Cara melakukan diet sehat secara alami dan praktis untuk menurunkan berat badan

Cara melakukan diet sehat secara alami dan praktis untuk menurunkan berat badan

Beri tahu teman-teman Anda

Memiliki berat badan ideal tentu menjadi dambaan bagi setiap orang, baik kaum hawa maupun adam. Selain untuk menunjang penampilan juga meningkatkan rasa percaya diri bagi sebagian orang.

Namun tidak semua orang yang ingin memiliki berat badan ideal memilih metode diet dengan benar. Masih banyak yang menggunakan cara-cara yang tidat tepat, tidak aman bahkan bisa bikin berat badan tambah melonjak drastis.

Salah satu metode yang perlu berhati-hati adalah maraknya penjualan obat penurun berat badan. Baik itu obat herbal maupun kimia.

Pemilihan obat yang sembarangan terutama obat kimia, bisa berakibat fatal dan berbahaya bagi kesehatan tubuh.
Maka dari itu kamu harus memilih dan menjalani diet sehat nan aman bebas dari bahan-bahan kimia agar berat badan dapat turun dengan maksimal sehingga tidak mengganggu kesehatan tubuh kamu.

Lalu, bagaimana sih cara diet sehat dan aman untuk menurunkan berat badan dengan maksimal tanpa membahayakan kesehatan tubuh? Yuk simak, rekomendasinya berikut ini.

 

1. Tepat memilih asupan makanan & jangan melewatkan waktu makan

Memilih asupan makanan yang kamu konsumsi sehari-hari itu sangat penting loh. Kamu harus selektif dalam memilih makanan yang harus dikonsumsi dan makanan apa yang harus kamu hindari.

Bukan berarti harus menghindari makan nasi atau makan lauk-pauk ya. Semua makanan itu tetap perlu kok bagi tubuh, namun kamu harus mengatur porsinya dengan baik.

Ada baiknya jika kamu mulai mengurangi konsumsi makanan berlemak dan mengandung gula yang tinggi.
Makanan berlemak tinggi sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh, karena akan menumpuk di bagian tubuh tertentu sehingga bisa mempengaruhi bentuk tubuh.

Sedangkan makanan dengan gula tinggi sarat akan kalori yang tinggi pula yang dapat membahayakan tubuh!
Makanan dalam kemasan, camilan dan gorengan yang tidak sehat juga perlu kamu hindari agar tidak menggagalkan diet sehat yang sedang dijalani.

Sebagai ganti dari camilan, makanan dalam kemasan maupun gorengan, kamu bisa perbanyak konsumsi buah dan sayuran segar.

Dan yang tak kalah pentingnya adalah tidak melewatkan waktu makan. Dengan konsisten makan di jam-jam tertentu sesuai dengan kebiasaan kamu makan akan membantu menjaga pola makan dan kesehatan tubuh juga.

Karena banyak orang yang melalukan diet lantas melewatkan waktu makan. Yang biasanya makan tiga kali sehari, karena menjalani program diet, waktu makan jadi berkurang, jadi dua kali sehari.

Hal ini yang kurang tepat untuk dijalani.

Jadi mulai sekarang konsisten ya dalam menjalani program diet sehat nan aman.

2. Atur porsi makan sesuai dengan kebutuhan

Setelah memilih asupan makanan yang tepat, maka cara diet sehat selanjutnya adalah dengan mengatur porsi makanan.
Jadi kamu harus makan sesuai dengan kebutuhan kalori per hari. Diperlukan perhitungan yang tepat untuk menentukan asupan kalori per harinya.

Kamu bisa konsultasikan hal ini dengan ahli gizi atau temen kamu yang mengerti akan hal ini, agar lebih presisi asupan kalori per harinya sesuai dengan kondisi tubuh masing-masing.

Perlu kamu ingat bahwa dalam satu kali makan kamu harus menyeimbangkan antara semua gizi yang diperlukan tubuh.
Lebih mudahnya kamu bisa menyesuaikan dengan prinsip gizi seimbang yaitu ada karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

Jadi, dalam satu kali makan kamu harus mengonsumsi makanan pokok, lauk hewani dan nabati, sayur satu mangkuk dan buah-buahan sebagai selingan.

Kamu bisa menerapkan porsi makanan sesuai dengan ilustrasi gambar gizi seimbang berikut ini.

 

cara menurunkan berat badan

Porsi satu kali makan (Sumber: Pedoman gizi seimbang 2014)

 

3. Ganti gula dengan pemanis yang lebih sehat

Seberapa sering kamu menambahkan gula dalam setiap makanan atau minuman yang sedang dikonsumsi?

Mengganti gula dengan pemanis yang lebih sehat merupakan salah satu cara ampuh untuk menurunkan berat badan kamu loh.

Banyak orang yang tidak tahu seberapa banyak ia mengonsumsi gula dalam satu hari atau sekali makan.

Perlu diingat, gula dan makanan manis adalah makanan salah satu penyebab berat badan cepat naik. Hal ini tentu saja buruk bagi kadar gula darah kamu!

Jadi mulai sekarang, ada baiknya jika kamu mengganti gula dengan pemanis yang memiliki kalori lebih rendah. Sekarang ini sudah banyak dijual pemanis buatan yang memiliki kadar kalori rendah yang aman bagi kadar gula darah.

 

4. Jadikan olahraga sebagai kebutuhan

Olahraga adalah salah satu cara diet sehat alami yang paling mudah untuk kamu lakukan. Karena diet sehat alami akan sia-sia jika tidak diimbangi dengan olaraga.

Dengan rutin melakukan olahraga sebagai bagian dari kewajiban atau kebutuhan untuk menyeimbangkan diet sehat alami, maka akan semakin cepat pula hasil diet yang kamu rasakan nantinya.

Olahraga akan membantu tubuh kamu mengeluarkan dan membakar kalori-kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Kuncinya adalah konsisten dengan membiasakan diri untuk olahraga secara rutin setiap hari, setidaknya 30 menit. Untuk memulainya, kamu bisa berjalan-jalan santai atau jogging selama 30 menit di area sekitar rumah.

 

5. Menerapkan pola hidup sehat

Menerapkan pola hidup sehat juga penting untuk diet sehat alami. Pola hidup sehat ini lebih kepada kekonsistenan kita dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Misalnya tidur dengan cukup 8 jam sehari dan menghindari begadang jika memang tidak ada perlunya.

Menghindari konsumsi alkohol yang berlebihan dan merokok juga menjadi pola hidup yang harus segera ditinggalkan agar diet sehat alami dapat berjalan dengan sukses.

 

Memilih makanan diet sehat yang dijamin aman dikonsumsi sehari-hari

Sebenarnya ada banyak makanan diet sehat yang dapat kamu konsumsi seharihari. Namun, beberapa makanan diet sehat di bawah ini mungkin bisa kamu jadikan referensi.

1. Oatmeal

Oatmeal merupakan salah satu makanan diet sehat yang paling sering dikonsumsi mereka yang sedang diet. Bahkan oatmeal bisa dibilang sebagai makanan diet sehat yang wajib ada setiap harinya.

Sebuah studi dari University of California telah membuktikan bahwa mengonsumsi oatmeal sebagai menu diet sehat telah terbukti membantu menurunkan berat badan.

Dalam penelitian tersebut diketahui bahwa setiap orang yang selalu sarapan dengan oatmeal, memiliki indeks massa tubuh lebih rendah ketimbang orang yang tidak sarapan sama sekali dan kelompok orang yang sarapan dengan menu lain.

Hal ini terjadi karena oatmeal termasuk makanan yang mengandung serat tinggi dan nilai indeks glikemik (angka yang menunjukkan potensi peningkatan gula darah dari karbohidrat yang tersedia pada suatu pangan) yang rendah.

Kandungan protein, magnesium, fosfor, dan vitamin B1 dalam oatmeal juga berfungsi untuk menghasilkan energi sehingga akan membuat kamu tetap bersemangat untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Selain terbukti membantu menurunkan berat badan, oatmeal juga dapat membantu menjaga kadar kolesterol serta gula darah agar tetap normal.

2. Jus buah

Untuk menurunkan berat badan yang ideal, banyak orang mencoba berbagai cara. Dari mengatur waktu makan hingga menghindari makanan tertentu. Namun, banyak dari mereka yang menjalani program diet gagal di tengah jalan karena kurangnya kometmen dengan program diet yang dilakukan.

Padahal, program diet bisa di buat menyenangkan dan dilakukan secara alami tanpa efeksamping. Misalnya dengan mengkonsumsi buah dan sayur dengan cukup. Buah dan sayur merupakan salah satu komponen penting diet sehat.

Agar tetap menjaga khasiatnya, namun mempermudah Anda untuk mengonsumsinya, Anda dapat membuat jus dari buah-buahan sebagai makanan selingan yang sehat. Mengonsumsi jus memiliki banyak manfaat seperti memenuhi asupan gizi, memudahkan penyerapan nutrisi dalam tubuh, membuat cara mengonsumsi buah menjadi lebih cepat, membantu melawan timbulnya penyakit, serta mampu menggantikan porsi makan ketika diet dan menahan godaan untuk makan berlebihan. Jus sehat murni alami tanpa campuran apapun bisa Anda dapatkan disini

3. Putih telur

Putih telur biasa dikonsumsi oleh para atlit sebagai menu diet sehat. Tidak seperti kuning telur, putih telur tinggi protein namun rendah lemak, sehingga sehingga cocok dijadikan sebagai makanan untuk diet.

Dalam 100 gram putih telur saja terdapat protein sebanyak 10,9 gram. Sementara, untuk lemaknya hanya ada sekitar 0,17 gram. Karena rendah lemak, kamu tak perlu khawatir makanan ini akan menambah tumpukan lemak di dalam tubuh.

Ditambah lagi, makanan diet sehat ini tidak punya nilai indeks glikemik, karena tak memiliki kandungan karbohidrat, sehingga penderita diabetes bisa dengan aman mengonsumsi putih telur ini.

Meskipun rendah akan lemak, kamu juga harus mengonsumsinya dalam jumlah yang cukup sesuai kebutuhan dan tidak berlebihan.

Putih telur bisa kamu variasikan dengan menu diet sehat lainnya agar asupan nutrisi harian kamu juga tetap terpenuhi.

4. Brokoli

Brokoli bisa kamu andalkan sebagai salah satu makanan diet sehat. Hal ini karena brokoli renda kalori namun kaya akan vitamin, serat, serta mineral.

Coba kamu bayangkan, dalam satu gelas yang penuh dengan potongan brokoli hanya mengandung 30 kalori saja. Sementara untuk kandungan serat, brokoli memiliki serat sebanyak 5 gram yang akan membantu kamu kenyang lebih lama.

Tidak hanya itu, sayur jenis ini mampu membantu mengendalikan kadar gula darah bagi mereka yang memiliki penyakit diabetes.

5. Ikan

Selain berbagai jenis makanan yang sudah disebutkan di atas, kamu juga dapat mengonsumsi ikan sebagai makanan diet sehat. Kandungan lemak baik dalam ikan juga mampu membantu kamu menurutkan berat badan.

Tidak seperti daging, ikan memiliki jenis lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan otak. Biasanya, lemak ini ada di dalam ikan perairan laut dalam seperti, salmon, tuna, dan makarel.

Mengonsumsi asupan yang cukup dan tak berlebihan juga adalah cara bagi penderita diabetes untuk menyembuhkan penyakitnya.

Manfaat ikan ini akan lebih optimal jika cara mengonsumsinya tidak digoreng. Alihalih bisa menurunkan berat badan, proses memasak dengan digoreng justru akan menyumbang lebih banyak lemak di tubuh.

Baca juga: 3 Cara Alami Membuat Kulit Menjadi Lebih Halus

6. Camilan rendah kalori

Bagi kamu suka mengemil, tak perlu meninggalkan kebiasaan ini. Selama menjalani diet, kamu sebenarnya tak dilarang kok untuk makan camilan. Namun makan camilan juga tetap harus mengedepankan bahan yang digunakan.

Saat ini telah banyak camilan sehat yang dijual di pasaran, yang dibuat dengan bahan-bahan yang tidak membahayakan tubuh apalagi menambah berat badan.

Seperti camilan keripik dari buah yang sudah dioven dan tanpa proses penggorengan. Camilan sehat ini memiliki kalori yang rendah dan tidak mengandung gula yang tinggi, sehingga masih aman untuk dikonsumsi.

Namun, selalu periksa label nilai gizi yang tertera dalam kemasan camilan yang kamu beli agar tidak melebihi batas kalori. Perhatikan juga dengan cermat kandungan gula dan lemak di dalam camilan tersebut.

Yuk bikin sendiri menu diet sehat mu

Sarapan merupakan hal wajib jika kamu sedang menjalani diet. Jangan sampai terlewatkan atau malah tidak sarapan. Sarapan yang baik dan direkomendasikan yakni sebelum jam 9 pagi.

Untuk asupan sarapan jangan lupa juga untuk menghindari makanan tinggi lemak dan kalori. Kamu bisa memilih asupan makanan ang kaya akan protein dan serat agar tetap kenyang hingga siang hari.

Makan malam bisa menjadi ajang ‘balas dendam’ bagi kamu terutama jika hanya sedikit waktu makan siang. Sehingga terkadang bisa khilaf karena makan malam melebihi porsi yang dianjurkan.

Merancang sendiri menu diet sehat untuk sehari-hari tidaklah sulit. Pastikan dalam setiap menu yang kamu tentukan mengandung protein, serat, karbohidrat kompleks dan sedikit lemak.

Berikut ini kami rekomendasikan pilihan menu diet sehat yang bisa kamu coba sendiri. Pilihan ini hanya bersifat opsional saja ya.

1) Pilihan menu diet sehat yang pertama

Sarapan

  • Dua lembar roti gandum utuh dengan mentega.
  • Teh atau kopi dengan gula, tanpa ditambah susu.

Makan siang

  • Sayuran rebus (seperti wortel, brokoli, jagung) dan kentang tumbuk (mashed potato)
  • Dada ayam panggang dengan baluran butter (mentega) atau minyak zaitun.
  • Segelas air putih.

Makan malam

  • Apel
  • Segelas air putih
  • Kentang rebus yang ditumbuk
  • Steak daging tanpa lemak
  • Camilan sehat
  • Segelas air putih

2) Pilihan menu diet sehat yang kedua

Sarapan

  • Satu buah pisang
  • Secangkir yogurt plain (murni) dengan madu
  • Segelas air putih

Makan siang

  • Salad sayur ditambah dengan makaroni, bisa kamu tambah minyak zaitun agar lebih sehat
  • Segelas air putih

Makan malam

  • Granola bar
  • Brokoli dan kacang merah
  • Dada ayam rebus tanpa kulit
  • Camilan sehat
  • Segelas air putih

3) Menu diet sehat 3

Sarapan

  • Telur rebus ditambah keju
  • Segelas air putih

Makan siang

  • Tahu atau tempe rebus
  • Nasi merah
  • Pepes ikan
  • Segelas air putih

Makan malam

  • Salad sayur atau buah yang ditambah dengan perasan jeruk lemon, jamur, dan sedikit minyak zaitun (bisa ditambahkan juga dengan potongan dada ayam atau udang dan taburan keju)
  • Jus buah asli tanpa tambahan gula.
  • Camilan sehat.
  • Segelas air putih

Efektifkah katering diet untuk menurunkan berat badan?

Akhir-akhir ini mungkin kita sering menemui katering diet yang sedang populer bagi kalangan yang ingin diet tanpa perlu ribet memilih jenis makanan.

Terlebih bagi kamu yang tidak punya waktu untuk membuat menu diet sehat sendiri atau malas, katering diet bisa jadi cara yang praktis untuk program diet sehat kamu.

Katering diet ini tentu sudah melewati proses pemilihan makanan yang aman dan sehat untuk dikonsumsi bagi mereka yang ingin hidup sehat atau menjalani program diet.

Jadi jangan ragu ya untuk memilih katering diet untuk kamu yang tidak mau ribet atau malas untuk menyiapkan menu makanan sehat pagi, siang dan malam.

Namun pastikan penyedia katering diet ini memiliki reputasi yang baik sehingga tidak mengecewakan pelanggan.

Nah itu panduan lengkap diet sehat alami dan praktis untuk bantu turunkan berat badan. Semoga bermanfaat ya, jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman kamu yang lagi membutuhkan.

Semangat diet ya

Bila Anda ingin mengetahui cara diet lebih lengkap, bisa Anda download ebook di bawah ini:

 

Baca Juga: 3 Minuman Yang Dikira Sehat, Padahal Bisa Sangat Berbahaya

Baca juga: Tips Diet Alami Dan Cepat Dengan Buah Dan Sayuran


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *