Turun Berat Badan Hingga 5kg dengan Detoks? Ini Kata Ahli Nutrisi

Turun Berat Badan Hingga 5kg dengan Detoks? Ini Kata Ahli Nutrisi

Beri tahu teman-teman Anda

Banyak kesaksian yang beredar di dunia maya bahwa detoks mampu membantu berat badan turun hingga 5kg. Dengan mengikuti rangkaian program diet detoks dan mengonsumsi makanan yang disarankan, Anda memiliki kesempatan untuk turun berat badan. Bagaimana pendapat ahli nutrisi tentang hal ini?

Turun Berat Badan Hingga 5 Kg dengan Detoks
Benarkah diet detoks mampu menurunkan berat badan hingga 5kg?

Belakangan ini banyak beredar di media sosial dan dunia maya mengenai gaya hidup baru: detoksifikasi atau detoks. Bahkan mungkin, beberapa teman Anda mulai tertarik dengan kesaksian program detoks yang mereka ikuti.

Berbagai pernyataan dan klaim mengenai program diet detoks sebenarnya membuat Anda skeptis daripada membuat Anda kagum.

Detoks mampu membuat berat badan turun hingga 5kg!

Benarkah klaim tersebut?

Sebelum mengikuti program apapun (atau mengeluarkan uang untuk mengikuti program diet detoks fantastis), Anda dituntut untuk memahami seluk beluk program detoks tersebut.

Bagaimana detoks mampu membantu berat badan turun? Apa yang membuat detoks berhasil? Seberapa tinggi efektifitas detoks untuk membantu diet? Apakah detoks aman untuk kesehatan?

Loading...

Ini dia kata ahli nutrisi tentang detoks untuk menurunkan berat badan.

Detoks Serupa Diet, Tapi Keduanya Tak Sama

Pernahkah Anda mendengar diet HMR? HMR yang memiliki kepanjangan health management resources merupakan salah satu metode penurunan berat badan tercepat di dunia. Cara ini mengungguli 34 diet lainnya lewat dietary habit yang unik.

Dalam diet HMR, Anda diminta untuk mengurangi kalori dengan mensubstitusi buah dan sayuran ke dalam menu harian. Makanan pokok, seperti nasi, roti, jagung, dan yang lainnya, digeser dari menu makan dan diganti oleh makanan dalam bentuk lumat. Contohnya, bubur kacang hijau.

Lewat cara ini, berat badan bisa turun dengan cepat. Jika dibandingkan dengan diet tradisional, banyaknya kalori yang dipangkas bisa mencapai 3 kali lipat; dalam rentang waktu yang sama. Bagusnya, penerapan diet ini tidak menyiksa. Selama diet ini, Anda bahkan diperbolehkan untuk mengonsumsi makanan yang biasanya menjadi pantangan dalam diet tradisional.

Kue, makanan cepat saji, dan makanan atau minuman manis masih bisa dinikmati dalam jumlah terbatas.

Sekilas, tak ada perbedaan yang cukup kentara antara diet HMR dan detoks. Detoks juga tidak mengatur asupan kalori secara ketat; kecuali jika Anda menjalani diet detoks level ekstrim.

Dalam detoks, yang terpenting adalah Anda menjaga apa yang masuk ke dalam tubuh. Semua makanan dan minuman harus memiliki nutrisi yang cukup, serat yang tinggi, dan diolah secara benar; bukan merupakan processed food.

Dan, seperti diet HMR, detoks juga memposisikan buah dan sayuran sebagai makanan pokok. Bedanya, Anda tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi camilan manis, apalagi makanan berlemak. Itu menjadikannya sedikit berbeda dari diet HMR yang masih membolehkan konsumsi aneka ragam makanan; kecuali alkohol.


Detoks untuk Menurunkan Berat Badan? Simak Kata Ahli Nutrisi

Menurut ahli nutrisi, detoks cukup baik selama dilakukan dengan penuh moderasi. Maksudnya, Anda tidak menghindari makan karbo dan lemak, tetapi sebatas mengurangi porsinya saja. Selain itu, pakar menilai bahwa hasilnya akan lebih maksimal jika Anda fokus pada penambahan sayur dan buah-buahan segar.

Tetapi, metode detoks juga memiliki kelemahan. Salah satunya dapat menyebabkan Anda kekurangan energi. Pembatasan kalori yang tidak tepat menjadikan cara ini kurang efektif apabila dilakukan dalam jangka waktu yang panjang.

Dalam detoks, Anda mungkin mengenal produk teh herbal yang dibuat untuk membersihkan usus. Biasanya, teh tersebut mengandung senna. Untuk hal ini, beberapa ahli tidak menyarankan Anda untuk mengonsumsi teh tersebut. Sebab, senna dapat menyebabkan seseorang mengalami mulas, diare, dan mual. Tentunya, ini bukan cara yang baik untuk menurunkan berat badan.

Para ahli juga menyarankan untuk tetap mengonsumsi camilan di samping jus. Fred Hahn misalnya, ahli gizi sekaligus penulis buku The Slow Burn Fitness Revolution ini mempertajam pentingnya asupan kalori selama menjalani detoks. Hal itu diperlukan agar tubuh tetap berenergi. Bagaimanapun, karbo dan lemak merupakan cadangan energi bagi tubuh manusia.

Andai dibiarkan mengonsumsi jus detoks saja, Anda dapat mengalami sarcopenia, yakni suatu kondisi dimana tubuh akan menggunakan otot sebagai energi. Ini sangat berbahaya. Kondisi ini juga menandakan Anda sangat lapar dan butuh penanganan secepat mungkin.

Food Combining, Kunci Sehat Detoks untuk Diet

Kunci dari detoksifikasi yang sehat, menurut Andang W, ialah food combining atau pemilihan makanan. Selain itu, perlu kesabaran saat melakoninya. Bagi orang yang belum terbiasa detoks, maka jangan langsung menyerah begitu menemui kendala. Pasalnya, efek detoks biasanya baru akan terlihat setelah beberapa hari.

Tidak disarankan untuk melakukan detoks dengan tujuan untuk turun berat badan secara serampangan atau ekstrim. Mungkin Anda mencapai berat badan ideal, tetapi semua akan percuma kalau tubuh tidak sehat.

Kata pakar, detoks lebih efektif jika diakukan dalam jangka waktu singkat dan diawasi oleh ahlinya. Melansir Jawa Pos, detoksifikasi untuk tujuan menurunkan berat badan sudah diaplikasikan di Indonesia. Lewat metode nade detoks,  bobot seseorang bisa berkurang sebanyak 3 sampai 4 kilogram per minggu.

Penurunan berat badan sedemikian besar nyatanya bukan mitos belaka. Salah satu bahan yang mempercepat pembakaran lemak ialah cayenne pepper yang digunakan dalam metode nade detoks. Selain itu, ada kandungan gula jaggery yang diambil dari pohon lontar NTT.

Gula tersebut mengandung zat besi serta mineral yang cukup tinggi. Uniknya, gula ini tidak menyebabkan gemuk. Tetapi malah membantu pembersihan organ dalam dan mengalirkan racun ke luar tubuh. Setidaknya, begitulah klaim Ivanda, pencetus nade detoks.

Ada juga bahan lain seperti natural tree syrup yang sering digunakan untuk minuman detoks. Sirup ini memiliki kalori lebih kecil dibandingkan madu.

Detoks Turun Berat Badan Selama 3 Hari

Sekarang, jelas bahwa detoks dengan tujuan menurunkan berat badan bisa memberi hasil yang menakjubkan jika Anda melakukannya dengan cara yang benar. Sederhananya, karena Anda menjaga pola makan saat detoks, maka wajar bila berat badan akan turun secara drastis.

Namun ingatlah, detoks tidak baik jika dilakukan untuk waktu yang lama. Sebaiknya Anda memberi jeda, agar tubuh tidak menjadi lesu dan ‘kekurangan gizi’. Waktu terbaik untuk menjalani program detoks turun berat badan adalah selama 3 hari.

Selama 3 hari tersebut, Anda fokus untuk pembersihan fungsi pencernaan tubuh dan fungsu detoksifikasi alami tubuh. Ketika seluruh fungsi tubuh sudah kembali normal, Anda disarankan menjalani metode food-combining.

Silakan terapkan pola makan normal setelah menjalani program pembersihan toksin untuk mengoptimalkan kembali fungsi organ, otak, dan tubuh Anda.

 


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Konsultasi ke CS