6 Ciri Asam Lambung Naik & Cara Tepat Mengatasi

Beri tahu teman-teman Anda

Tak yakin apakah Anda memiliki asam lambung? Penyakit ini ternyata cukup umum dialami oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, bahkan kaum muda. Kenali ciri-ciri asam lambung naik dan segera ambil langkah tepat untuk meredakan gejala.

Ciri Asam Lambung Naik
Kenali ciri-ciri asam lambung naik agar Anda bisa segera atasi gejalanya.

Selama pandemi ini, keluhan asam lambung semakin meningkat, lho. Ditengarai penyebabnya adalah rasa stress. Nah, apakah Anda juga memperhatikan hal ini? Atau, Anda justru mengalaminya sendiri?

Semakin dini suatu penyakit terdeteksi, semakin cepat pula pertolongan dapat diberikan. Maka dari itu, Anda perlu memperoleh informasi yang lengkap untuk meminimalisir potensi penyakit berlanjut ke tahap yang lebih parah atau kronis.

Tidak yakin apakah Anda memiliki asam lambung?

Coba perhatikan ciri-ciri asam lambung naik berikut ini agar Anda mudah memilih perawatan yang tepat serta dapat membantu orang – orang di sekitar Anda.

Apa Itu Asam Lambung?

Asam lambung merupakan cairan alami yang tersusun atas asam klorida. Cairan ini berada di lambung. Fungsinya ialah sebagai pemecah zat-zat makanan untuk mempermudah penyerapan nutrisi dalam tubuh.

Cairan ini juga berperan dalam mencegah mikroorganisme masuk lebih jauh ke dalam usus.

Penting sekali, bukan?

Artikel Terkait:
8 Makanan untuk Sakit Maag & Minuman Anti Asam Lambung
Buah Untuk Sakit Maag: 5 Pilihan Terbaik

Ciri-ciri Asam Lambung Naik

Asam Lambung Naik Bisa Berakibat Fatal
Jangan abaikan gejala asam lambung naik.

Pada umumnya, ciri-ciri asam lambung naik diawali dengan nyeri atau rasa tidak nyaman di bagian perut atas (ulu hati), terutama ketika sedang menarik nafas dalam. Kemudian, disusul dengan sensasi panas atau terbakar di dalam perut.

Seiring meningkatnya level keparahan, Anda bisa mengalami mual serta kembung. Selera makan juga ikut menurun drastis, sehingga Anda kurang bersemangat menyantap makanan.

Terdapat pula gejala lain yang bisa muncul sebelum kondisi mencapai klimaks, salah satunya muncul rasa asam di bagian pangkal mulut.

Berikut info lebih detail mengenai ciri-ciri asam lambung naik:

Artikel Terkait:
Obat Maag untuk Ibu Hamil: 4 Alternatif Alami & Sehat
5 Obat Maag untuk Ibu Menyusui dari Bahan Alami
6 Makanan Pereda Maag & GERD

#1. Heartburn

Heartburn merupakan ciri – ciri asam lambung naik yang cukup umum. Gejala ini banyak dialami penderita GERD atau maag.

Heartburn terjadi ketika klep saluran pencernaan tidak berfungsi optimal sehingga menyebabkan asam lambung bisa dengan mudah naik ke kerongkongan. Tingkat keparahan heartburn ini bermacam – macam, mulai dari ringan, sedang, hingga menyakitkan.

#2. Rasa asam atau pahit di bagian pangkal mulut

Merasakan asam atau pahit di area mulut ? Itu adalah salah satu ciri – ciri asam lambung naik yang patut Anda waspadai.

Gejala ini tidak hanya membuat Anda merasa mual, namun juga sakit karena sering diikuti dengan sensasi panas mirip terbakar di bagian mulut serta kerongkongan. Ini tentu berbahaya apabila tidak ditangani dengan cepat.

#3. Regurgitasi

Pernah dengar istilah ini sebelumnya?

Regurgitasi merupakan perasaan yang Anda alami ketika seolah ada cairan, makanan, atau asam lambung yang bergerak naik ke kerongkongan. Perasaan ini bisa menyebabkan Anda mual, atau bahkan muntah. Pada bayi dan anak-anak, gejala ini biasa terjadi dengan frekuensi berulang.

Artikel Terkait:
Pola Diet Untuk Penderita Sakit Maag Kronis Yang Aman
Bayam Sebagai Sumber Pengobatan Sakit Maag

#4. Dispepsia

Ciri-ciriciri asam lambung naik lainnya yang mesti diperhatikan ialah dispepsia. Ini adalah gangguan pencernaan yang menyebabkan rasa tidak nyaman di bagian tengah atau bagian atas perut.

Penderita masalah ini biasanya mengalami mual, mulas, sakit perut, kembung atau begah, sering sendawa, hingga muntah.

#5. Tenggorokan Tidak Nyaman

Ciri-ciri asam lambung naik yang satu ini juga tak bisa disepelekan, yaitu radang tenggorokan.

Ketika cairan asam lambung sampai di kerongkongan, hal ini dapat mengakibatkan iritasi pada tenggorokan. Akhirnya, Anda pun merasa tidak nyaman dan sulit menelan. Seringkali, kondisi ini juga menyebabkan suara serak serta muncul benjolan di dalam tenggorokan.

#6. Batuk Kering

Batuk kering adalah ciri-ciri asam lambung naik yang cukup khas. Kondisi ini biasanya dipicu oleh iritasi di bagian tenggorokan akibat naiknya asam klorida.

Biasanya, Anda akan mengalami batuk berulang dan ini adalah reaksi alami tubuh yang berusaha membersihkan tenggorokan dari zat asing, termasuk asam lambung.

Kalau sudah begini, Anda perlu mengatasinya dengan minum obat maag. Tetapi kalau belum parah, sebaiknya hindari hal – hal yang dapat memicu gejala asam lambung tersebut.

Langkah Tepat untuk Cegah Asam Lambung Naik

GERD dan Maag
Asam lambung yang dibiarkan dapat memperparah kondisi kesehatan dan berakhir dengan GERD.

Anda bisa mencegah asam lambung naik dengan penyesuaian gaya hidup dan pola makan. Kemunculan ciri-ciri asam lambung juga dapat dihambat dengan menjauhi kebiasaan buruk, sepeti makan terlalu cepat, makan dalam porsi besar, berbaring setelah makan, dan lain sebagainya.

Penting juga bagi Anda untuk memilah makanan dan minuman yang hendak dikonsumsi. Hindari makanan dengan rasa asam maupun pedas, cokelat, kopi, tomat dan mint. Selain itu, jangan makan terlalu dekat dengan jam tidur.

Hentikan pula kebiasaan mengonsumsi alkohol karena dapat memicu dan memperburuk naiknya asam lambung. Obat-obatan seperti calcium channel, blocker, nitrat, dan beta-adrenergik juga sebaiknya dihindari.

Agar pencernaan tetap sehat, Anda perlu rutin mengonsumsi buah dan sayuran. Tenang, jika Anda kurang berselera, Anda bisa memilih cold-pressed juice sebagai alternatifMinuman ini memiliki rasa yang lezat, kandungan nutrisinya juga berlimpah.

Cold-pressed juice terbuat dari buah dan sayuran pillihan yang diproses dengan teknologi cold-pressed. Karenanya, minuman ini lebih baik daripada jus biasa. Anda pun dapat mengonsumsinya setiap hari untuk menjaga kesehatan lambung.

Artikel Terkait:
GERD: Tanda, Gejala, dan 6 Cara Atasi Secara Alami
Kamu Punya Maag? Wajib Perhatikan Hal Ini!

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik
Cara cepat, tepat, dan akurat dalam mengatasi asam lambung naik.

Anda mesti cermat mendeteksi ciri-ciri asam lambung naik. Jika sudah terasa parah, maka Anda perlu segera mencari perawatan medis. Adapun beberapa pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan adalah :

#1. Bebaskan Tekanan

Longgarkan ikat pinggang, kait celana atau baju, pokoknya apapun yang membuat perut Anda terasa sesak. Kemudian, berdirilah tegak untuk mengurangi tekanan pada bagian sfingter esofagus bagian bawah.

Sfingter esofagus ini berupa otot yang berbentuk cincin. Fungsinya ialah mengendalikan asam lambung agar tidak naik ke kerongkongan. Kalau Anda sudah berdiri tapi kondisi semakin parah, maka cobalah bertahan dengan postur tegak.

#2. Mengunyah Permen Karet

Mengunyah permen karet diketahui dapat meringankan masalah asam lambung. Cara ini membantu merangsang produksi air liur dan menstimulasi gerakan menelan. Dengan menerapkan ini, Anda juga telah mengencerkan sekaligus membersihkan asam lambung yang naik ke kerongkongan.

#3. Minum Obat Maag

Jika ciri-ciri asam lambung naik sudah muncul dan kondisi Anda tidak kunjung membaik, maka minum obat maag adalah solusi yang tepat. Cara ini dapat menurunkan cairan asam lambung secara cepat, sehingga Anda bisa beraktivitas kembali.

Namun, kalau Anda sampai muntah darah, segeralah menghubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Artikel Terkait:
MIND Diet: Apa & Bagaimana Anda Menerapkannya
Cara Mengobati Maag Kronis: 7 Metode Alami & Aman

Segera Redakan Maag Sebelum Menyebabkan GERD

detoks-standar

Jika dibiarkan, penyakit maag bisa memperburuk kondisi Anda. Pada beberapa kasus, maag yang disepelekan bisa berakhir GERD hingga kematian.

Untuk mengurangi risiko asam lambung naik dan GERD, Anda wajib menghindari makanan berlemak dan berminyak. Kalau Anda belum terbiasa menghindari makanan tersebut, Anda bisa mencoba program detoks 3 hari.

Program detoks bertujuan untuk menyetop asupan makanan tak sehat dan mendorong Anda untuk beralih ke pola makan sehat. Melalui program ini, Anda diharapkan bisa mengonsumsi buah dan sayur dengan lebih teratur, lebih mudah, dan lebih sehat.

IT’s Buah melalui produk cold-pressed juice mendorong masyarakat untuk hidup lebih sehat dan mengurangi risiko penyakit kronis dan berbahaya, termasuk maag dan GERD.

Pelajari bagaimana cold-pressed juice bisa meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan Anda, keluarga, dan orang-orang yang Anda sayangi.


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *