Semudah Ini Lho Cara Detoksifikasi Tubuh, Termasuk Tidur

Beri tahu teman-teman Anda

Diantara cara detoksifikasi tubuh yang tepat adalah dengan mengonsumsi buah dan sayuran secara teratur. Kualitas tidur yang baik juga bisa menjadi metode detoks tubuh yang efektif. Kenali berbagai macam metode detox yang cocok dengan gaya hidup Anda.

Cara Detoksifikasi Tubuh
Detoksifikasi Tubuh dengan Berbagai Cara

Tubuh Anda punya hak untuk beristirahat dan terbebas dari racun. Tetapi padatnya rutinitas membuat Anda sering kehilangan waktu untuk menjalani kebiasaan-kebiasaan sehat. Tidak masalah sebenarnya kalau Anda tahu cara mudah untuk memperbaiki metabolisme tubuh. Artikel ini akan mengupas metode detoksifikasi tubuh yang simple, cepat, dan worth a try.

Artikel Terkait:
Detoksifikasi: Pahami Ini Sebelum Anda Mulai
Manfaat Detoksifikasi Racun dan Kaitannya dengan Diet
Penyakit, atau Gejala Detoksifikasi Tubuh?

Detoksifikasi Tubuh bagi Kesehatan

Kenyataannya, tubuh dianugerahi ginjal, usus, hati, dan paru-paru yang bisa membersihkan racun secara alami. Tapi terlalu banyak racun juga dapat memberatkan kinerja organ-organ tersebut. Karenanya, Anda perlu berusaha agar toksin cepat terbuang dari tubuh.

Berikut beberapa cara yang bisa membantu mempercepat proses tersebut :

#1 Jus, Cara Detoksifikasi Tubuh Paling Tepat

Umumnya, cara ini menjadikan jus sebagai asupan utama setiap hari. Tetapi dalam detox ini, ada ‘pembatasan’ pada jenis buah atau sayur apa saja yang boleh dikombinasikan dan aturan mengenai jangka waktu konsumsinya.

Melansir Daily Health Post, sayuran yang berwarna hijau cemerlang serta pahit rasanya cenderung lebih efektif untuk mendetoksifikasi tubuh. Karena sayuran hijau dapat merangsang kerja empedu. Alhasil, racun yang menumpuk dapat dikeluarkan melalui urin.

Selain sayur, jus diet detox yang memiliki manfaat bagi kesehatan juga bisa diolah dari buah-buahan segar. Jus semacam ini umumnya tidak menggunakan gula tambahan, melainkan hanya gula murni yang diperoleh dari buah-buahan atau campuran sayur. Pilih buah dan sayur terbaik untuk detoksifikasi agar Anda mendapat manfaat sesuai kebutuhan tubuh.

Bagi Anda yang menjalani program diet, tak perlu khawatir karena jus detoksifikasi biasanya ditawarkan dalam bentuk smoothies. 

Smoothies, seperti yang banyak diketahui, merupakan minuman dengan kadar serat tinggi. Hal itu karena smoothies diproses menggunakan blender. Alhasil, serat dalam daging buah tetap terjaga.

Kalau membuat sendiri, Anda bisa menambahkan kacang – kacangan serta vitamin ke dalam smoothies untuk menambah nilai gizinya. Lalu, minumlah smothies tersebut selama 3 hari atau seminggu.

Artikel Terkait:
5 Resep Jus Detoks untuk Anda yang Sibuk dan Ingin Diet
5 Minuman Detox, Pilihan Artis Hollywood Sampai Buatan Asli Indonesia!
Kombinasi Jus Detoksifikasi yang Enak dan Kaya Manfaat

#2 Banyak Bergerak agar Tubuh Aktif Mengeluarkan Racun

Sering-seringlah bergerak di luar rumah. Dikutip dari American Heart Association, bergerak selama lebih kurang 30 menit setiap hari akan membantu mempercepat proses detoksifikasi tubuh.

Anda tidak perlu melakukan olahraga berat, seperti lari jauh atau semacamnya. Kegiatan sederhana seperti menyiram tanaman dan bermain badminton saja sudah cukup untuk membuang racun yang ada di dalam tubuh.

#3 Bangun Pagi demi Detoksifikasi Tubuh

Detoksifikasi tubuh dengan cara bangun pagi? Gampang banget!

buy1get1

Tunggu dulu, tidak semudah kedengarannya, bangun pagi pun butuh latihan dan usaha keras. Tetapi jangan berhenti mencoba, Anda akan memperoleh manfaat luar biasa nantinya. Bangun pagi mampu memperbaiki suasana hati dan mengurangi stress. Dalam jangka panjang, Anda membantu memperbaiki kesehatan dan meningkatkan kualitas hidup.

Bagi Anda yang inkonsisten mengatur waktu tidur bisa memanfaatkan sinar matahari sebagai alarm Anda.

Ya, dikatakan oleh ahli saraf, sinar matahari cukup efektif untuk memprogram ritme bangun dan tidur. Anda tidak perlu repot menyusun jadwal tidur agar bisa bangun pagi. Jika sudah terbiasa, tubuh akan menyesuaikan jam tidur secara alamiah.

Artikel Terkait:
Sehat Dan Langsing Dengan Program Detox 3 Hari
Turun Berat Badan Hingga 5kg dengan Detoks? Ini Kata Ahli Nutrisi

#4 Tidak Menunda dan Mengurangi Waktu Tidur

Bangun pagi saja tidak cukup, kualitas tidur juga harus diperhatikan. Jika Anda kurang tidur, hal ini pun akan berdampak buruk bagi kesehatan Anda.

Dalam kaitannya dengan detoksifikasi tubuh, tidur dapat membantu proses reparasi dan penyembuhan jantung, ginjal, serta pembuluh darah.

Jika diabaikan, tidur dapat menurunkan kinerja organ dan memperbesar resiko berbagai penyakit. Oleh karena itu, perhatikan kualitas tidur Anda. Sedapat mungkin, tidurlah dengan durasi 8 hingga 9 jam setiap harinya.

#5 Bawang Putih, Cara Detoksifikasi Tubuh paling Ringan di Kantong

Percaya atau tidak, bawang putih dapat membantu mempromosikan detoksifikasi tubuh.

Hal ini benar, karena bahan yang mengandung allicin seperti bawang putih dapat meningkatkan pembentukan sel darah merah dan sel darah putih serta membantu melawan racun. Jadi, jangan hindari lagi bahan ini dalam santapan Anda, ya!

Artikel Terkait:
Manfaat Jus Detox untuk Tubuh Lebih Sehat dan Segar
7 Cara Detox Tubuh Agar Cepat Berhasil

#6 Stop Alkohol!

Sebagian orang sulit sekali meninggalkan kebiasaan minum alkohol. Tetapi begini saja, kesehatan tidak mengenal batas aman dalam konsumsi alkohol. Maka lebih baik jika Anda beralih seratus persen dari minuman tersebut.

Beberapa penelitian dari luar negeri yang salah satunya dirilis The Independent menunjukkan bahwa konsumsi dalam jumlah moderat saja sudah cukup untuk meningkatkan resiko kanker, tuberkulosis, dan diabetes. Tentu dampaknya lebih buruk apabila kebiasaan tersebut dilanjutkan setiap hari.

Kalau Anda pernah mendengar bahwa alkohol berdampak menyehatkan bagi tubuh, maka hasil penelitian terbaru telah membantahnya. Secara nyata, alkohol berbahaya bagi organ vital dan otak. Alkohol juga mempercepat penuaan yang merupakan efek tidak langsung yang sulit dihindari.

Jadi, bagaimana menurut Anda ?

#7 Konsumsi Probiotik

Cara detoksifikasi tubuh yang terakhir ialah memperbanyak konsumsi makanan probiotik. Manfaat probiotik, dilansir dari The Science of Nutrition ialah meningkatkan imunitas (daya tahan tubuh) serta mendetoksifikasi racun berbahaya yang ada di dalam perut.

Dalam probiotik juga terdapat kandungan potasium yang cukup tinggi sehingga cocok bagi Anda yang konsumsi garamnya berlebih. Probiotik juga efektif mengurangi resiko stroke sebesar 21 persen dan menjauhkan Anda dari penyakit sistem pencernaan.

Di dalam yoghurt alami terkandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk detox diet. Bahkan jika dikonsumsi dengan benar, yoghurt dapat mengurangi resiko diabetes dan penyakit kardiovaskular.

Yoghurt juga salah satu produk dairy yang tidak menggemukkan (bila tidak diolah bersama gula). Sehingga, cocok bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Agar manfaat yang Anda peroleh maksimal, konsumsilah yoghurt setiap sore hari sebagai pengganjal perut.

Takarannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Lima sendok saja sudah cukup, namun jika dirasa perlu tambah, maka segelas yoghurt plain bukan masalah besar.

Pelajari Lebih Lanjut:
Inilah Pentingnya Detox Wajah secara Alami
Ketahui Manfaat Detoksifikasi Wajah
Detox Tubuh yang Benar dengan Langkah-Langkah Berikut Ini!
Inspirasi Menu Detox Seminggu Yang Mudah Dicoba
Begini Aturan Detox Sehari Yang Benar

Mulai Hari Ini untuk Kesehatan Masa Depan

Merawat kesehatan termasuk salah satu hal yang memerlukan komitmen jangka panjang. Selain memerlukan ketekunan dan ketelatenan, merawat kesehatan dengan cara detoksifikasi tubuh pun memerlukan sumber pangan yang baik dan minim bahan kimia.

Sebagai contoh, jika Anda memilih untuk detoksifikasi tubuh dengan jus buah dan sayur, Anda disarankan untuk memilih buah-buahan lokal dan organik. Alasannya, jenis buah-buahan tersebut minim bahan campuran kimia dan lebih sehat untuk dikonsumsi dalam jangka panjang.

Ada beberapa macam detoksifikasi yang bisa Anda coba sesuai dengan kondisi tubuh dan kebutuhan. Manapun yang Anda praktekkan, pastikan Anda mengikuti program detox tersebut hingga selesai sesuai dengan panduan detoksifikasi.

Anda disarankan untuk konsultasi detoks dengan ahli gizi sebelum mengikuti program detoksifikasi apapun. Hal ini untuk menghindari adanya efek samping detoksifikasi jika dilakukan tanpa pengawasan.

Merawat kesehatan sejak dini baik dengan gaya hidup sehat maupun detoksifikasi tubuh akan memberi Anda manfaat di masa depan. Memang, beberapa orang bisa memetik hasil detoksifikasi tubuh secara instan, tapi sebagian orang lainnya akan mendapatkan manfaat hidup sehat dalam dua hingga tiga minggu setelah memulai gaya hidup sehat.


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *