Detox Tubuh yang Benar dengan Langkah-Langkah Berikut Ini!

Beri tahu teman-teman Anda

Detox tubuh harus dilakukan dengan benar dan tepat agar memberi hasil yang diharapkan. Salah-salah, proses detox yang Anda lakukan hanya akan membawa efek samping dan menghabiskan waktu Anda. Pastikan Anda mengetahui langkah-langkah detox tubuh yang benar.

Detox Tubuh yang Benar ala IT's Buah
Detox Tubuh yang Benar ala IT’s Buah

Mengonsumsi makanan secara berlebihan tidak baik untuk kesehatan, terlebih lagi jika makanan yang dikonsumsi memiliki kandungan-kandungan yang berbahaya untuk kesehatan tubuh.

Bukan hanya makanan, melakukan kegiatan secara berlebihan juga tidak baik, seperti begadang setiap malam, merokok, dan kegiatan lainnya yang dapat merugikan kesehatan di masa mendatang.

Jika Anda menyayangi tubuh Anda dan ingin menikmati hidup lebih lama, mulailah untuk menerapkan gaya hidup sehat agar di masa tua tubuh menjadi lebih sehat dan tentunya terhindar dari berbagai penyakit yang mematikan.

Nah, salah satu cara untuk mendapatkan tubuh yang sehat yaitu dengan detoksifikasi tubuh. Detox atau membuang racun yang ada di dalam tubuh dipercaya sangat efektif untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.

Bagaimana Cara Detox Tubuh yang Benar?

Tidak sedikit orang yang melakukan detox tubuh. Umumnya detox tubuh ini mengharuskan Anda untuk melakukan hal-hal tertentu dalam jangka waktu tertentu pula yang bertujuan untuk membersihkan endapan racun di dalam tubuh.

Ada beberapa cara detoksifikasi tubuh seperti mengonsumsi sayuran dan buah-buahan, serta menghindari minuman yang mengandung alkohol, garam, gula maupun kafein.

Jika Anda salah satu orang yang gemar mengkonsumsi makan makanan yang tidak sehat, Anda pasti akan mendapatkan kondisi tubuh yang lebih baik dan sehat setelah melakukan detox.

Nah, bagi Anda yang ingin melakukan detox, berikut ini cara detox tubuh yang benar yang perlu Anda perhatikan jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal. Simak baik-baik, ya!

#1 Olahraga Secara Rutin

Dengan melakukan olahraga secara rutin setidaknya 60 menit dalam sehari, Anda membantu proses detox alami tubuh. Keringat yang mengalir keluar saat olahraga membantu membuang racun dari dalam tubuh.

Selain membantu membuang racun, olahraga juga berguna untuk melancarkan sirkulasi getah bening yang ada di dalam tubuh melalui keringat yang keluar.

#2 Memperbanyak Konsumsi Buah-buahan dan Sayuran

Memperbanyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran yang kaya akan serat setidaknya 10 porsi dalam satu haru juga mampu membantu proses detoksifikasi.

Bukan hanya itu, sayuran maupun buah-buahan yang kaya akan serat juga membantu melancarkan sistem pencernaan, mampu melindungi tubuh dari resiko penyakit diabetes, jantung, serta kanker.

Adapun sayur-sayuran dan buah-buahan yang dianjurkan untuk dikonsumsi selama proses detoksifikasi seperti brokoli, kubis, bayam, pokcoy, kale, bawang merah, bawang putih, apel, melon, jeruk, pir, pepaya, dan lain sebagainya.

Cara terbaik untuk mengonsumsi buah dan sayur adalah dengan proses cold-pressed atau hasilnya biasa disebut cold-pressed juice. Melalui proses ini, buah dan sayur tidak dihangatkan dan Anda mendapat manfaat maksimal nutrisi sayur dan buah.

#3 Konsumsi Air Lemon Setiap Pagi

Selanjutnya, usahakan setiap pagi mengonsumsi air putih yang dicampur perasan lemon. Kandungan vitamin C yang terdapat di dalam buah lemon mampu meningkatkan kadar glutathione yang ada di dalam tubuh.

Glutathione ini merupakan senyawa penting yang sangat dibutuhkan saat proses detoksifikasi berlangsung di dalam hati. Senyawa ini juga membantu meminimalisir penyumbatan di dalam kantung empedu. Konsumsi air lemon termasuk dalam cara detox tubuh yang benar dan disarankan oleh setiap praktisi detox.

#4 Meminimalisir Kopi

Meminimalisir mengkonsumsi kopi juga menjadi salah satu cara tepat untuk detox tubuh dengan benar. Jika mengkonsumsi kopi secara berlebihan, kandungan kafein yang ada di dalam kopi dapat membuat sistem metabolisme terganggu.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan hasil maksimal dari program detox tubuh yang sedang Anda lakukan, sebaiknya sementara hentikan dulu mengkonsumsi kopi.

#5 Menghindari Minuman yang Mengandung Alkohol

Bukan hanya kopi, Anda juga harus menghindari minuman yang mengandung alkohol jika sedang menjalani detox tubuh. Sebab minuman beralkohol akan membuat beban pada organ tubuh menjadi lebih berat, khususnya pada hati.

Dengan Anda berhenti minum-minuman beralkohol itu artinya Anda menjaga tubuh Anda dari kerusakan hati yang mana hati adalah organ yang memiliki fungsi untuk detoksifikasi.

#6 Menghindari Makanan Kemasan

Langkah yang harus Anda lakukan untuk melakukan detox tubuh yang benar yaitu dengan menghindari makanan olahan. Setidaknya lakukan detoksifikasi selama 7 hari dengan berpuasa dari dari makanan-makanan olahan atau kemasan.

Selama proses detox, pastikan Anda untuk menghindari makanan dan minuman kemasan yang minim gizi, dan mengandung banyak lemak, gula, garam, serta bahan pengawet. Sebagai gantinya Anda dapat mengkonsumsi ikan segar, buah-buahan segar dan sayur-sayuran segar.

Minuman bersoda dan minuman manis kemasan juga disarankan untuk Anda hindari selama menjalankan proses detox tubuh. Sebagai gantinya Anda bisa memperbanyak mengkonsumsi air putih, teh herbal atau susu rendah lemak.

#7 Menenangkan Hati dan Pikiran

Hati dan pikiran yang tenang bisa menjadi salah satu metode detox tubuh yang benar. Setidaknya, luangkanlah waktu Anda untuk menenangkan pikiran dan hati selama 10 menit. Pikiran dan hati yang tenang mampu membantu tubuh membuang racun.

Pikiran yang jauh dari stress dan hati yang tenang mampu membantu kinerja paru-paru jauh lebih baik dalam mengeluarkan karbondioksida dan menghirup oksigen. Sistem metabolisme tubuh dan pencernaan Anda pun menjadi lebih lancar.

#8 Istirahat yang Cukup

Jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal dari proses detoksifikasi pastikan Anda memiliki istirahat yang cukup. Setidaknya tidur selama 7 jam dalam sehari mampu membantu tubuh mengeluarkan racun lebih cepat.

Pastikan juga Anda jangan sering begadang, jangan terlalu lelah, jangan terlalu banyak pikiran, sebab hal tersebut dapat mengganggu proses detox tubuh.

Jika Anda ingin mendapatkan tubuh yang lebih sehat dan bugar serta dimasa tua terhindar dari berbagai penyakit mematikan, pastikan Anda melakukan program detox tubuh yang benar sesuai anjuran kesehatan.

Detox Tubuh dengan Benar agar Anda Berbinar

Kurangnya pengetahuan tentang detox tubuh yang benar bisa menimbulkan efek samping detox yang kurang nyaman. Apalagi, jika Anda tidak memahami cara mengatasi efek samping detox karena kurangnya bimbingan dari praktisi ahli.

Selama proses detox berlangsung, Anda akan merasakan gejala detox yang umum dialami oleh kebanyakan orang. Jangan khawatir. Selama Anda melakukan detox tubuh yang benar, gejala tersebut akan menghilang segera.

Agar Anda memulai detox tubuh dengan tepat, kenali manfaat detox dengan buah dan sayur yang bisa menjadi jalan pintas Anda memulai detoksifikasi dan gaya hidup lebih sehat.

Praktisi detox menyarankan, lakukan detox tubuh ketika Anda memiliki waktu luang dan lakukan program detox selama tiga hari, jika Anda baru pertama kali detox.


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *