Catatan Ahli Gizi: Hindari Makanan dan Minuman Ini Bagi Penderita Hipertensi

Beri tahu teman-teman Anda

Belum banyak yang tahu pasti makanan apa yang tidak dianjurkan untuk penderita Hipertensi. Simak catatan dari ahli gizi disini mengenai makanan dan minuman yang perlu dihindari untuk penderita hipertensi.

Catatan Ahli Gizi: Hindari Makanan dan Minuman Ini Bagi Penderita Hipertensi
Makanan dan minuman yang perlu dihindari bagi penderita Hipertensi yang wajib kamu tahu

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang sangat umum diderita oleh orang lanjut usia. Namun belum banyak yang tahu pasti apa yang boleh dimakan dan tidak dianjurkan untuk penderitanya. Meskipun tahu ternyata banyak yang salah kaprah juga seputar anjurannya. Diet dapat berdampak besar pada tekanan darah. Makanan asin dan bergula, serta makanan tinggi lemak jenuh, dapat meningkatkan tekanan darah. Menghindarinya dapat membantu mendapatkan dan mempertahankan tekanan darah yang sehat.

Jika memiliki tekanan darah tinggi, American Heart Association merekomendasikan untuk makan banyak buah, sayuran, protein tanpa lemak, dan biji-bijian. Pada saat yang sama, mereka merekomendasikan untuk menghindari daging merah, garam (natrium), serta makanan dan minuman yang mengandung gula tambahan. Makanan ini bisa membuat tekanan darah tetap tinggi. Tekanan darah tinggi, atau hipertensi, mempengaruhi sekitar 55% warga Indonesia. Hipertensi dapat menyebabkan gangguan kesehatan dari waktu ke waktu, termasuk penyakit jantung dan stroke.

Mencari tahu makanan terbaik untuk dimakan saat menderita hipertensi bisa jadi bukan hal mudah. Karena tujuan utama adalah mengontrol tekanan darah, memang cukup sulit. Namun, penting juga untuk mengonsumsi makanan yang membantu mencegah komplikasi lanjutan seperti penyakit seperti stroke. Pola makan yang tepat dapat memiliki peran utama dalam mencegah dan mengelola diabetes. Artikel ini membahas makanan apa yang harus dihindari atau dibatasi jika memiliki tekanan darah tinggi, bersama dengan ide untuk pola makan yang sehat untuk jantung. Berikut makanan dan minuman yang dianjurkan juga perlu dihindari bagi penderita hipertensi dilansir dari Ahli Gizi IT’s Buah:

1. Garam

Garam, atau khususnya natrium dalam garam, adalah kontributor utama untuk tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Ini karena bagaimana hal itu mempengaruhi keseimbangan cairan dalam darah. Garam meja mengandung sekitar 40% natrium. AHA merekomendasikan untuk mengonsumsi tidak lebih dari 2.300 miligram (mg) natrium – setara dengan 1 sendok teh garam – setiap hari.

Sebagian besar natrium dalam makanan Indonesia berasal dari makanan kemasan dan olahan, bukan dari apa yang tambahkan saat makan. Sodium mungkin tersembunyi di tempat yang tidak terduga. Makanan berikut, yang dikenal sebagai 5 hidden natrium adalah kontributor utama asupan garam harian orang:

  • Roti isi dan roti gulung
  • Pizza
  • Sandwich/burger
  • Frozen meet dan daging yang diawetkan
  • Sup yang menggunakan banyak penyedap bukan kaldu
Catatan Ahli Gizi: Hindari Makanan dan Minuman Ini Bagi Penderita Hipertensi
Pizza dan kebab beku (setengah jadi) memiliki kandungan natrium yang lebih tinggi

2. Pizza dan kebab beku (setengah jadi)

Kombinasi bahan-bahan dalam pizza beku berarti tinggi gula, lemak jenuh, dan natrium. Pizza beku memiliki kadar natrium yang sangat tinggi. Keju sering kali mengandung natrium tinggi, hanya dengan dua potong keju yang mengandung 512 mg sodium. Ini biasanya dikombinasikan dengan adonan dan kerak pizza yang asin atau manis, daging yang diawetkan, dan saus tomat.

Loading...

Untuk mempertahankan rasa pada pizza setelah dimasak, produsen sering kali menambahkan banyak garam. Satu pizza pepperoni 12 inci, dimasak dari beku, mengandung 3.140 mg Sumber Terpercaya natrium, yang jauh di atas batas harian 2.300 mg. Sebagai gantinya, cobalah membuat pizza yang menyehatkan di rumah, dengan menggunakan adonan buatan sendiri, keju rendah sodium, dan sayuran favorit sebagai topping.

3. Acar

Mengawetkan makanan apa pun membutuhkan garam. Ini menghentikan makanan agar tidak membusuk dan membuatnya bisa dimakan lebih lama. Semakin lama sayuran berada dalam pengalengan dan mengawetkan cairan, semakin banyak natrium yang terserap kedalam daging buahnya.

Satu ketimun acar kecil mengandung 447 mg sodium.Namun banyak yang mengatakan, acar yang kandungan natrium yang dikurangi juga sudah tersedia. Hmm, apakah Sahabat Sehat pernah menemukannya?

4. Makanan kalengan

Godaan makanan kalengan itu sederhana dan mudah disiapkan, terutama saat kehabisan waktu, merasa tidak enak badan ataupun malas. Namun, sup dan makanan kalengan lain mengandung banyak natrium. Kaldu dan kaldu kalengan dan kemasan mungkin mengandung jumlah yang sama. Ini berarti mereka dapat meningkatkan tekanan darah. Satu kaleng sup tomat mengandung 1.110 mg sodium, sedangkan sekaleng sup ayam dan sayur mengandung 2.140 mg.

Cobalah memilih sup rendah natrium atau rendah natrium, atau buat sup sendiri di rumah dari bahan-bahan segar dan andalkan kaldu, bukan penyedap rasa. Sebuah studi yang melibatkan 77 orang dewasa dengan obesitas atau kelebihan berat badan dan didiagnosis dengan diabetes tipe 2 menemukan bahwa konsumsi biji chia mendukung penurunan berat badan dan membantu menjaga kontrol glikemik yang baik. Selain itu, biji chia telah terbukti membantu mengurangi tekanan darah dan penanda inflamasi. Biji chia mengandung serat dalam jumlah tinggi, yang dapat membantu menurunkan berat badan. Mereka juga membantu menjaga kadar glukosa darah.

Catatan Ahli Gizi: Hindari Makanan dan Minuman Ini Bagi Penderita Hipertensi
Makanan kalengan perlu dihindari penderita hipertensi karena mengandung banyak sodium

5. Gula

Gula dapat meningkatkan tekanan darah dengan beberapa cara loh. Penelitian menunjukkan bahwa gula, terutama minuman yang dimaniskan dengan gula seperti banyaknya minuman kekiniian saat ini berkontribusi pada penambahan berat badan pada orang dewasa dan anak-anak. Kelebihan berat badan dan obesitas mempengaruhi orang- orang untuk tekanan darah tinggi. Lirik saja seberapa banyak outlet kopi kekinian, boba hingga dessert box. Bukankah sangat menggoda?

Gula tambahan juga mungkin memiliki efek langsung pada peningkatan tekanan darah, menurut ulasan 2014. Satu studi pada wanita dengan tekanan darah tinggi melaporkan bahwa penurunan gula sebesar 2,3 sendok teh dapat menyebabkan penurunan sistolik 8,4 mmHg dan penurunan tekanan darah diastolik 3,7 mmHg.

AHA merekomendasikan batas gula tambahan harian berikut:


  • 6 sendok teh, atau 25 gram, untuk wanita
  • 9 sendok teh, atau 36 gram, untuk pria

KEMENKES pun demikian, telah membatasi konsumsi gula sehari (total dengan gula tambahannya juga) sebanyak 4 sdm/hari.

6. Alkohol

Minum terlalu banyak alkohol dapat meningkatkan tekanan darah. Jika Sahabat Sehat memiliki tekanan darah tinggi, dokter dan ahli gizi pasti menyarankan untuk mengurangi jumlah alkohol yang diminum.

Pada orang yang tidak menderita hipertensi, membatasi asupan alkohol dapat membantu mengurangi risiko tekanan darah tinggi. Alkohol juga dapat mencegah obat tekanan darah apa pun yang konsumsi bekerja secara efektif melalui interaksi obat. Selain itu, banyak minuman beralkohol yang tinggi gula dan kalori. Minum alkohol dapat berkontribusi pada kelebihan berat badan dan obesitas, yang dapat meningkatkan risiko hipertensi.

Jika sahabat sehat rutin meminum alkohol, AHA merekomendasikan untuk membatasi asupan alkohol menjadi dua minuman per hari untuk pria dan satu minuman per hari untuk wanita. Jika mengurangi alkohol sulit, konsultasikan dengan Ahli Gizi kami untuk meminta nasihat.

Apa diet terbaik untuk penderita tekanan darah tinggi?

Mengikuti diet jantung sehat dapat secara aktif menurunkan tekanan darah, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Makanan yang mengandung kalium dapat dengan cepat menurunkan tekanan darah, karena kalium mengimbangi efek natrium.

Makanan yang mengandung nitrat juga dapat menurunkan tekanan darah, termasuk bit dan jus delima. Makanan ini juga mengandung komponen menyehatkan kesehatan lainnya, termasuk antioksidan dan serat.

AHA merekomendasikan mengikuti diet DASH untuk membantu mengelola tekanan darah. DASH adalah singkatan dari pendekatan diet untuk menghentikan hipertensi. Diet ini melibatkan makan banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian, produk susu rendah lemak, dan protein tanpa lemak untuk membantu menurunkan tekanan darah dan menjaga tingkat kesehatan. Saat memilih makanan kaleng atau olahan, pilih opsi rendah natrium, tanpa natrium, atau bebas lemak trans.

Sahabat Sehat, diet itu dapat berdampak besar pada tekanan darah. Makanan tinggi garam, gula, dan lemak jenuh atau trans dapat meningkatkan tekanan darah dan merusak kesehatan jantung. Dengan menghindari makanan ini, bisa menjaga tekanan darah tetap terkendali. Pola makan yang penuh buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein tanpa lemak dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Sudah coba katering juice IT’s Buah?

Konsultasikan masalah pola makan dan pencernaan Anda pada Ahli Gizi IT’s Buah, GRATIS hanya minggu ini!

Konsultasi Detoks

Referensi :

  • Chiu S, et al. (2016). Comparison of the DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) diet and a higher-fat DASH diet on blood pressure and lipids and lipoproteins: a randomized controlled trial. DOI: 10.3945/ajcn.115.123281
  • Chiu S, et al. (2017). Effects of a very high saturated fat diet on LDL particles in adults with atherogenic dyslipidemia: A randomized controlled trial. DOI: 10.1371/journal.pone.0170664
  • Facts about hypertension. (2020). cdc.gov/bloodpressure/facts.htm
  • Farquhar WB, et al. (2016). Dietary sodium and health: More than just blood pressure. DOI: 10.1016/j.jacc.2014.12.039
  • Filippi T, et al. (2017). The effect of potassium supplementation on blood pressure in hypertensive subjects: A systematic review and meta-analysis. DOI: 10.1016/j.ijcard.2016.12.048
  • Frankfurter, meat. (2019). fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/172968/nutrients
  • He FJ, et al. (2014). Salt and sugar: Their effects on blood pressure. DOI: 10.1007/s00424-014-1677-x

Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *