Buah Lokal Lebih Unggul dari Buah Impor, Benarkah?

Beri tahu teman-teman Anda

Berbagai klaim di media mengatakan bahwa buah lokal unggul dan memiliki lebih banyak manfaat dibandingkan dengan buah impor. Sebabnya antara lain karena buah asli Indonesia memerlukan sumber daya lebih sedikit untuk proses pengiriman. Selain itu, buah produksi petani Indonesia lebih sehat karena tidak memerlukan pengawet dalam jumlah besar. Malah kadang, tidak butuh pengawet sama sekali.

Buah-lokal-vs-buah-impor-mana-yang-lebih-baik
Buah lokal memiliki banyak keunggulan dari sisi ekonomi, kesehatan, dan kepedulian terhadap lingkungan serta mendukung petani lokal

Buah Lokal Lebih Unggul daripada Buah Impor

Buah lokal bisa lebih unggul dari buah impor karena tidak memerlukan proses produksi yang panjang.

Sedangkan buah impor memerlukan beberapa proses (pemberian bahan kimia tertentu) agar tetap segar sampai ditangan konsumen.

Karena alasan proses produksi inilah yang menyebabkan buah impor belum tentu terjamin kesehatannya.

Sayangnya, Buah Produksi Petani Kita Kalah Pamor

Kebanyakan orang Indonesia memilih buah impor dibandingkan lokal karena ketersediannya yang melimpah dipasaran.

Selain itu, buah lokal memang memiliki penampilan yang kurang menarik jika dibandingkan dengan buah impor, sehingga dianggap kurang berkelas dan kurang berkualitas.

Padahal, jika dikemas dan pasarkan dengan baik, buah produksi petani Indonesia tidak kalah cantik dengan buah yang jauh-jauh dibawa dari luar negeri.

Di luar negeri, buah-buahan lokal dari negara-negara di Asia, salah satunya Indonesia, justru dianggap sebagai buah yang eksotis dan mahal.

Rasa dan gizinya pun tak kalah dengan buah-buahan impor. Karena itu, kita perlu menghidupkan kembali buah-buah lokal dengan mengkonsumsinya setiap hari.

Fakta Buah Lokal Lebih Unggul

Berikut ini adalah fakta keunggulan buah lokal yang bermanfaat untuk tubuh dan lingkungan hidup.

#1. Mengurangi jejak karbon

Buah-buahan impor memang terlihat cantik dan digembar-geborkan tinggi akan kandungan gizi.

Namun, di balik penampilannya yang menggiurkan, sadarkah Anda bahwa dalam proses pengiriman yang panjang menghasilkan banyak emisi karbon setiap harinya.

Jika dibandingkan dengan buah produksi petani Indonesia dengan kualitas serupa, tentu saja lebih ramah lingkungan karena proses pengiriman yang lebih singkat.

#2. Cocok dengan kondisi tubuh masyarakat Indonesia

Buah-buahan di Indonesia tumbuh mengikuti dua musim yang berlaku, yakni musim hujan dan kemarau, misalnya buah duku, rambutan, dan mangga. Hal tersebut akan berpengaruh sangat baik bagi keadaan tubuh di setiap musim.

#3. Bebas pengawet

Buah impor membutuhkan proses distribusi yang panjang untuk sampai ke konsumen.

Dengan sifat buah petik yang tidak tahan lama di suhu tropis, patut diwaspadai adanya penggunaan bahan pengawet selama proses distribusi.

Sedangkan buah yang diproduksi oleh petani Indonesia atau bahkan petani di lingkungan desa Anda, hanya memerlukan proses distribusi yang singkat, sehingga cenderung meminimalisir penggunaan bahan-bahan kimia.

#4. Lebih segar, kualitas lebih terjaga

Secara umum, memang produk tani lokal terasa lebih segar dibanding produk tani impor karena proses distribusinya yang singkat.

Terlebih lagi, petani di Indonesia cenderung memetik buah-buahan sebelum matang, sehingga buah lokal memiliki waktu penyimpanan yang lebih lama tanpa menggunakan bahan pengawet.

Olahan Bernilai Tinggi dari Buah Asli Indonesia

Variasi buah-buahan produksi petani Indonesia seperti buah apel, buah nanas, buah naga, dan berbagai jenis buah lainnya bisa diolah menjadi minuman sehat. Misalnya saja, IT’s Buah  menggunakan buah-buahan yang diperoleh dari petani langsung, sehingga tanpa pengawet.

IT’s Buah menggunakan buah-buahan tersebut untuk memproduksi cold-pressed juice.

Cold-pressed juice IT’s Buah adalah kombinasi buah dan sayuran unggul produksi petani Indonesia yang diproses khusus untuk menyehatkan tubuh.

Misalnya, kalau Anda mengalami sulit BAB, susah menurunkan berat badan, atau merasa gampang lelah, lunglai, dan lesu, cold-pressed juice dari buah dan sayur bisa menyelesaikan masalah tersebut.

Banyak orang sudah membuktikan manfaat cold-pressed juice yang diolah dengan cermat, dengan campuran yang tepat, dan rasa yang lezat.

Yuk, konsumsi buah lokal dan intip beragam produk olahannya yang dapat membantu kamu dalam menjaga kesehatan tubuh. Dengan mengonsumsi buah-buahan produksi Indonesia, kamu membantu petani lokal untuk lebih sejahtera dan meningkatkan kualitas panen.

Artikel Terkait:
Produk Olahan dari Buah-buahan Produksi Petani Indonesia


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *