Buah Semangka: Manfaat, Kandungan Gizi, & Resep

Beri tahu teman-teman Anda

Buah semangka termasuk buah labu-labuan yang banyak digemari karena rasanya. Pelajari manfaat kesehatan, kandungan gizi semangka, dan resep pengolahan semangka agar Anda mendapat manfaatnya secara optimal di bawah ini.

Buah Semangka : Manfaat, Kandungan Gizi, & Resep

Halo, Sahabat Sehat!

Semangka (Citrullus vulgaris) termasuk kedalam keluarga buah labu-labuan (Cucurbitaceae) pada daerah asalnya yaitu Afrika. Buah ini sangat disukai karena banyak mengandung air, sehingga penyebarannya menjadi cepat.

Tanaman ini merupakan tanaman semusim yang hidupnya merambat dan memiliki aneka ragam jenis seperti semangka merah, semangka kuning, semangka biji dan semangka non biji.

Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai manfaat, kandungan gizi dan resep olahan dari semangka ini.

Jenis-Jenis Buah Semangka

Buah semangka memiliki banyak sekali varietas, tetapi ada beberapa jenis semangka yang biasa ditemukan dipasaran yaitu :

#1 Semangka Lokal

  • Semangka Sengkaling 

Semangka ini berasal dari Sengkaling, Jawa Timur dengan bentuk oval dan memiliki garis tipis memanjang berwarna hijau tua. Daging buahnya berwarna merah cerah, rasanya manis, dan berbiji banyak.

  • Semangka Bojonegoro 

Semangka ini berasal dari Bojonegoro, Jawa Timur. Semangka ini berkulit buah berwarna hijau tua, berdaging merah jingga dengan rasa kurang manis. Biji semangka ini sering digunakan untuk pembuatan kuaci.

#2. Semangka Hibrida

  • Sweet Beauty 

Semangka ini memiliki bobot 3-4 kg, kulit buah tebal yang bewarna hijau muda dengan belang hijau tua dan daging buah berwarna merah dengan kandungan air yang cukup banyak.

  • Golden Crown 

Semangka ini berbentuk bulat memanjang, kulitnya berwarna kuning cerah dan daging buah berwarna merah, dengan kandungan gula sekitar 12%, dan berbiji kecil.

  • New Dragon 

Semangka ini berasal dari Taiwan. Semangka ini memiliki berat yang bisa mencapai 9 kg dengan kulit buah tebal dan tahan kerusakan. Daging buahnya renyah, berair banyak dan rasanya sangat manis. 

  • Farmer Giant 

Semangka ini memiliki ukuran yang besar dan bobotnya bisa mencapai hingga 12 kg. Memiliki kulit buah tebal dan keras, daging buah berwarna merah menyala, manis, dan memiliki tekstur yang renyah.

  • Yellow Baby 

Semangka ini memiliki bentuk oval dengan bobot sekitar 4 kg. Kulit buahnya berwarna hijau muda menyala dengan corak memanjang berwarna hijau gelap. Warna daging buahnya kuning dengan rasa yang sangat manis.

  • Quality Quality

Semangka ini merupakan jenis tanpa biji yang memiliki berat mencapai 7,5 kg. Semangka ini berbentuk bulat, warna kulit hijau agak kebiruan dengan corak berwarna hijau tua. Daging buahnya berwarna merah, rasanya sangat manis dan renyah. 

Manfaat Buah Semangka

Buah semangka merupakan buah yang banyak digemari oleh masyarakat karena rasanya yang manis dan baik bagi kesehatan. Buah semangka banyak terdapat kandungan zat-zat yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh manusia.

#1. Mencegah Dehidrasi

Dehidrasi terjadi akibat dehidrasi tubuh yang buruk di dalam tubuh maka dari itu diperlukan pengaturan asupan untuk menghindari terjadinya dehidrasi. Konsumsi makanan yang mengandung cairan dan karbohidrat merupakan salah satu cara untuk rehidrasi tubuh agar tidak terjadi dehidrasi.

Salah satu buah-buah untuk mengatasi dehidrasi ialah semangka karena memiliki kandungan air sebanyak 92,1% dan kandungan karbohidrat 6,9 gr. 

Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada 10 atlet futsal diketahui bahwa jus semangka efektif untuk mencegah dehidrasi. Jus semangka memiliki pengaruh yang sama dengan minuman isotonik dalam mencegah dehidrasi.

#2. Menurunkan Tekanan Darah

Hipertensi dikenal sebagai “silent killer” karena terjadi tanpa tanda dan gejala serta dapat menyebabkan komplikasi atau penyakit lanjutan. Pengobatan hipertensi harus dilakukan seumur hidup, sehingga ditakutkan menimbulkan efek samping.

Salah satu alternatif untuk menurunkan tekanan darah ialah semangka. Semangka mengandung serat, kalium, air, vitamin C, vitamin A (karotenoid), vitamin B6, vitamin K, likopen dan asam amino sitrulin yang efektif untuk menurunkan tekanan darah

Berdasarkan penelitian DASH (Dietary Approaches to stop Hypertension), mengkonsumsi makanan yang tinggi kalium dan serat serta rendah natrium sangat dianjurkan untuk menurunkan tekanan darah. Semangka yang kaya akan kandungan air dan kalium efektif menurunkan tekanan darah bila dikonsumsi dua kali sehari selama tiga minggu sebanyak 300 gram.

#3. Mencegah Kanker

Pada saat sekarang ini sangat banyak faktor yang memicu penyakit kanker seperti kebiasaan merokok, polusi, pola makan tidak baik serta kurang aktivitas fisik. Ini semua yang dapat memicu adanya radikal bebas.

Untuk mencegah kanker tersebut kita perlu mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan yang tinggi salah satunya semangka. semangka memiliki warna merah yang mengandung likopen. Likopen adalah pigmen karotenoid yang merupakan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. 

Baca Juga : Buah Apel : Manfaat, Kandungan Gizi, & Resep

#4. Menjaga Kesehatan Jantung

Penyakit jantung dapat disebabkan oleh gaya hidup ataupun penyakit bawaan. Untuk menjaga kesehatan jantung diperlukan konsumsi makanan yang mengandung antioksidan.

Semangka mengandung likopen dan asam senyawa asam amino Citrulline yang dapat membantu menurunkan darah tinggi yang merupakan salah satu penyebab terjadinya penyakit jantung. 

Sebuah penelitian dilakukan pada Atlet membuktikan bahwa jus semangka yang mengandung Citrulline dapat mengurangi nyeri otot serta pemulihan denyut jantung yang lebih cepat.

Zat citrulline akan bereaksi dengan enzim tubuh ketika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, lalu diubah menjadi arginin, asam amino non esensial yang berkhasiat bagi jantung, sistem peredaran darah dan kekebalan tubuh.

#5. Mengatasi Inflamasi

Inflamasi atau peradangan adalah respon alami tubuh saat ada patogen penyebab penyakit, masuk dan menyerang sistem imun. Saat inflamasi terjadi, akan ada beberapa gejala yang muncul, seperti nyeri, bengkak, dan kemerahan.

Kandungan vitamin C, kalium, dan likopen pada semangka ini sangatlah baik untuk meredakan inflamasi. Ketiga kandungan tersebut merupakan sumber antioksidan.

#6. Memelihara Pencernaan

Meskipun semangka tidak terlalu tinggi serat, serat yang dikandungnya mendukung fungsi usus yang sehat. Buah ini juga mengandung cairan dan prebiotik, sejenis serat yang merangsang pertumbuhan dan aktivitas bakteri yang menguntungkan di usus besar.

Baca Juga : Buah Tin : Manfaat, Kandungan Gizi, & Resep

Kandungan Gizi Buah Semangka

semangka-manfaat-kandungan-gizi-dan resep

Buah semangka memiliki dikenal karena kandungan a tinggi. Dalam 100 gram semangka mengandung komponen gizi antara lain;

  • Energi : 30 kkal 
  • Lemak : 0,15 gr
  • Protein : 0,61 gr
  • Karbohidrat : 7,55 gr
  • Serat : 0,4 gr
  • Gula : 6,2 gr
  • Lemak jenuh : 0,016 gr
  • Lemak tak jenuh tunggal : 0,037 gr
  • Lemak tak jenuh ganda : 0,05 gr

Semangka juga mengandung vitamin dan mineral yang sangat penting bagi tubuh seperti :

  1. Vitamin C 12,5mg/154g
  2. Vitamin B9 4,6mg/154g
  3. Kalium 172mg/154g
  4. Magnesium 15,4mg/154g
  5. Kalsium 10,8mg/154g
  6. Fosfor 16,9mg/154g

Semangka juga mengandung beberapa senyawa tumbuhan yang bermanfaat untuk tubuh. Beberapa senyawa yang menjadi kandungan semangka, yaitu:

  1. Likopen

Likopen merupakan senyawa yang memiliki kekuatan antioksidan dan termasuk dalam karotenoid. Bahkan, semangka disebutkan menjadi sumber likopen yang lebih baik dibandingkan tomat.

  1. Beta-karoten

Beta-karoten merupakan provitamin A seperti likopen, sehingga konsumsinya penting untuk menjaga kesehatan mata.

  1. Citrulline

Bagian putih buah semangka bermanfaat karena kaya dengan asam amino citrulline. Setelah dikonsumsi, citrulline dapat diubah menjadi asam amino arginine.

Citrulline dan arginine berperan penting dalam sintesis nitrit oksida, senyawa yang membantu menurunkan tekanan darah dengan cara melebarkan pembuluh darah. Arginine juga diperlukan untuk fungsi berbagai organ dan sistem, seperti paru-paru, ginjal, hati, sistem imun, dan sistem reproduksi.

Baca Juga : Buah Nanas : Manfaat, Kandungan Gizi, & Resep

Resep Buah Semangka

Buah Semangka : Manfaat, Kandungan Gizi, & Resep

Buah semangka yang mengandung banyak air dapat disajikan dengan cara dimakan langsung ataupun dikonsumsi dalam bentuk jus.

Dalam pembuatan jus semangka sangat penting untuk menggunakan teknik cold-pressed yang dapat mencegah kehilangan komponen vitamin dan mineral pada buah selama proses pengolahan.

Cara mudah untuk menikmati manfaat buah semangka ini dengan mengkonsumsi cold pressed juice dari its buah. Kelebihan dari cold pressed juice dari it’s buah yaitu tanpa gula tambahan dan aman dikonsumsi setiap hari.

Kesimpulan

Manfaat buah semangka bagi kesehatan banyak berasal dari kandungan vitamin dan senyawa yang bermanfaat untuk mencegah kanker, memelihara kesehatan pencernaan dan juga jantung.

Anda bisa mengonsumsi semangka secara langsung ataupun dalam bentuk cold-pressed juice

Cold-pressed juice nanas memiliki kandungan enzim, vitamin, dan mineral utuh sehingga Anda mendapatkan manfaat nanas dengan maksimal dibandingan dengan jus blender biasa dengan proses pemanasan.

Baca Juga : Buah Naga : Manfaat, Kandungan Gizi, & Resep


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *