Buah Pepaya: Manfaat, Kandungan Gizi, & Resep

Beri tahu teman-teman Anda

Buah pepaya yang tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Pelajari lebih lanjut bagaimana kandungan gizi, dan resep pengolahan pepaya agar kita bisa mendapatkan manfaatnya secara optimal di bawah ini.

Buah-Pepaya

Halo, Sahabat Sehat!

Kali ini kita akan membahas mengenai buah yang pasti familiar bagi masyarakat Indonesia, yaitu pepaya (Carica papaya L.). Pepaya atau betik merupakan jenis tanaman herba famili Caricaceae. 

Selain mudah ditemui pepaya juga terkenal mengandung vitamin C yang sangat baik bagi tubuh kita. Dengan mengonsumsi buah pepaya secara teratur kita akan mendapatkan manfaat dari berbagai kandungan buah pepaya.

Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai manfaat, kandungan gizi serta resep mengolah buah pepaya.

Baca Juga : Melon : Manfaat, Kandungan Gizi,  & Resep

Jenis-Jenis Buah Pepaya

Adapun beberapa varietas unggul buah pepaya yang ada di Indonesia :

#1. Pepaya Cibinong

Pepaya jenis ini merupakan tanaman asli dari Indonesia. Pepaya ini memiliki ukuran cukup besar dengan daging buah berwarna merah kekuningan. Ciri khas pepaya ini ketika matang kulit buah akan berwarna kuning di bagian ujung buah. 

#2. Pepaya Bangkok

Jenis pepaya ini mempunyai bibit yang berasal dari bangkok, tetapi sudah banyak dibudidayakan di Indonesia. Pepaya ini memiliki rasa yang manis dan tekstur yang keras.

#3. Pepaya Hawaii

Buah pepaya ini sering dicari karena rasanya yang sangat manis. Buah pepaya ini memiliki ukuran yang cukup kecil hanya sekitar 0,5 kg. Pepaya jenis ini memiliki ciri khas warna kulit dan daging buah yang berwarna kuning cerah yang kaya akan pigmen warna xantofil.

#4. Pepaya California

Pepaya california merupakan tanaman asli indonesia yang sangat mudah ditemui di swalayan maupun di pasar. Pepaya ini memiliki daging buah berwarna merah semu jingga dengan kulit berwarna hijau kekuningan. 

#5. Pepaya Carisya

Memiliki ukuran yang kecil dengan rata – rata berat buah 1 Kg, pepaya jenis ini ketika matang memiliki warna kulit kuning kehijauan dengan daging buah berwarna merah jingga. Pepaya carisya cukup populer karena memiliki rasa yang manis dan tekstur yang kenyal.

Baca Juga : Buah Semangka : Manfaat, Kandungan Gizi, & Resep

buah-pepaya

Manfaat Buah Pepaya

Pepaya terkenal sebagai buah yang rendah kalori dan juga mengandung vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Adapun manfaat mengkonsumsi pepaya yaitu :

#1. Menjaga kesehatan mata

Pigmen karotenoid yang ada pada buah pepaya yaitu lutein dan zeaxanthin merupakan antioksidan yang baik bagi kesehatan mata.

Menurut penelitian yang dilakukan dengan pemberian lutein dan zeaxanthin secara teratur dapat mengurangi resiko AMD (Age-Related Macular) tingkat lanjut. AMD merupakan kondisi mata kronis yang menyebabkan kehilangan penglihatan pusat karena adanya kerusakan pada makula di bagian tengah retina. 

Hasil penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukan bahwa lutein dan zeaxanthin dapat membantu mengurangi penanda stres oksidatif yang dapat menyebabkan kerusakan mata dan kehilangan penglihatan.

#2. Mengurangi resiko kanker

Buah Pepaya mengandung antioksidan yang sangat baik mengurangi resiko kanker. Antioksidan dalam pepaya bekerja mengurangi radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker.

Penelitian menunjukkan bahwa likopen dalam pepaya dapat mengurangi risiko kanker. Dari penelitian in vitro maupun pada hewan menunjukan bahwa lycopen dapat mengatasi kerusakan akibat radiasi. Maka dari itu konsumsi pepaya juga baik bagi orang yang sedang menjalani kemoterapi.

Pepaya memiliki efek unik yang tidak dimiliki oleh buah lain. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Meksiko terhadap beberapa buah didapatkan bahwa hanya ekstrak pepaya yang menunjukan aktivitas antikanker pada sel kanker payudara.

#3. Menjaga Kesehatan Jantung

Kesehatan jantung sangat dipengaruhi oleh keturunan, tekanan darah, kolesterol, serta gaya hidup tidak sehat. Dengan konsumsi pepaya yang mengandung vitamin C serta antioksidan lain dapat menjaga kesehatan jantung. 

Penelitian menunjukkan bahwa buah – buahan mengandung likopen, karotenoid dan antioksidan tinggi lainnya dapat membantu mencegah penyakit jantung. 

Dalam penelitian lain juga menyatakan bahwa mengkonsumsi suplementasi pepaya fermentasi dalam 14 minggu signifikan merubah kadar HDL/LDL dalam kondisi yang baik yang dapat menurunkan resiko penyakit jantung.

Baca Juga : Buah Apel : Manfaat, Kandungan Gizi, & Resep

#4. Menurunkan Resiko Penyakit Alzheimer

Gaya hidup tidak sehat dapat memicu penumpukan radikal bebas didalam tubuh. Kondisi inilah yang dapat meningkatkan stres oksidatif, yang dapat menyebabkan penyakit salah satunya alzheimer.

Antioksidan yang terdapat dalam pepaya dapat mengatasi penyakit alzheimer. Berdasarkan penelitian yang dilakukan kepada penderita alzheimer yang diberi ekstrak pepaya yang difermentasi menunjukan penurunan 40% kerusakan oksidatif pada DNA. 

Dengan mengonsumsi pepaya segar juga dapat mengurangi dampak buruk stress oksidatif karena adanya kandungan likopen. Journal of biological regulators and homeostatic agents menyatakan bahwa likopen dapat mengurangi kelebihan oksigen reaktif (ROS) yang menyebabkan stress oksidatif.

#5. Menjaga Kesehatan Kulit

Paparan sinar matahari dan polusi dapat menyebabkan kerusakan pada kulit. Ageing research review menyatakan bahwa aktivitas radikal bebas yang berlebihan diyakini bertanggung jawab atas banyak kerutan, kendur, dan kerusakan kulit lainnya yang terjadi seiring bertambahnya usia. 

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam pepaya dapat melindungi kulit terhadap efek buruk radikal bebas. National library of medical menyatakan bahwa konsumsi konsumsi karotenoid minimal 10 minggu dapat mengatasi efek buruk sinar matahari terhadap kulit.

Dengan mengkonsumsi buah pepaya selama 14 minggu pada wanita tua dapat mengurangi kerutan pada wajah. Pepaya dapat membantu kulit terlihat lebih kencang dan awet muda

#6. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Pepaya memiliki kandungan enzim papain yang dapat membantu pencernaan protein. Pepaya juga dapat mengatasi sembelit dan kembung yang merupakan salah satu penyakit gangguan pencernaan.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap penderita gangguan pencernaan kronis, dengan konsumsi pepaya dapat memperbaiki berbagai gangguan fungsional pencernaan. 

#7. Mengontrol Gula Darah

Pepaya merupakan buah yang memiliki indeks glikemik yang rendah maka dari itu cocok dikonsumsi bagi penderita diabetes. Walaupun rasanya manis tetapi kadar gula yang dimiliki pepaya tergolong rendah. Menurut U.S. Department of Agriculture (USDA)Trusted Source menyatakan bahwa Satu cangkir pepaya segar mengandung sekitar 11 gram gula. 

Penelitian menyatakan bahwa pepaya dapat mengurangi tingkat hemolisis dan akumulasi karbonil protein dalam plasma darah prediabetes. Konsumsi buah pepaya dengan kandungan vitamin C cukup tinggi di anjurkan bagi penderita diabetes untuk mengurangi komplikasi diabetes. 

Baca Juga : Buah Tin : Manfaat, Kandungan Gizi, & Resep

Kandungan Gizi Buah Pepaya

buah-pepaya

Dalam satu buah pepaya kecil (152 gram) mengandung sedikitnya:

  • Kalori: 59 kcal
  • Karbohidrat: 15 gram
  • Serat: 3 gram
  • Protein: 1 gram
  • Vitamin C: 157% dari RDI
  • Vitamin A: 33% dari RDI
  • Folat (vitamin B9): 14% dari RDI
  • Kalium: 11% dari RDI

Baca Juga : Buah Nanas : Manfaat, Kandungan Gizi, & Resep

Resep Buah Pepaya

buah-pepaya

Buah pepaya memiliki rasa yang sangat enak apabila pepaya dikonsumsi dalam kondisi matang sempurna. Pepaya merupakan buah yang sangat mudah diolah menjadi berbagai macam hidangan. 

Berikut ini resep mudah mengkonsumsi pepaya :

  1. Dipotong segar
  2. Smoothie
  3. Salad
  4. Dessert
  5. Cold-pressed juice

Kesimpulan

Pepaya adalah buah tropis yang tinggi vitamin C dan A, serta serat dan senyawa tanaman yang sehat. Ini juga mengandung enzim yang disebut papain, yang digunakan untuk melunakkan daging.

Konsumsi buah pepaya disarankan dengan cara memotong segar ataupun dijadikan jus dengan teknik cold pressed juice.

Cold pressed juice pepaya mengandung vitamin dan mineral yang lebih utuh dibandingkan menggunakan teknik jus blender. Ini dikarenakan cold pressed juice diolah tanpa proses pemanasan dan tanpa tambahan air serta gula tambahan sehingga lebih sehat.

Baca Juga : Buah Naga : Manfaat, Kandungan Gizi, & Resep


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *