Buah Lokal VS Buah Impor. Mana yang Lebih Unggul?

Buah Lokal VS Buah Impor. Mana yang Lebih Unggul?

Beri tahu teman-teman Anda

Buah merupakan produk alam yang menyehatkan. Bukan hanya dimakan secara langsung, buah juga dapat diolah sesuai selera. Anda bisa mengolah buah untuk dijadikan jus, smoothies, campuran kue dan lain sebagainya.

Selain memiliki rasa yang enak, buah juga mengandung begitu banyak manfaat bagi kesehatan. Aneka jenis buah mampu menyehatkan tubuh dengan ragam kandungannya. Tidak hanya vitamin, buah juga mengandung serat berikut dengan zat gizi yang lain.

Indonesia merupakan negara yang kaya. Tanahnya subur dan menghasilkan banyak pangan bagi rakyatnya. Sayangnya, tidak semua hasil pangan diproduksi sendiri melainkan ada pula yang diimpor dari luar negeri. Hal ini juga berlaku pada buah-buahan.

Banyak buah impor yang kini membanjiri Indonesia. Meski harganya terkadang lebih mahal, namun peminat buah import sangatlah banyak. Buah import sering dipilih dengan alasan tampilan yang lebih menarik, lebih bersih dan lain-lain. Lantas bagaimana dengan buah lokal?

1. Buah Lokal VS Buah Import

Ketika berkunjung ke mall atau pasar modern, dengan mudahnya kita bisa menemukan ragam buah impor. Buah impor sendiri memiliki citra yang lebih baik dibandingkan dengan buah lokal. Namun benarkah jika kualitas buah lokal kalah dengan buah impor? Simak ulasan yang berikut ini.

Keunggulan dan Kekurangan Buah Lokal

Berikut ini merupakan ragam keunggulan yang bisa anda temukan dari buah lokal.

a. Buah yang lebih segar

Dibandingkan dengan buah impor, buah lokal terasa lebih segar. Hal ini disebabkan oleh sistem pendistribusian yang lebih singkat. Para petani di Indonesia juga cenderung memanen buah saat buah hampir matang. Selanjutnya buah akan langsung dijual tanpa harus memakai pengawet.

b. Bebas pengawet

Seperti yang telah dijelaskan diatas. Buah lokal cenderung lebih sehat karena tidak menggunakan pengawet. Berbeda dengan buah yang datang dari luar. Proses distribusi yang panjang hingga masuk ke Indonesia menjadi hal yang patut diperhatikan. Terlebih dengan sifat buah yang tidak tahan dengan suhu tropis maka penggunaan bahan pengawet acapkali dijadikan solusi.

Buah lokal dijual dengan sistem distribusi yang pendek. Alhasil penggunaan bahan kimia juga lebih sedikit.

c. Mengurangi jejak karbon

Sistem pengiriman yang lebih singkat membuat buah lokal lebih ramah lingkungan. Berbeda dengan buah impor yang memiliki proses pengiriman lebih panjang. Buah impor cenderung menghasilkan emisi karbon setiap harinya.

d. Nutrisi yang lebih optimal

Setiap orang tentu ingin memiliki tubuh yang sehat dan segar. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi buah-buahan. Buah yang segar memiliki kandungan nutrisi yang masih optimal. Hal ini bisa ditemui dari buah-buahan lokal.

Mengkonsumsi buah lokal yang masih segar dan bebas zat kimia memiliki banyak sekali kelebihan. Salah satunya adalah terbebas dari penyakit degeneratif seperti penyakit stroke, jantung serta diabetes.

Buah yang segar juga memiliki banyak manfaat lain bagi kesehatan. Hal ini terjadi karena zat serta vitamin di dalam buah yang belum rusak. Buah lokal umumnya dipanen saat hampir matang, sehingga memiliki kandungan yang lebih banyak.

e. Rasa lebih enak

Dibandingkan dengan buah impor, buah lokal memiliki rasa yang lebih enak. Hal ini dikarenakan rasanya yang masih asli dan belum terkontaminasi oleh zat kimia.

Buah lokal dipanen saat hampir matang. Ketika tiba di tangan konsumen, buah tersebut sudah mengalami mengalami kematangan yang sempurna.

f. Cocok dengan kondisi masyarakat

Cocok dengan kondisi masyarakat Indonesia merupakan salah satu keunggulan dari buah lokal. Buah di Indonesia mengikuti 2 musim yang berlaku yaitu musim kemarau dan musim hujan. Buah musiman memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh sesuai dengan musim yang datang.

g. Lebih eksotis

Masing-masing daerah di Indonesia memiliki buah khasnya sendiri. Ragam buah tersebut memiliki keunikan bukan hanya dari segi rasa namun juga dari bentuknya. Daya tarik khas lokal tersebut belum tentu bisa didapatkan dari buah impor.

Dengan banyaknya keunggulan yang ditawarkan, buah lokal tentu tidak kalah dengan buah impor. Buah lokal juga banyak ditemukan terutama di pasar-pasar tradisional. Penjual buah lokal juga bisa ditemukan dengan mudah selama perjalanan.

Lantas apakah kekurangan buah lokal dibandingkan dengan buah impor?

Dari sisi rasa dan nutrisi, buah lokal lebih unggul dibandingkan dengan buah impor. Sayangnya, buah impor memiliki citra yang lebih baik dari kalangan konsumen. Alhasil buah lokal kalah saing dengan buah impor di pasaran.

Selain kalah saing, buah lokal biasanya dijual dengan warna yang kurang menarik. Banyak konsumen yang kurang tertarik akibat warna buah yang kurang cerah.

Dari segi ukuran, buah lokal juga cenderung kurang besar. Akibatnya konsumen lebih suka membeli buah impor karena ukurannya yang lebih besar.

Penyebab lain yang menyebabkan daya saing buah lokal rendah adalah karena infrastruktur yang buruk. Infrastruktur yang demikian menyebabkan keterlambatan pengiriman hingga buah yang busuk di tengah jalan. Akibatnya kualitas buah menurun hingga kurangnya minat pembelian.

Kekurangan lain dari buah lokal adalah harganya yang cenderung lebih mahal. Banyak buah impor yang justru dijual dengan harga murah. Konsumen cenderung membeli produk yang lebih murah karena menghemat anggaran.

Pendistribusian menjadi salah satu penyebab dari mahalnya harga buah lokal. Infrastruktur yang buruk menyebabkan harga angkut buah menjadi lebih mahal. Buah juga lebih lama sampai di pasaran hingga menurunnya kualitas dari produk yang dijual.

Mengatasi hal ini, ada baiknya pemerintah turun tangan dalam menangani infrastruktur yang buruk serta memperbaiki sistem pendistribusian. Hal ini dilakukan agar buah lokal dapat sampai ke pasaran secara lebih cepat dan efisien.

Keunggulan dan Kekurangan Buah Import

Buah impor merupakan buah yang berasal dari luar negeri. Buah-buahan tersebut masuk ke Indonesia dengan antusiasme masyarakat yang cukup tinggi.

Buah impor bisa ditemukan di berbagai penjuru nusantara dengan mudahnya. Terlebih di pasar modern seperti pusat perbelanjaan dan mall, anda bisa menemui buah impor dimana-mana.

Ada beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh buah impor seperti yang berikut ini:

a. Warna yang lebih cerah

Buah impor umumnya memiliki warna yang lebih cerah. Dibandingkan dengan produk lokal, buah impor justru menarik dengan warna buah yang terlihat segar dan menggiurkan. Warna yang cerah membuat buah impor lebih menarik untuk dibeli.

Selain warna, buah impor juga memiliki ukuran yang cenderung lebih besar. Dengan ukuran yang besar, makan buah tentu terasa lebih memuaskan. Tampilan yang menarik dengan bentuk buah yang besar, membuat buah impor banyak digemari dari berbagai kalangan.

b. Mudah ditemukan

Buah impor mudah ditemukan karena telah merajai banyak pasar di Indonesia. Terlebih di mall dan pusat perbelanjaan, konsumen bisa menemukan buah impor dengan mudahnya. Kemudahan dalam membeli menjadi salah satu alasan kenapa buah impor lebih banyak digemari.

Buah impor banyak dipromosikan oleh toko buah serta supermarket yang besar. Promosi yang dilakukan secara terus menerus membuat banyak konsumen beralih ke produk impor.

Hal ini juga menguntungkan bagi para penjual buah-buahan impor. Bahkan petani di Indonesia juga mulai membudidayakan bibit tanaman buah yang didatangkan langsung dari luar negeri.

c. Beberapa buah impor cenderung lebih murah

Ada beberapa buah impor yang dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan buah lokal.  Dengan harga murah kecenderungan untuk membeli buah impor tentu lebih tinggi.

Selain kelebihan, buah impor juga memiliki beberapa kekurangan yang harus diperhatikan.

Dengan bentuk dan tampilan yang menarik, buah impor mampu merajai pasaran di Indonesia. Sayangnya tidak semua warna cerah yang dihasilkan oleh buah impor merupakan warna asli dari buah tersebut. Banyak produsen buah yang mengandalkan zat kimia untuk membuat tampilan buah menjadi sedemikian rupa.

Buah impor juga cenderung diberi pengawet. Hal ini dikarenakan proses pendistribusian yang panjang entah dari jalur laut maupun udara. Jauhnya jarak yang ditempuh, membuat produsen buah impor menambahkan pengawet agar buah tetap terlihat segar hingga tiba di pasaran.

Penggunaan bahan kimia, tidak baik bagi kesehatan, terlebih untuk jangka panjang. Ragam penyakit bisa menghantui setiap saat bahkan jenis penyakit kronis dan mematikan. Hal ini tentu merugikan konsumen terlebih dari segi kesehatan.

Penggunaan zat kimia juga mengurangi nutrisi serta zat sehat dari buah yang dijual. Akibatnya nutrisi yang masuk ke dalam tubuh menjadi kurang optimal.

2. Buah Lokal Lezat yang Tidak Kalah dengan Buah Impor

Dibandingkan dengan buah impor, buah lokal justru kalah pamor. Meski di negeri sendiri, namun banyak orang cenderung memilih buah impor dengan berbagai alasan.

Buah lokal memang memiliki tampilan yang kurang menarik. Akibatnya buah lokal dianggap kurang berkualitas meski sebenarnya tidaklah demikian. Kebalikannya, buah lokal justru dianggap sebagai buah eksotis saat diekspor ke luar. Buah lokal bahkan dihargai lebih mahal saat dijual keluar negeri.

Mengkonsumsi buah lokal tidak hanya baik untuk kesehatan namun juga membantu petani lokal. Semakin banyak anda membeli buah dari petani sendiri, semakin baik pula kontribusi anda bagi negeri.

Buah lokal Indonesia terdiri dari beragam jenis buah. Selain memiliki bentuk yang unik, buah lokal juga tidak kalah enak dan manis.

a. Manggis

Siapa yang tidak kenal manggis? Rugi jika anda belum pernah mengonsumsi jenis buah yang satu ini. Buah manggis memiliki bentuk bulat dan rasa yang manis. Buah yang satu ini telah diekspor ke banyak negara dan laku keras.

Buah manggis memiliki banyak khasiat terutama bagi penyembuhan penyakit. Mulai dari penyakit berat hingga penyakit ringan, banyak yang bisa disembuhkan dengan buah yang satu ini.

Khasiat buah mangga terletak pada kandungannya yang sangat lengkap. Buah ini mengandung vitamin C, niasin, serat fiber, vitamin BI dan B2, kalsium, zat besi dan lain sebagainya.

Manfaat buah manggis bisa ditemukan dalam bentuk kapsul untuk keperluan pengobatan. Dengan rasa manis dan khasiat yang begitu banyak, buah manggis menjadi salah satu buah favorit di Indonesia.

b. Salak

Buah dengan bentuk unik yang satu ini identik dengan rasa manis dan agak masam. Selain dikonsumsi secara langsung, salak juga dapat diolah menjadi asinan serta manisan.

Buah salak bagus untuk kesehatan karena mengandung banyak vitamin dan zat sehat yang lain. Beberapa kandungan dari salak antara lain adalah kalsium, lemak, karbohidrat, energi, serat, vitamin C, vitamin B, zat besi, fosfor, mineral dan lain-lain.

Dengan kandungannya yang berlimpah, salak dapat dijadikan sebagai peningkat sistem imun, mengobati diare, mencegah pertumbuhan kanker, menjaga kesehatan mata dan lain sebagainya.

c. Rambutan

Buah dengan bentuk unik satu ini bisa diolah dengan banyak variasi. Anda bisa membuat asinan dari rambutan, minuman segar hingga menjadikannya sebagai campuran salad.

Selain enak, rambutan juga kaya akan nutrisi. Rambutan mengandung serat dan rendah kalori sehingga bagus untuk anda yang tengah diet. Rambutan juga mengandung vitamin c yang bagus dalam meningkatkan sistem pertahanan tubuh.

Rambutan merupakan buah musiman yang bisa ditemukan di banyak tempat saat masa panen datang. Harganya juga murah sehingga tidak memberatkan kantong konsumen.

d. Lengkeng

Buah lokal yang tidak kalah enak dari buah impor selanjutnya adalah buah lengkeng. Bagi anda yang masih suka impor buah longan kalengan, bisa mencoba buah lengkeng sebagai gantinya.

Buah lengkeng memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat buah lengkeng didapat dari banyaknya kandungan sehat di dalamnya. Beberapa kandungan dari buah lengkeng antara lain adalah protein, serat, magnesium, seng, kalium, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin C dan lain-lain.

Selain menyehatkan, buah lengkeng juga bagus untuk kecantikan. Buah lengkeng mengandung antioksidan yang bagus dalam menjaga kesehatan kulit tubuh.

e. Jamblang

Buah lokal lainnya yang bisa anda coba adalah buah jamblang. Buah plum menjadi sumber vitamin C yang sangat tinggi. Buah ini juga mengandung anthocyanin yang tinggi sehingga bagus untuk kesehatan. Buah jamblang dapat bisa dijadikan sebagai pengganti blueberry serta blackberry.

Selain ragam buah di atas, masih banyak buah lokal lainnya yang tidak kalah enak dari buah impor. Nutrisi yang dikandung buah lokal juga banyak dan beragam sehingga bermanfaat bagi kesehatan.

3. Meningkatkan Produksi Buah Lokal Dalam Negeri

Dibandingkan dengan buah impor, buah lokal memiliki lebih banyak kelebihan. Dan lagi, dengan membeli buah lokal, anda turut menyumbang peningkatan ekonomi bagi para petani lokal.

a. Promosi

Meningkatkan citra buah lokal di mata konsumen bisa dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya adalah dengan melakukan promosi. Promosi yang gencar, membantu pedagang buah lokal dalam menarik konsumen serta merajai pasar.

Pemerintah sebaiknya ikut andil dalam promosi produk lokal untuk meningkatkan produksi di negeri sendiri.

b. Perbaiki infrastruktur

Banyak buah lokal yang dijual dengan harga lebih mahal dibandingkan dengan yang impor. Salah satu penyebabnya adalah masalah infrastruktur yang buruk. Akibatnya biaya angkut menjadi lebih mahal sehingga berdampak pula pada kenaikan harga buah-buahan.

Memperbaiki infrastruktur tidak hanya membantu pendistribusian buah lokal agar lebih cepat sampai pasaran, namun juga memiliki banyak manfaat yang lain.

Dalam meningkatkan produksi buah lokal, masyarakat memiliki andil yang cukup besar. Tingkatkan rasa cinta produk lokal untuk meningkatkan perekonomian dalam negeri. Jangan sampai pasar buah dikuasai oleh asing hingga produk lokal menjadi kalah bersaing.

Konsumen juga perlu menyadari jika buah lokal memiliki kualitas yang tidak kalah dengan produk impor. Justru produk impor umumnya telah ditambahi dengan berbagai zat pengawet agar tetap segar saat diperjual belikan.

Baca juga:


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat