Cara Mengobati Maag Kronis: 7 Metode Alami & Aman

Beri tahu teman-teman Anda

Mengobati maag kronis tidak bisa sembarangan. Dengan mengikuti petunjuk dokter, Anda bisa mengonsumsi obat-obatan yang disarankan. Berdasarkan sains, ada 7 cara mengobati maag kronis dengan bahan-bahan yang alami dan aman. Gunakan metode ini sebagai alternatif untuk menangani maag kronis.

Cara-Mengobati-Maag-Kronis-Secara-Alami
Mengobati maag kronis tidak bisa sembarangan, gunakan alternatif alami jika Anda alergi obat-obatan generik

Maag kronis adalah kondisi saat lambung mengalami peradangan yang cukup parah selama bertahun-tahun.

Berbeda dari maag akut, kondisi ini berlangsung secara perlahan. Rasa nyeri maag kronis pun terasa berbeda. Tidak intens seperti maag akut, nyeri yang ditunjukkan terasa lebih ringan.

Dikarenakan gejalanya tidak begitu mencolok, maka penderita sering menyepelekan penyakit ini. Alasannya mungkin bukan karena kurang peduli, melainkan memang karena penderita susah menyadari gejalanya.

Meski begitu, ada beberapa tanda-tanda yang patut diawasi, seperti mual atau muntah, sakit perut berulang, hilang selera makan, sering cegukan, dan muntah darah. Terkadang, gangguan lambung ini juga disertai dengan sensasi kembung, pencernaan tidak nyaman, dan rasa kenyang pada perut bagian atas.

Artikel Terkait:
5 Buah Pilihan Terbaik untuk Maag
Diet Sehat: Panduan Terlengkap untuk Tubuh Ideal Berenergi
Batasi Konsumsi Gula, Garam, dan Lemak dengan Rumus Jenius

Cara Mengobati Maag Kronis

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meringankan nyeri maag kronis. Jika Anda memutuskan untuk menyembuhkannya dengan obat, maka konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter agar Anda mendapat perawatan yang tepat.

Loading...

Namun, Anda juga bisa mencoba beberapa cara berikut untuk mereduksi asam pada lambung.

#1 Mengatasi Maag Kronis dengan Probiotik

Anda bisa mencoba makanan atau minuman probiotik untuk memperbaiki lapisan lambung. Makanan probiotik misalnya seperti tempe, kimchi, tapai, yoghurt dan sebagainya.

Kandungan bakteri baik di dalam makanan-makanan tersebut terbukti ampuh untuk mengisi kembali flora pencernaan. Selain itu, probiotik dapat membantu menyembuhkan tukak lambung yang kondisinya cukup parah.

#2 Jus Lidah Buaya

Cara berikutnya ialah menggunakan jus lidah buaya. Aloe vera sudah lama dikenal penggunannya dalam dunia medis. Tanaman ini dapat meredakan sensasi terbakar yang dirasakan oleh penderita maag.

Cukup mengolah gelnya menjadi jus, Anda sudah memperbaiki iritasi yang terjadi di dalam lambung. Selain itu, jus lidah buaya efektif mengobati efek terbakar pada bagian kerongkongan yang disebabkan oleh naiknya asam lambung.

Selain lidah buaya, buah dan sayuran segar juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati masalah lambung. Sajikan dalam bentuk jus atau potongan kecil-kecil agar tubuh mudah mencernanya.

Anda juga bisa membeli cold pressed juice yang terbuat dari gabungan beberapa buah dan sayuran. Minuman ini bersifat RTD (ready to drink) sehingga bisa langsung dinikmati.

#3 Permen Karet

Tahukah Anda kalau mengunyah permen karet dapat mendorong produksi saliva di mulut? Menariknya, hal ini juga berpengaruh pada pembersihan asam di area mulut.


Bertambahnya produksi air liur ini akan mengubah pH mulut menjadi basa dan membuat Anda lebih sering menelan. Dengan begitu, asam lambung menjadi netral pada saat naik ke kerongkongan sehingga tidak menyebabkan iritasi pada area tersebut.

#4 Obati Maag Kronis dengan Chamomile Tea

Teh chamomile yang bersifat soothing ternyata bisa meringankan nyeri maag yang Anda alami. Meski begitu, konsumsi teh chamomile tidak bisa dilakukan serampangan. Pasalnya, minuman ini mengandung bahan antikoagulan yang bisa menimbulkan resiko pendarahan apabila diminum bersama obat pengencer darah.

#5 Pola Diet Anti-Inflamasi

Maag kronis kerap diasosiasikan dengan inflamasi pada lapisan mukosa. Karena itu, Anda bisa mengikuti diet anti-inflamasi untuk mengurangi potensi kerusakan yang lebih parah.

Diet ini melibatkan makanan sehat seperti buah, sayur, daging, dan protein nabati maupun hewani. Anda disarankan untuk menghindari makanan olahan (processed food) dan makanan yang mengandung asam, gluten, ataupun makanan yang terlalu pedas serta terlalu manis.

#6 Minyak Esensial (Essential Oils)

Beberapa minyak esensial seperti minyak sereh, jahe, dan lemon verbena ternyata dapat membantu memperkuat ketahanan terhadap H.pylori.  Untuk mengaplikasikan cara ini, Anda perlu konsultasi kepada dokter terlebih dahulu.

#7 Antasida

Untuk mereduksi asam lambung, Anda bisa menggunakan penetral asam. Antasida misalnya. Obat ini dapat meredakan sakit maag dengan cepat. Namun, beberapa antasida mungkin akan menimbulkan efek samping seperti diare atau sembelit.

Antasid tersedia dalam beberapa bentuk, diantaranya cair, tablet, tablet kunyah, bubuk, dan wafer. Ada baiknya Anda membaca petunjuk yang tertera pada kemasan obat sebelum mengonsumsinya.

Itulah beberapa cara mengobati maag kronis yang mudah dan tidak membahayakan. Untuk mengetahui cara terbaik mengobati masalah lambung, sebaiknya Anda mengidentifikasi pemicunya terlebih dahulu. Berikut beberapa penyebab maag menurut jenis-jenisnya.

Artikel Terkait:
5 Obat Maag untuk Ibu Menyusui dari Bahan Alami
4 Alternatif Obat Maag untuk Ibu Hamil

Penyebab Maag Kronis & Berbagai Tipe Maag

Pada umumnya, maag terjadi akibat lapisan pelindung lambung mengalami peradangan. Dengan demikian, lapisan lambung akan menipis atau  menjadi rusak. Hal ini disebabkan oleh cairan pencernaan, juga cawe – cawe faktor lainnya. Berikut beberapa penyebab yang mempercepat proses kerusakan tersebut :

#1. Maag kronis tipe A : Sistem Imun

Gangguan lambung yang disebabkan oleh lemahnya sistem imun ini kerap disebut maag kronis tipe A. Pada jenis ini, maag dapat memperbesar resiko anemia, kekurangan vitamin, dan kanker.

#2. Maag kronis tipe B : Bakteri H.pylori

Penyebab berikutnya ialah infeksi bakteri H.pylori. Aktivitas bakteri ini akan memicu maag kronis tipe B. Tetatpi tidak menutup kemungkinan bahwa bakteri ini dapat menyebabkan  gangguan pada usus.

#3. Maag kronis tipe C : Iritasi bahan kimia

Jika penyebab maag yang Anda alami adalah iritasi bahan kimia, maka kemungkinan Anda menderita maag kronis tipe C. Iritasi ini bisa terjadi karena cairan empedu maupun faktor eksternal (seperti obat-obatan,  alkohol, dan lain sebagainya). Bila terus dibiarkan, hal ini dapat berujung pada erosi lapisan perut dan pendarahan.

Sekarang Anda sudah tahu apa saja penyebab maag kronis. Jika keluhannya berulang, maka atasi dengan 7 cara di atas.

Artikel Terkait:
6 Makanan Pedera Maag & GERD
Pola Diet Terbaik untuk Penderita Sakit Maag Kronis
Bayam sebagai Sumber Pengobatan Sakit Maag


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *