Diet Alami, Tampil Memukau & Sehat tanpa Stress

Beri tahu teman-teman Anda

Ingin memiliki berat badan ideal adalah motivasi banyak orang untuk melakukan diet alami. Berbagai alasan pula mendasari seseorang menginginkan berat badan ideal. Mulai dari ingin hidup lebih sehat, ingin meningkatkan penampilan, hingga ingin terbebas dari penyakit.

Diet Alami Sehat, Tampil Memukau Tanpa Stress
Pahami Cara Diet Sehat agar Anda tampil Memukau tanpa Stress

Mengalami kenaikan berat badan atau gemuk tidak selalu membuat seseorang peduli mengenai gaya hidupnya. Bahkan tidak sedikit orang yang justru menjadi stres memiliki badan gemuk, padahal stres salah satu penyebab berat badan menjadi bertambah.

Sebuah penelitian dari universitas di Liverpool menyebutkan bahwa orang yang berpikir dirinya gemuk atau mengalami kenaikan berat badan, lebih berisiko mengalami kenaikan berat badan jika dibandingkan dengan orang yang berpikir sebaliknya.

Alasannya karena orang yang berpikir dirinya gemuk atau kelebihan berat badan memiliki peluang lebih besar untuk makan berlebihan sebagai reaksi stres yang mereka rasakan.

Hingga akhirnya pola makan yang tidak terkontrol atau berlebihan inilah yang membuat mereka justru mengalami kenaikan berat badan. Apakah Anda juga demikian?

Bagi mereka yang tidak ada masalah menurunkan berat badan tentunya merasa aman-aman saja, tapi bagi mereka yang mengalami kesulitan menurunkan berat badan tentunya menjadi masalah besar.

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, ada berbagai tips untuk menurunkan berat badan tanpa membuat stres, tanpa menguras kantong, dan tentunya lebih mudah. Nah, salah satu tipsnya yaitu dengan diet alami.

Mengapa Anda Harus Menjalani Diet secara Alami?

Diet menjadi salah satu tips terbaik untuk menurunkan badan sehingga mendapatkan berat badan  ideal. Beberapa waktu belakangan ini, program diet alami menjadi pilihan banyak orang yang sedang ingin menurunkan berat badan.

Menjalani diet alami mungkin memang hasilnya tidak instan jika dibandingkan dengan menggunakan obat diet atau operasi sedot lemak. Akan tetapi diet alami ini lebih aman, lebih sehat, dan lebih tahan lama.

Memilih program diet  secara alami membuat Anda terlatih menjalankan gaya hidup sehat, seperti mengkonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan, olahraga, menghindari makanan berlemak, meminimalisir makanan manis, tidak merokok, dan hal lain yang membawa perubahan positif pada hidup Anda dalam jangka panjang.

Dengan menjalankan diet secara alami, Anda membantu tubuh terhindar dari berbagai penyakit. Selain itu ada banyak hal positif lainnya juga yang bisa Anda rasakan dengan menjalankan diet secara alami.

Manfaat Diet Alami bagi Kesehatan Tubuh Jangka Panjang

Pertama, Pola Tidur Lebih Baik

Menurunkan berat badan membuat pola tidur jadi lebih baik. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa mereka yang berhasil menurunkan berat badan setidaknya 5% memiliki tidur yang lebih pulas bahkan hingga 6 bulan.

Jadi, menurunkan berat badan secara alami bukan hanya membuat berat badan Anda menjadi ideal, tapi juga membuat tidur Anda menjadi lebih nyaman dan terhindar dari insomnia.

Kedua, Menyehatkan Kulit

Mengalami kenaikan berat badan biasanya identik dengan sejumlah perubahan di tubuh, salah satunya psoriasis. Psoriasis ini merupakan kondisi kulit meradang yang umumnya ditandai dengan adanya munculnya ruam merah, bersisik, kering, dan mudah terkelupas.

Dengan menjalani program diet alami itu sama artinya Anda membantu tubuh Anda dalam meminimalisir risiko terserang psoriasis sehingga kulit juga menjadi lebih sehat.

buy-1-get-1-free

Pada tahun 2013 silam, sebuah studi menyebutkan bahwa orang yang menjalani diet rendah kalori setidaknya 8 minggu membuat kulit menjadi sehat, khususnya bagi para penderita psoriasis.

Ketiga, Meminimalisir Rasa Nyeri

Rasa nyeri pada persendian biasanya sering menyerang orang-orang yang kelebihan berat badan. Hal tersebut karena adanya peningkatan reaksi peradangan pada seluruh tubuh yang menimbulkan nyeri persendian.

Oleh karena itu, orang yang mengalami kenaikan berat badan disarankan untuk diet untuk meminimalisir risiko nyeri persendian.

Sebuah studi dari universitas Wake Forest Amerika Serikat menuturkan bahwa penderita osteoarthritis yang menjalankan program menurunkan berat badan setidaknya 10 persen merasa rasa nyeri pada persendian berkurang dan bergerak jadi lebih mudah.

Keempat, Merasa Lebih Bahagia

Orang yang berhasil menurunkan berat badan cenderung lebih bahagia karena memiliki berat badan ideal, tubuh yang lebih sehat, terlatih mengatur pola makan, pola tidur menjadi lebih baik, dan terhindar dari stres.

Jadi, tetaplah bahagia agar Anda tetap memperoleh tubuh yang ideal. Orang yang bahagia memiliki peluang lebih kecil mengalami kenaikan berat badan, sebab dengan bahagia Anda tidak terobsesi untuk makan makanan tertentu.

Menurunkan berat badan sebaiknya dilakukan secara alami, meski prosesnya lebih lama tapi hasilnya lebih tahan lama, lebih aman dan tentunya membuat tubuh lebih sehat juga.

Waktu yang Tepat untuk Diet

Pada dasarnya, diet bisa Anda lakukan kapan saja, apalagi jika Anda memilih metode diet alami. Tetapi ada waktu-waktu tertentu yang berpotensi memberi Anda hasil diet yang lebih baik jika dibandingkan dengan waktu lain.

#1 Ketika Anda Memiliki Waktu Luang

Diet secara alami lebih mudah dilakukan ketika Anda memiliki waktu luang untuk menyiapkan seluruh program diet yang Anda rancang. Jika Anda sibuk, besar kemungkinan Anda akan mengesampingkan aturan diet. Ini berakibat pada program diet Anda yang terhenti di tengah jalan.

Disarankan untuk menjalani diet secara perlahan namun konsisten. Sebagai contoh, Anda selalu aktif di pagi hingga sore hari karena bekerja. Maka akan lebih baik jika Anda memanfaatkan waktu sore hingga malam untuk fokus pada konsumsi makanan diet alami.

#2 Ketika Anda tidak dalam Perjalanan

Diet ketika berada di perjalanan bukanlah ide yang baik. Pilihan konsumsi Anda akan terbatas dan aktivitas Anda pun akan terpengaruh.

Ketika menjalani diet alami, Anda dituntut untuk fokus dan taat pada aturan program diet yang Anda jalani. Salah-salah, Anda malah beresiko jatuh sakit ketika memaksakan diri untuk menjalani diet ketika sedang dalam perjalanan.

#3 Akhir Minggu

Jika Anda belum terbiasa menjalani diet, cobalah untuk menjalani diet secara alami hanya pada akhir minggu seperti hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Pada akhir minggu, aktivitas Anda lebih sedikit dan Anda memiliki cukup waktu untuk menyusun program diet Anda.

Hindari waktu-waktu yang menggoda Anda untuk meninggalkan program diet seperti Sabtu malam di mana Anda biasanya menghabiskan waktu di luar dan mengonsumsi makanan di restoran atau cepat saji.

Tentukan waktu akhir minggu di mana Anda fokus untuk satu tujuan: diet.

#4 Tiga Hari dalam Sebulan

Tidak semua orang memiliki kemewahan waktu untuk menjalani diet alami setiap hari, bahkan setiap minggu.

Kabar baiknya, Anda bisa mempersingkat waktu diet Anda dari yang awalnya harus Anda lakukan tiap hari, kini hanya 3 hari dalam sebulan.

Ya, Anda bisa mempersingkat proses diet menjadi tiga hari saja tanpa Anda harus repot menyiapkan menu dan program diet yang menyita waktu dan tenaga.

Program diet alami ini ditujukan bagi Anda yang selalu sibuk dan dikejar waktu tetapi ingin menurunkan berat badan, hidup lebih sehat, tanpa merasa stress dan tertekan.

Memulai Diet secara Alami Tanpa Stress

Kunci diet agar berhasil yaitu konsisten dan komitmen. Jika dua hal tersebut Anda lakukan dengan benar, impian Anda untuk menurunkan berat badan dan memiliki tubuh yang lebih sehat juga bugar pasti akan tercapai.

Untuk menurunkan berat badan Anda tidak perlu melakukan diet ekstrim dengan tidak makan seharian. Mengubah pola makan secara drastis sampai tidak makan justru memiliki risiko berbahaya, dan jelas diet seperti ini tidak sehat.

Diet dengan menerapkan gaya hidup sehat lebih baik jika dibandingkan dengan tidak makan seharian demi menurunkan berat badan.

Nah, agar proses diet Anda lancar dan memperoleh berat badan ideal, berikut ini beberapa tips diet alami yang mudah dan bisa Anda aplikasikan. Simak ya!

#1 Memperbanyak Mengkonsumsi Sayuran dan Buah-buahan

tips diet alami yang baik dan benar yaitu dengan memperbanyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan. Diet seperti ini lebih mudah dan sederhana karena tidak perlu mengeluarkan banyak uang sehingga tidak Anda tidak perlu stres untuk menjalankannya.

Selain itu, kandungan vitamin dan nutrisi dalam sayuran serta buah-buahan juga tinggi dan cukup rendah kalori. Oleh karena itu, sayuran dan buahan cocok untuk Anda yang ingin diet secara alami.

#2 Memperbanyak Asupan Protein

Memperbanyak mengkonsumsi protein juga menjadi salah satu tips terbaik untuk menurunkan berat badan secara alami. Protein sendiri merupakan nutrisi yang sangat berpengaruh.

Semakin banyak Anda mengonsumsi makanan yang mengandung protein, maka pembakaran kalori pun semakin tinggi. Selain itu, asupan nutrisi juga membuat Anda kenyang lebih lama sehingga mengurangi nafsu makan.

Jadi, pastikan untuk menambahkan makanan yang mengandung protein seperti ayam atau telur ke dalam menu makanan Anda.

#3 Mengurangi Makanan yang Mengandung Gula

Tidak jarang orang-orang yang mengonsumsi gula tidak sadar kalau dirinya sudah mengkonsumsi gula terlalu berlebihan. Padahal mengkonsumsi gula berlebihan itu tidak baik, khususnya bagi orang-orang yang sedang menjalani diet.

Gula yang masuk ke dalam tubuh akan berubah menjadi lemak yang mana lemak dapat membuat berat badan bertambah.

Solusinya agar Anda dapat meminimalisir asupan gula dalam tubuh yaitu dengan tips membatasi gula seperti menghindari makan makanan kemasan. Atau Anda dapat mencari alternatif lainnya yang lebih sehat sebagai pengganti gula.

#4 Mengonsumsi Makanan Rendah Lemak

Berat badan bertambah memang mengganggu, terlebih lagi bagi Anda yang terbiasa dengan berat badan ideal. Diet dapat menjadi solusi untuk menurunkan berat badan.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan secara alami, pastikan untuk mengkonsumsi makanan rendah lemak. Sebab, makanan berlemak hanya akan membuat berat badan Anda bertambah.

Jadi jika Anda mengonsumsi yogurt, susu, mayones, dan bahan-bahan lainnya, pastikan semuanya rendah lemak. Sekarang ini sudah banyak dijumpai minuman maupun makanan rendah lemak.

#5 Jangan Lupa Sarapan

Bagi yang ingin menurunkan berat badan, tips berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan berat badan ideal yaitu jangan lupa untuk sarapan setiap hari.

Ya, sarapan membuat Anda kenyang lebih lama. Jadi, jika masuk jam makan siang, Anda pun tidak merasa lapar sehingga makanan yang masuk pun cenderung sedikit, begitu juga dengan jam-jam makan berikutnya.

Oleh karena itu, disarankan untuk selalu sarapan khususnya bagi Anda yang sedang ingin menurunkan berat badan. Jika tidak sarapan, Anda justru akan lebih banyak mengonsumsi makanan di jam-jam berikutnya.

Sehingga peluang Anda naik berat badan pun terbuka lebar. Adapun sarapan yang dianjurkan saat menjalankan diet secara alami yaitu susu rendah lemak, buah-buahan, dan gandum.

#6 Meminimalisir Makanan yang Mengandung Karbohidrat

Meminimalisir makanan yang mengandung karbohidrat juga salah satu tips ampuh untuk menurunkan berat badan. Jadi pastikan Anda membatasi diri untuk mengkonsumsi nasi putih, pasta, mie instan, dan roti tawar.

Makanan yang mengandung karbohidrat ini kurang baik bagi Anda yang sedang ingin menurunkan berat badan, sebab karbohidrat membuat kadar gula di dalam tubuh meningkat yang kemudian menjadi lemak.

Namun, ada juga jenis makanan karbohidrat lainnya yang baik dan lebih sehat untuk dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalankan diet. Makanan-makanan karbohidrat tersebut seperti nasi merah dan roti gandum.

#7 Makan Pelan-pelan

Bukan hanya mengurangi makanan yang  mengandung karbohidrat, makan secara pelan-pelan hal yang patut Anda lakukan jika ingin menurunkan berat badan.

Sebab dengan makan secara pelan-pelan dapat membantu meminimalisir kadar kalori yang ikut masuk bersama makanan yang Anda makan. Selain itu, makan pelan-pelan juga membuat Anda lebih cepat kenyang.

#8 Mengatur Pola Tidur

Jika sedang menjalankan program diet, pastikan Anda memiliki tidur yang cukup. Sebab jika Anda tidak memiliki waktu tidur yang cukup, produksi hormon di dalam tubuh akan terganggu, khususnya yang berkaitan dengan nafsu makan.

Ya, waktu tidur yang kurang akan membuat nafsu makan Anda menjadi meningkat. Hal tersebut tentunya kurang baik bagi Anda yang sedang ingin menjalankan program menurunkan berat badan.

#9 Perbanyak Mengkonsumsi Air Putih

Selain sayuran dan buah-buahan, mengkonsumsi air putih juga salah satu tips terbaik untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan secara alami.

Air putih ini sangat berguna untuk meningkatkan metabolisme tubuh jika meminumnya sebelum makan sehingga membuat Anda merasa kenyang.

Oleh karena itu, jika Anda sedang melakukan diet secara alami usahakan untuk minum air putih sebelum makan. Bukan hanya itu, air putih juga tidak memiliki kandungan kalori sehingga sangat bagus untuk diet.

#10 Mengkonsumsi Teh Hijau

Teh hijau memang kaya akan manfaat, salah satunya yaitu untuk menurunkan berat badan. Teh hijau ini dapat membantu membakar lemak yang ada di dalam tubuh lebih cepat.

Jika Anda mengonsumsi teh hijau secara rutin, proses menurunkan berat badan juga akan semakin cepat. Sehingga peluang Anda untuk mendapatkan berat badan ideal pun semakin terbuka lebar.

Manfaat lainnya yang dapat Anda peroleh dengan mengkonsumsi teh hijau yaitu menyehatkan kulit, meningkatkan energi, meminimalisir stres, dan lain sebagainya.

Metode Diet Alami dengan Jus Buah dan Sayur

Salah satu metode diet alami yang bisa segera Anda coba adalah memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Cara terbaik adalah dengan mengonsumsi keduanya tanpa proses pemanasan.

Untuk menurunkan berat badan dengan buah dan sayur, Anda disarankan untuk mengonsumsi buah langsung tanpa melalui proses memasak dan tanpa zat tambahan aditif seperti gula.

Selalu siapkan potongan buah dan sayur yang Anda suka dan simpan di dalam kulkas. Tujuannya, agar ketika Anda merasa lapar dan ingin nyemil, Anda tidak mencari-cari makanan lain yang berpotensi mengganggu proses diet Anda.

Ingat, konsistensi adalah kunci keberhasilan diet Anda.


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *