Cukupkan Asupan Nutrisi Untuk Lindungi Diri Dari Virus

Beri tahu teman-teman Anda

Imunitas tubuh untuk mencegah bakteri maupun virus dapat ditingkatkan dengan mencukupkan asupan nutrisi tubuh kita. Simak penjelasan selengkapnya dibawah ini yuk!

cukupi-asupan-nutrisi-untuk-lindungi-diri-dari-virus

Halo, Sahabat Sehat!

Angka terjangkit covid-19 di Indonesia hingga saat ini terus mengalami kenaikan. Dan lagi sudah tercatat beberapa kali Indonesia mencapai posisi tertinggi di dunia dalam kasus harian terjangkit covid-19. Hal ini sangat memprihatinkan dan perlu menjadi renungan bagi kita agar selalu menjaga kesehatan dan menuruti prokes dimanapun berada.

Seperti sebelumnya imunitas tubuh merupakan hal paling penting untuk kita melawan virus corona. Imunitas atau daya tahan tubuh dapat mencegah bakteri maupun virus yang akan menyerang tubuh, sehingga sistem tubuh tidak terganggu. Namun, imunitas perlu ditingkatkan dengan mengonsumsi makanan yang mencukupi nutrisi yang diperlukan tubuh. 

Dalam artikel kali ini, kita akan membahas mengenai cara mencukupkan asupan nutrisi agar dapat terhindar dari serangan virus corona.

Baca Juga : 5 Cara Bentengi Tubuh Dari Dalam

Mengapa Nutrisi Sangat Penting Untuk Melawan Covid-19

Di masa pandemi ini semua pihak harus berkontribusi dalam mengatasinya baik dari tingkat pemerintah hingga individu. Di tingkat individu ini kita dapat memerangi covid dengan meningkatkan asupan nutrisi. Mengapa hal tersebut perlu dilakukan?

Hal ini dibutuhkan karena dengan memenuhi kecukupan nutrisi  tubuh maka dapat meningkatkan imunitas tubuh yang dapat menghalau masuknya virus. Menurut penelitian cambridge university menunjukan bahwa nutrisi tertentu atau kombinasi nutrisi dapat mempengaruhi sistem kekebalan melalui aktivitas sel, modifikasi dalam produksi molekul sinyal, dan ekspresi gen. Maka dari itu pemenuhan nutrisi yang cukup sangat diperlukan di saat pandemi ini agar terhindar dari paparan virus covid.

Cara Mencukupkan Nutrisi Tubuh

Menurut ahli gizi ada beberapa cara agar kita dapat memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh yaitu:

#1. Mengonsumsi karbohidrat kompleks

Memilih karbohidrat kompleks lebih disarankan karena memiliki rantai molekul gula yang lebih panjang. Hal ini akan membuat proses pemecahan gula menjadi lebih lama sehingga energi yang akan dihasilkan dapat digunakan sepanjang hari. 

Menurut Mayo Clinic makanan dengan karbohidrat kompleks mengandung komponen nutrisi yang lebih penting seperti vitamin dan serat. Contoh dari karbohidrat kompleks seperti tepung gandum utuh, beras merah, oatmeal, dan tepung jagung utuh. Menurut Departemen Kesehatan AS. Pertanian (USDA) olahan dengan biji – bijian utuh memiliki nutrisi yang lebih banyak dari pada produk dengan biji – bijian olahan seperti nasi putih dan roti.

#2. Mengonsumsi protein

Asupan protein sangat penting untuk memenuhi nutrisi di dalam tubuh. Protein sangat berguna untuk membentuk sel dan jaringan tubuh. Menurut penelitian konsumsi protein setiap kali makan dapat meningkatkan rasa kenyang dan mempertahankan massa otot.  Adapun beberapa pilihan protein yang baik untuk memenuhi nutrisi tubuh yaitu:

  • Daging dan unggas tanpa lemak

Ini memiliki banyak vitamin B (terutama vitamin B12, yang kekurangannya sekitar 20 persen orang dewasa yang lebih tua), zat besi, selenium, dan seng. 

  • Kerang 

Ini merupakan sumber seng, tembaga, dan selenium yang baik.

  • Ikan

Mengonsumsi ikan dapat memenuhi kecukupan lemak omega-3 serta vitamin B, selenium, dan vitamin D, yang dapat melindungi terhadap infeksi saluran pernapasan bagian atas dan respons berlebihan oleh sistem kekebalan tubuh. 

  • Telur

Dalam satu buah telur mengandung protein sebesar 6 gram dengan 78 kalori. Selain itu telur merupakan sumber vitamin, mineral, lemak sehat, antioksidan pelindung mata, dan nutrisi otak yang Anda butuhkan.

Baca Juga : 5 Cara Memperkuat Imun Tubuh, Salah Satunya Gunakan Anti Oksidan

#3. Konsumsi lemak tak jenuh

Lemak tak jenuh atau disebut juga lemak baik dapat membantu mengurangi LDL dalam darah. Pada Mayo Clinic ditemukan bahwa konsumsi lemak tak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol, mengurangi pembekuan darah, mengurangi detak jantung tidak teratur dan sedikit menurunkan tekanan darah. Contoh makanan mengandung lemak tak jenuh seperti alpukat, ikan, kacang-kacangan, kedelai, minyak zaitun, minyak jagung.

#4. Mengonsumsi buah dan sayuran segar

Faktanya buah dan sayuran kaya akan vitamin dan mineral. Dengan kandungan tersebut asupan nutrisi tubuh dapat terpenuhi dan daya tahan tubuh meningkat. Pada sebuah penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi setidaknya 2 porsi buah dan 3 porsi sayuran setiap hari dapat menurunkan risiko kematian terkait penyakit dan kematian dari semua penyebab.

#5. Mengonsumsi produk susu

Dalam sehari sebaiknya kita mengonsumsi susu minimal 1 gelas. Ini dikarenakan susu mengandung banyak nutrisi seperti vitamin A, vitamin B1 dan B6, selenium, seng dan magnesium. Menurut jurnal food and nutrition research bahwa Lemak susu sangat kompleks, terdiri dari ratusan asam lemak yang berbeda. Banyak yang bersifat bioaktif dan dapat  mempengaruhi kesehatan Anda. 

Selain itu produk olahan susu fermentasi seperti yogurt dan keju tertentu sangat baik untuk meningkatkan imunitas tubuh. Hal ini dikarenakan dalam produk fermentasi susu terdapat bakteri probiotik dapat membantu meningkatkan kekebalan dan mengurangi peradangan. Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa anak-anak usia prasekolah yang dietnya termasuk probiotik setiap hari mengalami pengurangan gejala pilek dan flu, yang mengakibatkan lebih sedikit ketidakhadiran di sekolah. 

#6. Minum air putih 8-10 gelas setiap hari

Hampir 60% dari keseluruhan tubuh manusia mengandung air. Adapun fungsi dari mengonsumsi air putih untuk membantu mengangkut nutrisi dalam darah, membuang limbah, dan mengatur suhu tubuh.

Sebuah penelitian menunjukan bahwa perubahan kontrol suhu tubuh, penurunan motivasi, dan peningkatan kelelahan. Itu juga dapat membuat olahraga terasa jauh lebih sulit, baik secara fisik maupun mental. Hal tersebut dapat menyebabkan penurunan daya tahan tubuh. Maka dari itu asupan air mineral yang cukup sangat dibutuhkan setiap harinya.

Tips Tambahan! :

#7 Hindari semua jus bersoda, berkarbonasi, terkonsentrasi, dan semua minuman yang mengandung gula.

#8. Makan di rumah untuk menghindari kontak dengan orang lain dan berusaha mengurangi kemungkinan terpapar COVID-19.

Kesimpulan

Dalam meningkatkan imunitas, nutrisi tubuh perlu dipenuhi dengan konsumsi komponen seperti karbohidrat, protein, lemak, buah dan sayur serta air putih yang cukup dan seimbang. Selain itu konsumsi kaya nutrisi lainnya seperti susu dapat memperkuat daya tahan tubuh.

Selain itu cara mudah untuk melengkapi nutrisi kita agar terhindar dari infeksi virus covid dengan mengonsumsi olahan sayur dan buah dari It’s buah. Dengan program terbaru yaitu Boozter Fighter yang dapat memperkuat imun kamu disaat pandemi sekarang ini. Produk olahan dari It’s buah ini dijamin menjaga nutrisi buah dan sayur karena diolah tanpa tambahan air dan gula, jadi lebih sehat.  

Baca Juga : Kenapa Buah dan Sayur dianjurkan Untuk Tingkatkan Imun?


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *