Siapa yang tidak pernah mendengar kata hipertensi? Ya, artinya tekanan darah tinggi.

Tapi siapa yang benar-benar sadar bahwa kita bisa saja mempunyai gejala hipertensi, tanpa di sadari.

Anda kira cuma lelah biasa habis bekerja? Kepala sakit dikira migrain? Nyeri di dada dikira sakit hati? Atau sulit bernapas, jantung berdebar tidak teratur dan urat leher berkedut dikira jatuh cinta?

Kalau gejala tersebut datangnya berbarengan atau berdekatan, segera cek tekanan darah anda. Karena apabila tekanannya mencapai 130/80 mmHg, itu hipertensi! Bukan jatuh hati di puber kedua!

Hipertensi termasuk penyakit yang berbahaya, tetapi tidak selalu disadari keberadaannya, oleh karena itu dia disebut The Silent Killer; penyakit yang diam-diam membunuh.

Kondisi tekanan darah tinggi menyebabkan jantung bekerja lebih keras dari biasanya. Fungsi jantung sebagai pompa darah bertekanan tinggi (seperti hidrolik) mungkin terganggu karena banyak sumbatan di pembuluh darah atau darah menjadi lebih kental; keduanya bisa menyebabkan jantung ‘macet’ dan berhenti bekerja kalau tidak ditangani dengan segera.

Untuk mencegah itu, sebenarnya kita bisa melakukan beberapa hal, yang membuat tekanan darah kita terkontrol dan tetap lebih rendah di batas normal.

1. Jaga Pola Makan.

Kebiasaan hidup sehat tidak pernah merugikan, kecuali mungkin sedikit membosankan. Tapi menjaga pola makan adalah hal yang paling dasar dan paling perlu anda segera terapkan karena inilah yang membuat hidup anda berumur lebih panjang, bisa menikmati hari tua dengan tetap aktif beraktivitas dan bermain bersama keluarga.

Dimulai dari membatasi konsumsi gula kurang dari 50 gram per hari atau kurang dari 4 sendok makan per hari. Kemudian, batasi konsumsi garam menjadi kurang dari 5 gram per hari atau 1 sendok teh per hari. Pada saat memasak gunakan garam sedikit saja dan batasi konsumsi makanan cepat saji serta makanan olahan.

Apabila anda bekerja di kantor, bawa bekal dar rumah atau siapkan camilan sehat. Pola makan seimbang ditandai pilihan menu yang kaya sayur, buah, kacang-kacangan, protein, dan produk susu dengan lemak rendah.

 

Anda pun bisa memilih diet yang anda suka untuk menjaga pola makan agar selalu sehat dan berat badan pun jadi ideal. Hal ini sangat penting untuk dilakukan. Ketika berat badan ideal maka hampir bisa dipastikan tak ada jumlah lemak yang berlebihan di dalam tubuh. Kondisi tersebut akan sangat meminimalisir tekanan darah naik tak terkendali.

2. Olahraga Teratur.

Tidak ada aktifitas yang lebih membuat sehat daripada olahraga, workout, fitness dan aktifitias fisik lainnya. Makan dan olah raga ibarat yin dan yang, saling menyeimbangkan.

Ada kalanya, anda rajin menjaga makanan, tapi malas berolahraga, atau sebaliknya. Tentu saja yang terbaik adalah konsisten menjaga keduanya untuk dapatkan hasil yang paripurna.

Jangan pernah beralasan kalau anda tidak punya waktu, karena olahraga sebenarnya sangat mudah dilakukan. Misalnya saat bertemu dengan teman, mengobrolah sambil jalan-jalan di taman atau keliling komplek. Kita juga bisa naik ke ruang kelas atau kantor lewat tangga, bukan eskalator atau lift. Ketika jalan-jalan di mal, jangan hanya diam di eskalator. Panjat tangganya seolah naik tangga biasa.

Olahraga yang cukup serius bisa dilaksanakan dilaksanakan 3-4 kali dalam seminggu selama sekitar 30 menit. Jenis olahraga yang dipilih bisa yang paling sederhana, misal jalan kaki.

Selain kardio, jenis olahraga lain yang bisa dipilih adalah latihan fleksibilitas dan kekuatan (strength training). Rutin olahraga tak hanya menekan risiko hipertensi, tapi juga mempertahankan berat badan dan mengurangi stres.

3. Jangan Stres Berlebihan.

Hidup tanpa tantangan adalah hidup yang kurang asyik buat di jalani. Tantangan atau stres bisa datang dari pekerjaan, bisnis ataupun kejadian sehari-hari.

Tetapi, stres yang terlalu berat akan mempersempit pembuluh darah dan menyebabkan tekanan darah naik, meskipun hanya sementara. Stres yang berlebihan juga bisa memicu beragam kebiasaan tidak sehat penyebab hipertensi. Misalnya makan kebanyakan, begadang, kecanduan rokok, atau minum minuman alkohol berlebihan.

Karena itu, kelola stres sebaik mungkin. Misalnya dengan berolahraga, curhat ke sahabat terdekat, liburan sejenak, atau menenangkan pikiran dengan teknik pernapasan dalam.

Memang, menjaga level stres agar tidak menjadi pemicu hipertensi adalah sebuah seni tersendiri. Saya menyarankan anda mulai belajar filsafat Stoik untuk memahami cara mengontrol diri dan pikiran agar tidak mudah terbawa emosi.

Sebenarnya, masih banyak hal yang bisa dilakukan untuk mencegah agar diri anda terbebas dari hipertensi dan tekanan darah tinggi. Namun, tiga hal di atas adalah yang paling mudah dilakukan, namun juga paling sering dilupakan.

Untuk anda yang ingin ikut sesi IG Live Session bersama dokter muda dan cantik RA. Adaniggar, silahkan daftar karena anda nanti bisa bertanya dengan lebih detail lagi tentang cara mencegah dan mengobati hipertensi tanpa tergantung terus oleh obat dokter selamanya.

IG Live Session: Waspada! Kenali Hipertensi Anggota Geng The Silent Killer yang Jago Sembunyi!

POSTER EVENT (1)

Anda bisa memberikan pertanyaan langsung kepada nara sumber dan tentang semua hal yang berkaitan dengan hipertensi dan tekanan darah tinggi.

Terlebih lagi, Anda bisa mendapatkan rekaman materi IG Live Session ini bila mendaftarkan diri di form di bawah ini:

Loading...

Ikuti dan dapatkan 1 Paket Cold Pressed Juice GRATIS dari IT's Buah untuk pertanyaan terbaik yang terpilih oleh nara sumber.

WhatsApp Konsultasi ke CS