Cari Tahu Makanan Pemicu Jerawat : Do’s and Don’ts

Beri tahu teman-teman Anda

Korelasi antara makan dan jerawat bisa jadi boomerang bagi mereka yang tidak tahu. Makanan bisa menjadi pemicu jerawat bahkan pencegah timbulnya jerawat itu sendiri. Sebuah studi di Australia,  dilakukan oleh Dr Neil Mann dari Univeritas MRIT, cukup menjadi bukti bahwasanya diet yang tepat pada remaja dapat mengurangi munculnya jerawat. Penuruan yang terjadi berkisar di angka 50% dalam kurun waktu 3 bulan.

Tubuh akan melakukan tindakan alami berupa penolakan jika merasa tidak ‘senang’ dengan makanan yang kita konsumsi. Penolakan ini akan terlihat jelas di luar tubuhmu layaknya peradangan. Salah satunya, munculnya jerawat di muka. Dan sekarang, yuk cari tahu makanan pemicu jerawat, agar kamu bisa lebih berhati-hati dan bijak dalam mengkonsumsi makanan

Gula adalah satu sumber makanan pemicu jerawat

Cari Tahu Makanan Pemicu Jerawat : Do’s and Don’ts

Gula adalah bentuk lain dari karbohidrat sederhana. Kamu bisa menemukan gula di cake atau cookies hingga minuman kemasan. Ya, layaknya makanan yang sering kamu konsusmi tiap harinya, bukan?. Perlu digaris bawahi lagi, gula juga termasuk ke dalam makanan dengan indeks glikemik tinggi. Artinya, ia dapat diserap oleh tubuh secara cepat dan mampu meningkatkan kadar gula berlebih dalam tubuh. Mekanisme singkatnya seperti ini :

  • Gula yang masuk dalam tubuh akan berubah secara cepat menjadi glukosa. 
  • Glukosa berperan sebagai pemicu kenaikan kadar insulin dalam tubuh
  • Insulin bertugas sebagai hormone pengatur gula darah tubuh
  • Jika insulin diproduksi secara berlebih akan mengawali terbentuknya peradangan ke seluruh tubuh. Salah satunya adalah jerawat

Lantas bagaimana cara mengatasinya ?

  • Ganti Karbohidrat Sederhana dengan Karbohidrat Kompleks

Ubah pola cemilan yang biasanya sering mengkonsumsi makanan olahan seperti cake menjadi makanan utuh dan yang berasal dari pangan alami. Makanan yang berasal dari golongan karbohidrat kompleks cenderung memiliki nilai indeks glikemik yang lebih rendah. Sehingga cocok untuk dijadikan diet. Studi yang telah disebutkan sebelumnya membuktikan bahwasanya diet makanan dengan nilai glikemik rendah seperti : roti gandum utuh dan kacang panggang dapat mengurangi inflamasi pada muka seperti jerawat.

Atau bisa mencoba rekomendasi cemilan lain seperti rice cake, chiaseed puding, hingga popcorn tanpa tambahan gula dan garam. Karbohidrat kompleks tersusun dari pati dan serat. Sehingga, saat di breakdown di dalam tubuh, butuh waktu dan memberikan efek kenyang yang lebih lama. Cocok jika kamu sedang menjalani diet defisit kalori.

Loading...

  • Atur takaran dan pilih yang alami

Diasumsikan bahwa konsumsi gula harianmu adalah dua sendok per hari. Untuk mengurangi efek dari timbul jerawat akibat gula, kamu bisa mengurangi satu sendok dan memilih alternatif lain. Kamu bisa menggantinya dengan gula alami seperti madu hingga stevia.

 

Susu adalah salah satu sumber makanan pemicu jerawat

Cari Tahu Makanan Pemicu Jerawat : Do’s and Don’ts

Susu merupakan makanan yang padat hormon. Balita yang diberi asupan susu, akan mendapat support dari hormone pertumbuhan. Petani sapi juga memberikan hormone tambahan untuk menstimulus sapi dalam menghasilkan susu yang berlimpah. Sehingga, kamu bisa menemukan kira-kira ada 60 tipe hormone yang berbeda dalam segelas susu yang kamu minum. Seperti : hormon insulin, progesteron dan testosteron. Namun,pada umumnya susu sangat kaya akan hormone IGF-1

IGF-1 adalah hormon pertumbuhan yang akan mencapai puncaknya saat kita remaja. IGF-1 dapat menyebabkan peradangan pada tubuh kita. Seperti timbulnya jerawat. Ia akan berekasi dengan hormone testosteron yang ada dalam tubuh. Jika kamu adalah wanita dan merasa hanya pria yang memilikinya, itu adalah kesalahan besar. Karena wanita masih memiliki testosteron namun dalam jumlah yang lebih sedikit.

Berpikiran untuk mengganti susu dengan susu skim?  Tapi, yang harus kamu ketahui bahwasanya  susu skim mengandung protein seperti whey dan casein. Kedua protein itu menghasilkan hormone yang masih sama dengan IGF-1. Sehingga di kebanyakan kasus atlet dan orang yang sedang mengkonsumsi whey supplement, rentan akan masalah jerawat yang parah. Diakibatkan terpacunya produksi insulin dan kelenjar minyak di dalam tubuh.

Baca juga : 3 Cara Alami Membuat Kulit Menjadi Lebih Halus

Lantas bagaimana alternatifnya?

Hindari dairy product

Coba, batasi konsumsi produk olahan susu seperti : keju, es krim, krim dan butter.  Ganti dengan produk non-dairy seperti minuman sari dari kacang kacangan : almond dan macadamia hingga susu oat.

Makanan yang baik dikonsumsi

Cari Tahu Makanan Pemicu Jerawat : Do’s and Don’ts

Jika tadi sudah dibahas mengenai makanan pemicu jerawat. Maka, beberapa contoh makanan dibawah ini adalah makanan yang baik dikonsumsi untuk mencegah timbulnya jerawat seperti :

1. Omega-3

Omega-3 dapat membantu melawan IGF-1, yaitu hormon yang dapat menimbulkan peradangan. Kamu bisa menemukannya di chia seed atau salmon.

2. Antioksidan

Antioksidan terkenal dengan julukan anti inflamasi atau peradangan. Antioksidan banyak ditemukan di dalam : kacang-kacangan, berry dan sayuran hijau.

3. Probiotik

Makanan yang kaya akan probiotik dapat membantu meningkatkan kesehatan usus. Hal ini berkaitan dengan pencegahan peradangan pada tubuh seperti jerawat. Temukan banyak probiotik pada makanan seperti : kimchi, kombucha dan acar,

4. Mikronutrient

Makanan kaya akan mikronutrient seperti vitamin A, D, E dan Zn dianggap penting, dikarenakan mickonutrient mampu membantu kulit dalam mengembangkan sistem imun yang sehat.  Seperti :

  • Vitamin A : kentang, wortel dan labu, 
  • Vitamin D : tuna, salmon, kuning telur, dan mackerel
  • Vitamin E : almond, bayam, alpukat dan brokoli
  • Zink : kacang, alpukat dan berry

Tes kepekaan kulitmu akan makanan yang telah disebutkan diatas . Atau, bila perlu hubungi dermatologist untuk konsultasi masalah pada jerawatmu . Natural and raw is better to you, cause you are what you eat.

Sumber :

  1. Youtube Channel : Beauty Within : Skincare Mistake That Cause Acne, Breakout and Inflammation : Sugar & Dairy
  2. The Australian Women’s Weekly : The Teenage Anti-acne Diet ,Scientifically Proven Higher Protein-Low GI Eating
  3. https://www.health.harvard.edu/diseases-and-conditions/glycemic-index-and-glycemic-load-for-100-foods
  4. https://www.independent.co.uk/life-style/acne-foods-spots-breakout-bad-worse-pimples-dairy-sugar-dermatologist-a9146466.html
  5. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4884775/

Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *