Buah Nanas: Manfaat, Kandungan Gizi, & Resep

Beri tahu teman-teman Anda

Buah nanas termasuk buah tropis dengan rasa yang banyak disukai. Pelajari apa yang membuat nanas memiliki manfaat kesehatan, kandungan gizi nanas, dan resep pengolahan nanas agar Anda mendapat manfaatnya.

Buah-Nanas
Buah nanas adalah buah tropis yang berasal dari Amerika Selatan dan memiliki rasa manis menyegarkan

Nanas (Ananas comosus) tidak hanya buah tropis yang lezat dan banyak disukai, tapi juga menawarkan manfaat kesehatan yang baik jika dikonsumsi dengan tepat.

Buah tropis yang mudah ditemukan di Indonesia ini sebenarnya berasal dari Amerika Selatan dan kaya akan kandungan nutrisi vitamin, enzim, dan antioksidan.

Artikel ini membahas manfaat nanas bagi kesehatan, kandungan gizi yang ada di dalamnya, serta resep pengolahan nanas agar Anda mendapat manfaat maksimal.

Manfaat Buah Nanas

Menurut penelitian yang dipublikasikan oleh Biomedical Reports tahun 2016., manfaat nanas untuk kesehatan sudah dikenal sejak peradaban masa lampau. Buah ini sering digunakan oleh penduduk asli Amerika untuk menjaga kesehatan.

#1. Mengurangi resiko kanker

Kanker adalah penyakit kronis yang disebabkan karena pertumbuhan sel yang tidak terkontrol. Perkembangan kanker umumnya disebabkan karena stress akibat oksidasi dan peradangan kronis.

Beberapa penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari seluruh dunia menyatakan bahwa zat dan senyawa yang terdapat dalam nanas mampu mengurangi resiko kanker.

Hal ini disebabkan karena nanas memiliki fungsi untuk mengurangi stres akibat oksidasi dan mengurangi peradangan atau inflamasi.

Salah satu senyawa yang terbukti membantu mencegah kanker adalah bromelin. Penelitian laboratorium menyatakan bahwa bromelin mungkin saja membantu melawan kanker.

Penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of Medical Food menyatakan bahwa bromelin menekan pertumbuhan sel kanker payudara dan menstimulasi tubuh untuk membunuh sel kanker tersebut.

Penelitian lainnya menyebutkan bahwa bromelin menekan pertumbuhan kanker di kulit dan sistem pencernaan.

Namun, kandungan bromelin yang terdapat pada nanas masih rendah jika dibandingan dengan suplemen di pasaran. Ilmuwan masih memerlukan penelitian lebih lanjut terhadap manfaat nanas untuk kanker.

#2. Nanas memiliki enzim untuk melancarkan pencernaan

Salah satu kandungan gizi nanas adalah enzim pencernaan yang dikenal sebagai bromelin.

Enzim ini berfungsi untuk menguraikan molekul protein untuk membentuk asam amino dan peptida kecil.

Molekul protein yang sudah diuraikan lebih mudah diserap tubuh melalui sistem pencernaan. Berdasarkan hal ini, peneliti Balakrishnan menyatakan bahwa nanas memiliki manfaat pencernaan untuk orang-orang dengan penyakit pankreas.

buy-1-get-1-free

Contoh lainnya adalah penelitian yang meyatakan bahwa orang yang memiliki penyakit pankreas mampu mencerna makanan lebih baik setelah mengonsumsi suplemen yang mengandum bromelin, dibandingkan dengan orang yang mengonsumsi suplemen tanpa bromelin.

Oleh sebab inilah, nanas sering digunakan untuk memasak daging karena enzim bromelin dalam nanas mampu melunakkan protein daging yang keras.

#3. Meningkatkan imunitas dan mengurangi inflamasi tubuh

Nanas sudah sering digunakan sebagi obat-obatan tradisional. Buah tropis ini mengandung berbagai macam vitamin, mineral, dan enzim seperti bromelin yang bermanfaat untuk meningkatkan imunitas dan mengurangi inflamasi.

Penelitian yang melibatkan 98 anak-anak dengan tubuh sehat selama 9 minggu memberikan hasil yang menjanjikan.

Penelitian tersebut menyatakan bahwa anak-anak yang mengonsumsi 140 gram nanas setiap hari memiliki resiko lebih rendah untuk terserang infeksi virus dan bakteri.

Sedangkan anak-anak lain yang mengonsumsi 280 gram nanas setiap hari memiliki sel darah putih (granulosit) 4 kali lebih banyak. Ini artinya, anak-anak tersebut memiliki pasukan imunitas lebih banyak untuk melawan penyakit.

Penelitian lainnya juga mengindikasikan bahwa bromelin mampu mengurangi inflamasi dalam tubuh. Ilmuwan meyakini bahwa zat anti inflamasi ini mampu meningkatkan imunitas tubuh.

#4. Memulihkan kondisi tubuh pasca operasi atau olahraga berat

Mengonsumsi nanas setelah operasi atau berolahraga berat membantu memulihkan kondisi tubuh. Lagi-lagi, karena kandungan bromelin yang memiliki zat anti inflamasi.

Penelitian mengungkapkan bahwa bromelin mengurangi inflamasi, pembengkakan, dan rasa sakit yang biasanya dialami setelah operasi. Bromelin juga disinyalir mampu mengurangi tanda-tanda inflamasi.

Ilmuwan juga meyakini bahwa bromelin mampu mempercepat proses pemulihan tubuh setelah berolahraga. Ini karena inflamasi dan kerusakan otot yang disebabkan oleh olahraga berat, akan diperbaiki oleh bromelin.

#5. Nanas mengandung anti oksidan untuk melawan penyakit

Selain manfaat nanas yang sudah disebutkan di atas, masih ada lagi satu kegunaan buah tropis ini untuk kesehatan.

Nanas kaya akan anti oksidan yang membantu tubuh melawan proses oksidasi dan radikal bebas.

Radikal bebas adalah penyebab hampir sebagian besar penyakit. Sebabnya, karena radikal bebas merusak sel-sel tubuh dan menyebabkan inflamasi kronis, penurunan imunitas, dan berbagai penyakit berbahaya lainnya.

Kandungan Gizi Buah Nanas

Manfaat-Buah-Nanas
Buah nanas termasuk buah tropis dengan kandungan gizi tinggi dan manfaat kesehatan yang luar biasa karena enzim bromelin di dalamnya

Buah nanas memiliki kalori rendah dan kandungan gizi tinggi. Kandungan 165 gram nanas antara lain;

  • Kalori: 82.5
  • Lemak: 1,7 gram
  • Protein: 1 gram
  • Karbohidrat: 21,6 gram
  • Serat: 2,3 gram
  • Vitamin C: 131% AKG
  • Mangan: 76% AKG
  • Vitamin B6: 9% AKG
  • Tembaga: 9% AKG
  • Tiamina: 9% AKG
  • Folat: 7% AKG
  • Potasium: 5% AKG
  • Magnesium: 5% AKG
  • Niasin: 4% AKG
  • Asam Pantotenat: 4% AKG
  • Riboflavin: 3% AKG
  • Zat besi: 3% AKG

Buah nanas juga mengandung vitamin A, vitamin K, fosfor, zink, dan kalsium.

Kandungan gizi nanas paling tinggi adalah vitamin C yang membantu perkembangan tubuh, meningkatkan imunitas, dan membantu penyerapan zat besi.

Sementara kandungan nanas paling tinggi selanjutnya adalah mangan yang juga membantu pertumbuhan tubuh, meningkatkan metabolisme, dan sumber anti oksidan.

Fakta Unik Buah Nanas

Berikut ini adalah fakta unik seputar buah nanas;

  • Buah nanas bisa tumbuh kembali. Anda bisa memotong bagian atas nanas beserta daunnya, lalu menanam bagian tersebut.
  • Mengandung enzim bromelin yang bisa melunakkan daging jika digunakan untuk memasak.
  • Hawaii memproduksi sepertiga nanas di seluruh dunia.
  • Nanas perlu 18 sampai 20 bulan untuk dipanen.
  • Buah ini berasal dari Amerika Selatan sebelum ditemukan oleh Christopher Columbus pada tahun 1493.
  • Buah nanas akan lebih cepat matang jika digantung terbalik.
  • Satu pohon nanas hanya bisa memproduksi satu nanas dalam satu waktu.
  • Buah nanas adalah gabungan dari banyak bunga pohon nanas yang berkumpul jadi satu di bagian bonggolnya.

Resep Buah Nanas

Resep-Buah-Nanas
Cara terbaik untuk mengonsumsi nanas adalah dengan metode cold-pressed juice dan potongan

Buah nanas memiliki rasa manis yang bisa dipadukan dengan berbagai makanan. Anda bisa mendapatkan buah nanas di supermarket maupun pasar tradisional.

Harga buah nanas pun relatif terjangkau untuk semua kalangan.

Agar Anda mendapat manfaat maksimal dari buah nanas, tambahkan buah tropis ini pada menu makanan Anda setiap hari.

Misalnya, campurkan nanas dengan yogurt,smoothies, atau salad buah untuk sarapan pagi. Anda juga bisa mencampurkan nanas untuk memasak ayam panggang.

Kesimpulan

Manfaat buah nanas bagi kesehatan banyak berasal dari enzim bromelin yang hanya dimiliki oleh nanas dan pepaya. Mengonsumsi nanas secara teratur membantu mengurangi resiko kanker dan inflamasi.

Anda bisa mengonsumsi nanas setelah olahraga berat maupun setelah operasi sesuai dengan petunjuk dokter. Ini karena nanas membantu memulihkan kondisi tubuh dan mengembalikan sel tubuh yang rusak.

Anda disarankan untuk mengonsumsi nanas potong atau dengan cara dijus menggunakan metode cold-pressed. 

Cold-pressed juice nanas memiliki kandungan enzim, vitamin, dan mineral utuh sehingga Anda mendapatkan manfaat nanas dengan maksimal dibandingan dengan jus blender biasa dengan proses pemanasan.


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *