5 Cara Membersihkan Usus Agar Bebas Penyakit Kronis

Beri tahu teman-teman Anda

Sebagai organ yang terus bekerja setiap hari selama seminggu tanpa berhenti, usus harus dibersihkan. Salah satu cara membersihkan usus paling tepat adalah dengan mengistirahatkan sistem percernaan, dan mengembalikan fungsi usus secara optimal.

Cara Membersihkan Usus agar Bebas Penyakit
Bagaimana cara membersihkan usus agar bebas penyakit?

Pernahkah Anda terpikir untuk membersihkan usus? Usus termasuk salah satu organ pencernaan yang penting dalam tubuh. Sebab, di sinilah semua makanan dan minuman yang Anda konsumsi akan berakhir.

Tak jarang, usus bekerja terus-menerus sehingga tidak sempat membersihkan diri, kecuali jika Anda puasa.

Kalau Anda tidak memiliki waktu atau momen yang tepat untuk puasa, Anda tetap dituntut untuk membersihkan usus setidaknya satu bulan sekali.

Berikut ini adalah 5 cara membersihkan usus agar Anda terbebas dari penyakit kronis yang disebabkan oleh gangguan sistem pencernaan.

Artikel Terkait:
5 Buah Terbaik untuk Detoksifikasi Usus Agar Pencernaan Tubuh Lancar
6 Ciri Asam Lambung Naik & Cara Tepat Mengatasi

Tanda dan Gejala Usus Kotor

Cara Membersihkan Usus
Usus perlu dibersihkan agar terhindar dari penyakit mematikan.

Sebelum mengulik lebih jauh tentang cara membersihkan usus, Anda sebaiknya mengetahui dulu kapan waktu terbaik untuk menerapkannya. Jika sudah merasakan beberapa gejala ini, maka Anda perlu melakukan pembersihan usus secepatnya.

#1. Berat Badan Naik

Gejala jika usus Anda kotor adalah naiknya berat badan.

Jika Anda merasa tubuh semakin berat, maka hal ini bisa menjadi tanda bahwa usus sedang menyimpan kotoran. Menurut hasil studi, terdapat bakteri tertentu yang dapat menyebabkan pertambahan berat badan.

Jika bakteri tersebut tidak dibersihkan dari usus, maka hal ini dapat mengubah perilaku usus lalu menyebabkan timbangan miring ke kanan.

#2. Sakit perut

Anda juga bisa mendeteksi usus kotor dari rasa nyeri yang Anda alami di bagian perut. Anda mungkin juga akan merasakan kembung atau diare (saat ada masalah dengan usus besar) atau mengalami konstipasi selama berhari – hari.

#3. Perubahan mood

Perubahan mood adalah salah satu indikasi bahwa usus Anda sedang mengalami peradangan akibat kotoran. Beberapa ahli percaya bahwa peradangan yang terjadi di usus dapat memicu depresi dan kecemasan.

Itulah sebabnya, mood juga ikut berubah ketika usus mengalami masalah. Ini merupakan tanda bahwa di dalam usus Anda terdapat banyak kotoran yang harus dibersihkan.

Artikel Terkait:
6 Makanan Pereda Maag & GERD
6 Buah Terbaik untuk Diet dan Cegah Obesitas

Cara Membersihkan Usus Agar Bebas Penyakit

Anda tidak perlu mengambil langkah medis untuk menjaga kebersihan usus karena sebenarnya usus manusia sudah memiliki mekanisme tersendiri untuk membersihkan diri.

berdamai-dengan-maag-gerd

Tapi, mencoba cara membersihkan usus secara alami bisa dilakukan untuk memaksimalkan mekanisme tersebut. Lalu, apa saja kiat-kiatnya?

Cari tahu di bawah ini.

#1. Banyak Konsumsi Air Putih

Anda disarankan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas per hari. Namun, ketika ingin membersihkan usus, Anda harus menambah asupan air mineral di atas rata-rata.

Bagi sebagian orang, tak mudah untuk mengonsumsi air putih. Sebab, air putih tidak memiliki rasa dan bau sehingga kurang menggugah untuk dikonsumsi.

Kalau Anda kesulitan mengonsumsi air putih, silakan peroleh air dari buah-buahan, seperti semangka, melon, ataupun tomat. Cara ini akan membantu membersihkan kotoran yang ada di dalam perut sekaligus melancarkan pencernaan.

Cold-pressed juice dari IT’s Buah memiliki kandungan air tinggi tanpa serat yang termasuk salah satu cara terbaik untuk membersihkan usus. Kalau Anda kesulitan mengontrol makanan dan minuman yang masuk ke usus, mengonsumsi cold-pressed juice adalah cara mudah untuk mulai membersihkan usus.

Hasilnya, usus bersih dengan diet lezat.

#2. Konsumsi Air Garam

Usus kotor juga dapat menyebabkan sembelit. Kalau Anda mengalami hal ini, maka air garam bisa dijadikan opsi untuk mengatasinya.

Cara membersihkan usus dengan air garam ini cukup efektif. Langkah pembuatannya pun sangat mudah. Anda hanya perlu menyiapkan 2 sendok teh garam, lalu melarutkannya ke dalam air matang hangat. Lalu, minum air garam tersebut sebelum makan.

Namun, cara ini tidak disarankan untuk penderita hipertensi.

Artikel Terkait:
Jenis-Jenis Healthcheck Yang Sebaiknya Anda Lakukan dan Parameternya
Jadwal Pola Hidup Sehat: 30 Hari Menuju Tubuh Sehat & Prima

#3. Konsumsi Yoghurt

Yoghurt mengandung probiotik yang dinilai menyehatkan buat usus. Diantara manfaat yoghurt ialah dapat membantu melancarkan pencernaan serta membersihkan usus besar.

Tapi kalau tidak suka yoghurt, Anda bisa menggantinya dengan alternatif lain, misalnya kimchi atau acar. Keduanya diketahui memiliki manfaat yang sama dalam hal pembersihan bakteri jahat di usus.

#4. Perbanyak Konsumsi Serat

Konsumsi serat termasuk salah satu cara membersihkan usus yang paling aman.

Semua orang tahu bahwa serat aman dikonsumsi serta memiliki manfaat untuk saluran cerna. Dengan mengonsumsi serat, Anda bukan hanya membersihkan usus yang kotor, tapi juga telah mendukung kesehatan bakteri baik di usus.

Untuk mendapatkan serat, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan, sayur, biji-bijian, kacang-kacangan, serta makanan organik lainnya.

Risiko Usus Kotor, Mulai dari Sembelit hingga Kanker

Risiko Penyakit Akibat Usus Kotor
Abai terhadap kesehatan dan kebersihan pencernaan bisa berakibat fatal.

Berbagai benda yang tidak terawat, maka akan cepat rusat. Demikian pula dengan usus.

Jika Anda memilih abai, maka Anda meningkatkan risiko penyakit kronis mematikan. Berikut ini adalah risiko penyakit yang disebabkan oleh usus kotor.

#1. Kegemukan

Tidak mempraktikkan salah satu cara membersihkan usus akan membuat Anda terlihat gemuk. Sebab, penumpukan plak lemak pada dinding usus tidak terminimalisir dengan baik.

#2. Sembelit Kronis

Usus kotor juga bisa menyebabkan sembelit kronis. Tumpukan kotoran membuat usus tidak dapat bekerja secara optimal. Hal ini pun berpotensi menimbulkan masalah pada sistem pembuangan. Hasilnya, feses pun tertahan lebih lama di perut.

#3. Kanker

Jika bakteri jahat dibiarkan berdiam di usus, maka hal ini bisa memicu pertumbuhan sel jahat dan menyebabkan kanker kolorektal.

Artikel Terkait:
9 Cara Menjaga Kesehatan Jantung agar Hidup Sehat Sampai Tua
Sudahkah Anda Tahu Apa Itu Proses Detoksifikasi?

Konsumsi Cold-pressed Juice agar Usus Bersih Bebas Penyakit

detoks-standar

Mengonsumsi jus atau cold-pressed juice yang terbuat dari campuran buah atau sayuran segar dapat meningkatkan kesehatan usus. Minuman ini biasanya mengandung vitamin, serat serta mineral dalam jumlah berlimpah yang dapat mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Apa perbedaan cold-pressed juice dan jus blender biasa? Kenapa Anda harus memilih cold-pressed juice untuk membersihkan usus?

Jus adalah minuman berbahan dasar buah atau sayuran yang diproses menggunakan blender. Cara ini biasanya menghasilkan panas (heat) lebih banyak dikarenakan pisau berputar dengan kecepatan tinggi.

Berbeda dari jus, cold-pressed juice adalah minuman yang terbuat dari buah atau sayuran yang diproses menggunakan slow-press juicer, sehingga panas (heat) yang dihasilkan lebih sedikit.

Dalam hal ini, panas memang menjadi variabel yang penting untuk diperhatikan. Sebab, makin banyak panas dihasilkan, semakin banyak enzim buah atau sayur yang terbuang atau rusak.

Baca Juga: 5 Cara Cold Pressed Juice Mencegah Kanker Kulit

Oleh sebab , cold-pressed juice dinilai lebih baik ketimbang jus. Karena, minuman ini tidak dibuat menggunakan blender yang menghasilkan panas, melainkan dengan mesin dengan tekanan tinggi.

IT’s Buah memproduksi cold-pressed juice khusus untuk membersihkan usus dan mengembalikan fungsi sistem percernaan dengan maksimal. Konsumen menyatakan bahwa berat badan mulai menurun dan tubuh terasa lebih segar dan ringan. Suasana hari mereka pun membaik setelah mengonsumsi cold-pressed juice secara rutin.

Hasil tersebut berhasil mereka peroleh karena usus yang bersih dan sistem pencernaan lancar.

Artikel Terkait:
Atasi Sariawan Dengan Cold Pressed Juice
Vitamin D Bisa Bantu Atasi Masalah Depresi?
Kamu Punya Maag? Wajib Perhatikan Hal Ini!


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *