Buah Untuk Sakit Maag: 5 Pilihan Terbaik

Beri tahu teman-teman Anda

Anda dituntut bijak dalam memilih buah untuk sakit maag. Jika salah, buah-buahan dapat memperburuk gejala dan rasa sakit yang ditimbulkan. Buah yang aman dikonsumsi untuk penderita maag sebaiknya bukan buah citrus seperti jeruk dan lemon.

5-Pilihan-Buah-untuk-Sakit-Maag
Pemilihan buah untuk sakit maag harus bijak, beralasan, dan sebaiknya tidak diolah terlalu lama

Seseorang yang mengalami maag biasanya juga merasakan asam lambung naik atau dikenal dengan istilah acid reflux. Acid reflux atau refluks asam terjadi ketika isi lambung kembali naik ke esofagus yang menyebabkan rasa mual dan sensasi terbakar di area dada yang bisa menjalar ke leher.

Jika tidak ditangani, gejala ini bisa menjadi GERD atau Gastroesophageal reflux disease.

Anda bisa disebut mengalami GERD jika Anda mengalami gejala asam lambung sebanyak dua kali dalam seminggu.

Dalam kondisi normal, sebenarnya Anda kerap merasakan asam lambung naik. Hanya saja, gejalanya tidak separah ketika Anda mengalami sakit maag.

Acid reflux biasanya dipicu oleh gaya hidup kurang sehat dan konsumsi cokelat, cuka, kopi, soda, atau makanan pedas dan tinggi lemak.

Bagi Anda yang mengalami asam lambung naik yang tidak terlalu parah, umumnya asam lambung akan turun dengan sendirinya dalam 1 jam.

Loading...

Kabar baiknya, buah-buahan bisa membantu meringankan gejala asam lambung dan mengurangi gejala sakit maag. Namun, manfaat buah untuk sakit maag hanya bisa Anda peroleh jika Anda mengonsumsi buah-buahan secara langsung tanpa melalui proses pemanasan.

Berikut beberapa jenis buah untuk maag yang aman Anda konsumsi.

Artikel Terkait:
Diet Sehat: Panduan Terlengkap untuk Tubuh Ideal Berenergi
Batasi Konsumsi Gula, Garam, dan Lemak dengan Rumus Jenius

5 Pilihan Buah Terbaik untuk Sakit Maag

#1. Apel

Apel merupakan tandingan yang seimbang untuk bakteri H.pylori, penyebab infeksi di lambung. Buah ini memiliki kandungan pektin yang cukup tinggi dan mempunyai efek sedatif yang dapat diandalkan untuk melapisi dinding lambung.

Selain itu, kandungan mineral di dalam apel (seperti : kalsium, kalium dan magnesium) ditengarai mampu menetralisir asam lambung yang produksinya meningkat selama maag.

Serat pada apel juga membantu melancarkan pencernaan, sehingga makanan yang mengendap di lambung dapat dialirkan keluar.

Untuk menuai manfaat ini, Anda hanya perlu mengonsumsi 1 buah apel setiap harinya. Disarankan untuk memilih apel merah yang memiliki rasa manis. Apel hijau dan  jenis lainnya cenderung berasa masam sehingga dapat memicu rasa mual pada penderita maag.

#2. Anggur

Vitis vinifera sudah lama diandalkan sebagai anti-ulcer. Studi yang dilakukan peneliti dari Universitas Clemson memperlihatkan bahwa anggur memiliki senyawa aktif yang tidak main – main dalam menekan aktivitas bakteri H.pylori.


Di bawah pemindaian mikroskop, agen anti bakteri tersebut menawarkan kinerja maksimal ketika melawan aktivitas H.pylori. Sehingga nyeri maag akan berkurang setelah mengonsumsi anggur.

Artikel Terkait:
5 Obat Maag untuk Ibu Menyusui dari Bahan Alami
4 Alternatif Obat Maag untuk Ibu Hamil

#3. Delima

Buah ini memiliki ciri khas pada bulirnya yang berwarna merah. Tak hanya tampilannya yang menarik, buah ini juga mengandung enzim yang baik untuk lambung. Menurut penelitian, delima mengandung antioksidan. Ada larutan polifenol, tanin, dan antosianin yang menawarkan efek anti – aterosklerotik.

Faktor tersebut memungkinkan delima untuk bertindak sebagai anti – tukak lambung. Bukan buahnya saja yang dapat dimanfaatkan, tetapi kulitnya juga.

Seperti yang dipublikasikan penelitian lain, kulit buah pome menunjukkan hasil positif manakala diasosiasikan dengan penurunan asam lambung.

#4. Buah Ara

Ada banyak manfaat buah ara, salah satunya mengobati penyakit maag. Buah ini memiliki serat yang baik untuk membersihkan endapan makanan di lambung. Selain itu, kandungan mineral alami yang terdapat didalamnya juga berperan dalam meringankan refluks asam.

#5. Pisang, Masih Jadi Primadona untuk Maag

Pisang menyediakan lebih kurang 26,3 gram karbohidrat dan 109 kalori. Tetapi, buah ini tidak hanya mengenyangkan. Manfaat pisang ternyata juga dapat membantu memperbaiki masalah lambung.

Menurut penelitian, buah ini dapat melapisi kerongkongan sehingga menurunkan keinginan untuk mual.  Selain itu, kandungan asamnya sangat sedikit. Dengan demikian, buah ini aman untuk dikonsumsi oleh penderita maag.

Artikel Terkait:
6 Makanan Pedera Maag & GERD
Pola Diet Terbaik untuk Penderita Sakit Maag Kronis

Bonus! Buah Apalagi yang Baik untuk Maag?

#6. Alpukat

Anda yang menyukai alpukat patut bersyukur karena buah ini direkomendasikan bagi penderita maag. Buah ini mengandung serat yang baik untuk pencernaan, termasuk lambung.

Namun, beberapa ahli menyarankan untuk mengolah biji alpukat yang diketahui lebih cepat meredakan maag. Biji buah alpukat memang terkenal ampuh mengobati maag. Hanya saja, rasanya kurang bersahabat di lidah.

Sebagai obat, biji buah alpukat tidak dimakan ‘begitu’ saja, melainkan diolah terlebih dulu menjadi ekstrak yang edible. Anda tidak harus membuatnya sendiri. Saat ini, ekstrak biji alpukat sudah tersedia di pasaran sehingga Anda bisa mendapatkannya dengan mudah.

Untuk mengurangi rasa pahitnya, ekstrak biji alpukat bisa dipadukan dengan flavour (perasa) seperti jahe, gula, atau bahan lainnya.

Artikel Terkait:
Bayam sebagai Sumber Pengobatan Sakit Maag

#7. Buah Beri

Buah beri adalah buah yang berukuran kecil dan berwarna cantik. Tetapi dibalik keindahannya, ada sederet manfaat yang bisa diandalkan untuk memperbaiki masalah lambung.

Penelitian menunjukkan bahwa terdapat kandungan dalam buah beri yang berperan sebagai anti-H.pylori. Sehingga mengonsumsi buah ini dapat membantu mempromosikan kesehatan lambung.

Di antara jenis beri hitam dan merah, yang paling cepat memperbaiki lambung ialah beri hitam (Rubus fruticosus L.). Beri hitam atau blackberries memiliki kandungan ellagitannins (ET) lebih banyak ketimbang raspberries.

Properti ini tidak dijumpai pada sembarang buah. Tetapi banyak dijumpai pada jenis buah beri, delima, starwberry, anggur, dan sebagainya.

ET bekerja sebagai pengobrak-abrik aktivitas bakteri sehingga masalah lambung dapat teratasi secara cepat. Karena ET bersifat gastroprotective, maka properti ini juga dapat melindungi lambung dari lesi yang diakibatkan infeksi H.pylori.

Artikel Terkait:
Cara Mudah Cegah Hipertensi

Cold-pressed Juice untuk Memperbaiki Lambung

Beberapa buah yang telah disebutkan di atas sebenarnya tidak harus dikonsumsi sebagai camilan segar. Anda bisa mengolah buah-buahan menjadi smoothies. Meskipun hal ini tidak disarankan, karena dapat mengurangi kandungan nutrisinya, namun opsi tersebut boleh saja dipertimbangkan.

Bagi Anda yang khawatir nutrisi buah tidak lengkap, maka bisa membeli cold-pressed juice yang menawarkan nutrisi seperti buah utuh. Minuman ini biasanya terbuat dari campuran buah atau sayuran segar yang diproses tanpa pemanasan.

Artikel Terkait:
5 Manfaat Cold-pressed Juice untuk Tubuh

Konsultasikan masalah pola makan dan pencernaan Anda pada Ahli Gizi IT’s Buah, GRATIS hanya minggu ini!

Konsultasi Detoks


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *