuk setiap konsumsi sebagian besar mengalami kejadian gastritis sedangkan responden yang memiliki riwayat kebiasaan konsumsi 0-1 jenis protein hewani saja untuk tiap konsumsi lebih kecil resiko kambuhnya maag/gerd.

Protein dan lemak yang berlebihan dalam lambung akan memperlambat proses pencernaan, sehingga makanan dapat membusuk dalam tubuh dan penyerapan gizi menjadi tidak sempurna yang dapat memicu resiko kambuhnya maag/gerd.

#2 Mengonsumsi makanan pedas

Mayoritas orang Indonesia sangat menyukai makanan pedas. Pada saat lebaran sambal merupakan sajian yang tidak boleh ketinggalan untuk melengkapi sajian lainnya. Tapi sambal sangat beresiko menyebabkan kambuhnya maag/gerd, Mengapa?

Rasa pedas pada sambal sebenarnya merupakan kombinasi dari beberapa asam. Dengan mengkonsumsi sambal secara berlebihan, dapat memicu asam menumpuk didalam lambung. Suasana yang sangat asam ini dapat menjadi faktor agresif yang akan mengikis dinding lambung dan menyebabkan kerusakan mukosa lambung.

Menurut penelitian bahwa responden penelitian yang mengkonsumsi sambal lebih dari 3 sendok teh atau lebih per konsumsi lebih beresiko mengalami gastritis dibandingkan responden penelitian yang mengkonsumsi sambal lebih sedikit.

Jadi bagi yang sudah terbiasa mengonsumsi makanan pedas perlu ditakar kembali konsumsi sambal hariannya, agar tidak memicu kambuhnya maag/gerd.

#3 Waktu makan yang tidak teratur

Pasca lebaran adanya penyesuaian kembali pada waktu makan kita. Waktu makan yang tidak teratur ini dapat juga menyebabkan timbulnya ketidakteraturan produksi asam lambung. Hal inilah yang memicu kambuhnya maag/gerd. 

Frekuensi makan yang baik idealnya adalah makan tiga kali sehari secara teratur sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, yaitu makan pagi, makan siang dan makan malam dan disertai dengan selingan

#4 Porsi makan berlebihan

Dengan banyaknya sajian pada saat lebaran ini membuat kita tidak dapat menahan keinginan untuk makan dalam porsi yang banyak. Tapi porsi makan yang berlebihan ini dapat memicu kambuhnya maag/gerd. Ini dikarenakan konsumsi makanan dalam porsi besar dapat meningkatkan penumpukan gas pada lambung dan terjadinya peregangan berlebihan pada dinding lambung.

Baca Juga : Buah Untuk Sakit Maag : 5 Pilihan Terbaik

Tips Makanan Untuk Pejuang Maag & GERD

Ternyata pola makan yang tidak baik merupakan faktor utama dari kambuhnya maag/gerd ini. Maka dari itu kita perlu memperhatikan lagi apa yang baik untuk dikonsumsi agar penyakit tersebut tidak kambuh. Adapun makanan yang baik dikonsumsi bagi penderita maag/gerd yaitu :

1. Oatmeal

Mengkonsumsi oatmeal baik bagi penderita maag/gerd, ini dikarenakan kandungan serat, vitamin serta mineral yang dimiliki oleh oatmeal. Serat dipercaya dapat menyerap asam lambung, sehingga mengurangi gejala penyakit refluks asam.

2. Sayuran hijau

Sayuran hijau yang kaya serat dan tidak mengandung lemak atau gula, seperti bayam, brokoli, selada, kacang panjang, dan kentang, merupakan makanan yang tepat untuk penderita asam lambung. Sayuran hijau ini dapat melindungi lambung dan esofagus dari gejala heartburn yang disebabkan oleh gerd.

3. Daging tanpa lemak dan Ikan

Mengonsumsi protein yang rendah lemak sangat baik untuk mencegah resiko kambuhnya penyakit lambung. Dengan mengonsumsi protein rendah lemak ini pencernaan jadi hanya membutuhkan kondisi asam yang sedikit sehingga tidak memancing terjadinya peningkatan produksi asam lambung. 

4. Tanaman herbal

Mengonsumsi tanaman herbal juga baik untuk mengatasi kambuhnya penyakit lambung karena memiliki efek anti radang dan meredakan mual, sehingga cukup ampuh untuk mengurangi gejala penyakit asam lambung. Tanaman herbal yang baik bagi lambung seperti jahe, kunyit, aloe vera dan lain sebagainya.

5. Apel

Mengonsumsi apel setelah makan dan sebelum tidur efektif untuk mengatasi kambuhnya penyakit lambung. Ini karena kalsium, magnesium, dan kalium dalam apel dipercaya bisa meredakan gejala asam lambung.

6. Pisang

Pisang merupakan buah yang sangat dianjurkan dikonsumsi saat menderita penyakit asam lambung. Ini dikarenakan buah ini mampu menyeimbangkan suasana asam dalam lambung dengan menurunkan kadar pH lambung dari 1.5 menjadi 3.5.

7. Semangka

Semangka baik dikonsumsi bagi penderita maag/gerd dikarenakan memiliki kemampuan untuk menetralkan keasaman di dalam lambung. Selain semangka terdapat buah melon dan blewah juga yang bisa dijadikan pilihan.

Selain mengkonsumsi makanan diatas, ada cara mudah juga untuk berdamai dengan maag dan gerd ini yaitu dengan melakukan detoksifikasi. Melalui detoksifikasi ini kita dapat membuang racun didalam tubuh sehingga lambung menjadi lebih sehat.

Berdamai dengan Maag & GERD jadi hal yang mungkin untuk dilakukan dengan program Detox: Peace With Maag & GERD di itsbuah. Paket detoks ini telah disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi dan pantangan bagi penderita maag/gerd sehingga sangat ampuh membantu mereka untuk berdamai dengan Maag & GERD. Paket detoks ini terdiri dari Cold-pressed juice yang terbuat dari sari murni buah dan sayur yang diolah tanpa tambahan gula, air, dan pengawet.

Baca Juga : 8 Makanan Untuk Sakit Maag & Minuman Anti Asam Lambung


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *