Buah Melon: Manfaat, Kandungan Gizi, & Resep

Beri tahu teman-teman Anda

Buah melon yang dikenal karena rasa manis dan manfaatnya bagi tubuh. Pelajari lebih lanjut bagaimana kandungan gizi, dan resep pengolahan melon agar kita bisa mendapatkan manfaatnya secara optimal di bawah ini.

buah-melon.

Halo, Sahabat Sehat!

Melon terkenal dengan rasa manis dan memiliki kandungan yang menyehatkan bagi tubuh. Melon (Cucumis melo L.)  tergolong pada anggota family cucurbitaceae (labu-labuan). Dengan pengelolaan yang baik, kandungan vitamin dan mineral didalam buah melon dapat kita rasakan secara optimal. 

Jenis-Jenis Buah Melon

Buah melon di Indonesia cukup mudah dijumpai dengan berbagai macam jenisnya.  Adapun jenis – jenis buah melon yang sering dijumpai dipasaran yaitu :

#1. Melon Hijau

Sesuai dengan namanya melon hijau ini memiliki warna kulit hijau dan memiliki urat seperti jala dengan warna daging buah kuning kehijauan. Melon hijau ini sangat mudah ditemukan dikawasan asia timur dan tenggara. 

Melon jenis ini memiliki rasa manis dan tekstur yang renyah serta kandungan vitamin C yang tinggi. Sky rocket merupakan salah satu nama lain dari melon hijau ini. 

#2. Melon Jingga

Melon ini memiliki nama lain Cantaloupe karna pertama kali ditemukan di desa Cantalupo, Italia. Melon ini memiliki warna daging jingga yang kaya dengan betakaroten. Untuk bagian kulit buah melon ini tidak jauh berbeda dengan melon hijau.

#3. Melon Emas

Berbeda dengan jenis melon sebelumnya, melon ini memiliki kulit yang mulus dengan warna kulit buah kuning cerah keemasan. Daging buah melon ini bewarna putih dengan rasa manis dan tekstur renyah.

Ada 2 jenis melon emas yang dibudidayakan yaitu golden light melon yang berbentuk bulat dan golden langkawi melon yang merupakan melon emas berbentuk lonjong.

#4. Melon Madu

Nama lain dari melon ini adalah Honeydew , disebut demikian dikarenakan melon ini memiliki rasa serta aroma yang paling manis dibanding buah melon lainnya. Melon ini memiliki kulit bewarna hijau keputihan dengan warna daging buha mirip dengan melon hijau.

Manfaat Buah Melon

Melon memiliki banyak manfaat bagi tubuh karena mengandung berbagai vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh manusia. Kandungan kalori, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral buah melon banyak dimanfaatkan untuk terapi kesehatan.

Berikut manfaat melon bagi kesehatan tubuh :

#1 Mengatasi dehidrasi

Melon dikenal sebagai buah yang mengandung kadar air yang tinggi. Kadar air yang terdapat pada melon sekitar 90% dari berat buah. Dengan mengkonsumsi melon sehari – hari dapat mengatasi dehidrasi pada tubuh. 

Kandungan elektrolit didalam melon seperti sodium, potassium, kalsium, dan magnesium juga dapat mengatasi keseimbangan tubuh terutama saat berkeringat. Menurut penelitian bahwa mengkonsumsi minuman mengandung elektrolit dapat mengatasi dehidrasi saat bekerja ditempat yang panas. 

#2 Menambah nutrisi ibu hamil

Melon sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil dikarenakan kaya akan vitamin dan mineral yang dibutuhkan selama kehamilan. Mikronutrient yang terkandung dalam melon yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil seperti folat, zat besi, vitamin  A, dan lain sebagainya. 

Menurut Jurnal kesehatan terpadu bahwa ibu hamil dengan asupan asam folat, zat besi yang cukup cenderung melahirkan bayi dengan berat lahir normal. Maka dari itu konsumsi makanan mengandung folat dan zat besi sangat penting bagi ibu hamil.

#3 Melancarkan Pencernaan

Pada melon mengandung serat yang dapat membantu pencernaan. Ini disebabkan serat tidak dapat diserap oleh tubuh sehingga serat dapat mendorong terbuangnya sisa – sisa kotoran didalam usus dengan mudah dan cepat. Sehingga pencernaan dapat berjalan lancar tanpa mengalami sembelit.

#4 Menurunkan tekanan darah

Manfaat melon dapat menurunkan tekanan darah karena mengandung kandungan kalium yang tinggi.  Kalium berfungsi untuk menjaga keseimbangan air dalam tubuh dan mekanisme ini yang digunakan untuk menyeimbangkan tekanan darah. 

Menurut penelitian yang dilakukan pada lansia yang menderita hipertensi bahwa jus melon efektif untuk menurunkan kadar tekanan darah kembali normal. 

Pada melon juga terdapat kandungan potasium yang baik bagi tekanan darah. The American Heart Association (AHA) merekomendasikan bahwa rata-rata orang dewasa mengonsumsi 4.700 mg potasium sehari untuk menjaga kesehatan sistem kardiovaskular.

Baca Juga : Buah Apel : Manfaat, Kandungan Gizi, & Resep

#5 Membantu mengatasi asma

Melon mengandung banyak vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin A dan vitamin C. Pada penelitian yang dilakukan pada hewan bahwa konsumsi vitamin A dalam jumlah besar dapat mencegah asma di kemudian hari. Pada buah melon bewarna jingga mengandung betakaroten yang tinggi sehingga baik dikonsumsi bagi penderita asma.

Vitamin C merupakan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari asma. Beberapa ahli menyarankan penggunaan suplemen vitamin C untuk mengobati asma. Menurut penelitian yang dilakukan 2010 bahwa penderita asma yang kolin dan antioksidan lain dalam melon sebagai pengobatan mengalami penurunan tingkat peradangan.

#6 Menutrisi Kulit dan Rambut

Kulit membutuhkan nutrisi yang cukup agar dapat tampak sehat dan lembab. Selain perawatan dari luar diperlukan juga nutrisi dari dalam salah satunya dengan mengonsumsi melon. Melon kaya akan vitamin C yang mendukung produksi kolagen, protein struktural utama yang dibutuhkan untuk perbaikan jaringan kulit. 

Selain itu kandungan vitamin dan mineral yang terdapat pada melon dapat membantu menghindari rambut dari kerontokan. Menurut jurnal review 2019 menemukan bahwa berbagai mineral dan vitamin dapat berperan dalam meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan rambut.

#7 Membantu menjaga kesehatan mata

Melon sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata. Ini dikarenakan melon mengandung karotenoid lutein dan zeaxanthin, yang merupakan pelindung kuat dari kehilangan penglihatan. Kedua antioksidan ini dapat menjaga kesehatan mata kalian agar terhindar dari pengaruh buruk lingkungan. 

Menurut penelitian menunjukkan bahwa kombinasi lutein dan zeaxanthin, yang terdapat dalam melon, dapat membantu melindungi mata dari kerusakan yang menyebabkan AMD.

#8 Menurunkan Resiko Diabetes

Melon merupakan salah satu buah yang dapat mengontrol gula darah didalam tubuh. Serat dan air dalam melon mencegahnya menyebabkan lonjakan besar gula darah. 

Sebuah studi di China tahun 2017 menganalisa rekam medis dan menyimpulkan bahwa konsumsi buah setiap hari dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes sebesar 12% dibandingkan dengan orang yang tidak pernah atau jarang mengonsumsi buah. 

Pada penderita diabetes, mengonsumsi buah lebih dari 3 hari per minggu lebih rendah resikonya terkena komplikasi terkait diabetes seperti penyakit jantung, stroke, penyakit ginjal, penyakit mata, dan penyakit saraf. sistem dibandingkan dengan orang yang mengonsumsi buah kurang dari satu hari per minggu.

Baca Juga : Buah Tin : Manfaat, Kandungan Gizi, & Resep

Kandungan Gizi Buah Melon

buah-melon

Dengan mengonsumsi sepotong melon seberat 100 gram, Anda bisa mendapatkan kandungan gizi sebagai berikut.

  • Kalori: 36 kkal
  • Protein: 0,5 gram
  • Lemak: 0,15 gram
  • Karbohidrat: 9 gram
  • Serat: 9 gram
  • Thiamin (vitamin B1): 0,04 mg
  • Riboflavin (vitamin B2): 0,01 mg
  • Niasin (vitamin B3): 0,4 mg
  • Asam pantotenat (vitamin B5): 0,16 mg
  • Vitamin B6: 0,09 mg
  • Vitamin C: 18 mg
  • Kalsium: 6 mg
  • Besi: 0,17 mg
  • Fosfor: 11 mg
  • Kalium: 228 mg
  • Natrium: 18 mg
  • Zinc: 0,09 mg

Baca Juga : Buah Nanas : Manfaat, Kandungan Gizi, & Resep

Resep Buah Melon

buah-melon

Buah melon ini sangat mudah dalam penyajiannya karna cocok dengan semua hidangan. Berikut ini tips penyajian melon agar didapatkan manfaat yang optimal dari kandungannya :

  • Dikonsumsi segar

Melon dapat langsung dikonsumsi dalam bentuk irisan ataupun dipotong dadu

  • Smoothies

Melon juga cocok dibuat smoothies dengan mencampurkan buah tropis lain dan yogurt.

  • Cold-pressed juice

Melon juga cocok dikonsumsi bentuk cold pressed juice. Selain membuat melon lebih mudah dikonsumsi dengan cold pressed juice nutrisi dari buah melon lebih terjaga dan optimal diterima oleh tubuh.

Kesimpulan

Melon memiliki berbagai macam vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Mengonsumsi melon secara rutin dapat mengatasi tekanan darah tinggi, mengatasi asma, mengontrol gula darah dan menjaga kesehatan mata.

Melon dapat dikonsumsi langsung maupun dijus dengan menggunakan teknik cold pressed juice. Kelebihan menggunakan teknik cold pressed juice ialah nutrisi dari buah tetap terjaga karna terhindar dari pengolahaan blender biasa dengan proses pemanasan.

Baca Juga : Buah Naga : Manfaat, Kandungan Gizi, & Resep


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *