11 Tips Diet Sehat Ala Atlet Asian Games

Category: Detoksifikasi , Tips Sehat
Posted: 20 August 2018

Image source: www.indosport.com


Asian Games 2018 sudah dimulai, pernah nggak sih kamu membayangkan bagaimana kehidupan para atlet yang berlaga di Asian Games 2018 ini?

Mungkin kamu harus bersyukur tak berada diantara dan seperti mereka. Hal itu karena para atlet harus menjalani diet ketat, latihan selama berjam-jam, bepergian dari satu tempat ketempat lain, serta makan yang harus dikontrol dengan ketat

Namun dalam hal diet atau menurunkan berat badan ini para atlet tidak bisa asalasalan yang ujungnya malah akan membahayakan dirinya sendiri.

Cara diet alami mereka salah satunya dilakukan dengan mengatur pola makan dan juga di imbangi dengan olah raga untuk pembakaran lemak, sehingga menghasilkan bentuk tubuh yang sangat ideal.

Apakah kamu iri dengan bentuk tubuh para atlet yang tampak ideal dan sempurna? Berikut ini kami bagikan nih rahasia diet ala atlet yang bisa kamu simak atau mau ikutin juga boleh kalau kamu kuat sih. Langsung saja ya.

 

1. Jangan pernah melewatkan makan



Image source: https://assets.kompasiana.com


Setiap atlet khususnya yang berlaga di Asian Games 2018 ini membutuhkan energi untuk melakukan aktivitas fisik setiap hari. Mereka pun makan secara teratur sesuai dengan jadwal dan tidak pernah melewatkan makan.

Karena jika merekamelewatkan makan, metabolisme tubuh akan menjadi menurun. Kadar gula dalam darah juga akan ikut turun, sehingga hal itu menyebabkan seseorang ingin makan berlebihan.

 

Baca Juga: 3 Cara Mengatasi Kepala Terasa Berat Dan Leher Terasa Kaku Saat Bangun Tidur

 

2. Kekuatan protein


Atlet butuh protein untuk memperbaiki dan membentuk otot yang rusak selama melakukan pertandingan maupun latihan. Demikian juga dengan tubuh kamu. Protein berguna untuk kesehatan tulang, otot, dan sel-sel demi menunjang aktivitas sehari-hari.

Namun kamu juga ada baiknya tidak berlebihan dalam mengonsumsi protein. Kamu bisa berkonsultasi dengan para ahli diet agar tahu jumlah tepat asupan protein.

Sebab setiap usia, berat badan, jenis kelamin, dan faktor lainnya mempengaruhi jumlah asupan kadar protein yang harus dikonsumsi.

3. Makan secara teratur dengan porsi yang cukup


Ketika makan para atlet ini akan mengkonsumsi makanan rendah kalori seperti seledri, selada, acar dan mentimun, apel, brokoli, lemon, bawang putih, semangka dan lain sebagainya.

Makan menggunakan nasi merah juga menjadi para atlet dalam setiap kesempatan. Selain itu mereka juga menghindari camilan dan menggantinya dengan buah-buahan seperti pisang atau apel.

 

4. Menghindari Makan di Malam Hari


 

Tidak bisa di pungkiri lagi jika makan di malam hari pasti tertimbun menjadi lemak, mengapa? Hal ini dikarenakan para atlet yang beraktifitas di siang hari akan beristirahat di malam harinya, kecuali mereka ada latihan atau pertandingan di malam hari.

Mereka akan tetap makan di malam hari, karena bagi atlet yang beraktivitas di malam hari membutuhkan asupan makanan.

Jadi buat kamu yang ingin diet tapi di malam hari tidak ada kegiatan, alangkah lebih baiknya jika tidak usah makan yang mengandung banyak kalori. Namun kalau harus makan di malam hari jangan lupa untuk membakar kalori dengan olahraga.

Olahraga yang ringan seperti jalan kaki sekitar kompleks, naik turun tangga maupun olahraga berat seperti futsal.
Sebagai ganti makanan dimalam hari kamu bisa mengkonsumsi sayuran maupun buahan sehat.

 

5. Lupakan Junk Food atau makanan cepat saji


Makanan yang sangat dilarang bagi para atlet adalah makanan cepat saji! Apapun jenis nya baik itu makanan maupun minuman dari restoran terkenal sekalipun. Hal ini bukan tanpa alasan.

Makanan cepat saji sarat akan banyak kalori yang berasal dari lemak. Bahkan, satu porsi makanan cepat saji mengandung seluruh jumlah kalori yang kita butuhkan dalam satu hari!

Mulai sekarang kamu bisa kurangi tuh makan dan minuman cepat saji kalau mau diet kamu lancar layaknya para atlet-atlet ganteng dan cantik itu.

 

6. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayuran Segar


Buah dan sayuran segar menjadi sumber makanan sehat yang dapat membuat para atlet dan tubuh kita awet muda dan mencegah penyakit berasarang di dalam tubuh.

Memperbanyak konsumsi buah seperti buah pir, pepaya, jeruk, apel, pisang, semangka atau apapun yang kamu suka akan mampu meminimalisir kalori yang tidak baik masuk kedalam tubuh.

 

Baca juga: Konsumsi 5 Makanan Gym Berikut Jika Kamu Tidak Ingin Olahragamu Sia-sia!

 

7. Mengganti Nasi Putih dengan Nasi Merah


Rahasia tubuh ideal dari para atlet ini adaldan mengganti karbohidrat putih yang dikonsumsi dengan karbohidrat kompkleks.

Karbohidrat kompleks ini memerlukan waktu lebih lama untuk dicerna oleh tubuh, sehingga perut terasa kenyang lebih lama.

Nasi merah, kentang (rebus), kacang-kacangan dan roti gandum termasuk dalam kelompok karbohidrat kompleks yang kaya serat.

 

8. Perbanyak Minum Air Putih


Selain asupan karbohidrat yang tepat bagi para atlet, air putih juga menjadi asupan penting lainnya selain isotonik.
Tahukah kamu bila meminum air sebelum makan, akan membuat kamu merasa cepat kenyang sehingga bisa mencegah makan berlebih.

Selain itu air putih juga membantu membuang racun-racun dari dalam tubuh sehingga kamu akan merasa lebih fit dan sehat.

 

9. Menghindari Makanan yang Digoreng


Makanan yang digoreng sangat berpotensi menyimpan lemak yang bisa meningkatkan kolesterol dan menyebabkan penimbunan lemak berlebihan di dalam tubuh.

Oleh karena itu sebaiknya para atlet ini mengkonsumsi makanan yang diolah dengan cara direbus, panggang, pepes, kukus maupun dalam bentuk sup.

 

10. Olah Raga


Bagi para atlet, olahraga sudah menjadi kegiatan sehari-hari. Nah bagi kamu yang ingin dietnya juga lancar jangan lupa juga untuk olahraga.

Berolahraga merupakan syarat wajib bagi siapa saja yang ini diet secara alami dan cepat, karena dengan olah raga maka lemak dalam tubuh akan dirubah menjadi energi sehingga tidak tertimbun dan menambah berat badan.

Olahraga sebenarnya cukup sehari 30 menit saja tidak perlu lama-lama asal konsisten. Jogging di pagi hari, bersepeda, terbukti sangat efektif untuk membantu program penurunan berat badan.

 

11. Pola tidur terjaga


Kehidupan tidur para atlet tentu sangat terjaga. Tidur normal sehari-hari sekitar 8 jam menjadi hal wajib untuk menjaga badan tetap ideal.

Dalam hal ini, mengapa menjaga pola tidur itu juga penting? Dengan pola tidur terjaga akan membantu program diet sehingga berat badan terjaga dan akan mampu bangun lebih pagi untuk memulai aktivitas.

Jadi gimana, sudah siapkan diet ala atlet ini kamu ikutin untuk hidup yang lebih sehat?

Bagikan :

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *